Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- Cara Stek Tanaman Markisa – Kalau hobi menanam di rumah, Anda bisa mencoba menanam tanaman markisa. Bibitnya dari mana? Tenang, Anda bisa perbanyak sendiri melalui stek tanaman markisa.

Jika Anda belum mengerti perbanyakan bibit markisa secara vegetatif, yaitu stek batang markisa, tidak perlu risau. Sebab, postingan ini membantu Anda menggunakan menyajikan cara stek tumbuhan markisa yang simple & praktis.

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Markisa. Gambar : Pixabay/david diaz

Mengapa mesti bibit markisa output stek? Sebetulnya mampu saja menggunakan cara menyemai biji markisa buat memperoleh bibit. Tetapi, jika mau pohon markisa genjah & rasa buahnya persis seperti indukannya, maka bibit hasil stek adalah pilihan sempurna buat menanam markisa.

Selain stek, terdapat teknik sambung pucuk markisa

Ada satu lagi bibit markisa yang cepat berbuah, yaitu bibit markisa hasil perbanyakan vegetatif melalui teknik sambung pucuk. Dalam sambung pucuk (top grafting), batang bawah berasal dari biji dan batang atas digunakan dari pohon markisa yang sudah berbuah dan tentu saja sehat.

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Ilustrasi Perbanyakan Markisa

Secara Vegetatif Melalui Sambung Pucuk

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Bagaimana cara sambung pucuk markisa, akan pupuklahan.blogspot.com ulas secara lengkap pada artikel khusus, silakan berkunjung kembali. Sebagai ilustrasi sambung pucuk pohon markisa dapat Anda perhatikan pada gambar di atas.

Segudang kelebihan bibit markisa output stek

Baiklah, kita fokuskan saja dulu ke stek markisa pada artikel ini. Lihatlah segudang kelebihan atau keuntungan andaikan Anda tanam markisa dari bibit hasil stek btg. Ini dia kelebihannya

  • Anda tidak perlu berlama-lama menanti tanaman markisa berbuah, dalam waktu 2-3 bulan setelah tanam, buah markisa sudah mulai bermunculan
  • Anda bisa menikmati rasa buah yang sama dengan rasa buah dari pohon induk markisa yang Anda stek.
  • Anda dapat memperbanyak bibit sebanyak-banyaknya asalkan pohon induknya tersedia.
  • Jauh dari resiko terserang hama dan penyakit kalau bibit yang Anda stek berasal dari induk markisa yang selektif.
  • Dan kelebihan lainnya

Baik, bagaimana langkah-langkah memperbanyak bibit tanaman markisa dengan cara stek batang? Yuk, kita simak secara lengkap stek tanaman dari genis passiflora dalam ulasan berikut ini.

1. Anda siapkan dulu alat-alat dan bahan buat stek markisa

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Gunting Pangkas. Gambar : Pixabay/Arturs Budkevics
Sebelum melakukan stek tanaman markisa, Anda mesti menyiapkan alat dan bahan termasuk media tanam stek. Ini bertujuan agar proses stek batang tanaman markisa berjalan lancar.

Berikut ini beberapa alat & bahan yg perlu Anda siapkan

  • Pisau atau gunting pangkas tanaman. Alat ini usahakan steril. Jika kotor, cuci dengan air dan bilas dengan air panas.
  • Zat pengatur tumbuh (ZPT). Anda bisa gunakan Root Up atau Rootone F.
  • Plastik untuk sungkup bibit stek
  • Media tanam stek batang atau media semai stek diracik dari campuran tanah agak liat dan kompos (2:1). Media semai stek ini diisi ke dalam polybag.
BACA JUGA : Media Tanam Stek Batang yang Baik agar Cepat Tumbuh Akar

Dua. Pilih pohon induk markisa sebelum mengambil btg buat disetek

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Pohon Markisa. Gambar : Pixabay/yarafabrin
Agar mendapatkan bibit yang unggul, maka tugas Anda sebelum melakukan stek adalah mencari atau melihat-lihat dulu mana tanaman induk markisa yang unggul dengan rasa yang enak dan lebih manis.

Batang induk flora markisa buat stek mungkin terdapat di seputaran domisili Anda. Misalnya, Anda mampu minta sedikit cabang tumbuhan markisa dalam teman atau tetangga yang sudah menanam pohon markisa. Tetapi, permanen pastikan tanaman markisa tadi unggul & layak buat dijadikan bibit.

Tiga. Seleksi cabang flora markisa

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Seleksi Cabang Markisa. Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com
Untuk stek tanaman markisa tidak boleh sembarangan mengambil cabang. Makanya, Anda harus seleksi dulu cabang markisa yang memenuhi syarat untuk distek.

Berikut ini kriteria cabang tanaman markisa yang bisa dijadikan buat stek

  • Cabang untuk stek berasal dari tanaman induk markisa yang sudah pernah berbuah
  • Cabang tanaman markisa yang telah berumur lebih dari 1 tahun
  • Bukan cabang yang cacat dan terserang hama dan penyakit
  • Ukuran besarnya cabang untuk stek kira-kira memiliki diameter 1 cm.

4. Pangkas cabang tanaman markisa untuk stek

Cabang flora markisa yg telah diseleksi, selanjutnya dipangkas. Kalau cabang yg dipangkas terlalu panjang, maka usahakan buat dipangkas-pangkas lagi sampai setiap cabang stek mempunyai panjang 20-25 centimeter. Jadi, dalam setiap cabang stek, memiliki dua-3 mata tunas

Satu hal lagi yg penting Anda perhatikan sesudah memotong btg stek, pastikan menempatkan batang stek dengan posisi yg gampang diingat mana yang bagian pangkal dan mana posisi ujung.

Setelah memangkas cabang markisa, cabang tersebut segera diberi perlakuan dengan ZPT. Tetapi, jika Anda tidak sempat atau ingin menyimpan dulu buat ad interim waktu, misalnya 4-6 jam, maka cabang-cabang yg sudah dipotong tersebut dibungkus dengan kertas lembab atau dibalut menggunakan daun pisang.

5. Olesi ZPT dalam pangkal stek markisa

ZPT misalnya root up atau rootone F disiapkan terlebih dulu dengan menambahkan sedikit air sebagai akibatnya menciptakan seperti pasta.

BACA JUGA : Cara Pakai Root Up pada Stek Batang agar Tumbuh Akar & Tunas dalam 7 Hari

Olesi pasta ZPT tadi pada bagian pangkal secara merata. Setelah itu, biarkan sebentar ,supaya pasta ZPT mengering, sebelum disemai pada media semai stek.

6. Semai stek batang tanaman markisa dalam media semai

Bagaimana cara menyemai stek batang flora markisa? Cukup mudah, Anda tinggal memasukkan stek yg telah diolesi ZPT ke pada media semai.

Caranya seperti ini ; Buat sedikit lubang menggunakan sepotong kayu atau jari tangan, sempurna pada tengah media semai polybag, masukkan pangkal stek markisa menggunakan kedalaman 5 cm atau paling kurang 1 mata tunas terbenam di dalam media. Lalu, padatkan agar batang stek menyatu dengan media semai.

7. Pasang sungkup dan tempatkan polybag semai stek markisa pada tempat ternaungi

Agar pertumbuhan tunas stek markisa cepat, maka perlu diberikan sungkup plastik. Penutup dari plastik ini akan menciptakan iklim mikro sebagai akibatnya lebih hangat & kelembaban terjaga di dalamnya.

Penempatan stek batang markisa pula perlu diperhatikan. Tempatkan pada tempat ternaungi sehingga tidak diterpa hujan deras atau terkena sinar mentari pribadi.

8. Buka sungkup jika bibit markisa sudah tumbuh akar & tunas

Monitor perlakuan stek tanaman markisa secara rutin. Jika bibit markisa telah mengeluarkan tunas dan akar, ini tanda sudah saatnya membuka sungkup.

Cara membuka sungkup secara sedikit demi sedikit alias jangan membuka sekaligus. Dari bukaan kecil sampai membuka seluruh penutupnya. Ini agar bibit markisa hasil stek bisa beradaptasi dengan lingkungan yg baru.

Itulah cara stek flora markisa supaya cepat tumbuh tunas dan akar. Meskipun sudah membuka sungkup, bibit stek flora markisa tetap dipelihara hingga benar -betul adaptif & tumbuh sehat sebelum dipindahkan ke huma tanam.

Video Menanam Markisa pada Halaman Rumah

menurut Bibit Stek Sudah Mulai Berbuah

0 Response to "Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel