Jangan ‘Puyeng’!! Ini Cara Menanam Sirih Gading Biar Daun Lebat dan Cantik | Kebunku

Sepertinya, belumlah lengkap tanaman hias di rumah kalau belum menanam sirih gading. Sebab, tanaman hias yang satu ini juga memiliki nilai keindahan tersendiri terutama dari sisi warna daunnya yang belang-belang, hijau berpadu kuning. Agar dapat tumbuh subur dan bentuknya cantik, Anda harus mulai dari cara menanam sirih gading yang benar, diikuti dengan teknik merawat yang tepat.

Jangan ‘Puyeng’!! Ini Cara Menanam Sirih Gading Biar Daun Lebat dan Cantik
Menanam sirih gading dalam pot gantung

Sirih Gading tumbuh merambat bak sirih merah

Sirih gading (E.Aureum) dikenal dengan tanaman yang hidupnya merambat. Mirip tanaman sirih hijau atau sirih merah, pada setiap buku sirih gading terdapat daun dan akar panjat.

BACA Juga :Cara Stek dan Merawat Sirih Merah dalam Pot atau Kebun

Kalau hidup sirih gading bebas tak terurus laksana di alamnya, kemudian ditunjang dengan nutrisi yang cukup, batang dan cabangnya tumbuh panjang dan bisa merambat kemana-mana.

Menanam sirih gading ; digantung ok, dirambat ke tembok yes

Tapi jangan khawatir, jika Anda mengerti cara menanam sirih gading serta cara merawatnya yang benar, tanaman dari famili araceae ini tidak akan merambat kemana-kemana. Ia akan menghiasi dan nurut kemauan Anda. Misalnya, Anda dapat menanam sirih gading dalam pot gantung, batangnya tumbuh memanjang dan menggantung.

Selain menanam dalam pot dengan cara digantung pada posisi lebih tinggi, Anda juga dapat menempatkan pot pada posisi rendah, batangnya dirambatkan pada pohon atau batang kayu tegak atau pun di tembok dinding.

Andai saja diatur dengan baik, tampilan sirih gading sungguh sangat indah dan menakjubkan serta ‘menghipnotis’ mata yang memandangnya.

Tanpa Tanah pun sirih gading bisa tumbuh

Bahkan, sirih gading bisa ditanam dalam media air atau aquarium tanpa tanah. Ia akan tumbuh selama ketersediaan mineral dalam air tersebut cukup untuk menunjang pertumbuhannya.

Jangan ‘Puyeng’!! Ini Cara Menanam Sirih Gading Biar Daun Lebat dan Cantik
Sirih gading tumbuh dalam air

Begitulah tanaman hias ini. Kalau Anda sudah menguasai cara menanam sirih gading, mau menanam dalam media tanah ok, menanam dalam media air pun no problem. Mau ditempatkan di perkarangan rumah bisa, ditaruh di dalam ruangan juga adaptif. Ia tetap tumbuh, cantik, dan menawan.

Sirih gading menyegarkan udara

Satu hal lagi, sirih gading bukan hanya sekadar sebagai tanaman hias indoor maupun outdoor, lebih dari itu. Menurut para ahli atau scientists, sirih gading memiliki kemampuan untuk menyerap racun atau polutan dari udara. Dengan demikian, sirih gading juga berguna sebagai penyegar udara. Luar biasa manfaatnya, bukan?

Supaya tanaman hias sirih gading tumbuh subur, ukuran daunnya relatif lebar, dan warna daunnya yang cerah, maka perlu perawatan yang baik seperti pemupukan dan lain-lain.

Cara Menanam Sirih Gading

Bagi Anda yang tertarik, tentu tidak sabar lagi ingin melihat keindahan sirih gading mewarnai halaman atau ruangan rumah. Bahkan, Anda pasti antusias ingin segera tau bagaimana cara menanam sirih gading yang benar agar daunnya lebat dan indah. Yuk, kita cari tau dalam penjelasan berikut ini.

Pastikan Anda sudah punya bibit sirih gading

Sudah punyakah bibit sirih gading untuk ditanam? Kalau belum, jalan pintas untuk mendapatkan bibit sirih gading adalah dengan cara membelinya. Tapi, ini mengeluarkan biaya apalagi Anda ingin menanam banyak, beberapa pot sirih gading di rumah. Bisa saja, sih.

Tetapi ada cara yang murah dan mudah. Apanya? cara lain untuk mendapatkan bibit sirih gading adalah dengan perbanyakan vegetatif, yaitu melalui stek.

Stek sirih gading sudah banyak dilakukan pecinta tanaman hias karena memang pertumbuhannya cukup cepat, dalam waktu 7-10 hari sudah dapat dipindahkan ke dalam pot tanam.

Jangan ‘Puyeng’!! Ini Cara Menanam Sirih Gading Biar Daun Lebat dan Cantik
Cara stek sirih gading

Bagaimana cara stek sirih gading? Ini langkah-langkahnya

  • Potong batang atau cabang
  • Potong-potong sehingga setiap potongan stek memiliki 2 ruas (3 buku).
  • Semai dalam media semai (bahan campuran tanah dan pupuk kandang)
  • Siram secukupnya
  • Tempatkan pada tempat teduh, tidak terkena matahari langsung dan angin kencang
  • Jaga kelembaban media semai setiap hari
  • Jika sudah tumbuh tunas baru, bibit sirih gading siap dipindahkan ke media tanam dalam pot.
Jangan ‘Puyeng’!! Ini Cara Menanam Sirih Gading Biar Daun Lebat dan Cantik
Menyemai batang stek sirih gading

2. Sediakan media tanam sirih gading yang subur

Langkah berikutnya cara menanam sirih gading adalah membuat media tanam. Meskipun sirih gading bukan tanaman hias yang rakus nutrisi, namun menyediakan media tanam yang subur akan menunjang pertumbuhan dan memperindah tampilan daun-daun sirih gading.

Media tanam sirih gading terdiri dari bahan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Atau, tanah dan kompos, perbandingannya 2:1.

Jangan ‘Puyeng’!! Ini Cara Menanam Sirih Gading Biar Daun Lebat dan Cantik
Bahan media tanam sirih gading

Sebetulnya, bahan-bahan tersebut di atas sudah cukup. Namun, agar media tanam sirih gading sedikit lebih porous dan tidak menggenangi air, akan lebih bagus kalau mau menambahkan sedikit pasir atau arang sekam ke dalam media tanam. Setelah itu, masukkan semua bahan ke dalam pot sebanyak ¾ atau 2/3 volume pot saja

3. Gunakan pot tanaman hias sirih gading yang kuat dan cantik

Bukankah Anda sudah menganggap sirih gading sebagai tanaman hias? Alangkah kurang padu kalau ditanam dalam pot biasa. Ini bukan berarti harus pot serba mahal. Bisa pot yang murah, tapi kesan mewah dan indah.

Untuk menanam sirih gading, Anda gunakan pot yang kuat, bisa dari bahan plastik, beton, atau keramik. Selain kuat, sebaiknya pakai pot yang lazimnya digunakan untuk menanam tanaman hias. Untuk ini, bisa pot gantung dan bisa juga model lain terserah selera.

4. Tanam sirih gading ke media tanam dalam pot

Untuk menanam sirih gading sudah tentu Anda sudah punya bibitnya yang siap dipindahkan ke dalam pot. Apakah bibit itu dari orderan atau hasil stek sendiri, tak peduli ☺. Yang penting, sekarang saatnya menanam sirih gading.

Bagaimana cara menanam sirih gading ke dalam pot?

  • Buat lubang tanam di tengah media tanam dalam pot
  • Lepaskan pot atau polybag bibit secara perlahan agar tidak merusak akar dan tanah
  • Masukkan bibit ke lebang tanam
  • Tutup kembali dengan tanah
  • Siram secukupnya sampai media tanam lembab.

5. Taruh pot sirih gading pada area intensitas sinar matahari rendah

Dalam hal penempatan pot, sirih gading amat berbeda dengan tanaman hias bougenville. Jauh sekali bedanya bagaikan siang dan malam. Kalau bougenville butuh banyak sinar dengan intensitas tinggi, sedangkan sirih gading tidak demikian.

BACA Juga : Cara Membungakan Bougenvile

Tempatkan sirih gading pada tempat yang ternaungi agar tumbuh subur dan indah. Ingat, sirih gading tidak suka banyak sinar matahari apalagi langsung. Oleh sebab itu, Anda cukup tempatkan di bawah pohon yang rindang, teras rumah, di dalam ruangan rumah atau di bawah tempat yang menggunakan paranet.

Setelah Anda menanam sirih gading ke dalam pot, jangan lupa merawat sirih gading seperti penyiraman, pupuk, dan lainnya. Cara merawat sirih gading cukup mudah. Demikian cara menanam sirih gading. Selamat menanam semoga sukses.

Video Cara Stek Tanaman Sirih Gading

0 Response to "Jangan ‘Puyeng’!! Ini Cara Menanam Sirih Gading Biar Daun Lebat dan Cantik | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel