3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana? | Kebunku

Media Tanam Lidah Mertua – Apakah Sobat menyukai tanaman hias lidah mertua (Sansevieria)? Jika iya, artikel ini menjadi pilihan yang tepat ‘tuk Sobat. Mengapa? Karena tulisan yang satu ini mengupas seluk-beluk kehidupan tanaman lidah mertua, terutama media tanam yang tepat agar tanaman lidah mertua tumbuh subur, warnanya indah, dan perawatan pun akan menjadi mudah.

3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Media Tanam Tepat, Lidah Mertua Pun Subur

Karena “jatuh cinta” dengan lidah mertua, Sobat sudah pasti mengenal betul dengan tanaman ini. Namun, tidak salahnya kalau kita coba review sekilas tentang tanaman lidah mertua agar ketika membuat media tanam, menanam, dan merawatnya semakin mahir dan tentu saja tidak bingung lagi.

Lidah mertua sebagai tumbuhan hias

Kalau dilihat dari penampilan, terutama daunnya, lidah mertua merupakan jelas-jelas tanaman hias. Tengoklah daun-daunnya,  panjang (walau ada juga yang pendek), tekstur keras, runcing, dan warnanya penuh kombinasi.

Ada jenis lidah mertua menggunakan warna daunnya hijau, hijau muda, & terdapat pula yang rona daun seperti perak. Bahkan, daunnya penuh dengan kombinasi rona seperti hijau-kuning atau putih-kuning dan bermotif yang dihiasi menggunakan motif alur dalam daunnya.

Warna, motif, & bentuk daun yang dimilikinya itu adalah pesona dan daya tarik tersendiri menurut lidah mertua. Makanya, tumbuhan ini poly ?Diburu? Sang para hobis tumbuhan hias baik buat koleksi, ditanam pada rumah, atau dijadikan komoditas bisnis atau komersial.

Lidah mertua menyegarkan udara ruangan

Tanaman ini sanggup ditanam di luar tempat tinggal (outdoor) dan bisa pula tumbuh pada dalam ruangan (indoor). Apabila ditaruh pada ruangan, pengecap mertua sangat poly keuntungannya.

3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Tanaman hias pengecap mertua.

Gbr : pupuklahan.Blogspot.Com

Manfaatnya nir hanya sebagai tumbuhan hias buat memperindah ruangan, akan tetapi lebih berdasarkan itu. Lidah mertua yg ditaruh pada dalam tempat tinggal seperti pada ruang tamu dapat menyegarkan udara. Sebab, pengecap mertua mempunyai kemampuan buat menyerap zat-zat beracun atau polutan yang terbawa bersama udara.

Lidah mertua butuh media tumbuh poros

Tanaman ?Pedang-pedangan? Ini tumbuh pada wilayah tropis kering & adaptif pada daerah beriklim panas. Karena memang tempat asal orisinil lidah mertua dijumpai di daerah gurun pasir menggunakan curah hujan rendah, tentu saja sangat mudah buat ditebak kalau lidah mertua butuh media tumbuh yg poros & nir tergenang air buat pertumbuhannya.

3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Tunas Baru/Anakan Lidah Mertua.

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Syarat media tanam lidah mertua

Sebelum menunaikan kewajiban, penuhi dulu kondisi-syaratnya. Demikian juga dengan media tanam pengecap mertua, perlu dipenuhi kondisi-syaratnya supaya tumbuh & berkembang menggunakan baik.

Berikut ini beberapa syarat berdasarkan media tanam lidah mertua.

  • Media tanam harus poros
  • Aeratif/petukaran udara bagus
  • Dapat menyimpan air
  • Dapat menyangga tanaman
  • Tersedianya unsur hara
  • Steril dari jamur parasit

Bahan-bahan buat media tanam pengecap mertua

Nah, apabila syarat media tanam pengecap mertua sudah dipahami, maka akan menjadi mudah pada mencari bahan-bahan yg akan dijadikan media tanamnya. Sekarang, ayo kita tengok dulu masing-masing bahan & kelebihannya sebelum meraciknya sebagai media tanam.

Berikut ini terdapat 7 bahan-bahan yg dapat dipilih & dikombinasi buat media tanam lidah mertua.

Pakis

Pakis sebagai plihan yang tepat bagi Sobat yang ingin menanam lidah mertua. Pakis mampu dijadikan menjadi media tanam karena kelebihannya, yaitu punya kemampuan drainase yg baik & pula aeratif. Bahkan, dalam pakis ada kandungan unsur hara yang menunjang pertumbuhan pengecap mertua.

Pasir malang

Selain pakis, pasir malang adalah bahan media tanam yg sangat cocok. Sebab, pasir malang yg dijadikan media tanam bersifat poros sehingga mempunyai kemampuan buat melewati air dengan mudah.

Selain poros, pasir malang lebih steril dan tidah gampang ditumbuhi lumut. Mengapa? Karena pasir malang diperoleh menurut dari magma gunung berapi.

Apakah pasir biasa mampu dipakai menjadi media tanam andai kata nir terdapat pasir malang? Tentu saja mampu. Tetapi, sekali lagi, pasir malang lebih mengagumkan berdasarkan pasir biasa buat media tanam pengecap mertua.

Sekam bakar (arang sekam)

Sobat tentu familiar dengan sekam bakar. Lazimnya, sekam bakar disebut dengan arang sekam. Jadi, jangan sampai salah, arang sekam bukan abu sekam dan bukan pula abu gosok.

3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Arang sekam buat campuran media tanam

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Sebagai bahan buat melengkapi media tanam lidah merdua, sekam bakar jangan hingga lupa diikutsertakan. Sebab, sekam bakar sangat rupawan terutama membentuk media tanam lebih poros.

Selain poros, sekam bakar jua punya segudang kelebihan seperti ringan, menjaga pH media tanam, menjaga kelembaban, dan pula unsur hara.

Sekam padi (sekam mentah)

Sebagai tambahan media tanam lidah mertua, sekam padi juga cocok. Sebab, sekam padi yang masih mentah ? Biasanya sebagai limbah ? Bisa membuat media tanam lebih poros. Bahkan, sekam padi akan menjadi bahan organik yang lambat-laun akan melepaskan unsur hara buat tumbuhan.

Pupuk Kompos

Bahan yg satu ini kentara sekali bermanfaat saat dicampurkan dalam media tanam. Namanya saja pupuk kompos, telah tentu memiliki kandungan unsur hara makro & mikro lengkap menjadi nutrisi tanaman . Karenanya, pupuk kompos bagus pula buat bahan media tanam pengecap mertua.

Pupuk kandang

Hampir sama menggunakan pupuk kompos, pupuk sangkar seringkali pula dijadikan menjadi bahan adonan media tanam pengecap mertua. Pupuk kandang menyediakan unsur hara buat flora meskipun relatif lebih rendah dibandingkan kompos.

Tanah humus

Tanah humus cukup baik juga dipakai sebagai keliru satu bahan media tanam lidah mertua. Mengapa mengagumkan? Lantaran tanah humus ini asal berdasarkan pelapukan daun, btg, dan campuran kotoran fauna mengakibatkan tanah ini bersifat gembur & banyak kandungan unsur hara. Bahkan, kalau terdapat tanah humus, media tanam lebih aeratif.

MEMBUAT MEDIA TANAM LIDAH MERTUA

Okay, Sobat sudah mengenal beberapa bahan tunggal yang dapat digunakan untuk membuat media tanam. Agar menjadi media tanam lidah mertua yang berkualitas, maka bahan-bahan tersebut diseleksi dan dicampurkan dengan perbandingan yang tepat.

Bagaiamana membuat media tanam atau bahan-bahan apa saja yang harus ada dalam media tanam lidah mertua? Ada 3 alternatif kombinasi bahan untuk membuat media tanam. Yuk, kita lihat pilihan membuat media tanam lidah mertua.

Alternatif 1 ; Membuat Media Tanam Lidah Mertua

Bahan-bahan :

  • Pakis
  • Pasir Malang
  • Sekam bakar
  • Sekam padi

Cara membuatnya :

Campurkan bahan-bahan tersebut, yaitu pakis, pasir malang, sekam bakar, & sekam padi menggunakan perbandingan 1:1:1:1. Campur secara merata & isi ke dalam pot yg sudah disiapkan.

Alternatif 2 ; Membuat Media Tanam Lidah Mertua

Bahan-bahan :

  • Pupuk kompos
  • Pasir malang
  • Sekam bakar

Cara membuatnya :

Campurkan bahan-bahan tersebut, yaitu pupuk kompos, pasir malang, dan sekam bakar menggunakan perbandingan 1:1:1. Campur secara merata dan isi ke pada pot yang sudah disiapkan.

Alternatif tiga ; Membuat Media Tanam Lidah Mertua

Bahan-bahan :

  • Tanah humus
  • Pasir Malang
  • Sekam padi
  • Kompos

Cara membuatnya :

Campurkan bahan-bahan tadi, yaitu tanah humus, pasir malang, sekam padi, & pupuk kompos menggunakan perbandingan 1:1:1:1. Campur secara merata & isi ke dalam pot yang sudah disiapkan.

Baca jua ini :

  • Ada 8 Media Tanam Anggrek yang Cocok, Praktis, dan Ekonomis
  • 3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
  • Mengapa Sabut Kelapa Cocok untuk Media Tanam Aglaonema
  • Cara Membuat Arang Sekam untuk Media Tanam dalam 30 Menit Siap Pakai

3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Anakan Lidah Mertua yang Dipisahkan menurut Induknya

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Itulah tiga cara lain menciptakan media tanam yang amat indah buat pertumbuhan tumbuhan hias lidah mertua. Tiga-tiganya mengagumkan menjadi media tanam, Sobat pupuklahan.Blogspot.Com, Anda pilih yg mana? Oh, iya, agar warna-warna daunnya tampil lebih bercahaya & elok dilihat mata, rawatlah tanaman pengecap mertua menggunakan baik dan teratur. [updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 18/02/2020]

Video Memisahkan dan Menanam Anakan Lidah Mertua

0 Response to "3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana? | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel