Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat | Kebunku

Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag -- Menanam cabai memang cukup menarik apalagi harganya yang sering sekali ‘pedas’ alis mahal. Karenanya, bagi sebagian orang yang lahannya terbatas, memilih menanam cabe di polybag. Meskipun di polybag, tidak menjadi kendala kalau tanaman cabai dirawat dengan baik dan benar terutama sekali pemupukan.

Cabai di polybag bisa tambah income

Selain untuk konsumsi sendiri, tanaman cabai di polybag atau pot punya nilai lain, yaitu menambah estetika atau keindahan rumah. Bahkan, andai ditanam dalam jumlah banyak dan dipupuk dengan baik, produksi buah cabai di polybag bisa dijual untuk menambah income rumah tangga.

Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Banyak jenis cabai sanggup ditanam pada polybag

Tidak hanya cabai merah keriting yang bisa ditanam pada polybag, tetapi hampir seluruh varietas cabe bisa tumbuh dengan baik di media terbatas (polybag), termasuk cabai rawit. Asalkan diberikan pupuk yg tepat, buah pun akan lebat & bisa jadi berkali lipat.

Syarat tumbuh bukan kendala menanam cabai pada polybag

Menanam cabai pada polybag menjadi pilihan banyak orang lantaran tidak terdapat hambatan menggunakan syarat tumbuh ini & itu. Tidak sebagai halangan menggunakan sinar mentari lantaran polybag cabe bisa ditempatkan pada lokasi yg terkena sinar. Tidak terkendala menggunakan air, Sobat sanggup menyiramnya buat menjaga kelembaban media tumbuh.

Demikian pula menggunakan waktu, waktu menanam pun mampu kapan saja. Tanaman cabai pada polybag bisa ditanam dalam animo kemarau & tidak ada kasus bila mau tanam dalam demam isu hujan

Tanaman cabai di polybag butuh perawatan, terutama pupuk

Yang terpenting agar tanaman cabai pada polybag tumbuh subur dan produktif adalah perawatan, misalnya penyiraman, penyiangan, perempelan, pengendalian hama/penyakit, dan jua pemupukan.

BACA JUGA : Tips Merawat Cabai Rawit & Peremajaannya agar Panen Berulang Kali

Memang pupuk buat tanaman cabai yg ditanam di tanah pribadi tidak jauh tidak selaras menggunakan rabuk buat tanaman cabe pada polybag. Tetapi, perlu dicatat dan hati-hati dalam pemupukan karena media tumbuh cabe pada polybag sangat terbatas.

Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat
Gambar Bibit Cabai Rawit pada Pot. Gbr : Dokpri

Karena terbatasnya media tumbuh, maka penyelesaiannya merupakan perlu pemupukan yg sempurna. Misalnya, berapa takaran pupuk, kapan dipupuk, seberapa sering dipupuk, dan bagaimana cara pemupukan apakah dibenamkan atau dikocor atau disiram.

Kita paham bahwa pupuk yang diberikan terlalu banyak ke pada media tumbuh cabai pada polybag akan menyebabkan terganggu pertumbuhannya. Konsentrasi pupuk dalam media tumbuh yg tinggi, akan merusak sel-sel akar tumbuhan cabe sehingga cabai lambat laun layu & akhirnya meninggal.

Bahkan, pupuk yg diberikan buat cabai di polybag akan gampang sekali hilang, terutama tercuci dampak menurut penyiraman ataupun hujan.

Oleh karena itu, apabila pemupukan nir sempurna, maka pupuk tersebut akan menjadi ?Bala? Atau sanggup jadi nir berarti apa-apa buat pertumbuhan dan produktivitas cabai pada polybag.

Apa pupuk buat flora cabe pada polybag?

Baik, apa pupuk dan bagaimana pemupukan tanaman cabai dipolybag agar tumbuh fertile dan berbuah lebat? Pemupukan tanaman cabe yg akan ditanam pada polybag sudah dimulai semenjak masa penyemaian benih, penyiapan media tanam, dan lalu pemupukan susulan.

A. Pupuk buat cabai waktu penyemaian

Meskipun sporadis yg bertanya pupuk pada ketika penyemaian benih, sebetulnya nutrisi tanaman cabe sudah wajib mulai diperhatikan sejak dini. Sebab, jika nutrisi relatif tersedia buat pertumbuhan vegetatif bibit cabe, maka dapat dipastikan bibit cabe tumbuh fertile & sehat.

Jadi, dengan pertumbuhan bibit cabai subur dan sehat di persemaian, maka ketika dipindahkan atau ditanam ke dalam polybag,  akan cepat tumbuh dan berkembang. Selain itu, bibit cabe yang sehat, relatif jauh dari serangan hama dan penyakit.

BACA JUGA : 4 Cara Praktis Memindahkan Bibit Cabe berdasarkan Persemaian ke Lahan Tanam

Apa pupuknya dalam tahap penyemaian benih cabe? Pupuknya dalah pupuk organik, yaitu pupuk sangkar atau pupuk kompos. Selain itu, buat memacu pertumbuhan bibit, ditambah pupuk NPK

apabila benih disemai pada tray atau polybag semai, maka pupuk sangkar dicampur menggunakan media semai lainnya dengan perbandingan 1:1:1. Artinya, 1 bagian pupuk sangkar dicampurkan dengan 1 bagian pasir dan 1 bagian tanah.

Campurkan pula pupuk NPK yang telah dihaluskan ke pada campuran media semai tersebut sebanyak 0,1 ? 0,25 gr per tray atau polybag (isi tray atau polybag /- 25 mililiter adonan bahan media semai)

Seandainya media semai cabe adalah berupa bedengan atau berupa kotak kayu, maka tambahkan 3-5 kg pupuk kandang dan 10-20 gram NPK per 1 m2 satuan luas (meter persegi).

B. Pupuk buat tumbuhan cabe saat menciptakan media tanam

Media tanam yang akan dimasukkan ke dalam polybag berupa bahan-bahan yang bernutrisi. Ini bertujuan  agar tanaman cabai dapat segera menyerap unsur hara yang tersedia pada saat ditanam.

Oleh karenanya, menurut komposisi media tanam cabai yg dibentuk, maka galat satunya adalah pupuk kandang atau kompos. Sekadar gambaran saja, media tanam untuk menanam cabai di polybag keliru satunya terdiri berdasarkan campuran pupuk kandang, sekam padi, & tanah menggunakan perbandingan 1:1:1.

Masih ada lagi pupuk buat cabe di polybag sebagai pupuk dasar waktu membuat media tanam, yaitu pupuk KCL & SP-36. Pupuk kimia ini dibubuhi ke dalam media tanam sebesar 1 sdt per polybag. Perbandingan pupuk KCL dengan SP-36 adalah 1:1.

Setelah semua bahan media tanam dicampurkan secara merata, abaikan selama 1 minggu sebelum tanam.

C. Pupuk susulan buat flora cabai di polybag

Seperti disinggung di awal artikel ini, pemupukan tumbuhan cabe pada media terbatas misalnya polybag wajib tepat. Pupuk nir boleh diberikan sekaligus pada satu saat dengan dosis tinggi karena bisa meracuni & mengganggu pertumbuhan tanaman cabai.

Akan namun, tumbuhan cabai pada polybag mesti seringkali-acapkali dipupuk dengan takaran rendah agar pupuk tidak terbuang karena pencucian baik lantaran disiram atau hujan.

Apa pupuk susulan buat cabe di polybag? Untuk fase pertumbuhan awal, yaitu buat pertumbuhan vegetatif flora cabe, maka pupuknya adalah pupuk yg mengandung nitrogen (N) seperti pupuk urea ataupun pupuk ZA.

Pupuk susulan fase vegetatif ; Satu minggu setelah tanam (7 HST), tanaman cabai di polybag sudah dapat dipupuk dengan pupuk urea (mau pakai ZA silakan). Dosisnya, 10 gram urea untuk 40 tanaman cabai di polybag atau 0,25 gram per polybag.

Cara pelaksanaan pupuk susulan tanaman cabai pada polybag menjadi berikut.

  • Larutkan sebanyak 10 gram urea ke dalam 10 liter air
  • Siram sebanyak 250 ml per media tumbuh cabai di polybag
BACA JUGA : Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe yang Tepat agar Berbuah Lebat dan Sehat

Lakukan pemupukan misalnya ini setiap 1 minggu sekali hingga menjelang tumbuhan cabai pada polybag masuk fase generatif atau pembungaan.

Pupuk susulan fase generatif ; Memasuki masa pembungaan atau +/- 40 hari setelah tanam, berikan pupuk NPK 15:15:15 untuk tanaman cabai dengan dosis 0,125 gram per polybag. Pemupukan dilakukan seminggu sekali.

Cara aplikasi pupuk susulan buat flora cabai menjelang pembungaan misalnya berikut ini

  • Larutkan sebanyak 5 gram NPK ke dalam 10 liter air
  • Siram/kocor sebanyak 250 ml per media tumbuh cabai di polybag

Pemupukan dalam fase generatif bisa ditingkatkan dosisnya sesuai dengan umur tanaman . Dosis pupuk ditingkatkan secara sedikit demi sedikit mulai 0,125 gr ? 0,75 gr per polybag.

Baca jua ini ; 7 Cara Tanam Semangka dalam Pot

Cukupi unsur hara mikro tanaman cabe pada polybag

Selain pemupukan dengan pupuk akar, yaitu urea maupun NPK yg dilakukan dengan penyiraman/pengocoran, pelaksanaan jua pupuk daun setiap dua minggu sekali dengan cara penyemprotan.

Dengan aplikasi pupuk daun, flora cabai pada polybag akan tercukupi unsur-unsur hara baik makro dan mikro. Dengan demikian, tumbuhan cabe akan tumbuh subur dan berbuah lebat.

Pupuk daun yang diaplikasi pada fase vegetatif tidak sama dengan pupuk daun dalam fase generatif. Pada fase vegetatif, pakai pupuk daun yang poly mengandung unsur hara N. Sedangkan pada fase generatif, gunakan pupuk daun yg tinggi unsur hara P dan K.

Itulah pupuk buat flora cabe pada polybag agar tumbuh fertile & berbuah lebat. Lakukan perawatan menggunakan baik seperti penyiangan, penyiraman, perempelan, & pengendalian hama dan penyakit supaya tumbuhan cabe tumbuh & berkembang dengan baik.

0 Response to "Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel