Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi | Kebunku

Pupuklahan.Blogspot.Com ?- Mungkin karena Anda tak jarang memperhatikan adanya nasi basi, kemudian ada indikasi tanya adakah manfaat nasi basi bagi tanaman . Apabila terdapat, bagaimana cara pemanfaatanya?

Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi
Ilustrasi Nasi Bekas buat Tanaman [updated 25/01/2020]

Setiap hari ada saja nasi basi

Lantaran sebagian akbar penduduk Indonesia konsumsi nasi, maka tentu saja hampir setiap hari, ada saja nasi yang tersisa yg lalu sebagai basi.

Nasi bekas yang tidak bisa dimakan lagi, mampu saja dari dari rumah tangga ataupun restoran atau rumah makan. Apabila dikumpul, jumlahnya tidak mengecewakan poly.

Nasi basi buat unggas, flora, atau limbah?

Kemana pergi nasi basi selama ini? Sebagian akbar dibuang dan menjadi limbah. Sebagian lagi buat pakan unggas (ayam dan bebek). Dan sisanya yg sedikit, dimanfaatkan buat memupuk tanaman .

Yang memanfaatkan nasi basi buat tanaman adalah sahabat-teman yang cerdas. Mereka tau, mulai menurut air cucian beras hingga nasi bekas punya manfaat buat tumbuhan. Mereka paham nasi basi bisa dimanfaatkan buat menyuburkan tanah & flora.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras buat Nutrisi Tanaman

Anda pecinta tanaman ? Jangan buang nasi basi

Nasi yang sudah berubah tekstur dan rasanya alias basi tentu saja tidak lagi bermanfaat untuk manusia.  Jikapun nasi basi dikonsumsi oleh manusia, tentu akan menimbulkan resiko kesehatan.

Nah, bila Anda pecinta tanaman , sebaiknya nasi basi yang sudah berubah tekstur & cita rasanya itu jangan dibuang karena sangat banyak manfaatnya buat tumbuhan.

Bukan hanya satu jenis tanaman , akan tetapi nasi dingin yg sudah bermalam berguna buat aneka jenis tumbuhan misalnya tanaman hias, cabai, tomat, padi, & lain-lain.

Sebagai orang yang suka tanam-menanam, Anda mesti tau, nasi basi bukan sekadar pupuk tanaman atau sekadar cerita basa-basi, tapi nyata lebih dari itu manfaatnya. Karena itu, Yuk simak penjelasannya di bawah ini tentang betapa hebat manfaat nasi basi dan cara pemanfaatannya untuk tanaman.

Manfaat nasi basi buat tumbuhan

Kita cukup mengerti bahwa buat tumbuh & berkembangnya tanaman sangat membutuhkan tanah yang fertile dan nutrisi yang cukup.

Nah, galat satu zat organik yang mampu menyuburkan tanah dan tanaman merupakan nasi basi. Sebab, pada pada nasi masih ada sejumlah nutrisi krusial misalnya karbohidrat, protein, mineral seperti besi (Fe), fosfor (P), mangan (Mn), selenium, magnesium (Mg), & sejumlah vitamin.

Adakah nitrogen (N) jika nasi basi diberikan untuk tanaman ? Tentu ada. Karena terdapat protein, maka terdapat N. Tapi, N berdasarkan nasi basi baru dilepaskan dan tersedia buat tumbuhan apabila sudah mengalami perombakan protein sang mikroba.

Berikut ini secara umum sejumlah manfaat nasi basi bagi tanaman

  • Menyediakan unsur hara makro dan mikro untuk tanaman
  • Memacu pertumbuhan vegetatif dan perkembangan tanaman
  • Menyehatkan tanaman
  • Mengatasi dan mengendalikan serangan hama tanaman
  • Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit terutama yang disebabkan oleh jamur
  • Memperkaya bahan organik tanah
  • Meningkatkan aktivitas bakteri tanah yang menyuburkan tanaman
  • Memperbaiki sifat-sifat fisika tanah seperti tanah menjadi lebih gembur, aerasi lebih bagus, dan lainnya.

Nasi basi mesti diolah supaya berguna buat flora

Sayangnya, nasi basi tidak serta-merta dapat diaplikasi untuk tanaman. Kita saja bisa sakit perut, apalagi nasi basi diberikan untuk tanaman, tentu tanaman pun terganggu. Kalau tanaman bisa ngomong, tentu ia akan menolak. Please deh, jangan nasi basi begituan, olah dulu dunk😅😅.

Misalnya, nasi basi ditebarkan atau dibenamkan di sekeliling tanaman , apa jadinya? Dalam waktu singkat seperti ini imbas buruknya.

Pertama, tanaman bisa terganggu karena bahan organik nasi basi belum terdekomposisi sempurna.

Mengapa tergganggu tanaman ? Mikroorganisme tanah akan mengambil zat hara tersedia di sekitar akar flora buat energi dan pertumbuhannya agar dapat merombak bahan organik nasi basi. Jadi, buat sementara saat tumbuhan sanggup kehilangan unsur hara yg telah tersedia pada sekitar akarnya.

Kedua, nasi basi yang ditaburkan dalam pot atau pada media tumbuh tanaman, akan mengundang hama seperti tikus, ayam, kucing, serangga, dan lainnya. Akibatnya, tanaman akan terganggu.

Cara pemanfaatkan nasi basi buat tumbuhan?

Agar nasi basi tadi sahih-sahih berguna buat tumbuhan, maka perlu adanya pengolahan atau perlakuan terlebih dulu sebelum diaplikasikan buat tumbuhan.

Berikut ini beberapa cara pemanfaatan nasi basi sebelum digunakan buat memupuk tanaman .

1. Nasi basi buat pupuk kompos.

Salah satu cara pemanfaatan nasi basi yang cerdas dan elegan merupakan mengubahnya sebagai pupuk kompos. Dengan berubah wujud menjadi kompos, maka nutrisi menurut nasi bekas tersedia & bisa mudah diserap tumbuhan.

Oleh karenanya, sebelum dipakai buat tumbuhan, nasi basi diolah sedemikian rupa menggunakan adonan bahan-bahan organik lainnya sebagai akibatnya menjadi pupuk kompos. Jadi, ini keliru satu pupuk berdasarkan nasi basi.

Dua. Nasi basi buat pupuk cair

Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi
POC Nasi Basi (Gambar Sebelah Kanan)
Cara pemanfaatan nasi basi lainnya untuk tanaman adalah dengan mengolahnya terlebih dulu sehingga menjadi pupuk organik cair.

Biasanya, nasi basi dibiarkan beberapa hari sehingga tumbuh banyak mikroba atau fungi. Lalu, ditambah air dan gula dan difermentasikan sehingga membuat produk pupuk cair.

Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi
Jamur Nasi Basi Setelah Dibiarkan 5-7 Hari
Pupuk cair yang dihasilkan dari nasi basi mengandung sejumlah nutrisi tanaman dan mikroorganisme menguntungkan. Pupuk ini dikenal dengan pupuk organik cair dari nasi basi.

3. Nasi basi untuk pestisida organik

Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi
Biopestisida Dari Nasi Basi
Untuk mengatasi dan mengendalikan hama tanaman dibutuhkan pestisida. Nah, nasi basi bisa dimanfaatkan untuk pestisida organik karena mengandung mikroba atau bakteri yang menguntungkan.

Misalnya, Untuk mengusir kutu putih dalam daun, ulat, belalang, & hama serangga lainnya, pestisida menurut nasi basi ampuh dan dapat menjadi alternatif buat mengendalikan hama yg ramah lingkungan.

Tetapi, supaya nasi basi sanggup menjadi pestisida organik atau bioinsektisida, perlu diolah terlebih dulu sebelum digunakan.

4. Nasi basi untuk jamur trichoderma

Nasi yg tersisa dan nir digunakan lagi sanggup berguna buat menciptakan biofungisida (jamur trichoderma). Jamur ini bisa menghalau fungi patogen dari flora.

Karenanya, supaya bisa berguna buat tumbuhan, lakukan pembiakan jamur tadi terlebih dulu dengan nasi atau nasi basi. Setelah diperoleh jamur tadi, baru diproses menggunakan campuran bahan-bahan organik lain supaya berkembang lebih poly dan siap diaplikasikan buat flora.

BACA JUGA : dua Cara Mudah Membiakkan Biofungisida Trichoderma dan Siap Pakai dalam saat 7 Hari

lima. Nasi basi buat dekomposer (bioaktivator)

Masih ingatkah dengan bioaktivator dalam pembuatan pupuk kompos? Itu merupakan mikroba yg sanggup merombak bahan-bahan organik, yang kemudian dikenal menggunakan dekomposer.

Nasi basi galat satu media yg dapat menarik sejumlah mikroorganisme lokal (MOL). MOL ini dapat sebagai dekomposer bahan organik.

Oleh sebab itu, sebelum dapat berguna buat tanaman , maka nasi basi diolah terlebih dulu. Setelah dihasilkan dekomposer berdasarkan nasi basi, maka dekomposer tersebut digunakan buat perombakan bahan organik dalam pembuatan pupuk kompos.

Bagaimana, dahsyat sekali manfaat nasi basi untuk tanaman, bukan? Oh, iya..andaikan Anda masih penasaran bagaimana membuat pupuk cair nasi basi, dekomposer nasi basi, kompos nasi basi, pestisida nasi bekas, dan biofungisida dari nasi sisa, pupuklahan.blogspot.com akan menjelaskan satu persatu pada artikel lain dalam waktu dekat. Makanya, Andasubscribe dulu agar mendapat artikel terbaru gratis dari pupuklahan.blogspot.com

BACA JUGA : Pestisida Nasi Basi AMpuh Usir Hama Lho, Begini Langkah Membuatnya

Demikian manfaat nasi basi bagi tumbuhan. Sekali lagi, supaya nasi basi mampu benar -betul berguna misalnya menyuburkan dan menyehatkan tanaman , usahakan nasi basi dilakukan pengolahan atau perlakuan sebelum diaplikasikan untuk tanaman .

Ini Video Cara Membuat Pupuk Organik Cair menurut Nasi Basi

0 Response to "Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel