Yuk Intip Segudang Kelebihan Pupuk NPK Tablet untuk Tanaman Anda | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com --Pupuk NPK Tablet – Dalam dunia pupuk, kita mengenal 2 bentuk pupuk, yaitu padat dan cair. Pupuk padat pun masih terbagi lagi dalam bentuk butiran, kristal, tepung, dan juga tablet. Nah, dalam artikel ini, kita coba mengintip khusus dengan pupuk NPK tablet.

Apa kelebihan dan tanaman apa saja yg cocok dipupuk dengan NPK tablet? Kekurangan pupuk ini apa, harga NPK tablet berapa, cara pelaksanaan bagaimana, dan sejumlah hal lain yg menciptakan kita masih bertanya-tanya dengan pupuk ini. Simak mari informasi selengkapnya.

Yuk Intip Segudang Kelebihan NPK Tablet untuk Tanaman Anda
Ilustrasi Pupuk NPK Tablet

Petani sudah lihat sendiri bukti dampak NPK Tablet

Banyak petani cerdas telah menggunakan NPK tablet buat memupuk tanaman . Sebab, mereka telah melihat bukti sendiri efek pemberian NPK tablet terhadap pertumbuhan dan peningkatan produksi flora.

NPK berbentuk pil atau kapsul ini cukup berbeda dengan NPK butiran biasa. Pupuk NPK tablet tidak hanya mengandung tri unsur N, P, dan K, melainkan juga ada unsur-unsur hara makro sekunder. Bahkan, umumnya pupuk ini diperkuat dengan trace element (TS) berupa unsur-unsur hara mikro.

Sayangnya, meskipun NPK tablet cukup ‘bergengsi’ dengan segala kandungannya, secara umum belum dapat diaplikasikan untuk tanaman sayuran berumur pendek karena bersifat seperti pupukslow release.

BACA JUGA : Kenali Dulu Pupuk Slow Release Sebelum "Terlanjur" Memupuk Tanaman

Kebanyakan NPK berbentuk gentel (bulatan seperti pil) cukup efektif diaplikasikan buat tanaman buah berumur tahunan, tanaman perkebunan, tumbuhan hias, dan juga tumbuhan kehutanan/industri. Sebab, sekali memupuk menggunakan NPK tablet, mampu sebagai nutrisi tanaman yang tetap tersedia buat jangka ketika lebih usang. Jadi, cukup efektif & efisien perannya.

Sebelum kita melihat model-contoh pupuk NPK tablet, kita lihat dulu kelebihan & kekurangan dari pupuk NPK yang diproduksi pada bentuk tablet.

Kelebihan pupuk NPK tablet

  • Mengandung unsur hara lengkap, yaitu N, P, K dan Unsur hara makro sekunder Mg, Ca, dan S serta diperkaya dengan unsur-unsur hara mikro atau trace elements (Bo, Mn, Fe, Cu, Co, Zn, dan Mo)
  • Penyerapan unsur hara oleh tanaman lebih efisien
  • Cukup mudah dan praktis untuk diaplikasi di lapangan
  • Menghemat waktu pemupukan karena cukup 1-2 kali pemupukan saja dalam setahun
  • Memudahkan petani dalam menghitung dosis pupuk karena berbentuk tablet. Jadi, cukup dengan menghitung jumlah tablet yang dibutuhkan per tanaman.
  • Dapat menghemat jumlah orang dan biaya pemupukan.
  • Transportasi dan penyimpanannya sangat mudah
  • Sangat cocok diaplikasi hampir untuk semua jenis tanaman termasuk tanaman industri

Kekurangan Pupuk NPK tablet

Memang yang namanya produk made in manusia, tentu ada kekurangan. Demikian juga dengan NPK tablet. Namun, kekurangan itu masih bisa diatasi di lapangan.

  • Kebutuhan kadar masing-masing pupuk tidak dapat diwakili dengan pupuk NPK tablet saja. Tapi ini bukan kendala, karena kekurangan unsur hara tertentu dapat diatasi dengan cara kombinasikan dengan pupuk tunggal.
  • Harganya relatif mahal, namun dalam aplikasi tampak lebih ekonomis karena pupuk tidak diaplikasi setiap saat dan tidak terbuang dalam aplikasinya karena dibenamkan di sekitar tanam.
  • Kurang cocok diaplikasi untuk tanaman semusim, sayuran berumur pendek seperti bayam, bawang merah, dan lainnya. Karena tanaman seperti ini butuh pupuk yang fast release (cepat dilepaskan dan tersedia). Sedangkan NPK Tablet, umumnya dirancang slow release agar penyerapan oleh tanaman lebih efisien.

Manfaat Pupuk NPK tablet buat tanaman

Kalau banyak kelebihan tentu saja manfaat menurut nutrisi NPK model tablet relatif poly. Berikut ini manfaat NPK tablet.

  • Karena unsur haranya lengkap, maka pupuk ini dapat meningkatkan produksi dan kualitas hasil panen
  • Tanaman menjadi lebih adaptif terhadap perubahan lingkungan seperti musim kemarau
  • Tanaman kebal terhadap serangan hama dan penyakit
  • Tanaman tumbuh subur dan tidak mudah kekurangan unsur hara karena pupuk ini melepaskan hara sesuai kebutuhan tanaman.

Jenis-jenis tanaman yg cocok diaplikasi pupuk NPK tablet

Apa saja tumbuhan yang tepat dipupuk dengan pupuk NPK tablet? Sebetulnya, semua tumbuhan cocok dengan NPK tablet, tetapi - sekali lagi - kurang tepat bila digunakan buat tanaman semusim/sayuran berumur singkat.

Beberapa jenis flora yang lazim dipupuk menggunakan pupuk NPK tablet, Jeruk, Mangga, Nanas, Pisang, Durian, Manggis, Pepaya, Kopi, Kelapa, Sawit, Jati, dan lain sebagainya. Bahkan, flora hias dan tabulampot pun cocok dipupuk menggunakan NPK tablet.

BACA JUGA : Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim

Cara aplikasi Pupuk NPK Tablet

Seperti ulasan di atas, salah satu kelebihan dari pupuk NPK tablet, yaitu gampang pada hal aplikasinya. Benar sekali, memang pupuk NPK tablet ini diaplikasikan dengan cara membenamkan tablet di sekeliling tanaman . Sesuai dengan takaran buat masing-masing jenis tanaman .

Berikut cara aplikasi NPK tablet buat tanaman

  • Tentukan dulu jenis tanaman apa yang akan dipupuk
  • Lihat petunjuk/anjuran berapa dosis pemupukan untuk tanaman tersebut (misalnya 10 tablet/tanaman)
  • Buat lubang di sekeliling tanaman sebanyak jumlah tablet yang akan dibenamkan. Kedalaman lubang sekitar 10-15 cm.
  • Masukkan pupuk NPK tablet sesuai dosis
  • Tutup kembali dengan tanah

Contoh-model Pupuk NPK Tablet

Cukup banyak jenis pupuk wa bil khusus pupuk NPK tablet yang diproduksi oleh industri pupuk. Ini tentu saja untuk mendorong peningkatan produksi tanaman pertanian.

Berikut ini 2 saja model (maaf hanya buat contoh saja, buka maksud kenaikan pangkat ) pupuk NPK pil atau tablet yg telah hadir & tersebar pada pasaran.

1. Pupuk NPK Tablet Jeranti

Pupuk NPK tablet Jeranti merupakan pupuk yg diproduksi oleh PT. Pupuk Kujang. Pupuk berbentuk tablet ini mempunyai kandungan NPK menggunakan formula 18-10-14-2S TE, menggunakan berukuran tablet 10 gram. Bukan hanya flora buah, akan tetapi Anda jua bisa memupuk flora industri menggunakan NPK yg satu ini.

2. Pupuk NPK Tablet Gramafix Buah (Fruits Fertilizer)

Pupuk berbentuk tablet yang didesain spesifik buat tumbuhan butir, sangat mudah Anda temukan dengan nama Gramafix Buah. Ini juga salah satu jenis NPK tablet yg mengandung unsur hara lengkap, ada unsur makro, mikro, & pula TE.

Pupuk menggunakan berat tablet cuman 10 gram ini, relatif efektif dan efisien bila Anda gunakan buat memupuk tumbuhan buah. Lantaran bukan bentuk prill, jadi Anda nir perlu khawatir lantaran tidak hilang unsur hara ketika pelaksanaan.

Selain 2 model pupuk NPK tablet di atas, cukup banyak merek-merek lain yang tersebar pada pasar. Semuanya mengagumkan-mengagumkan dan bisa diaplikasikan buat memupuk flora buah dan sejenisnya. Untuk itu, silakan Anda berselancar di internet menuju ke toko-toko online buat melihat jenis & harga pupuk NPK tablet.

Dengan uraian singkat ini, ternyata pupuk NPK tablet cukup menarik. Meskipun ada sedikit kurang-kurangnya, namun tertutupi sudah dengan segudang kelebihan dan manfaatnya. Demikian semoga ada faedahnya untuk penulis dan juga spesial untuk Anda yang sudah setia hadir di blog ini. Salam sukses. [updated by pupuklahan.blogspot.com, 25/01/2020]

0 Response to "Yuk Intip Segudang Kelebihan Pupuk NPK Tablet untuk Tanaman Anda | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel