Ini Dia Seabrek Manfaat EM4 untuk Tanaman yang Mesti Anda Tau | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- Bagi yang masih awam atau baru saja mendengar atau melihat EM4, mungkin akan bertanya apa sih EM4 dan apa pula manfaat EM4 untuk tanaman?

Ini Dia Seabrek Manfaat EM4 buat Tanaman
EM4 buat Tanaman

Kalau belum kenal atau familiar dengan EM4 buat tumbuhan, mampu jadi terdapat yg galat beli. Karena EM4 yang dipasarkan bukan satu jenis, namun terdapat beberapa jenis EM4. Kesemuanya itu bhineka peruntukannya. Nanti akan Anda temui jenis-jenisnya, silakan lanjut membacanya.

Sebaliknya, bagi teman-teman petani yg sudah seringkali memakai EM4 buat tumbuhan, tentu nir asing lagi. Dengan melihat botol atau mencium aromanya saja, mereka akan langsung bilang ini pasti EM4 yang banyak kegunaan buat tumbuhan.

Demikian juga menggunakan Sobat-sobat yg hobi membuat pupuk organik atau mengolah sampah menjadi pupuk kompos, tentu saja mereka telah mengenal dan mengerti benar dengan manfaat EM4 sebagai fermentor atau dekomposer bahan organik .

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Digunakan pada 7 Hari

EM4

Sebelum melihat seabrek manfaat EM4 untuk tanaman, yuk simak dulu step by step mulai dari apa itu EM4.

EM4 (effective microorganisms 4) merupakan larutan yang bewarna agak kecoklatan dan baunya seperti aroma tape. Dalam larutan ini ada sejumlah mikroorganisme menguntungkan atau berguna untuk tanah dan tanaman.

Dengan kata lain, EM4 ini larutan yg mengandung bakteri selektif dan aktif, yaitu output seleksi secara alami menurut mikroorganisme fermentasi & sintetik di dalam tanah

Mikroba apa saja pada EM4?

Dalam EM4 yang peruntukannya untuk tanaman mengandung sejumlah mikroba. Ada bakteri fermentasi dari genus Lactobacillus, jamur fermentasi Actinomycetes, bakteri fotosintetik, bakteri pelarut fosfat, dan ada juga ragi.

Kerja dari mikroorganisme yg terdapat dalam EM4 tadi nir perlu diragukan lagi. Mereka biodekomposer yang luar biasa hebat & bisa bekerja buat merombak atau memfermentasi bahan-bahan organik pada pada tanah menjadi unsur-unsur organik sehingga bisa menaikkan kesuburan tanah dan produktivitas tanaman .

Jangan keliru menentukan jenis peruntukan EM4

Ini Dia Seabrek Manfaat EM4 buat Tanaman
EM4 buat Pertanian

Agar EM4 berguna buat flora, maka Anda jangan galat beli. Sebab, di toko sarana pertanian, ada banyak sekali jenis EM4.

Semua jenis EM4 itu peruntukannya bhineka. Ada EM4 buat peternakan, EM4 buat limbah dan toilet, EM4 buat perikanan & tambak, dan terkahir adalah EM4 buat tumbuhan.

Nah, kalau Anda ingin mengolah sampah, kompos, pupuk cair organik (POC) atau menyuburkan tanah dan tanaman, maka yang dibeli adalah EM4 yang bertuliskan ‘EM4 Tanaman.’ Baca kemasan botol sebelum membelinya.

EM4 sanggup diperbanyak sendiri

Jika Anda sudah pernah membeli EM4, Anda dapat memperbanyak EM4 sendiri agar tidak harus beli dan beli. Bagaimana cara membiakkan EM4, Anda dapat membaca artikel  ini, yaitu 8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri, Praktis dan Murah-Meriah

Manfaat EM4 buat tumbuhan

Okay, langsung saja menuju ke intinya, yaitu kegunaan EM-4 untuk tanaman. Manfaat EM4 buat tumbuhan sungguhlah sangat dahsyat meskipun bukan secara langsung. Mengapa tidak langsung? Sebab, tugas khusus bakteri dari EM4 hanyalah merombak bahan-bahan organik dalam tanah terlebih dulu.

Akibat menurut penguraian bahan organik, tanah sebagai sehat, subur & menyediakan makanan buat tanaman . Al hasil, tanaman pun ikut menjadi sehat, fertile, & produktif lantaran tanah telah tersedianya unsur-unsur hara baik makro juga mikro.

Berikut ini sejumlah manfaat EM4 buat tanaman dan tanah.

  • Memperbaiki sifat fisik tanah sehingga tanah menjadi gembur dan mudah diolah, aeratif dan poros.
  • Memperbaiki sifat kimia
  • Memperbanyak jenis mikroorganisme yang menguntungkan dalam tanah
  • Meningkatkan produksi tanaman
  • Meningkatkan kualitas hasil panen
  • Menjaga kestabilan produksi
  • Memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (Bokashi)
  • Menyediakan unsur-unsur hara baik makro maupun mikro yang dibutuhkan tanaman
  • Menyehatkan tanaman
  • Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit

EM4 Bermanfaat buat Semua Jenis Tanaman

Karena cukup bagus pengaruhnya untuk membangun kesuburan tanah, tentu saja EM4 sangat berguna untuk semua jenis tanaman baik tanaman pertanian maupun perkebunan.

Ini adalah, EM4 bermanfaat buat cabai, tomat, terong, dan flora sayuran lainnya. EM4 berguna buat tumbuhan palawija. EM4 menyuburkan tumbuhan hias. EM4 pula bermanfaat buat flora sawit, kopi, & sebagainya. Selengkapnya bisa ditinjau dalam Tabel pada bawah ini.

Beberapa Jenis Tanaman yang cukup baik diaplikasikan EM4

Bunga/Tanaman Hias

Supplir

Anggrek

Crisantium

Euporbia

pupuklahan.blogspot.com

Sayur-sayuran

Selada

Kubis

Cabe

Wortel

Bawang

Tomat

pupuklahan.blogspot.com

Tanaman Pangan

Padi

Jagung

SIngkong

Kentang

Kedelai

pupuklahan.blogspot.com

Tanaman Perkebunan

Lada

Teh

Karet

Kopi

Coklat

Tebu

Cengkeh

Kelapa Sawit

pupuklahan.blogspot.com

Buah-buahan

Mangga

Jambu

Jeruk

Sumber : Kemasan Botol EM4

Untuk takaran dan cara aplikasi larutan EM4, Anda dapat membaca petunjuk pemakaian yg tertera dalam kemasan botol EM4. Silakan baca secara akurat sebelum menggunakannya.

Itu beliau manfaat EM4 untuk flora. Jadi EM4 ini adalah dekomposer bahan organik. Hasil dekomposisi tadi menyuburkan tanah dan menyediakan unsur-unsur hara buat tumbuhan sehingga tumbuhan ikut sebagai subur, sehat dan produktif. Salam pupuklahan.Blogspot.Com & semoga sukses selalu untuk Anda semuanya...Amin.

0 Response to "Ini Dia Seabrek Manfaat EM4 untuk Tanaman yang Mesti Anda Tau | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel