Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Digunakan Dalam 7 Hari | Kebunku

Cara Membuat Pupuk Kompos --Pupuk kompos adalah salah satu pupuk organik yang "aman" bagi lingkungan. Selain itu, pupuk proses dekomposisi mikroorganisme ini merupakan nutrisi yang sangat membantu pertumbuhan tanaman dan menyuburkan tanah.

Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Digunakan Dalam 7 Hari
Ilustrasi Membuat Kompos. Pixabay/Ben Kerckx

Bahan organik buat membuat pupuk kompos

Pupuk  kompos bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan organik yang ada disekitar kita. Tinggal kita kumpulkan dan selanjutnya diolah menjadi kompos baik secara tradisional maupun menggunakan mesin kompos.

Bahan-bahan organik buat meracik pupuk kompos misalnya daun-daun kemarau, rumput, ranting kayu, ampas tebu, dedak, sekam padi, sampah dapur, jerami, daun pisang kering, kotoran ternak, & lain sebagainya. Semua bahan organik tersebut berupa residu-residu tanaman dan fauna.

Proses degradasi atau dekomposisi bahan organik menjadi kompos terbilang relatif cepat karena dibantu oleh bioaktivator berupa bakteri yg telah dikultur. Dalam waktu kurang dari 10 hari, kompos siap digunakan buat memupuk tanaman .

Pentingnya nutrisi flora

Ops..Tunggu sebentar saja, ya.. 😅 Sebelum mengulas lebih lanjut dan lebih khusus tentang cara produksi pupuk kompos, admin pupuklahan.blogspot.com ingin menceritakan sekelumit tentang pentingnya memberi nutrisi untuk tanaman. Janganlah seperti kebanyakan orang yang mengharapkan hasil "maksimalis," namun usaha "minimalis."

Okay..Kata teman-teman yang cerdas, tanaman akan baik pertumbuhannya kalau diberikan “gizi” yang cukup. Bayangkan, seandainya kita tidak mendapat asupan makanan yang bergizi, apakah kita sesehat hari ini? Tentu tidak, bukan?

Demikian jua menggunakan tumbuhan, beliau wajib terpenuhi nutrisi (unsur hara) menjadi gizinya dengan cara memberi pupuk yg relatif buat hayati, tumbuh, & berkembang.

Tanaman harapkan sentuhan kita

Ingat! Tanaman nir seperti manusia. Manusia mampu mencari kebutuhan hidup dengan berkecimpung kemana-mana tanpa batas. Namun, flora terbatas. Tanaman yang sudah kita tanam dalam loka yg kita tentukan harus ada sentuhan untuk memperoleh zat hara menjadi makanannya.

Jangan ?Hukum beliau.? Tanaman mengharapkan kepedulian dan kasih sayang kita buat menaruh hasil yang terbaik. Makanya, berikan perhatian menggunakan cara merawat dan memupuknya sebaik mungkin.

CARA MEMBUAT PUPUK KOMPOS (BOKASHI)

Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Digunakan Dalam 7 Hari
Bahan Kompos. Gambar : pixabay/Manfred Antranias Zimmer

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana membuat pupuk kompos yang cepat dan bisa langsung diaplikasi ke tanaman? Yuk kita menuju ke “lapangan” untuk merubah sisa-sisa tanaman dan hewan menjadi pupuk kompos.

Pastikan Anda menyimak dengan seksama. Bila perlu, Anda catat jika tidak mampu mengingatnya. Atau,  tandai (bookmark) di smartphone Anda tentang cara membuat kompos yang siap digunakan dalam 7 hari seperti ulasan berikut ini.

Baca jua ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Tepung Darah untuk Meningkatkan Kualitas Kompos
  • Cara Menanam Ubi Jalar Supaya Produksi Tinggi

Sediakan loka/lokasi buat produksi pupuk kompos

Tapi tunggu dulu!! Sudah punyakah tempat buat membuat pupuk kompos? Lokasi menciptakan bisa pada tempat tinggal jika mempunyai area huma yg tidak terpakai.

Apabila ada loka yang lebih luas, ya lebih baik tentunya. Yang paling krusial jangan hingga basah & tergenang menggunakan air bila hujan turun karena sanggup gagal proses pembuatan kompos.

SIAPKAN ALAT-ALAT UNTUK MEMUDAHKAN PRODUKSI KOMPOS

Berikut ini alat-alat yang perlu Anda sediakan sebelum mengolah bahan organik menjadi pupuk kompos.

  • Sekrup
  • Gembor
  • Cangkul
  • Ember
  • Pengaduk kayu
  • Karung bekas

Catatan 1 :

Alat-alat tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan pada saat mulai membuatnya. Anda bisa menggunakanalat yang praktis lainnya yang tersedia.

Misalnya, jika membuat pupuk kompos dalam jumlah sedikit atau hobi saja, tidak mesti pakaisekrup untuk mengaduk campuran bahan-bahannya.

Demikian juga yang lain seperti karung. Jika menggunakankotak kayu, Anda tidak perlukarung untuk memasukkan hasil campuran nantinya.

SIAPKAN BAHAN-BAHAN ORGANIK UNTUK MEMBUAT PUPUK KOMPOS

(Asumsi kita akan menciptakan 1 ton atau 1.000 kg pupuk kompos atau nama lain adalah bokashi)

  1. Jerami 500 Kg----------> dipotong-potong kecil agar cepat terurai oleh mikroorganisme
  2. Sekam padi 300 Kg
  3. Dedak 100 Kg
  4. Pupuk Kandang 100 Kg
  5. Molase atau tetes tebu 250 gram (¼ Kg)
  6. EM4 1 Liter (Lihat botol yang tulisan EM4 untuk Tanaman. Sebab, ada juga EM4 untuk Peternakan/Perikanan)
  7. Air Secukupnya (Kira-kira semua campuran bahan nantinya memiliki kadar air +/- 30%)

Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Digunakan Dalam 7 Hari

Catatan dua :

Jika tidak adajerami, Anda bisa bisa ganti jerami dengan menggunakan serbuk gergaji atauserbuk kayu,rumput-rumput, daun kering atau tanaman hijau lainnya.Molases atau tetes tebu bisa diganti dengangula merah atau bisa jugagula pasir/gula putih.

CARA PEMBUATAN PUPUK KOMPOS (BOKASHI)

  1. Buat terlebih dahulu campuran EM4 + Gula + Air . Campuran itu diaduk hingga merata
  2. Campurkan secara merata bahan-bahan ini,  yaitu jerami + sekam+ dedak +pupuk kandang
  3. Siramkan larutan EM4 (telah dibuat pada poin no.1) secara merata dan perlahan-lahan ke bahan yang sudah dicampurkan (poin no.2). Aduk-aduk agar merata
  4. Uji kadar air lebih kurang 30% dengan cara digenggam bahan campuran tersebut. Tandanya adalah jika digemggam tidak menetes air. Dan jika kepalan atau genggaman dibuka, bahan tersebut tidak lengket (bahan kembali mekar)
  5. Masukkan adonan atau campuran tersebut ke dalam karung dan tutup. Biarkan selama 7 hari dalam karung
  6. Suhu atau temperatur bahan dalam karung dipertahankan antara 40 – 50 derajat Celcius. Jika suhu menjadi tinggi, karung dibuka beberapa saat dan jika perlu campuran dibalik-balik agar suhu cepat turun. Kemudian, karung diikat/tutup kembali. Kontrol secara rutin setiap hari sampai hari ke-7
  7. Pupuk kompos sudah jadi pada hari ke-7 dan siap digunakan. Sebaiknya diangin-angin sebentar sebelum digunakan agar tidak terlalu panas atau sama dengan suhu kamar/ruangan.

Catatan 3:

Pupuk kompos yang dibentuk super cepat ini (dikenal dengan bokashi), masih tampak belum seluruh bahannya terurai secara sempurna.

Meskipun demikian, pupuk ini sudah bisa digunakan buat tanaman . Ketika dibenamkan ke pada tanah, mikroorganisme efektif akan melanjutkan perombakan sehingga unsur hara permanen terus tersedia buat tumbuhan.

Secara generik, karakteristik-karakteristik pupuk kompos yg sudah jadi (betul-betul matang) merupakan rona gelap kehitaman, gembur, tidak berbau, kadar air rendah, dan temperatur ruang (tidak panas). Kompos seperti ini umumnya diproses secara tradisional dan berlangsung relatif usang, tiga-4 bulan.

Catatan 4 :

Cara menghitung kebutuhan bahan agar sesuai dengan kebutuhan pupuk kompos yang Anda inginkan.

Misalnya Anda ingin Pupuk kompos jadi10 Kg

Maka bahan-bahannya merupakan :

  1. Jerami = 0,01  x 500 Kg =5 kg
  2. Sekam padi = 0,01 x 300 Kg =3 kg
  3. Dedak = 0,01 x 100 kg =1 kg
  4. Pupuk Kandang = 0,01 x 100 kg =1 kg
  5. Molase atau tetes tebu = 0,01 x 250 gram =2,5 gram
  6. EM4  = 0,01 x 1000 ml =10 ml
  7. Air Secukupnya

Untuk jumlah kebutuhan lainnya tinggal masukkan saja angka dalam formula ini. Yaitu Bx = P/1000  x  B1

  • P  = Berat Pupuk Kompos yang ingin dibuat
  • Bx  = Berat masing-masing bahan campuran yang akan dibuat
  • B1 = Berat masing-masing bahan campuran pada percobaan pembuatan pupuk kompos seberat 1 ton (1000 kg). Perhatikan pada bahan-bahan yang 1 ton di atas

Manfaat pupuk kompos buat tumbuhan

Agar lebih semangat dalam memproduksi kompos, maka Anda mesti paham akan kegunaan pupuk kompos bagi tanaman. Nih manfaat pupuk kompos untuk tanaman.

  • Menyuburkan tanah dan tanaman.
  • Menyediakan unsur hara makro dan mikro untuk tanaman
  • Menyehatkan tanaman
  • Mempercepat pertumbuhan tanaman
  • Meningkatkan produksi tanaman
  • Mempercepat pembungaan dan pembuahan
  • Memperbaiki struktur tanah sehingga penetrasi akar tanaman lebih mudah
  • Memperbaiki sifat kimia dan biologi tanah sehingga kesuburan tanah dan tanaman meningkat

Pertanyaan-pertanyaan :

  • EM4 itu apa?
  • EM4 itu ada dijual‘nggak?
  • Bisakah EM4 yang kita beli lalu dibiakkan lagi sendiri?

Baik & kini pertanyaan-pertanyaan itu akan kita coba buat menjawabnya. Semoga, paling tidak, jawaban ini akan sedikit membantu Anda & sebagai surat keterangan buat menambah pengetahuan.

  1. EM4 itu adalah singkatan darieffective microorganism (mikroorganisme efektif). Jadi EM4 adalah bahan aktivator untuk mempercepat terjadinya pengomposan. EM4 merupakan kultur campuran berbagai jenis mikroorganisme (bakteri yang dibudidaya).  Jadi, jika Anda membeli EM4 dalam botol, maka dalam botol itu sudah dimasukkan “pasukan tempur”, yaitu mikroorganisme yang siap bekerja untuk merombak bahan-bahan organik pada saat pembuatan pupuk kompos.
  2. EM4 itu dijual. EM4 sudah banyak beredar di pasaran, khususnya dijual di toko-toko pertanian. Jika di kota Anda belum ada, maka Anda dapat membelinya secara online di Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lain-lain.
  3. EM4 itu dapat dibiakkan sendiri untuk beberapa kali penggunaan. Jadi sekali beli EM4, Anda dapat menggunakan untuk banyak bahan pengomposan. Dan tentunya hemat biaya.

Nah, jika mau memperbanyak EM4, berikut ini aku memberitahuakn bagaimana cara pembiakan bakteri EM4.

Cara Kembangbiakkan bakteri EM4

Untuk memperbanyak atau mengembangbiakkan bakteri EM4 relatif gampang. Manu tau caranya? Anda siapkan bahan-bahan berikut adalah terlebih dulu :

  1. Beli EM4 1 botol
  2. Gula merah 250 gram (haluskan)
  3. Punya terasi di rumah kan? Siapkan terasi 250 gram
  4. Air mineral sebanyak 5 liter (jangan pakai air sumur atau PAM)
  5. Bekatul sebanyak 3 Kg.  (Ingat, bukan dedak. Bekatul lapisan sebelah dalam butiran beras yang biasa dijadikan sebagai bahan baku pakan ternak di industri pakan ternak)

Cara meramunya :

  1. Masukkan terasi, bekatul dan gula merah ke dalam air mendidih dan aduk-aduk hingga larut semua bahan.
  2. Kemudian matikan api kompor dan biarkan sampai dingin atau sampai suhu kamar biasa
  3. Udah ‘nggak panas lagi ‘kan air larutan tadi?  Nah, sekarang baru masukkan cairan EM4. Jangan lupa diaduk-aduk ya.
  4. Udah diaduk? Sekarang tutup larutan itu rapat-rapat. Biarkan selama 2 hari dalam keadaan tertutup.
  5. Anda buka pada hari ketiga (ke-3) dan aduk-aduk sebentar. Setelah itu jangan tutup rapat lagi. Lakukan hal seperti itu sampai hari ke-10.
  6. Pada hari ke-10, Anda siapkan botol. Usahakan botol yang gelap/tidak tembus pandang. Kenapa? Karena bakteri malu dilihat he,,he,,he,,canda ah 😅😅. Bakteri tidak boleh kena cahaya langsung karena dapat mengganggu kehidupannya.
  7. Saring cairan EM yang sudah jadi dan masukkan cairan EM4 itu ke dalam botol. Oh ya, jangan terlalu rapat ditutup ya. Dan simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari.
  8. EM4 sudah jadi dan tinggal ambil saja untuk membuat pupuk organik/kompos. ‘Nggak perlu beli lagi,‘kan?

Demikian cara membuat pupuk kompos yang dapat pupuklahan.blogspot.com share untuk teman-teman. Dengan pemanfaatan bioaktivator EM4, kompos dapat dibuat dalam waktu yang relatif cepat dan siap digunakan untuk memupuk tanaman. Salam

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Digunakan Dalam 7 Hari | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel