Dahsyatnya Manfaat Furadan 3GR untuk Multi Tanaman yang Perlu Anda Tau | Kebunku

Manfaat Furadan 3GR – Diantara sekian banyak jenis insektisida, Furadan 3GR menjadi cukup popular di kalangan petani. Sebab, manfaat furadan ini sudah dirasakan dan tidak perlu diragukan lagi. Furadan 3GR  sangat efektif mengendalikan hama tanaman seperti nematoda (bengkak akar), ulat, semut, cacing, bekicot, dan lain sebagainya.

Ketika hama berhasil dikendalikan menggunakan furadan, manfaat yang sesungguhnya didambakan petani dan terlihat jelas menggunakan bola mata, yaitu tumbuhan tumbuh subur dan produktivitas pun tidak menurun.

Dahsyatnya Manfaat Furadan 3GR untuk Multi Tanaman yang Perlu Anda Tau
Butiran Furadan 3GR [updated by pupuklahan, 04/02/2020]

Apakah flora yg Sobat tanam diserang nematoda/puru akar, semut, berkicot, orong-orong, ulat grayak, uret, penggerek btg, & jenis organisme pengganggu tanaman (OPT) lainnya? Jika ya, tunggu apa lagi! Kendalikan dengan aplikasi Furadan 3GR dalam huma tanam.

Bukan hanya hama pada flora cabe, tomat, atau jagung, tetapi hama dalam aneka macam jenis tumbuhan lainnya, Furadan 3GR mampu ?Mengusirnya? Menggunakan mengandalkan r4_c_un kimia yang terkandung dalam insektisida tadi.

Namun, sebelum lebih jauh melihat manfaat furadan untuk tanaman, kita kuak dulu rahasia keampuhannya.  ‘Tenaga dalam’ apa sebetulnya yang dikandung furadan sehingga mampu mem_b0n0h setiap hama atau OPT yang mencoba ‘menghantam’ wilayah ‘pertahanan’ tanaman 😅.

Furadan 3GR

Furadan 3GR merupakan jenis insektisida & sekaligus nematisida yg berbentuk granular/butiran (GR) & berwarna ungu kebiru-biruan.

Selain sifat fisik tadi, Furadan 3GR berbahan aktif karbofuran. Kandungan senyawa karbamat ini (karbofuran) kurang lebih 3%. Jadi, sifatnya beracun sebagai akibatnya mampu mengendalikan hama yang mengganggu flora.

Kalau dipandang berdasarkan sisitim kerja furadan memang sangat dahsyat lantaran tergolong insektisida sistemik selain hubungan langsung. Maksud dari sistemik ini adalah dimana zat beracun menurut furadan diserap sang akar tumbuhan, kemudian beredar ke seluruh jaringan atau organ tumbuhan.

Jadi, furadan mampu mem_b0n0h hama menggunakan r4_c_unnya yg mem4tikan. Jika cacing, ulat, oteng-oteng, berkicot, dan lainnya terkena bahan aktif furadan atau ada serangga memakan bagian tumbuhan seperti daun atau butir, maka pada sekejap akan terkapar.

Manfaat Furadan buat Tanaman

Karena Furadan 3GR merupakan pestisida (insektisida nematisida), maka sudah tentu punya manfaat buat multi jenis flora. Berikut ini manfaat Furadan 3GR buat tanaman .

  • Secara umum bermanfaat untuk mengendalikan hama yang mengganggu tanaman
  • Untuk pengendalian hama pada tanaman pangan
  • Dapat juga diaplikasikan untuk pengendalian hama pada tanaman hortikultura dan perkebunan
  • Bermanfaat juga untuk mengendalikan hama pengganggu tanaman hias
  • Tanaman tumbuh sehat dan subur karena tanpa gangguan hama pada akar sehingga dapat menyerap nutrisi dengan baik
  • Produktivitas tanaman tidak menurun karena tanaman jauh dari serangan hama
  • Pertumbuhan bibit di persemaian lebih optimal karena bebas dari serangga, berkicot, cacing, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan kekurangan Furadan Aplikasi Furadan 3GR

Selain manfaat seperti di atas, apa sesungguhnya laba lainnya & kerugian Furadan 3GR baik buat tumbuhan, lahan, & lingkungan?

Kelebihan Furadan 3GR

  • Karena bentuknya granular/butiran, aplikasinya menjadi mudah, yaitu dengan cara ditabur.
  • Efektif mengendalikan hama tanaman karena sistim kerja sistemik
  • Efektif juga mengendalikan hama di dalam tanah seperti nematoda dan orong-orong
  • Dapat disimpan lebih lama dan tidak cepat rusak
  • Efektif mengendalikan hama penggorok daun dan penggerek batang karena dapat diserap oleh akar dan didistribusikan ke seluruh jaringan atau organ tanaman
  • Efektif mengendalikan hama penggerek daun seperti oteng-oteng
  • Dapat mengendalikan hama bekicot/siput pada tanaman tomat, semangka atau timun
  • Efektif untuk mengendalikan hama uret/penggerek batang pada tanaman padi dan jagung

BACA JUGA ; Kalau Begini Cara Menanam Kacang Panjang, Buahnya Lebat & Panen Pun Berlipat

Kekurangan Furadan 3GR

Meskipun insektisida furadan mempunyai segudang kelebihan, namun bila ditinjau lebih jauh tentu terdapat kekurangannya, baik berdasarkan sisi pelaksanaan maupun dampak terhadap lingkungan.

  • Aplikasi ke tanaman hanya dapat dilakukan dengan cara disebar/tabur pada tanah karena bentuknya butiran. Dengan kata lain, tidak bisa diaplikasi dengan semprot.
  • Residu atau sisa dari racun karbofuran dalam jaringan tanaman bertahan relatif lama. Karenanya, sangat disayangkan jika diaplikasi pada tanaman sayuran yang berumur pendek karena beresiko terhadap kesehatan ketika sayuran tersebut dikonsumsi.
  • Berdampak negatif terhadap kesuburan tanah lantaran racun karbofuran sulit terurai dalam tanah. Racun tersebut lambat-laun akan mengancam kehidupan organisme tanah, khususnya mikroorganisme pengurai bahan organik dalam tanah akan ikut terbunuh.
  • Berdampak negatif terhadap kesehatan manusia jika aplikasinya tidak dilakukan dengan hati-hati dan tidak mengikuti petunjuk keamanan untuk melindungi diri seperti menggunakan sarung tangan, topeng, masker dan lainnya.

Jenis tumbuhan dan hama sasaran

Baik, memang cukup efektif menggunakan Furadan 3GR buat mengendalikan hama yg menyerang flora. Kalau demikian, jenis tanaman apa dan hama apa saja yg menjadi sasaran menurut Furadan tersebut?

Berikut ini jenis flora dan hama target yang bisa diaplikasikan dan terkendali menggunakan Furadan 3GR.

  • Cabai : Nematoda/puru akar, orong-orong, bekicot/siput
  • Padi : Ulat grayak, uret, larva kaper, penggerek batang
  • Tomat : Nematoda/puru akar, orong-orong, bekicot/siput, ulat, oeteng-oteng/kutu kuya
  • Semangka : Bekicot, orong-orong, penggerek daun, penggerek batang, oteng-oteng/kutu kuya,
  • Kubis : Ulat grayak, Perusak daun (Crocidolomia binotalis dan Plutella xylostella)
  • Kacang hijau : Perusak daun, ulat grayak, oteng-oteng, orong-orong
  • Timun : Bekicot, oteng-oteng, ulat
  • Tembakau : Penggerek pucuk (Heliothis sp.) dan Ulat grayak (Spodoptera litura)
  • Tebu : Penggerek batang (Chilo auricilius dan C.saccharipagus)
  • Jagung : Penggerek batang
  • Dan lain sebagainya.

Untuk informasi lebih lengkap & lebih jelasnya dengan dosis aplikasinya, Sobat sanggup baca dikemasannya.

Cara Aplikasi Furadan buat Tanaman

Dahsyatnya Manfaat Furadan 3GR untuk Multi Tanaman yang Perlu Anda Tau
Gunakan Sarung Tangan dan Masker

Ketika Aplikasi Furadan 3GR buat Tanaman

Kalau Furadan 3GR sudah ada di tangan Sobat, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara aplikasinya?  Cara aplikasinya cukup mudah, yaitu dengan menabur butiran-butiran Furadan pada media tanam baik pada media tanam lahan yang luas maupun terbatas seperti tanaman dalam pot.

Pada kemasan Furadan 3GR telah lengkap menggunakan dosis dan luasan lahan, Sobat bisa membacanya sebelum menaburkan ke huma tanam.

Namun demikian, sekadar informasi untuk aplikasi pada media tanam dalam pot, dosisnya disesuaikan dengan ukuran pot. Kalau ukuran pot agak kecil, cukup satu sendok teh saja, tetapi kalau pot agak besar, dosisnya 1 sendok makan per media tanam dalam pot. Intinya, sesuaikan dosis dan ukuran pot dan jangan over dosis 😅

Itulah sekilas manfaat dari furadan khususnya Furadan 3GR. Meskipun terlihat amat dahsyat keuntungannya dan efektif buat pengendalian hama yg mengganggu tumbuhan, tetapi penggunaannya kalau diperlukan saja & selalu mengikuti petunjuk petugas/penyuluh setempat. Gunakan Furadan 3GR sebagai solusi akhir atau menjadi ?Se_nj4_t4 pamungkas? Saat ledakan hama sudah tidak dapat lagi dikendalikan dengan cara-cara mekanis, biologis, atau penggunaan pestisida organik yang ramah lingkungan.

0 Response to "Dahsyatnya Manfaat Furadan 3GR untuk Multi Tanaman yang Perlu Anda Tau | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel