Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- Cara Semai Biji Markisa untuk Bibit –Kalau Anda ingin merasakan betapa segar dan manisnya buah markisa hasil budidaya sendiri, ya Anda mesti tanam dulu. Tunggu 3-4 bulan, Anda tinggal petik-petik saja buah markisa di rumah.

Mungkin saat ini Anda sedang memikirkan bagaimana cara stek tanaman markisa. Lupakan itu sejenak. Anda tidak usah risau dan pusing dengan bibit markisa. Sebab, Anda bisa menanam markisa dari biji langsung, kuk. Atau, Anda semai dulu biji markisa, kalau sudah tumbuh besar, baru bibit markisa ditanam pada lahan yang sudah disiapkan.

Tanaman yang dikenal di luar negeri dengan nama passion fruit, buahnya bulat seperti telur, dan rasanya asam bercampur manis, cukup mudah tumbuh asalkan ditanam pada tanah yang subur, gembur, dan punya drainase yang baik.

Perbanyakan bibit markisa melalui biji

Bibit tumbuhan markisa relatif gampang didapatkan, galat satunya menggunakan cara menyemai biji markisa. Nah, karena perbanyakan bibit markisa melalui biji relatif gampang dilakukan, jangan tunda lagi asa Anda buat menanam markisa.

Tapi, apakah Anda sudah mengerti cara menyemai biji markisa? Kalau belum dan masih risau, simak yuk cara perbanyakan bibit markisa secara generatif, yaitu melalui biji seperti berikut ini.

1. Siapkan buah markisa untuk diambil bijinya

Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Menyemai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh
Buah Markisa. Gambar : Pixabay/Staffan Ekstrand

Sebetulnya, untuk mendapatkan bibit markisa yg berkualitas, maka kita harus mengenal pohon induk markisa yg akan kita butir dan bijinya. Dengan kentara kriteria pohon induknya, maka bibit markisa yang ditanam akan tumbuh sehat, subur, dan produktif.

Sebab, kondisi-kondisi pohon induk markisa yang akan diambil buahnya buat dijadikan bibit seperti ini dia.

  • Pohon induk markisa sudah berumur lebih dari 3 tahun
  • Jenis markisa unggul
  • Rasa buahnya lezat dan manis
  • Tumbuh subur dan sehat
  • Sudah pernah berbuah dan tidak pernah berhenti berbuah
  • Buahnya lebat

Namun, jika Anda sulit menemukan pohon induk, maka cara yg paling gampang menggunakan membelinya di pasar. Walaupun butir markisa berdasarkan pasar, Anda harus cukup selektif dalam membeli markisa buat diambil bijinya.

Kriteria buah markisa yg Anda beli di pasar sebagai berikut.

  • Pilih buah markisa cukup tua
  • Kulitnya terlihat segar
  • Buahnya tidak cacat, bernoda, dan berlubang
  • Tidak busuk

2. Pisahkan biji markisa & cuci lendirnya hingga bersih

Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh
Biji Markisa

Mungkin tidak semua buah markisa akan diambil bijinya. Jadi, Anda belah butir markisa sinkron dengan banyaknya biji yang akan disemai. Cara membelahnya dengan cara melingkar sempurna di tengah-tengah buah markisa.

Ambil biji markisa & kumpulkan dalam wadah yang sudah disediakan seperti baskom atau kantong plastik. Biji-biji tersebut wajib dibersihkan terlebih dulu berdasarkan lendir-lendir yang masih lengket dalam bijinya.

Berikut ini cara membersihkan lendir berdasarkan biji markisa.

  • Campurkan biji markisa dengan abu dapur. Atau, Anda bisa juga gunakan karung goni yang kasar.
  • Remas-remas biji markisa sampai semua lendir lepas. Jika menggunakan goni, gosok-gosok sampai lendir lepas
  • Cuci biji markisa sampai bersih dengan air yang mengalir
  • Keringkan biji markisa dengan cara diangin-anginkan.

3. Siapkan media semai dan polybag buat menyemai biji markisa

Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh

Anda dapat menyemai menggunakan memakai wadah semai, yaitu polybag. Pilih polybag dengan berukuran diameter 10-15 centimeter. Kelebihan memakai polybag, Anda bisa membesarkan bibit markisa di polybag sampai siap pindah ke lahan tanam.

Untuk media semai biji markisa, bahannya diracik menurut adonan tanah, pupuk kompos, & pasir. Perbandingan campuran tadi adalah dua:2:1. Artinya, dua bagian tanah dicampur dengan dua bagian pupuk kompos & 1 bagian pasir.

Media semai dimasukkan ke pada polybag sampai menggunakan 2/3 tinggi polybag. Kemudian disiram sampai lembab.

4. Semai biji markisa

Setelah media semai sudah siap, selanjutnya tibalah dalam tugas menyemai biji markisa. Bagaimana cara menyemainya? Berikut ini cara menyemai biji markisa pada polybag.

  • Benamkan biji markisa tepat di tengah-tengah media semai dalam polybag. Kedalaman menanam biji kira-kira 1-1,5 cm.
  • Tutup biji dengan tanah halus dari media semai
  • Basahi sedikit saja media dengan mengguna sprayer

5. Tempatkan media semai pada area ternaungi

Polybag yang telah disemai biji markisa, ditempatkan pada tempat yang ternaungi terutama berdasarkan hujan & sinar surya penuh.

Meskipun demikian, usahakan pelindung bisa tembus sinar matahari, namun intensitas cahaya yg masuk rendah. Untuk atap pelindung yang mampu masuk sinar, Anda bisa pakai paranet atau daun-daun kelapa tua atau bahan lainnya.

6. Rawat bibit markisa yg telah tumbuh

Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh
Ilustrasi Bibit Markisa dari Biji. Gambar : Pixabay/Abel Domínguez
Setelah biji markisa tumbuh, Anda tetap merawatnya dengan rutin agar tumbuh subur dan bisa cepat dipindahkan ke lahan tanam.

Jaga kelembaban media tumbuh bibit markisa dengan cara menyiramnya. Anda pula perlu memupuknya selama bibit masih dalam polybag. Pemupukan bibit markisa menggunakan cara pengocoran/penyiraman pupuk NPK .

Caranya, larutkan 10 gram NPK dalam 10 liter air. Siram setiap bibit markisa sebanyak 100 ml larutan pupuk NPK. Jadi, buat 10 liter larutan NPK yang dibuat, dapat menyiram sebesar 100 bibit markisa di polybag.

Ulangi pemupukan setiap 2 minggu sekali menggunakan cara yg sama sampai menggunakan usia bibit 3 bulan. Sebab, selesainya tiga bulan, bibit markisa sudah siap buat ditanam.

Usai telah ulasan cara menyemai biji markisa. Bagaimana, gampang sekali, bukan? Jadi, dengan menyemai biji, Anda telah punya bibit markisa buat ditanam pada rumah ataupun di kebun. Selamat mencoba, semoga berhasil. Salam

0 Response to "Gak Risau Lagi, Ini 8 Cara Semai Biji Markisa Supaya Cepat Tumbuh | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel