Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated] | Kebunku

Cara Merawat Aglaonema -- Saya sempat memperhatikan seorangemak rajin sekali menyiram aglaonema di rumahnya. Ia, setiap hari, memberi air untuk tanaman hias yang bermotif batik itu agar tumbuh subur. Sayangnya, aglaonema miliknya bukannya subur dan indah, tetapi menguning dan layu dari hari ke hari. Mengapa? Karena cara merawat aglaonema yang dilakukanemak itu belum tepat.

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara merawat aglaonema yang sahih agar tumbuh fertile, sehat & tampil dagi dan sedap kala dipandang? Jawabannya akan kita ulas dalam artikel ini & simak baik-baik supaya Sobat tidak terjebak pada cara-cara merawat tanaman hias aglaonema yang kurang menguntungkan.

Aglaonema ; Tanaman Hias yang Memikat Hati

Aglaonema kentara tanaman manis & dagi. Jika dipandang sekilas, aglaonema seolah-olah tanaman keladi lantaran memang sekilas mirip dengan keladi. Yang pasti, aglaonema bukanlah keladi melainkan tumbuhan hias yg menakjubkan. Warna-warni daunnya yg indah benar-benar memikat hati.

Lihatlah aneka motif daunnya dan ini sebagai magnet atau daya tarik tersendiri yg dimiliki aglaonema. Bukan hanya motif daunnya yg menyerupai batik, namun aneka ragam pencampuran rona seperti kuning, merah, hijau, merah, dan lainnya bak pelangi, membuat mata tidak bosan memandangnya.

Selain indah, harga jual ?Sri Rezeki? (sebutan lain untuk aglaonema) pun terbilang mahal. Apalagi aglaonema output stek, harganya mulai menurut puluhan ribu-an rupiah hingga juta-an rupiah tergantung jenis & keindahannya.

Tanaman aglaonema menambah keindahan

Karena aglaonema adalah keliru satu tumbuhan hias yg sangat indah, maka tanaman ini butuh perhatian & sentuhan yg tepat supaya dapat menambah estetikanya. Bukan cuman menyiram, tetapi tempat tumbuh hingga nutrisinya mesti diperhatikan.

Rumah akan semakin latif karena terdapat pancaran estetika menurut aglaonema. Bahkan, kalau perawatannya bagus, pemiliknya pun akan merasa damai jiwanya saat melihat bunga aglaonema tumbuh dan berkembang begitu cantik, indah, dan dagi di beranda rumahnya.

Perhatikan media tanam aglaonema

Sebelum masuk ke poin-poin penting dalam merawat aglaonema, terlebih dulu diperhatikan media tanamnya. Sebab, nir akan poly perkembangan kalau media tumbuhnya bermasalah alias tidak sempurna.

Seperti diulas pada artikelmedia tanam aglaonema, media tanam aglaonema hampir-hampir menyerupai loka tempat asal aslinya. Tempat akar berjangkar penuh dengan humus, serat-serat kayu misalnya pakis, bahan-bahan organik, & porositasnya sangat baik.

Aglaonema butuh perawatan

Namun, buat tetap subur, indah dan menawan hati, aglaonema harus menerima perhatian dengan cara merawatnya. Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam merawatnya adalah penyiraman, penempatan, pemupukan, stabilisasi, penyiangan, pemangkasan, penggemburan, & pengilapan.

8 CARA MERAWAT AGLAONEMA

Yuk, simak penjelasan lengkap cara merawat tanaman aglaonema dalam uraian berikut ini.

BACA JUGA : Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan

1. Merawat aglaonema menggunakan memberi pelindung

Agar aglaonema tumbuh subur, cantik, dan keindahan daunnya tetap terjaga, maka penempatannya jangan sembarangan tempat. Maksudnya, aglaonema tidak boleh ditempatkan pada area yang terkena sinar matahari langsung. Jika terkena matahari langsung, warna daun akan memudar dan hilang keindahannya

Mulai semenjak ?Bayi? Sampai besar , aglaonema wajib tetap terlindungi dari cahaya matahari langsung. Lantaran ini sinkron tempat asal aslinya di gunung, tumbuh pada bawah pohon-pohon akbar yang teduh menggunakan udara yang sejuk.

Merawat Aglaonema? Lakukan 7 Cara Ini Agar Indah dan Menawan
Aglaonema/Sri Rezeki. Dokpri

Oleh karena itu, berilah pelindung buat tumbuhan aglaonema supaya tidak tersengat panasnya sinar surya & tidak terkulai saat hujan turun lebat..

Untuk pelindung, mampu memakai paranet. Selain paranet, untuk terlindungi, aglaonema mampu juga ditempatkan pada beranda tempat tinggal , pada bawah pohon mangga, jambu, atau tumbuhan lainnya yang ada pada rumah Anda.

2. Merawat aglaonema dengan menyiram secara terjadwal

Aglaonema memang tumbuhan butuh air. Namun, bukan berarti aglaonema perlu disiram terus-terusan setiap hari. Kalau terlalu banyak air, maka membuat akar dan btg aglaonema membusuk. Akhirnya, daun-daunnya mulai menguning alias layu.

Sebaliknya, aglaonema tidak mau hidup jikalau kemarau. Apabila media tumbuh kemarau akan terhenti suplai air dan nutrisi ke jaringannya.

Oleh karena itu, penyiraman aglaonema dilakukan secara terjadwal seperti dua-tiga hari sekali atau tiga-4 hari sekali. Waktunya terserah. Yang paling krusial tetap memperhatikan kelembaban media tumbuh jangan sampai kekeringan.

3. Rawatlah aglaonema dengan memupuk

Aglaonema akan tumbuh fertile dan sehat bila menerima asupan nutrisi yg cukup. Ini berarti sine qua non usaha buat mencukupi unsur hara buat aglaonema menggunakan cara memupuknya.

Sebetulnya, relatif mudah pada merawat aglaonema dalam hal pupuk. Sebab, media tumbuh aglaonema sendiri sudah terdiri dari bahan-bahan organik yg megandung nutrisi misalnya kompos, sekam ataupun pupuk kandang.

Tetapi, kalaupun mau dipupuk, pupuklah aglaonema secara periodik contohnya 3 bulan sekali dengan menambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang yang matang. Boleh jua kombinasi pupuk organik dan anorganik misalnya menyiram menggunakan pupuk urea (N).

Selain pemupukan menggunakan cara dibenamkan atau dikocor dalam media tumbuh, pemupukan pula bisa dilakukan menggunakan cara penyemprotan. Gunakan pupuk daun yang mengandung unsur hara makro dan mikro, lalu semprotlah 1 bulan sekali menggunakan dosis yg tepat sinkron anjuran dikemasan.

4. Pasang ajir buat aglaonema

Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated]
Pemasangan Ajir/Penyangga Aglaonema

Pemasangan ajir jua bagian krusial dalam merawat aglaonema. Tujuannya agar aglaonema tidak roboh jikalau diterpa angin ataupun tetesan air hujan.

Ketika tumbuhan aglaonema sudah kelihatan tinggi dan besar , pasanglah ajir/penyangga buat penopang. Ajir yg terbuat berdasarkan bambu atau bahan lainnya ditancapkan pada samping pangkal aglaonema dan diikat.

5. Membersihkan gulma berdasarkan media tumbuh aglaonema

Monitor media tumbuh aglaonema secara teratur apakah telah mulai tumbuh gulma atau tumbuhan pengganggu dalam media tumbuh. Kalau ada flora pengganggu segera lakukan penyiangan.

Kehadiran gulma akan menyerap nutrisi yg ada pada media tumbuh aglaonema. Apabila dibiarkan, aglaonema akan merana karena ketidakcukupan gizi.

Oleh karenanya, lakukan penyiangan. Penyiangan dilakukan menggunakan cara membersihkan gulma atau rumput liar yg mengganggu pertumbuhan aglaonema. Cabut rumput sampai ke akar-akarnya dan buang jauh-jauh.

6. Merawat aglaonema menggunakan memangkas daun yg layu

Sungguh nir latif ditinjau jikalau tumbuhan aglaonema dipenuhi dengan daun-daun layu & kemarau pada batangnya. Oleh karena itu, pemangkasan daun-daun yang seperti itu menjadi bagian penting buat menjaga aglaonema tetap tampil indah.

Pangkaslah daun-daun yang menguning, layu, & kemarau dengan menggunakan pis4u atau gunting yg tajam & steril.

7. Merawat aglaonema dengan mengelap daun-daunnya

Merawat Aglaonema? Lakukan 7 Cara Ini Agar Indah dan Menawan
Photo byDavid Clode onUnsplash
Daun-daun aglaonema, lama-kelamaan, akan banyak dengan debu sehingga penampilannya kurang mengkilap. Bukan hanya tidak mengkilap, namun kehadiran debu bisa mengundang penyakit.

Oleh karenanya, buat menjaga daun aglaonema tetap anggun dengan rona yang mengkilap, lakukan pembersihan daunnya menggunakan cara menyemprot/mengelap secara periodik. Kalau mengelap, gunakan spon yg halus & lembut.

8. Gemburkan tanah atau media tumbuh agar tanaman aglaonema cepat beranak

Cara merawat tanaman bunga aglaonema lainnya merupakan menggunakan cara menggemburkan tanah atau media tumbuh secara rutin. Penggemburan tanah, selain buat memperbaiki aerasi dan drainase, flora aglaonema akan cepat tumbuh anakannya. Jadi, ini merupakan cara merawat aglaonema agar cepat beranak.

Media tumbuh aglaonema, baik yang diberikan pupuk kimia maupun pupuk organik, lama -kelamaan akan padat. Kondisi ini menyulitkan perkembangan akar & pertumbuhan tunas baru.

Oleh sebab itu, gemburkan tanah atau media tumbuh aglaonema  minimal 1 bulan sekali. Jika media tumbuh sudah sangat keras dan mungkin sudah jenuh, Anda mesti ganti media tanam dengan yang baru. Biasanya kalau sering digemburkan dan dipupuk, 1-2 tahun baru jenuh media tumbuh aglaonema.

Kalau mau dirawat, aglaonema yang patah pun tumbuh balik

Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated]
Tampak bekas patah dalam aglaonema

Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated]
Aglaonema patah tumbuh balik dengan perawatan yang baik

Ada satu model perkara dimana tumbuhan aglaonema yang aku tanam di rumah patah karena angin kencang. Pikiran pun jadi tidak damai karena itu merupakan tumbuhan hias favorit pada mata saya. Lagipula, aku telah merawatnya bertahun-tahun.

Tetapi, saya tetap bersabar dengan tetap merawat flora aglaonema yg telah patah tersebut meskipun daun-daun indahnya sudah tiada. Yang tinggal hanyalah residu batangnya kurang lebih 3 centimeter pada atas media tumbuh.

Setelah 1 bulan aku berikan perhatian, dengan rajin memupuk, menggemburkan media tumbuh, & menyiramnya secara rutin, kini aglaonema yang tumbang itu telah tumbuh subur balik misalnya terlihat dalam gambar di atas.

Baca pula ini :

  • Terungkap! Rupanya Ini Pupuk Tanaman Hias agar Rajin Berbunga
  • Cara Membuat MOL Bonggol Pisang Untuk Pupuk Organik Cair
  • Mengapa Sabut Kelapa Cocok Untuk Media Tanam Aglaonema?
  • 5 Jenis Pupuk Ini Membuat Anyelir Tumbuh Optimal dan Berbunga Besar-Besar
  • Cara Aplikasi Pupuk Gandasil D dan B agar Cepat Diserap Tanaman
  • Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air

Itulah cara merawat aglaonema agar tetap indah dan menawan. Jadi, bukan hanyanyiram dannyiram terus, tetapi rawatlah aglaonema dengan baik dan benar. Dengan memberikan perhatian khusus, maka aglaonema juga akan memberikan sesuatu yang spesial kepada pemiliknya, yaitu keindahannya. [Updated by pupuklahan.blogspot.com, 25/01/2020]

Selingan Video Aglaonema Patah yang Dirawat Tumbuh Kembali

0 Response to "Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated] | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel