NPK Mutiara 16-16-16 ; Apa keunggulan dan Manfaatnya? | Kebunku

Memang relatif menarik jika kita bahas pupuk NPK. Sebab, cukup banyak jenis & merek dagang pupuk NPK, termasuk keliru satunya NPK Mutiara.

Saking banyaknya model pupuk beragam tersebut - menurut pupuklahan.Blogspot.Com - bisa saja membuat petani jadi galau pada memilihnya. Karenanya, perlu kita ulas apa keunggulan dan manfaat menurut NPK Mutiara 16-16-16?

NPK Mutiara 16-16-16 ; Apa keunggulan dan Manfaatnya?
NPK Mutiara 16-16-16 warna biru,bentuk butiran

Tanaman butuh nutrisi lengkap, dari NPK Mutiara-kah?

Pupuk memang andalan petani buat menambah nutrisi & menyuburkan flora. Apakah tumbuhan pangan, tumbuhan buah, flora sayuran, & flora hias butuh yang namanya pupuk. Tanaman tadi membutuhkan nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), & unsur-unsur lainnya mulai sejak tanam sampai fase generatif (dewasa).

Tapi, dalam memupuk mesti juga dipertimbangkan jenis pupuk supaya irit, simpel, dan bisa menunjang pertumbuhan dan produktivitas tumbuhan. Salah satu jenis pupuk yang sesuai dengan kriteria tadi merupakan NPK Mutiara.

Karena itu membuat saya dan mungkin Anda bertanya-tanya, ada apa dan mengapa NPK Mutiara banyak sekali buyers-nya (pembeli)? Apa keunggulan dari pupuk NPK mutiara ini sebetulnya?

NPK Mutiara ; Komposisi & Nama NPK 16-16-16

Baik, yuk kita lihat lebih dekat menggunakan NPK Mutiara khususnya NPK Mutiara yg diimpor dan didistribusikan sang PT. Meroke Tetap Jaya. Pupuk ini acapkali kita temui di pasar dijual dalam bungkus kecil yang cukup menarik dengan ukuran 1 kg. Bentuk elegan & berat yg terjangkau, berakibat keliru satu alasan mengapa NPK Mutiara begitu laku anggun pada toko sarana pertanian.

Namun, yang menarik menurut pupuk NPK Mutiara ini adalah kandungan unsur hara yang lengkap. Mau tau apa komposisi kimiawi yg masih ada dalam butiran-butiran pupuk ini?

  • Komposisi NPK Mutiara 16-16-16
  • Nitrogen (N) sebesar 16%
  • Fosfor (P) dalam bentuk P2O5, 16%
  • Kalium (K) dalam bentuk K2O, 16%

Ternyata, pupuk NPK Mutiara Meroke ini mengandung unsur hara makro N,P, dan K. Unsur-unsur tadi memang amat diperlukan buat menaikkan kesuburan tumbuhan.

Anda perhatikan berdasarkan komposisi kimia dari pupuk NPK Mutiara, terdapat 16% N, 16persenP, & 16% K. Makanya, pupuk NPK ini tak jarang diklaim dengan NPK 16:16:16 atau NPK Mutiara 16:16:16. Ini tentu saja tidak keliru. Sebab, prosentase unsur utamanya memang memang seperti itu.

Kalau demikian, petani yg menggunakan NPK mutiara relatif menguntungkan. Kadar unsur hara makro relatif tinggi dan seimbang.

Keuntungan NPK Mutiara buat tumbuhan

Itu sajakah laba NPK Mutiara 16-16-16? Mari kita lihat laba menurut NPK Mutiara secara lengkap.

  • Dari sisi bentuk jelas sekali berbentuk granul atau butiran. Ukuran butiran pun seragam sehingga lebih mudah dalam penakaran dan aplikasinya.
  • Sekali memupuk, 3 unsur hara diserap tanaman (N, P, dan K)
  • Memberikan reaksi yang super cepat untuk tanaman karena salah satu unsur hara, yaitu N tersedia dalam bentuk nitrat (NO3).
  • Dapat membantu penyerapan unsur-unsur hara kalium (K), magnesium (Mg) dan kalsium (Ca)
  • Praktis dalam pemupukan dan ekonomis dari sisi finansial (biaya pemupukan seperti upah tenaga kerja)
  • Mudah sekali larut dalam air sehingga lebih cepat diserap akar tanaman
  • Relatif aman untuk tanaman
  • Dapat diaplikasikan pada semua jenis tanaman, seperti tanaman sayuran, tanaman buah, tanaman pangan, tanaman hias, palawija, dan tanaman perkebunan

Ternyata banyak sekali keuntungannya dari NPK Mutiara, yah.  Ini mirip-mirip juga dengan pupuk NPK Mutiara Grower.

BACA pula:Ini Manfaat Pupuk NPK Mutiara Grower 15:09:20 Untuk Tanaman Anda

Tapi, tunggu dulu. Masih ada secuil, ya cuman sedikit kelemahan menurut NPK 16-16-16 buat flora.

Lantaran pupuk beragam ini mempunyai kandungan yang seimbang N,P, & K, maka sangat disarankan buat hati-hati pada pelaksanaan terhadap tumbuhan-tumbuhan yg sensitif/peka terhadap tingginya unsur hara kalium (K).

Misalnya, tumbuhan kol. Tanaman sayuran ini tidak menyukai unsur hara K dalam dosis tinggi. Oleh karena itu, jikapun memupuk menggunakan NPK Mutiara, masukkan secukupnya saja atau sinkron anjuran. Atau, penghitungannya didasarkan dalam kebutuhan unsur K buat tanaman Kolonel. Sedangkan kekurangan unsur lain, misalnya N & P, dapat dibantu menggunakan menambahkan pupuk tunggal seperti urea dan SP-36, ya kombinasi begitu.

Ini berarti, meskipun terdapat kelemahan menurut NPK 16-16-16 terhadap tanaman eksklusif, tapi masih dapat diminimalisir atau diantisipasi menggunakan cara kombinasi pupuk beragam dan tunggal.

Manfaat dari NPK Mutiara buat tumbuhan

Oh, iya ya..apa manfaat atau kegunaan dari NPK mutiara untuk tanaman sehingga pupuk ini terbilang bagus digunakan. Mau tau? Yuk simak manfaat dari NPK Mutiara 16-16-16 seperti di bawah ini.

  • Menyediakan dan menjaga keseimbangan unsur hara makro dan mikro untuk tanaman
  • Mempercepat pertumbuhan vegetatif seperti tunas, ranting, daun, dan tinggi tanaman
  • Meningkatkan perkembangan akar tanaman
  • Nutrisi tanaman baik pada fase vegetatif maupun generatif tetap terpenuhi
  • Mengurangi dampak kehilangan nitrogen pada tanaman
  • Tanaman lebih sehat dan tahan terhadap serangan jamur dan penyakit
  • Tanaman lebih adaptif terhadap kekeringan
  • Tanaman tumbuh subur dan berkembang dengan optimal
  • Mempercepat pembungaan dan pembuahan
  • Mencegah keguguran bunga dan buah
  • Prosentasi bunga menjadi buah lebih tinggi
  • Kualitas hasil panen lebih bagus
  • Daya simpan hasil panen relatif lama baik selama transportasi maupun selama penyimpanan.

Cara aplikasi pupuk NPK Mutiara merupakan sisi lain dari kelebihannya. NPK Mutiara dapat dijadikan sebagai pupuk akar. Sebagai pupuk akar diaplikasi dengan cara dibenamkan di dekat tanaman atau dengan cara dicocor/disiram ke dekat pangkal tanaman.

NPK Mutiara 16-16-16 ini dapat digunakan hampir untuk semua jenis tanaman. Namun, dosis NPK Mutiara disesuaikan dengan jenis tanaman dan anjuran. Sebab, setiap jenis tanaman berbeda-beda kebutuhan unsur haranya. Misalnya, dosis NPK Mutiara untuk tanaman mangga berbeda dengan tanaman sayuran.

Berapa harga NPK Mutiara? Untuk ini, ana tidak mengerti. Jadi, silakan hubungi distributor atau sarana toko pertanian yang menjual pupuk tersebut.

Itulah NPK Mutiara. Ini adalah galat satu pupuk majemuk yg mengandung hara lengkap. Pupuk yang lazim dikenal dengan NPK Mutiara 16-16-16 ini, relatif membantu petani dalam menyuburkan & menaikkan hasil panen. Demikian dan salam.

Video Dahsyatnya Manfaat NPK Mutiara

0 Response to "NPK Mutiara 16-16-16 ; Apa keunggulan dan Manfaatnya? | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel