Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya | Kebunku

Cara Menanam Semangka – Salah satu tanaman hortikultura yang banyak dilirik petani untuk dibudidayakan adalah semangka.  Mengapa? Alasannya sederhana sekali. Selain relatif mudah menanam dan merawatnya, menanam semangka cukup prospektif karena respon pasar, baik domestik maupun internasional, cukup bagus.

Semangka ; Buah penyegar & bernutrisi

Umumnya, warga memang menyukai semangka. Sebab, buah semangka mempunyai citra rasa yg anggun, enak, berair, dan bertekstur halus dan lembut. Karena itu pula, buah semangka poly dijadikan galat satu pilihan yg cocok sebagai penyegar.

Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya

Bukan hanya penyegar, rupanya semangka merupakan butir yang menyehatkan. Lihat saja, buah ini kaya menggunakan kandungan nutrisi seperti vitamin dan sejumlah mineral krusial di dalamnya. Bahkan, semangka diyakini banyak orang berguna buat kesehatan misalnya menjaga kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebelum menanam semangka, ?Tanam? Dulu semangat & pengetahuan

Terlepas menurut betapa dahsyatnya manfaat semangka, yang mesti ?Ditanam? Terlebih dulu pada diri calon petani semangka merupakan semangat dan pengetahuan cara menanam semangka yang baik dan sahih.

Lantaran dengan dominasi teknik menanamnya, sudah tentu menghasilkan semangka yang berkualitas. Tidak hanya berkualitas, tetapi produksi butir semangka tinggi.

Sekilas mengenal semangka

Tanaman semangka dalam bahasa latin dikenal dengan nama Citrullus lanatus. Namun orang di luar Indonesia, mereka umumnya menyebut semangka dengan watermelon. Mungkin, di beberapa daerah juga punya julukan tersendiri untuk semangka. Di Aceh misalnya, mereka menyebut semangka dengan boh timon taiwan.

Apapun sebutan atau julukannya, semangka merupakan kerabat flora timun-timunan misalnya mentimun, melon, & lain sebagainya yg tumbuh menggunakan cara merambat. Bunga atau butir semangka ada dalam ruas-ruas batangnya.

BACA JUGA : Cara Budidaya Melon Dalam Pot di Perkarangan Sempit supaya Buahnya Besar & Manis

Pilih varietas semangka buat ditanam

Semangka relatif poly varietas atau jenisnya. Ada semangka yang berbiji dan ada jua yg non biji. Ada semangka yg warna dagingnya merah dan banyak pula yang berwarna kuning.

Karena itu, jangan keliru pada budidaya semangka terutama pada memilih varietas. Pilihlah varietas yang banyak disukai orang.

Kondisi tumbuh tanaman semangka

Sobat tak usah risi menanam semangka. Sebab, semangka adalah tanaman yg tumbuh pada daerah tropis & sub tropis. Bahkan, kalau ditinjau asalnya, semangka berasal berdasarkan Afrika. Sobat tau tentang iklim Afrika, bukan? Iklim disana subtropis (sedang) dan tropis.

Baik agar lebih konfiden buat menanam semangka, berikut adalah akan kita simak tentang syarat atau kondisi tumbuh yg dikehendaki flora semangka supaya dapat tumbuh dan produktivitasnya tinggi.

Ketinggian loka

Tanaman semangka tumbuh optimal kalau ditanam pada ketinggian tempat 0-400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di atas ketinggian tersebut masih bisa tumbuh, namun hasilnya tidak sesuai harapan alias kurang menguntungkan karena produksinya bisa jadi rendah dan kualitasnya yang kurang ok.

Kondisi tanah

Jika mau menanam semangka, perhatikan jua kondisi tanah. Semangka tumbuh menggunakan baik dalam tanah yg subur dan gembur. Kondisi keasaman tanah perlu tetap terjaga agar ketersediaan hara dan penyerapan unsur hara tidak terganggu. PH yang ideal buat semangka berkisar pada angka 6 ? 7. Tanah tempat menanam semangka jua harus memiliki drainase yang baik.

Sinar mentari

Semangka senang dengan sinar mentari . Bukan hanya pagi hari saja, tetapi sepanjang hari. Lantaran itu, lahan menanam semangka nir boleh ternaungi atau terhalang sinar dengan pepohonan.

Suhu udara

Selain yang tesebut di atas, satu hal lagi yang penting diperhatikan ketika menanam semangka, yaitu suhu udara. Temperatur udara yang mendukung pertumbuhan dan produktivitas semangka adalah lebih besar dari 250C atau 770F.

Bibit untuk menanam semangka

Kita paham bahwa untuk menanam semangka memerlukan bibit yg sehat & berkualitas. Bibit yang sehat dan berkualitas tentu haruslah dari biji (benih) yang sehat juga.

Oleh karena itu, agar benih semangka yg akan disemai atau ditanam sahih-benar terjamin mutunya, belilah benih pada toko-toko pertanian. Pastikan bungkus benih semangka yang Sobat beli minimal tercantum tanggal kadaluarsa (expired date) & izin produksi.

Namun, jikalau hanya buat menanam 1 atau dua flora semangka di tempat tinggal sebagai hiasan, ambil saja biji dari semangka yg sudah tua buat ditanam.

Cara perlakuan benih semangka

Sebelum menyemai, benih semangka hendaknya diberi perlakuan terlebih dahulu supaya proses pertumbuhan lebih cepat & bebas dari hama dan penyakit.

Berikut ini cara perlakuan benih semangka sebelum disemai

  • Isikan air hangat dalam baskom secukupnya
  • Larutkan Atonik (zat pengatur tumbuh lainnya) dan fungisida ke dalam air. Aduk hingga merata
  • Rendam biji semangka ke dalam air selama 2-4 jam
  • Pisahkan biji semangka yang melayang, terapung, dan tenggelam
  • Ambil biji semangka yang tenggelam saja untuk disemai

BACA JUGA : Hama Tanaman Semangka Resahkan Petani? Kendalikan Seperti Ini
Perlakuan Benih Semangka. Gambar : Dokpri

Media semai benih semangka

Sebelum menyemai benih semangka, siapkan dulu media semainya. Media semai terdiri berdasarkan campuran tanah & kompos atau tanah dan arang sekam dengan perbandingan 1:1. Media semai dimasukkan ke pada polybag. Tiap polybag diisi menggunakan 2/tiga media semai.

Menyemai benih semangka

Benih semangka yang telah diberi perlakuan tersebut bisa eksklusif disemai ke pada polybag. Ada jua benih semangka yang sudah diberi perlakuan, disimpan dulu 2-3 hari pada pada kantong plastik supaya perkecambahannya cepat. Setelah berkecambah, baru disemai ke pada polybag.

Namun, dalam artikel ini, benih semangka yg telah direndam langsung disemai ke pada polybag yg sudah berisi media semai. Berikut ini cara menyemai benih semangka.

  • Siram media semai sampai lebab
  • Tanam satu biji semangka setiap polybag
  • Tempatkan pada tempat terlindungi dari terpaan hujan dan matahari langsung
  • Siram setiap hari media semai yang sudah berisi biji semangka
  • Pindahkan atau tempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari jika biji semangka sudah tumbuh
  • Jika bibit sudah tumbuh 4 helai daun, bibit semangka siap dipindahkan ke lahan tanam

Menyiapkan lahan tanam semangka

Supaya huma mendukung untuk pertumbuhan semangka, maka huma tanam perlu disiapkan menggunakan baik. Lahan yang siap tanam adalah lahan yg bersih menurut gulma dan gembur.

Oleh karena itu, huma tanam semangka mesti dibersihkan menurut semak belukar & rumput-rumput liar supaya nir mengganggu pertumbuhannya. Selain itu, huma perlu dibajak atau dicangkul menggunakan kedalaman 20-30 cm.

Setelah tanah diolah, dibuat guludan/bedengan dengan lebar 4-6 m dan panjangnya diadaptasi dengan lahan. Usahakan antar bedengan ada jarak yg berfungsi buat drainase & memudahkan perawatan nantinya. Jarak antar bedengan 50-60 cm & dibentuk juga lubang tanam dengan jarak lubang tanam 1 m x 0,5 m atau 1 m x 0,8 m.

Bersamaan menggunakan penyiapan bedengan, taburkan pupuk organik berupa pupuk kandang atau pupuk kompos. Sedangkan pemberian kapur atau dolomit jika pH tanah dibawah lima,5. Kalau pH berada pada range 6-7, nir perlu penambahan dolomit.

Kalau berdasarkan sisi finansial alias kapital memungkinkan, huma tanam sebaiknya dipasang mulsa plastik. Dengan adanya mulsa, maka bisa mengurangi penguapan dan mencegah tumbuhnya gulma pada huma semangka.

Menanam bibit semangka pada huma tanam

Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya
Bibit Semangka
Bibit semangka yang sudah tumbuh 4 helai daun atau minimal telah berumur +/- 15 hari setelah semai, sudah dapat dipindahkan ke lahan untuk ditanam. Untuk menghindari bibit stres, penanaman semangka dilakukan pada waktu pagi atau sore hari.

Berikut ini cara menanam bibit semangka ke lahan tanam

  • Siram media semai bibit semangka
  • Lepaskan polybag bibit dengan hati-hati agar tidak merusak tanah dan akar
  • Tanam bibit semangka (satu lubang tanam, satu bibit semangka)
  • Tumtup kembali dengan tanah sampai menutup semuai media semai dan akarnya serta padatkan tanah disekelilingnya
  • Siram secukupnya

Merawat tumbuhan semangka

Kalau sudah menanam, ingat merawat semangka. Sebab, perawatan galat satu kunci sukses pada budidaya semangka.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sesudah penanaman semangka, yaitu penyiraman, penyulaman, penyiangan, pemupukan, pemangkasan, dan pengendalian hama & penyakit.

Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya

Penyiraman ; Tanaman semangka perlu mendapatkan cukup air pada awal-awal pertumbuhannya. Oleh karena itu, lakukan penyiraman 2 kali sehari kalau cuaca cukup panas. Ketika tanaman semangka sudah berbuah, penyiraman harus dikurangi (2-3 hari sekali) untuk meningkatkan kualitas buah.

Penyulaman ; Monitor segera perkembangan bibit semangka yang ditanam apakah tumbuh semua atau mungkin ada yang layu atau mati. Jika ada yang layu atau mati, segera dilakukan penyulaman.

Penyiangan ; Lakukan penyiangan jika gulma sudah mulai tumbuh. Gulma akan mengganggu pertumbuhan semangka dan mengundang hama dan penyakit tanaman semangka.

Pemupukan ; Setelah dilakukan penyiangan, segera pupuk tanaman semangka. Satu minggu setelah tanam, semangka sudah dapat dipupuk agar tumbuh subur.

Apa pupuk buat semangka? Apakah semangka terdapat dipupuk dengan pupuk urea? Semangka boleh diaplikasikan pupuk majemuk misalnya NPK atau sanggup jua memakai pupuk tunggal urea, SP-36, & KCL.

BACA JUGA : Rahasia Pupuk & Pemupukan Semangka agar Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun OK

Jadi, jelas bahwa semangka tidak terlepas menurut urea baik pada bentuk pupuk majemuk maupun tunggal untuk memasok unsur nitrogen (N).

Pemupukan dilakukan seminggu sekali dengan cara pengocoran. Menjelang flora semangka berbunga, kurangi aplikasi pupuk yang mengandung N. Pada fase generatif atau semangka mulai berbunga, perlu dipupuk menggunakan pupuk yang mengandung kalium (K) supaya kualitas buas lebih bagus dan rasanya lebih manis.

BACA JUGA : 4 Tahap Memupuk Mentimun pada Polybag supaya Buahnya Lebat

Pemangkasan ; Agar buah tanaman semangka besar dan rasanya manis, maka tanaman semangka perlu adanya pemangkasan. Cabang utama dipangkas, tapi tidak dipangkas semua 😅. Sisakan cabang utama sekitar 2-3 cabang.

Di setiap cabang utama, tumbuh juga cabang-cabang yang dikenal cabang sekunder. Nah, cabang sekunder ini dipangkas. Pangkas cabang sekunder tersebut sempurna pada atas daun ke 2 atau menyisakan 2 helai daun saja pada cabang sekunder.

Pemeliharaan buah semangka ; Buah semangka yang muncul, tidak dipelihara semua. Cukup dipelihara 1-2 buah saja per tanaman, yang lain dipangkas/dibuang.

Buah yang akan dipelihara hingga panen adalah butir yg tumbuh pada atas ruas daun ke-13 atau jarak dengan pangkal flora sekitar 1,3 meter. Tapi jangan salah , butir yg dipelihara adalah butir yang nir cacat & bentuknya baik.

Lakukan jua pembalikan buah semangka secara rutin agar warna buahnya rupawan dan menarik konsumen. Di samping itu, pembalikan butir juga bertujuan agar buahnya matang secara menyeluruh.

Pengendalian hama dan penyakit ; Kalau lahan bersih dan tanaman cukup nutrisinya, biasanya semangka jauh dari hama dan penyakit. Lahan yang bersih, berarti tidak ada tempat untuk berkembangnya hama dan penyakit. Demikian juga dengan nutrisi yang cukup, semangka tumbuh sehat dan mampu melawan terhadap penyakit.

Tetapi, kalau hama & penyakit jua hadir menggaggu tanaman semangka, lakukan pengendalian menggunakan cara-cara bijak misalnya penggunaan pestisida organik. Dengan cara ini, buah semangka kondusif dikonsumsi dan lingkungan pun bebas menurut pencemaran.

BACA JUGA :Hama Tanaman Semangka Resahkan Petani? Kendalikan Seperti Ini

Penen semangka

Umur panen semangka tergantung varietasnya. Tetapi, rata-rata panen sudah dimulai 35 hari semenjak flora berbunga.

Walaupun demikian, semangka telah dapat dipanen jika sudah terlihat indikasi-tanda sulur dekat pangkal telah mulai mengering. Selain itu, jikalau dipukul akan mengeluarkan bunyi agak berat.

Itulah cara menanam semangka yg baik & benar. Dengan perawatan yang baik, maka semangka akan berbuah tepat waktu, jauh berdasarkan hama dan penyakit, produksinya tinggi, & gambaran cita rasanya yang mantap.

0 Response to "Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel