Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK untuk Tanaman Kedelai | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- Salah satu jenis pupuk kimia yang sering diaplikasi dalam budidaya tanaman kedelai adalah pupuk NPK. Pupuk majemuk ini dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman kedele karena mengandung unsur hara esensial nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
Tanaman Kedelai

Seandainya Anda ingin aplikasi pupuk NPK untuk kedele, maka aplikasikanlah  dengan dosis yang tepat, tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Tujuannya adalah agar tanaman pangan kedelai tumbuh subur dan dapat meningkatkan produksi biji kedelai.

Yang menjadi pertanyaannya merupakan berapa dosis pupuk NPK buat flora kedelai?

Mengapa kedelai mesti dipupuk?

Baik, sebelum menjawab seberapa banyak takaran pupuk NPK untuk tanaman kedelai per hektar atau mungkin dosis NPK per lubang tanam kedelai, yuk kita lihat dulu sekilas mengapa kita mesti memupuk tanaman kedelai.

Kita tau bahwa selain padi & jagung, tanaman pangan yg jua relatif banyak ditanam petani merupakan kedelai. Ada yg menanam di lahan sawah, lahan kering, dan bahkan di huma pasang surut.

BACA JUGA : Ini Langkah Pemupukan Jagung Hibrida dan Non-Hibrida supaya Produksi Tinggi

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
Lahan Sawah Tadah Hujan buat Tanam Kedelai

Nah, huma-lahan yang ditanami kedelai tadi memiliki taraf kesuburan yang bhineka, ada yang rendah, sedang, & tinggi. Namun, secara umum tanah pada wilayah tropis kesuburannya rendah.

Kedelai yg tumbuh dalam huma rendah nutrisi atau taraf kesuburan rendah, pertumbuhan terhambat dan produksi biji kedelai mampu jadi amat rendah, bahkan mampu jadi tanpa hasil alias gagal.

Jadi, satu-satunya jalan buat menaikkan kesuburan huma tanam kedelai adalah pemupukan, baik pupuk organik maupun pupuk anorganik seperti NPK.

Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
NPK untuk Kedele Jangan Over Dosis

Tanaman kedelai butuh nutrisi yg relatif dan lengkap mulai semenjak berkecambah hingga menggunakan pengisian biji. Karenanya, pemupukan menggunakan pupuk NPK perlu dilakukan beberapa kali atau sedikit demi sedikit menggunakan takaran yang tepat. Hati-hati, jangan sampai over takaran??

Untuk jenis pupuk NPK, Anda bebas memilih. Anda sanggup memberikan pupuk NPK 16:16:16 atau Phonska buat kedelai. Yang penting merupakan tersedianya unsur hara N, P, & K buat tanaman kacang kuning (sebutan lain buat kedelai) dalam jumlah yg cukup & harga beli pupuk tersebut terjangkau.

BACA : NPK Mutiara 16-16-16 ; Apa keunggulan & keuntungannya?

Aplikasikan pupuk NPK buat flora kedelai pada waktu tanam

Agar tanaman kedelai segera dapat menikmati lezatnya nutrisi pada tanah, berikan pupuk NPK dalam saat tanam.

Atau, jika nir memungkinkan memupuk bersamaan menggunakan tanam, pelaksanaan pupuk NPK segera sesudah tanam kedelai dalam rentang ketika 1-15 hari terhitung sejak saat penanaman.

Berapa takaran NPK buat kedelai? Untuk 1 hektar lahan tanam kedelai, membutuhkan pupuk NPK sebesar 100-125 Kg/Ha. Ini adalah, dosis pupuk NPK buat tumbuhan kedelai 100-125 Kg/Ha.

Kalau kita konversikan ke dalam ukuran lebih kecil lagi, maka dosisnya adalah 0,4-0,5 gram/lubang tanam kedelai. Dosis NPK tersebut dihitung berdasarkan asumsi jarak tanam kedelai 40 cm x 10 cm atau 250.000 lubang tanam kedelai

Ingat, lubang tanam tidak sama dengan jumlah tanaman kedelai. Sebab, setiap lubang tanam umumnya diisi 2 benih kedelai. Dengan demikian, kalau tumbuh 100%, maka dalam 1 hektar lahan terdapat sebanyak 500.000 tanaman kedelai Sebagai gambaran, begini rumus umumnya.

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
Menghitung Lubang Tanam & Tanaman Kedelai

buat Kalkulasi Kebutuhan Pupuk NPK

Berikan jua pupuk NPK susulan untuk tumbuhan kedelai

Jangan sampai Anda terlena dengan kesuburan pertumbuhan tumbuhan kedelai. Pemupukan kedelai mesti dilanjutkan saat usia tanaman sudah 30 hari atau menjelang berbunga.

Dosis pupuk NPK susulan sama menggunakan dosis pupuk NPK pada waktu tanam, yaitu 100-125 kg/ha atau 0,4-0,lima gr/lubang tanam kedelai.

Cara aplikasi pupuk NPK buat tumbuhan kedelai

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
Aplikasi NPK di samping Lubang Tanam Kedelai

Pemupukan tanaman kedelai dilakukan dengan cara tugal pada samping lubang tanam menggunakan jarak lima-7 cm berdasarkan pangkal tanaman ,

Selain cara pemupukan kedelai dengan tugal, Anda sanggup pula memupuk dengan cara menyebar pupuk NPK pada larikan di samping barisan tumbuhan kedelai.

Setelah pupuk NPK dimasukkan ke dalam lubang atau larikan, tutup menggunakan tanah atau pupuk kandang.

Tip

  • Tetap berikan pupuk kandang sebanyak 2,5 ton per hektar atau 5 gram per tanaman kedelai agar tanah tetap subur dan tersedianya unsur-unsur hara mikro. Pupuk kandang sebanyak itu digunakan untuk menutupi lubang tanam kedelai, bukan disebar.
  • Perhatikan pH tanah, jika agak asam, aplikasikan kapur atau dolomit untuk menurunkan kemasaman tanah.

Pertanyaan-pertanyaan seputar pupuk kedelai

Tanya :

Kalau ingin memakai pupuk tunggal buat memupuk kedelai, apakah boleh?

Jawaban berdasarkan pupuklahan.Blogspot.Com:

Tentu saja boleh, tetapi tetap pertimbangkan efisiensi biaya & tenaga kerja serta kemudahan menurut sisi aplikasinya.

Tanya :

Pupuk tunggal apa saja yang dipakai untuk memupuk kedelai?

Jawaban berdasarkan pupuklahan.Blogspot.Com:

Pupuk tunggal yang diaplikasikan buat kedelai mesti mengandung unsur hara esensial, terutama unsur nitrogen (N), fosfor (P), & kalium (K). Untuk itu, Anda bisa memakai pupuk Urea, SP-36 atau TSP, dan KCL

Tanya

Berapa dosis masing-masing pupuk tunggal buat memupuk tumbuhan kedelai dalam waktu tanam dan susulan?

Jawaban berdasarkan pupuklahan.Blogspot.Com:

Agar kebutuhan N, P, & K untuk tanaman kedelai permanen sama, maka kita mesti menghitung terlebih dulu N, P, & K pada NPK 16:16:16.

Dosis pupuk tunggal pada saat tanam sama dengan takaran pupuk susulan

Ini takaran masing-masing pupuk tunggal buat kedelai.

N menurut NPK = 16/100 x 100 Kg/ha = 16 kg

Maka Dosis Pupuk Urea buat Kedelai = 100/45 x 16 kg = 35,56 kg/ha

P berdasarkan NPK = 16/100 x 100 kg/ha = 16 kg

Maka Dosis Pupuk SP-36 buat Kedelai = 100/36 x 16 kg = 44.44 kg/ha

K menurut NPK = 16/100 x 100 kg/ha = 16 kg

Maka Dosis Pupuk KCl untuk Kedelai = 100/60 x 16 kg = 26,67 Kg/ha

Kalau Anda ingin meracik pupuk NPK dan menghitung kebutuhan pupuk tunggal, Anda dapat membaca artikel "Sulit Mendapatkan Pupuk NPK Kadar Tinggi? Begini Cara Meracik Sendiri dari Pupuk Tunggal "

Itulah dosis pupuk NPK untuk tanaman kedelai. Agar produksi kacang kedelai tinggi, selain pemupukan, pilihlah varietas unggul, penyiapan lahan yang baik, dan kendalikan hama dan penyakit secara cepat & sempurna. Salam sukses berdasarkan admin pupuklahan.Blogspot.Com buat Anda semua.

0 Response to "Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK untuk Tanaman Kedelai | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel