Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya? | Kebunku

Cara Menanam Labu Siam – Kalau pernah jalan-jalan ke daerah yang suhu udaranya dingin seperti ke Berastagi di Provinsi Sumatera Utara, Aceh Tengah di Provinsi Aceh, dan daerah lainnya, Sobat mungkin pernah melihat tanaman labu siam yang tumbuh subur di sana. Ada yang sengaja ditanam di perkarangan rumah dan banyak juga yang tumbuh dengan sendirinya di kebun-kebun.

Sebetulnya, labu siam gampang sekali tumbuh ketika ditanam dimana saja. Tetapi, karena rasa bertanya-tanya, menyisakan pertanda tanya, apakah labu siam sanggup tumbuh pada wilayah yang suhu udaranya panas atau di dataran rendah? Kalau bisa tumbuh, bagaimana cara menanam labu siam?

Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?

Nah, artikel ini akan menjawab rasa penasaran itu agar teman-teman tidak lagi “membatin” ketika tertarik ingin menanam labu siam. Namun, sabar dulu, Sob. Kita kenal dulu dengan sebutan lain nama labu siam dan untuk apa sebetulnya kegunaan labu siam itu.

Mengenal labu siam sebelum menanam

Labu siam kalau dari nama ilmiah dikenal dengan Sechium Edule. Tanaman yang termasuk dalam famili labu-labuan (Cucurbitaceae) ini banyak nama yang melekat padanya. Misalnya, labu siam sering disebut dengan labu jipang, waluh jipang, dan sebutan lainnya.

Tanaman sayuran labu siam tumbuh merambat menggunakan buahnya yg berwarna kuning, hijau muda, hingga hijau tua. Buahnya berbentuk bulat seperti lampu pijar yg menggantung & mempunyai bulu-bulu halus nan tajam serta terdapat alur-alurnya.

Buah jipang ini sedap buat dijadikan sayur atau lalapan. Tidak hanya butir yang dimanfaatkan, namun pucuk labu siam yang masih muda pun berguna misalnya untuk disayur.

Yang menarik lagi menurut labu siam adalah kandungan gizinya yang sangat berguna buat kesehatan, salah satunya mampu mencegah kanker. Bukan hanya anti kanker, labu siam ternyata jua mampu menurunkan tekanan darah tinggi & menjaga kadar kolestrol pada tubuh.

Wow, melihat manfaatnya itu, semakin menarik nih untuk menanam labu siam di perkarangan rumah he..he..😅 Ya, minimal, hasil panen labu siam bisa untuk kebutuhan dapur sendiri alias konsumsi sendiri bersama keluarga.

Syarat tumbuh labu siam

Agar tidak ragu menanamnya, yuk kita lihat dulu apa sih syarat-syarat tumbuh labu siam. Labu siam suka tumbuh dan produktivitasnya tinggi kalau ditanam pada dataran tinggi (900-1100 dpl).

Suhu udara yg dingin dan lembab, baik dalam siang hari maupun malam hari, adalah kondisi yg amat disukainya. Selain itu, labu siam menghendaki tanah buat loka tumbuhnya yang fertile, gembur, banyak bahan organik, sedikit berpasir, dan pula poly humusnya.

Labu siam flora adaptif

Meskipun kondisi-kondisi yg terlihat ketat sekali, tapi labu siam termasuk flora sayuran yang adaptif dan bisa tumbuh dimana saja. Artinya, labu siam masih mau tumbuh jikalau ditanam pada dataran rendah walau memang harus diakui bahwa produktivitasnya nir dengan tinggi menggunakan yang tumbuh di dataran tinggi.

Labu siam tumbuh ‘gak di dataran rendah? Tumbuh dunk karena beberapa syarat tumbuh bisa diatasi. Misalnya, dari sisi kesuburan tanah jika ditanam pada dataran rendah, ini mudah sekali dimanipulasi sehingga mirip-mirip dengan struktur dan kesuburan tanah yang dikehendaki.

Demikian jua menggunakan kelembaban, supaya tercipta kelembaban untuk pertumbuhan labu siam, maka indah sekali jika dekat labu siam ada kolam atau sumber air lainnya baik yg tergenang maupung yang mengalir.

Bahkan, labu siam cukup adaptif terhadap animo tanam. Labu siam dapat ditanam pada trend kering & nir ada kendala kalau ditanam dalam musim hujan. Yang krusial adalah tersedia relatif air buat pertumbuhannya.

Labu siam ditanam biji atau buahnya?

Untuk bibit labu siam bisa asal berdasarkan bijinya dan mampu pula dari buahnya. Tetapi, secara generik, bibit labu siam buat ditanam di perkarangan ataupun di kebun digunakan buah labu siam yang sudah tua.

Cara pembibitan labu siam berdasarkan buah yang sudah tua sebelum ditanam seperti ini

  • Pilih buah labu siam yang sudah tua, tapi sehat, tidak terluka, dan tidak busuk
  • Cuci sampai bersih buah labu siam dari kotoran yang melekat pada kulitnya
  • Tiriskan/angin-anginkan sebentar sampai air cucian pada permukaan kulitnya mengering
  • Simpan buah labu siam pada tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung
  • Jika sudah mulai tumbuh tunas sekitar 25-30 cm, bibit labu siam sudah dapat dipindahkan untuk ditanam
Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?
Bakal Bibit Labu Siam

Gambar : Dokpri

Penyiapan huma untuk menanam labu siam

Hal yg primer sebelum menanam labu siam merupakan menyiapkan lahan sebagaimana mestinya. Tanah diolah menggunakan cara dibajak atau dicangkul sebagai akibatnya media tumbuhnya gembur.

Lahan untuk menanam labu siam boleh tanpa menciptakan bedengan & boleh jua ada bedengan. Yang perlu dipastikan lahan terdapat saluran drainase supaya pembuangan air hiperbola lancar sehingga nir menggenangi lahan ketika hujan lebat.

Setelah itu, buat lubang tanam menggunakan ukuran 40 centimeter x 40 cm x 20 cm (panjang x lebar x kedalaman). Lubang tanam dibentuk dengan jeda tanam 5 m antar barisan dan 3 m jeda tanam pada barisan.

Oh iya, bila Sobat hanya menanam satu atau 2 bibit tanaman , maka yang perlu disiapkan adalah lubang tanam saja. Tidak harus memakai mesin traktor untuk memasak tanah buat satu 2 lubang tanam..Haa..Ha..??

Pupuk dasar buat labu siam

Okay, selanjutnya adalah pemberian pupuk dasar. Apa pupuk dasar labu siam? Aplikasikan pupuk kandang (kalau ada pupuk kompos) sebagai pupuk dasar pada saat menyiapkan lubang tanam.

Cara aplikasi pupuk dasar labu siam

  1. Gali lubang tanam
  2. Campurkan 3-5 Kg pupuk kandang dengan tanah galian tersebut. Aduk secara merata
  3. Masukkan kembali tanah yang telah diberikan pupuk kandang ke dalam lubang tanam
  4. Biarkan lubang tanam tersebut selama seminggu sebelum menanam labu siam

Menanam labu siam

Bibit yg telah tumbuh tunasnya segera ditanam ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan. Boleh menanam saat kering & boleh pula musim hujan.

Begini cara menanam labu siam

  1. Gali lubang tanam yang telah berisi pupuk kandang dengan ukuran sedikit lebih besar dari buah labu siam
  2. Masukkan bibit labu siam dengan posisi terbalik (lihat gambar di bawah), setengah bagian tertanam dan setengah bagian terbuka sebagai tempat tumbuh tunas.
  3. Tutup kembali dengan tanah tipis saja di sekelilingnya, tapi jangan menutupi tunasnya (biarkan terbuka bagian yang di atas permukaan tanah)
  4. Siram secukupnya sampai media tanam lembab

Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?
Posisi Letak Bibit Labu Siam Ketika Ditanam

Gambar : Dokpri

Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?
Cara Menanam Bibit Labu Siam

Gambar : Dokpri

Membuat para-para buat labu siam

Setelah labu siam mulai tumbuh, segera persiapkan para-para tempat merambatnya. Ketinggian para-para dibuat dengan tinggi /- dua,5 meter. Di atas para-para diberikan anyaman bambu atau anyaman kawat seperti dawai bronjong. Satu hal lagi, pastikan masih ada tiang panjat (ajir) pada setiap lubang tanam labu siam.

Pemupukan susulan labu siam

Untuk menunjang pertumbuhan labu siam, maka perlu pemupukan susulan. Ketika labu siam sudah berumur 3 minggu dan 8 minggu, aplikasikan pupuk NPK. Ini mirip-mirip dengan pemupukan susulan labu air atau labu sayur

BACA JUGA : Kombinasi Pupuk Ini ; Labu Air Berbuah Lebat & Berisi Padat

Pupuk susulan I (umur labu siam 3 minggu) ; Dosisnya 25 gram NPK per lubang tanam.

Pupuk susulan II (umur labu siam 8 minggu) ; Dosisnya sama dengan pupuk susulan I, yaitu 25 gram NPK per lubang tanam.

Cara aplikasi pupuk susulan labu siam begini

  1. Gali lubang secara melingkar di sekeliling tanaman sedalam 5-10 cm dan jauhnya dari batang kira-kira 15 cm
  2. Masukkan pupuk dan tutup kembali dengan tanah
  3. Siram segera agar pupuk cepat larut dan segera dapat diserap oleh tanaman

Baca Juga :

  • Dari Limbah Got Hasilkan Pupuk Organik Cair (POC)
  • Cara Pemupukan Jagung Hibrida dan Nonhibrida
  • Membuat Tepung Darah Hewan Untuk Meningkatkan Hara Kompos

Penen labu siam

Labu siam cepat sekali berbunga dan berbuah bila kondisi tumbuhnya cocok. Dalam ketika 3 bulan setelah tanam telah berbuah dan mampu dipanen.

Panen dilakukan secara hati-hati supaya buah nir jatuh sebagai akibatnya melukai kulitnya. Potong tangkai buah dengan memakai pi-s4u waktu memanennya.

Masa tumbuh labu siam lebih lama, mencapai 2-3 tahun. Oleh karena itu, supaya dapat dipanen terus-menerus,  maka ketika tanaman sudah kurang produktif atau kira-kira sudah berusia 2 tahun, lakukan peremajaan dengan cara memangkas batangnya sehingga tinggal +/- 1 meter dari permukaan tanah. Berikan pupuk kandang dan NPK agar subur dan segera produktif kembali.

Itulah cara menanam labu siam. Labu jipang ini dapat ditanam pada dataran tinggi dan rendah. Agar produksinya tinggi, lakukan perawatan menggunakan baik seperti mengurangi daun-daun yang terlalu rimbun, memotong ujung-ujung pucuknya yg menjalar kemana-kemana & pula pemupukan yg tepat.

0 Response to "Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya? | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel