Ternyata Gampang Menyemai Biji Durian, Begini Caranya agar Cepat Tumbuh | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com --Cara Menyemai Biji Durian – Sensasi citra rasa buah durian memang sangat legit dan sulit dilupakan. Apalagi aroma khas yang unik dan tajam, cukup menggoda penikmat durian. Karena kelezatannya itu, tidak mengherankan kalau banyak orang suka mengumpulkan biji durian untuk disemai dan kemudian menanamnya di kebun.

Ternyata Gampang Menyemai Biji Durian agar Cepat Tumbuh, Begini Caranya
Ilustrasi Biji durian Berkecambah. Gambar : Pixabay/truthseeker08
Menyemai biji durian umumnya untuk batang bawah

Anda tau, bukan? Salah satu cara menerima bibit durian adalah melalui biji yg dikenal dengan istilah perbanyakan bibit secara generatif. Cara ini memang cukup gampang, praktis, dan kemungkinan berhasil cukup tinggi dibandingkan teknik stek btg, cangkok, ataupun sambung pucuk (vegetatif).

BACA JUGA : Cara Pakai Root Up dalam Stek Batang supaya Tumbuh Tunas dan Akar pada 7 Hari

Biji-biji durian yg disemai, umumnya bukan buat bibit yang akan ditanam langsung di lahan, melainkan buat digunakan menjadi btg bawah. Entres (btg atas) menurut pohon durian yang unggul akan disambung menggunakan batang bawah berdasarkan hasil semaian biji durian.

Sebab, bibit durian vegetatif akan cepat berbuah ketika ditanam. Sedangkan bibit durian yg eksklusif ditanam berdasarkan biji, selain lama berbuah, sifat-sifat unggul menurut induknya nir semua diwariskan ke generasi barunya atau kualitas butir tidak sinkron berdasarkan indukan.

Terlepas tujuan penyemaian biji durian, mau tanam langsung ataupun untuk batang bawah, yang jelas kita ingin menyemai biji durian agar cepat tumbuh. Nah, berikut ini Anda dapat menyimak cara menyemai biji durian. Di uraian ini, Anda juga akan menemukan rahasia meracik media semai biji durian. Yuk, kita cari infonya.

1. Kumpulkan biji durian yg sehat dan berkualitas

Ternyata Gampang Menyemai Biji Durian agar Cepat Tumbuh, Begini Caranya
Photo byGliezl Bancal onUnsplash
Untuk menyemai biji durian, maka tugas utama Anda adalah mengumpulkan biji durian. Kalau kebutuhan biji durian banyak, Anda dapat mengumpulkan di pedagang durian. Biasanya cukup banyak biji durian yang dibuang dan kebanyakan menjadi sampah.

Tetapi, jika hanya sekadar menyalurkan hobi, Anda tidak usah ke pasar atau menghubungi pedagang durian, kumpulkan saja beberapa biji durian residu dari yang Anda makan bersama famili di rumah.

Agar mudah tumbuh dan membentuk bibit durian berkualitas, ini dia petunjuk untuk Anda pada menentukan biji durian

  • Pastikan biji durian yang Anda kumpulkan memiliki rasa yang lezat dan sesuai selera Anda sekeluarga. Akan lebih bagus kalau Anda mengenal asal pohon induk dan varietasnya.
  • Pastikan biji berasal dari buah durian yang betul-betul tua
  • Biji durian tampak segar
  • Biji durian dipilih yang utuh, tidak cacat, padat, dan bernas
  • Ukuran biji relatif, namun sebaiknya pilih biji yang besar dan agak berat
  • Biji yang Anda pilih adalah biji durian sehat, bukan dari durian yang terserang hama dan penyakit

2. Cuci biji durian sampai higienis

Ternyata Gampang Menyemai Biji Durian agar Cepat Tumbuh, Begini Caranya
Gambar : Pixabay/Vien Hoang
Biji durian tentu masih ada daging yang menempel. Jadi, Anda mesti mencuci biji durian sampai bersih, sampai semua daging yang tersisa dan menempel terlepas dari bijinya. Sebaiknya, Anda cuci biji durian dengan menggunakan air yang mengalir.

3. Keringkankan biji durian dan simpan beberapa hari sebelum disemai

Setelah dicuci, biji durian dikeringkan. Agar nir menghambat biji durian, maka pengeringan tidak boleh dilakukan menggunakan cara menjemur di bawah terik mentari . Anda cukup kering anginkan biji durian pada tempat yang terbuka.

Agar daya tumbuh bagus, maka biji durian yg sudah kemarau jangan langsung disemai. Anda perlu menyimpan dulu biji durian beberapa ketika, lebih kurang 2 minggu.

4. Siapkan media semai buat menyemai biji durian

Media tanam biji durian berbeda dengan media tanam bibit durian. Bedanya ada pada komposisi bahan untuk membuat medianya. Kita lihat dulu bagaimana membuat media semai biji durian, yuk!

BACA JUGA : 3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian pada Pot Supaya Berbuah

  • Anda siapkan kotak kayu untuk wadah semai seandainya jumlah biji durian yang disemai banyak. Namun, jika Anda semai 1-2 biji durian saja, cukup siapkan saja polybag
  • Siapkan tanah dan pasir halus
  • Tanah diayak dulu agar diperoleh butiran tanah yang halus
  • Buat media semai yang terdiri dari campuran tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1, yaitu 2 bagian tanah ditambah 1 bagian pasir.  Alternatif lain media semai, Anda bisa juga menggunakan campuran bahan kompos dan pasir, dengan perbandingan 4:1, yaitu 4 bagian kompos ditambah 1 bagian pasir.
  • Isikan media semai ke dalam kotak semai dengan ketebalan media semai 8-10 cm (2 kali lebih besar dari ukuran biji).
  • Siram media semai biji durian sampai lembab. Ingat, jangan sampai menggenangi media semai

lima. Semai biji durian pada media semai yang sudah dipersiapkan

Setelah media semai diracik & dimasukkan ke dalam wadah semai, Anda telah dapat menyemai biji durian supaya cepat berkecambah.

Berikut ini cara menyemai biji durian

  • Benamkan biji durian dengan posisi telungkup dimana posisi tempat keluar akar menghadap ke bawah. Tidak tertimbun semua, cukup dimasukkan biji ke dalam media semai kira-kira 2/3 ukuran biji dan 1/3 lagi masih terlihat di atas media semai. Atur jaraknya jangan saling berdekatan, minimal jaraknya 1-2 x ukuran biji.
  • Tutup dengan plastik agar media semai tetap hangat dan lembab sehingga mempercepat biji durian berkecambah. Dengan adanya penutup, media semai terlindungi dari hujan dan sinar matahari langsung. Jika Anda menyemai di polybag, tetap berikan penutup/sungkup agar cepat tumbuh dan terlindungi.
  • Ketika biji durian sudah berkecambah yang ditandai tumbuh akar, segera buka penutup plastik.

Itulah cara menyemai biji durian agar cepat berkecambah. Ternyata relatif mudah, ya. Apabila sudah tumbuh agak akbar, bibit durian tersebut telah bisa dipindahkan ke wadah semai yg lebih akbar misalnya polybag atau pot. Pemindahan ke persemaian polybag ini agar bibit durian mendapat relatif nutrisi sehingga cepat akbar.

BACA JUGA : Apa Pupuk Pohon Durian dan Bagaimana Memupuknya agar Cepat Tumbuh dan Berbuah

0 Response to "Ternyata Gampang Menyemai Biji Durian, Begini Caranya agar Cepat Tumbuh | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel