Rahasia Pupuk dan Pemupukan Semangka agar Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun Ok | Kebunku

Pupuk untuk Semangka – Apa sebetulnya pupuk yang diaplikasikan untuk tanaman semangka agar tumbuh subur, buahnya besar-besar, dan juga rasanya manis? Apakah mereka yang sudah sukses menanam semangka menggunakan pupuk kandang, phonska, KCL, urea, pupuk organik? Atau, jangan-jangan ada rahasia khusus tentang pupuk untuk semangka.

Pupuk memang menjadi persoalan tersendiri manakala menanam semangka. Jika pupuk yang diaplikasikan tidak tepat, seperti tidak tepat jenis, dosis berlebih atau berkurang, waktu pemupukan yang tidak sesuai dengan umur tanaman, atau cara aplikasi yang keliru, akan menyebabkan produksi buah semangka rendah, buahnya kecil-kecil bak kelereng 😅, dan rasanya tidak manis bin hambar.

Rahasia Pupuk dan Pemupukan Semangka agar Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun Ok

Semangka terganggu jika kekurangan unsur hara

Kita ambil satu contoh saja, yaitu kekurangan unsur kalium (K) pada ketika pembentukan butir semangka. Apabila unsur K nir tercukupi pada fase tersebut, maka sudah kentara kualitas butir tidak mampu diberi ?Cap jempol? Alias kualitasnya rendah. Ukuran buah semangka kecil-mini , warna & bentuknya kurang menarik, & cita rasanya pun nir sedap.

Mengapa misalnya itu? Sobat mungkin masih ingat tentang kiprah unsur K buat tumbuhan. Kalium berperan memperbaiki berukuran dan kualitas butir serta menambah rasa cantik butir. Kalium pula berperan dalam pembentukan protein dan karbohidrat disamping menciptakan tanaman lebih tahan terhadap agresi penyakit.

Sebetulnya, nir hanya unsur K, tetapi seluruh unsur hara baik makro juga mikro berpengaruh pada pertumbuhan & perkembangan flora semangka. Unsur-unsur hara esensial terutama N, P, dan K mesti tersedia pada jumlah yang relatif sinkron dengan fase pertumbuhannya, baik fase vegetatif juga fase generatif.

Makanya, petani yang cerdas selalu melengkapi nutrisi tersebut seperti memakai pupuk KCl buat semangka atau menggunakan pupuk beragam misalnya pupuk NPK. Selengkapnya, kita ulas pada bawah ini.

Bukan rahasia lagi, ini pupuk & pemupukan flora semangka

Rahasia Pupuk dan Pemupukan Semangka agar Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun Ok
Ilustrasi mengenai pertanyaan pupuk semangka

Okay, kalau demikian, apa pupuk untuk semangka? Yuk, kita simak pupuk dan pemupukan semangka secara detail dalam ulasan di bawah ini.

BACA JUGA : Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar & Manis Rasanya

1. Pupuk buat semangka waktu penyiapan lahan tanam

Lahan tanam semangka harus bisa dipastikan subur dimana tersedia unsur-unsur hara dalam jumlah yg relatif di pada tanah. Makanya, lahan yang dipesiapkan buat menanam semangka mesti disuburkan dengan penambahan pupuk dasar.

Pupuk dasar yang aplikasikan sebelum semangka ditanam, yaitu pupuk organik berupa pupuk kandang ataupun pupuk kompos serta pupuk kimia. Selain pupuk tadi, bisa juga ditambah menggunakan pelaksanaan pupuk organik cair (POC) buat menaikkan kesuburan tanah. Sebab, dalam POC masih ada unsur hara, hormon pertumbuhan, & juga terdapat mikroorganisme dekomposer bahan organik.

Jadi, pupuk dasar yang diaplikasikan untuk semangka adalah menjadi berikut ;

  • Pupuk kandang ; dosisnya +/- 1 Kg per lubang tanam. Aplikasikan dengan cara menempatkan ke dalam lubang tanam. Aduk/campur hingga merata dengan tanah.
  • Pupuk ZA ; Dosisnya 15 gram per lubang tanam.
  • Pupuk SP-36 ; Dosisnya 30 gram per lubang tanam
  • Pupuk KCL ; Dosisnya 15 gram per lubang tanam

Cara pelaksanaan pupuk dasar ZA, SP-36, & KCL merupakan dengan cara ditabur pada lubang tanam dan dicampur secara merata menggunakan tanah. Biarkan pupuk yg telah diberikan selama /- 7 hari sebelum menanam semangka.

Selain pupuk dasar semangka yang tadi pada atas, sebenarnya masih ada lagi pupuknya, yaitu Pupuk organik cair (POC). Namun, pupuk ini opsional saja, bila diaplikasi lebih rupawan karena bisa membentuk kesuburan tanah. Aplikasi POC dengan cara menyiram/menyemprot lubang tanam sesuai menggunakan takaran yang tertera dalam bungkus.

BACA JUGA : Mengolah Buah Nanas buat Pupuk Organik Cair (POC) yg Mengandung ZPT

Sedangkan pengapuran tanah menggunakan dolomit dilakukan bila pH tanah pada bawah pH ideal kondisi tumbuh semangka. Kalau tanah normal-normal saja, ya tidak perlu penambahan dolomit ke lahan tanam semangka.

Dua. Pupuk buat semangka sesudah tanam

Setelah penanaman semangka, tugas merawat semangka belum usai. Sobat masih poly pekerjaan yang mesti dilakukan terutama pemupukan susulan.

Apa jenis pupuk susulan tanaman semangka dan kapan diaplikasikan? Yuk lanjutkan ke info pemupukan susulan semangka seperti di bawah ini.

A. Pupuk susulan semangka dalam fase vegetatif

Pemupukan susulan dalam fase vegetatif sudah bisa dimulai 7 hari selesainya tanam. Jenis dan dosis pupuk yang diberikan merupakan sebagai berikut

  • Pupuk ZA ; Dosisnya 2,5  - 4 gram per tanaman
  • Pupuk SP-36 ; Dosisnya 1,25 – 2 gram per tanaman
  • Pupuk KCL : Dosisnya 0,75 – 1,25 gram per tanaman

Jika Sobat gampang mendapatkan pupuk majemuk, misalnya NPK 15:15:15, NPK 16:16:16, atau phonska, maka tidak perlu menaruh pupuk tunggal ZA, SP-36, & KCL, relatif aplikasikan saja NPK menggunakan dosis tiga-lima gr per flora.

Pupuk susulan diberikan 7 hari sekali dengan takaran yang sama hingga umur tanaman semangka 35 hari sehabis tanam ( 35 HST) atau hingga tanaman semangka menjelang berbunga (fase generatif).

B. Pupuk susulan semangka dalam fase generatif

Pemupukan susulan semangka dalam fase generatif dimulai pada umur 35 hari selesainya tanam. Jenis dan takaran pupuk yang diberikan adalah sebagai berikut.

  • Pupuk ZA ; Dosisnya 2,5  - 4 gram per tanaman
  • Pupuk SP-36 ; Dosisnya 1,25 – 2 gram per tanaman
  • Pupuk KCL : Dosisnya 3,75 – 6,25 gram per tanaman

Kalau mau lebih simpel, Sobat sanggup ganti pupuk tunggal tadi (ZA, SP-36, & KCL) dengan NPK atau phonska. Namun, pupuk NPK perlu dikombinasikan menggunakan pupuk KCL.

Berikut ini kombinasi pupuk dan dosisnya.

  • NPK ; Dosisnya 3-5 gram per tanaman
  • KCL ; Dosisnya 3-5 gram per tanaman

Pupuk susulan pada fase generatif diberikan 7 hari sekali dengan dosis yg sama hingga umur tumbuhan semangka 49 hari setelah tanam ( 49 HST).

Cara aplikasi pupuk susulan semangka dalam fase vegetatif dan genaratif sama, yaitu dengan cara pengocoran dan sanggup jua dengan cara ditugal di samping flora.

Pada fase pembungaan & pembuahan, pupuk organik cair buat semangka boleh pula diaplikasikan buat melengkapi ketersediaan & ketercukupan unsur hara baik makro maupun mikro.

Seperti telah disinggung di atas, POC buat semangka ini bersifat opsional atau pilihan saja. Jika diaplikasi POC, maka dilakukan dengan cara penyemprotan ke flora semangka.

Itulah rahasia pupuk dan pemupukan tanaman semangka. Dengan terungkap rahasianya ini, maka pupuklah tanaman semangka Sobat dengan pupuk dasar dan pupuk susulan yang tepat agar tumbuh subur dan kualitas buahnya bagus serta sesuai dengan selera pasar.

BACA JUGA : Dahsyatnya Furadan 3GR buat Multitanaman yang Perlu Anda Tau

Oh, iya Sobat, agar pertumbuhan & perkembangan tanaman semangka baik, maka selain pemupukan, ingat melakukan perawatan lainnya seperti penyiraman, pemangkasan, pemeliharaan buah, & jua pengendalian hama dan penyakit flora semangka.

0 Response to "Rahasia Pupuk dan Pemupukan Semangka agar Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun Ok | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel