Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya | Kebunku

Pupuklahan.Blogspot.Com -- Pestisida sangat diperlukan untuk mengendalikan agresi hama dalam berbagai jenis tumbuhan budidaya misalnya tanaman sayuran, tumbuhan hias, & lainnya. Nah, keliru satu obat anti hama yg amat mudah Anda peroleh & digdaya mengusir serangga adalah pestisida organik dari nasi basi.

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Insektisida nasi basi

Salah satu manfaat nasi basi buat biopestisida

Nasi bekas yg tidak habis dikonsumsi ternyata cukup poly keuntungannya. Diantara sekian poly manfaat nasi basi, keliru satunya dapat diolah sebagai biopestisida yg lebih dikenal dengan pestisida organik.

Anda tak perlu heran menggunakan pestisida organik berdasarkan nasi basi. Sebab, pestisida yang zat aktifnya mikroba misalnya bakteri, kapang, virus, dan lainnya, malah sudah poly diproduksi untuk melindungi & mengendalikan aneka hama tanaman .

BACA JUGA : Setelah Didiamkan 24 Jam, Pestisida Organik Ini Ampuh Kendalikan Organisme Pengganggu Tanaman

Cendawan gampang tumbuh pada nasi

Para ahli mikrobiologi telah menemukan bahwa nasi adalah media yg cukup disukai sang cendawan lantaran mengandung karbohidrat dan protein.

Apabila dibiarkan beberapa waktu saja, maka nasi berubah sebagai basi karena mulai tumbuhnya fungi atau jamur. Awal pertumbuhan dapat ditandai seperti kapas bewarna putih dan kuning relatif kehijauan. Semakin hari sebagai semakin poly pertumbuhannya sampai berubah warna menjadi coklat dan gelap.

Mikroba pada nasi basi memproteksi tumbuhan dari serangga

Meskipun tidak sehat buat dikonsumsi insan, tetapi nasi bekas tersebut amat menguntungkan buat tanaman . Sebab, mikroba yang tumbuh pada nasi dapat memproteksi tumbuhan.

Jamur dalam nasi basi mengeluarkan zat-zat yg bisa meracuni serangga misalnya ulat, belalang, kutu putih, dan hama serangga lainnya yg hinggap & merusak tanaman Anda.

Dengan istilah lain, jamur entomapatogenik dari nasi busuk merupakan insektisida paling digdaya buat melindungi tanaman berdasarkan porak-poranda hama serangga .

Yuk membuat pestisida organik nasi basi

Sayangnya, buat sebagai ?Obat? Semprot flora, nasi yg sudah bermalam butuh sedikit usaha berdasarkan Anda. Dengan perlakuan sederhana, nasi basi bisa berubah wujud sebagai pestisida organik yang ramah lingkungan.

Apakah Anda tertarik menggunakan nasi tersisa untuk mengontrol hama serangga pada tanaman?  Jika ya, nih simak cara sederhana membuat pestisida organik dari nasi basi.

1. Kumpulkan nasi yang tersisa

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Nasi Basi

Langkah pertama buat menciptakan pestisida organik merupakan mengumpulkan nasi yg tersisa. Jika pada tempat tinggal Anda terdapat nasi yang nir habis dikonsumsi, kumpulkan & taruh dalam wadah misalnya piring, toples, atau tempat penyimpanan lainnya.

Biarkan nasi bekas tadi terbuka alias jangan ditutup. Tempatkan pada area yg agak gelap & jauh menurut jangkauan anak-anak, hewan, atau semut. Anda mungkin bisa menempatkan dalam sudut ruangan, namun permanen nir ada gangguan dan jua nir mengganggu kenyamanan Anda.

Setelah /- 2 malam (dua x 24 jam), nasi basi tersebut sudah siap untuk diolah menjadi pestisida seperti pada langkah ini dia.

2. Siapkan media untuk membuat larutan pestisida nasi basi

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Wadah untuk Membuat Pestisida Organik

Anda mesti menyiapkan media misalnya botol, toples, atau jirigen menjadi wadah fermentasi nasi basi. Gunakan media atau wadah yg gampang Anda dapatkan dan ukurannya sinkron dengan volume pestisida yg ingin Anda racik.

Cuci wadah yang akan Anda gunakan sampai higienis sehingga tidak terdapat kotoran atau noda yang sanggup mengontaminasi bahan buat membuat pestisida nasi basi. Lap dan keringkan wadah tadi.

Tiga. Masukkan nasi basi ke pada botol atau wadah lainnya.

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Campuran Nasi Basi dan Air

Ambil 1 genggam nasi basi dan masukkan ke dalam botol. Tuangkan sebanyak 1 liter air sumur (jangan air yang mengandung kaporit) ke dalamnya. Aduk-aduk  dan tutup, tapi jangan terlalu rapat ditutup. Biarkan longgar agar terjadi sirkulasi udara.

Jika Anda menciptakan pestisida dalam jumlah poly, maka ingat perbandingannya adalah 1:10. Misalnya, 1 kg nasi basi ditambah air sebesar 10 liter, bila 500 gram nasi basi ditambah 5 liter air, demikian perbandingannya.

4. Diamkan campuran nasi basi selama /-1 minggu

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Diamkan Campuran Nasi Basi Selama 1 Minggu

Simpan botol yang telah diisi nasi & air tersebut pada loka yg tidak terkena cahaya surya pribadi. Goyang-goyang atau mixer sementara waktu sekali saja setiap hari hingga hari ke-6.

Lima. Saring larutan pestisida organik nasi basi

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Memisahkan ampas dan pestisida nasi basi

Biopestisida nasi basi sudah jadi pada hari ke-7 & siap dipakai buat menyemprot flora. Tetapi sebelum digunakan, Anda saring terlebih dahulu menggunakan mengunakan saringan halus yang terbuat menurut kain atau logam stainless atau lainnya.

Pisahkan ekstrak dan ampas nasi basi. Cairan pestisida yg telah disaring disimpan pada botol atau bisa langsung diisi ke pada sprayer buat membasmi hama tanaman . Sedangkan sisa/ampas nasi basi dipakai buat membuat pupuk kompos.

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Pestisida organik nasi basi siap dipakai

 buat mengusir hama serangga pada flora

Cara pelaksanaan pestisida organik nasi basi

Untuk mengusir hama serangga pada tanaman , Anda nir perlu lagi mengencerkan asalkan perbandingan nasi basi dan air dalam waktu pembuatan sinkron petunjuk.

Tuangkan pestisida nasi bekas ke dalam indera semprot atau sprayer, semprot ke seluruh bagian tanaman secara tipis-tipis saja, akan tetapi merata. Ulangi penyemprotan setiap 7-10 hari sekali agar hasilnya lebih efektif & tanaman bebas menurut serangga pegganggu.

Seperti itulah cara menciptakan pestisida organik menurut nasi basi. Aplikasi insektisida murah meriah, sehat, dan kondusif lingkungan ini secara teratur supaya tumbuhan terbebas menurut gangguan hama.

BACA JUGA : Cara Membuat Pestisida Organik untuk Membasmi Hama Tanaman dan Teknik Aplikasinya

Saran

Agar lebih sehat & aman berdasarkan mikroba, pakai sarung tangan & masker pada waktu menciptakan pestisida organik menurut nasi yg telah berjamur. Demikian jua dalam waktu menyemprot tanaman , tetap gunakan pelindung tubuh Anda.

Video Membuat Pestisida Organik menurut Nasi Basi

0 Response to "Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel