Manfaat dan Cara Aplikasi Pupuk Organik SOT HCS untuk Aneka Tanaman | Kebunku

Pupuk Organik SOT HCS –- Untuk memacu pertumbuhan dan meningkatkan produksi tanaman 40%-100%, penggunaan pupuk SOT HCS merupakan pilihan dan solusi yang tepat. Sebab, pupuk yang diproduksi oleh PT. HCS ini mengandung sejumlah unsur hara penting yang cukup bermanfaat untuk tanaman.

Manfaat dan Cara Aplikasi Pupuk Organik SOT HCS untuk Aneka Tanaman
Pupuk SOT HCS. Gambar : Dokpri

Pengalaman memakai SOT HCS

Awalnya, saya mencoba aplikasi SOT (suplemen organik flora) HCS dalam flora jahe yang aku tanam pada tempat tinggal . Hasilnya cukup bagus karena tumbuhan jahe merespon menggunakan cepat pupuk ini.

Hal ini saya tandai setelah beberapa hari setelah aplikasi SOT dengan penyemprotan dan juga pengocoran. Al-hasil,  pertumbuhan jahe sangat subur yang terlihat dari daun yang hijau dan peningkatan tinggi tanaman serta pertumbuhan anakannya yang banyak.

SOT HCS ; Suplemen organik buat aneka flora

Pupuk organik SOT HCS ini dapat diaplikasikan hampir pada aneka tanaman seperti flora sayuran, flora hias, dan jua tumbuhan butir. Dengan istilah lain, SOT HCS sangat berguna pada menaikkan produksi flora, mulai tanaman pangan sampai menggunakan tumbuhan hortikultura.

Manfaat dan Kegunaan SOT HCS buat Tanaman

apabila kita baca manfaat SOT HCS yg tertera dalam bungkus botol pupuk SOT benar-benar tidak mewaspadai dan mendorong kita untuk segera menggunakan suplemen organik ini.

Berikut ini terdapat 8 manfaat dan kegunaan berdasarkan SOT HCS buat flora seperti tercantum dalam kemasannya.

1.  Meningkatkan produksi panen 40% - 100%

2.  Mencegah/mengurangi gugur bunga dan buah

3.  Memperkuat jaringan pada akar dan batang

4.  Berfungsi sebagai katalisator sehingga mengurangi penggunaan pupuk dasar sampai 80%

5.  Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit terutama fungi/cendawan

6.  Mempercepat panen pada tanaman semusim

7.  Memperpanjang masa umur tanaman yang sedang berproduksi, yang tidak habis satu kali panen, misalnya tomat, cabe, kacang panjang, mentimun, dan lain-lain

8.  Sangat baik digunakan pada persemaian, pembibitan, dengan dosis 1:1500 atau setiap 10 cc SOT HCS dilarutkan dengan 15 liter air

Selain manfaat tadi pada atas, masih ada kelebihan dari pupuk SOT ini. Pupuk ini tidak hanya bisa diaplikasikan menggunakan cara penyemprotan, namun juga bisa dipakai menggunakan cara pengocoran. Bahkan, pupuk ini tidak memberi impak tidak baik pada lingkungan. Artinya, pupuk ini pada aplikasinya aman bagi insan, flora, & lingkungan

Komposisi kimiawi yg terkandung pada SOT HCS

Mengapa pupuk organik SOT HCS ini sangat indah buat pertumbuhan dan menaikkan output panen? Hal ini tentu saja lantaran kandungan unsur hara makro & mikro yg sangat lengkap pada dalamnya.

Berikut ini komposisi kimiawi/unsur hara yg masih ada dalam SOT HCS.

No

Kandungan

Persentase (%)

1

N

12,89

2

P2O5

5,12

3

K2O

4,20

4

SO4

3,17

5

Mg

0,03

6

Organik Carbon

5,97

7

Fe

42,02 ppm

8

Cu

0,61 ppm

9

Mo

0,52 ppm

10

Zn

27,80 ppm

11

pH

6,89

12

C/N

0,40

Karakteristik SOT HCS

Pupuk SOT HCS ini mempunyai ciri yang spesial terutama menurut aromanya. Mau tau? Mari kita lihat karakteristik atau sifat-sifat yg dimiliki sang pupuk SOT HCS. Berikut ini karakteristiknya sebagaimana yg saya amati menurut pupuk tadi.

  • Bentuknya cair
  • Warna kecoklatan
  • Aroma khas fermentasi dan seperti aroma vitamin
  • Mudah larut dan bercampur dengan air

Jenis Tanaman, Dosis, & Cara pelaksanaan SOT HCS

apabila Sobat ingin aplikasi pupuk organik SOT HCS ini sangat gampang. Sebab, waktu Sobat membelinya, maka Sobat dapat membaca petunjuk yang terdapat dalam kemasan botol SOT HCS buat banyak sekali macam tumbuhan. Dosis pelaksanaan pun tertera pada sana. Jadi, relatif mudah, bukan?

Untuk gambaran buat Sobat sebelum membelinya, berikut adalah cara penggunaan SOT HCS seperti yang tertulis di bungkus botolnya.

  • Untuk tanaman lemah, misalnya : Kol, Seledri, dan lain-lain dengan menggunakan 3 tutup botol SOT HCS dilarutkan dengan 14 liter air. Lakukan penyemprotan 3 kali berturut-turut dengan jarak waktu 10 hari sekali. Penyemprotan pertama tanaman berumur 10 hari setelah tanam.
  • Untuk tanaman tidak berbatang kayu, misalnya Padi, Jagung, Cabe, Tomat, dan lain-lain dengan menggunakan 3 tutup botol SOT HCS dilarutkan dengan 14 liter air. Lakukan penyemprotan 3 kali berturut-turut dengan jarak waktu 15 hari sekali. Penyemprotan pertama tanaman berumur 15-20 hari setelah tanam.
  • Untuk tanaman tinggi/berbatang kayu, misalnya Kelapa Sawit, Jeruk, Coklat, Cengkeh, Kopi, dan lain-lain adalah 5 : 500 atau setiap 10 cc SOT HCS dilarutkan dengan 5 liter air. Lakukan 3 atau 4 kali penyemprotan dengan tenggang waktu 1 minggu dan diulangi 3 sampai 5 bulan kemudian.
  • Untuk tanaman hias, misalnya Mawar, Anggrek, Melati,  dan lain-lain adalah 1 : 1.500 atau setiap 1 tutup botol SOT HCS dilarutkan dengan 15 liter air. Lakukan penyemprotan 2 minggu sekali. Lakukan penyemprotan pada pagi hari pukul 07.00 – 10.00 atau sore hari pukul 15.00 – 18.00.

Baca pula ini :

  • Cara Pemupukan Susulan Bawang Merah dan Dosis Pupuk per Tanaman
  • Mau Hasil Bawang Merah Melimpah? Ini Jenis Pupuk yang Tepat
  • Cara Mengendalikan Ulat Bawang Merah yang Efektif
  • Pupuk Dasar Tanaman Kentang dan Teknik Aplikasinya

Agar penyemprotan menaruh hasil yang konkret, maka penyemprotan dilakukan terutama di bawah bagian atas daun. Sebab, pada balik daun banyak masih ada stomata (mulut daun) yang dapat menyerap larutan pupuk SOT HCS yg diaplikasikan.

Itulah Sobat manfaat & cara aplikasi pupuk organik SOT HCS buat aneka tanaman . Dengan aplikasi yang teratur dan tepat waktu, maka pertumbuhan tanaman cepat dan hasil panen pun akan semakin tinggi.

0 Response to "Manfaat dan Cara Aplikasi Pupuk Organik SOT HCS untuk Aneka Tanaman | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel