Ada 8 Media Tanam Anggrek yang Cocok, Praktis dan Ekonomis | Kebunku

Media Tanam Anggrek – Salah satu hal penting dalam budidaya anggrek adalah media tanam. Jika media tanam anggrek tidak cocok, maka pertumbuhannya akan terkendala. Pasalnya, media tanam menjadi tempat bagi akar anggrek untuk mendapatkan nutrisi, aerasi, dan kelembabannya.

Ada 8 Media Tanam Anggrek yang Cocok, Praktis dan Ekonomis

Sebagai model, jika media tanam anggrek tidak sanggup menunda atau menyimpan air menggunakan baik atau terlalu poly kandungan air, maka anggrek akan layu & lambat-laun akan mati. Sebab, keadaan demikian bukanlah media tumbuh yang anggrek sukai.

Syarat media tanam anggrek

Oleh karena itu, sebelum memilih media tanam anggrek yg sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangannya, pertimbangkan dulu beberapa kondisi media tanam yang cocok buat flora bunga anggrek.

Berikut ini syarat buat media tanam anggrek yang wajib dipenuhi.

  • Media tanam anggrek harus mampu mengikat air
  • Media tanam tidak boleh becek ketika terkena siraman air
  • Media tanam sebaiknya bahan yang mengandung unsur hara makro dan mikro
  • Media tanam mampu menyimpan unsur hara
  • Media tanam mesti poros atau memiliki drainase yang baik
  • Media tanam harus dapat terjadi sirkulasi udara atau aerasi
  • Media tanam tidak mudah lapuk
  • Media mampu menopang anggrek
  • Media tanam tidak mengandung bahan beracun
  • Media tanam harus steril atau bebas dari bakteri/cendawan
  • Media tanam tidak sangat masam atau alkalis (pH yang cocok 5,5 – 6,5

Meskipun persyaratan misalnya di atas nir bisa dipenuhi 100% pada satu media tunggal, kita masih bisa menyiasatinya menggunakan adonan beberapa media supaya pertumbuhan anggrek bisa optimal. Misalnya, campuran media berbahan poros menggunakan media yg mengandung unsur hara.

Media tanam anggrek sebaiknya mudah dan hemat

Selain persyaratan di atas, masih ada kondisi lain misalnya medianya gampang didapat, mudah pada penanganan (mudah), & harganya terjangkau (ekonomis).

Tetapi, syarat praktis & irit ini tidak mutlak mesti dipenuhi tergantung kebutuhan, adanya teknologi, & kemampuan finansial.

Jenis anggrek yang butuh media tanam

Secara umum, anggrek tumbuh menggunakan menempel akarnya pada media sebagai akibatnya menerima nutrisi & bisa berdiri kokoh. Jenis anggrek yang memerlukan media tumbuh/tanam misalnya dendrobium, anggrek bulan, anggrek phalaenopsis, dan sejumlah jenis lainnya.

Ada 8 Media Tanam Anggrek yang Cocok, Praktis dan Ekonomis

ADA 8 MEDIA TANAM ANGGREK

Baik, sebetulnya, media tanam anggrek cukup banyak. Namun, dari sekian banyak media tumbuh anggrek, ada 8 media tanam  yang sering digunakan dalam menanam anggrek karena memang cocok, praktis dan ekonomis. Apa saja media tanam anggrek? Yuk, kita lihat di bawah ini.

1. Pecahan batu bata

Pecahan batu bata digunakan menjadi media tanam anggrek karena kemampuan menyimpan air, drainase, dan juga dapat menaruh aerasi yang baik.

Selain itu, batu bata dapat menyimpan unsur hara buat kebutuhan anggrek. Pada penggunaannya, batu bata umumnya dipakai pada bagian dasar pot sebelum ditambah media tumbuh lainnya.

2. Pecahan genteng

Hampir sama menggunakan batu bata, pecahan genteng juga bisa dipakai untuk media tanam anggrek. Namun, dari sisi kemampuan mengikat air & menyimpan unsur hara, pecahan genteng termasuk rendah.

Tiga. Arang

Arang, umumnya arang kayu, baik digunakan buat media tanam anggrek. Di samping bisa menyimpan air, arang bisa menyerap zat-zat to_k_sik atau ber4_cun dan menjaga pH media tanam.

4. Styrofoam

Bahan buat media tanam anggrek yang satu ini jangan dipercaya remeh. Sebab, styrofoam dalam media tanam anggrek dapat berperan buat drainase, memberikan aerasi yg baik, & tahan lebih lama .

Namun, lantaran sangat ringan dan tidak bisa menyimpan air, maka dalam penggunaannya mesti dipadukan dengan media lainnya.

Lima. Serbuk gergaji

Serbuk gergaji atau serutan kayu adalah bahan untuk membuat media tanam organik buat anggrek yg terbilang relatif cantik. Sebab, serbuk gergaji kemampuannya aerasi dan drainase.

Dari sisi unsur hara memang terdapat, tetapi lambat tersedia lantaran proses dekomposisi berlangsung usang.

6. Sabut kelapa

Sabut kelapa bahan organik dan banyak kandungan unsur hara terutama kalium (K). Karenanya, tidak mengherankan kalau sabut kelapa lazim dijadikan sebagai media tanam anggrek.

Kalau buat menjaga kelembaban media tanam anggrek, sabut kelapa tidak usah ragu lantaran mampu mengikat air.

7. Pakis

Tanaman anggrek sangat cantik pertumbuhannya kalau media tanam atau media tumbuhnya pakis. Sebab, pakis memiliki kemampuan aerasi dan drainase yang baik.

Tidak hanya itu, pakis jua mengandung unsur hara yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anggrek.

8. Moss

Moss sangat indah digunakan sebagai media tanam anggrek. Mengapa? Moss yang dari dari akar paku-pakuan bisa menyimpan air & mengandung unsur hara terutama nitrogen (N) dengan kadarnya 2-3 %. Selain itu, moss meiliki rongga udara yg lumayan banyak & tentunya tidak mudak lapuk.

MEDIA TANAM ANGGREK DAN PERSYARATANNYA

Ada 8 Media Tanam Anggrek yang Cocok, Praktis dan Ekonomis
Syarat yang Dimiliki Media Tanam Anggrek. Gambar : Dokpri

Baca jua ini :

  • Terungkap! Rupanya Ini Pupuk Tanaman Hias agar Rajin Berbunga
  • Cara Membuat MOL Bonggol Pisang Untuk Pupuk Organik Cair
  • Mengapa Sabut Kelapa Cocok Untuk Media Tanam Aglaonema?
  • 3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah

Itulah media tanam anggrek yang cocok & sinkron dengan persyaratan yg dibutuhkan. Dengan media tanam yg poros, aeratif, menyimpan air & mengikat unsur hara, pertumbuhan anggrek fertile dan memberikan keindahan bunga yang menakjubkan.

Setelah mengenal jenis tanam  pada postingan ini, maka kita akan lanjutkan dengan artikel'Cara Merawat Anggrek Vanda' pada kesempatan yang lain. Ikuti terusupdating-nya dari pupuklahan.blogspot.com dan salam sukses untuk Sobat sekalian.

0 Response to "Ada 8 Media Tanam Anggrek yang Cocok, Praktis dan Ekonomis | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel