5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi] | Kebunku

Cara Menanam Daun Pandan – Siapa yang tak kenal daun pandan? Daun yang berwarna hijau dan beraroma wangi ini, kerap kali digunakan sebagai penyedap masakan. Makanya tidak mengherankan, kalau banyak ibu-ibu rumah tangga menanam tanaman daun pandan di rumah. Ada yang menanam langsung di tanah dan banyak juga yang suka menanam daun pandan di dalam pot.

Daun pandan pantang ditanam pada tanah yg subur, dia akan tumbuh, berkembang, & beranak-pinak. Jika awalnya hanya 1 pot pada tempat tinggal , tidak usang lalu, sanggup jadi daun pandan akan berlipat ganda pot jikalau benar cara menanam & rajin jua merawatnya.

Bahkan, kalau daun pandan sudah tumbuh banyak dalam pot, untungnya banyak,lho. Sebab, selain untuk konsumsi sendiri, daun pandan bisa untuk dijual, dan bisa juga -- kalau mau -- untuk berbagi dengan tetangga atau sahabat terdekat. Jadi, tidak ada ruginya menanam dan merawat daun pandan dalam pot, bukan?

5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi]
Daun Pandan dalam Pot di Dinding

Gambar : Dokpri

Daun pandan ; the vanilla of Indonesia

Tanaman daun pandan (Pandanus amaryllifolius Roxb.) merupakan tanaman pandan wangi yang cukup mudah ditemui di daerah tropis dan subtropis. Tumbuhan yang berbentuk perdu ini, daunnya berbentuk pita, dan ujungnya runcing banyak tumbuh di pinggir sungai, kebun, dan bahkan tumbuh liar dimana-mana asal tempatnya lembab.

Seiring ketika, daun pandan mulai dibudidayakan baik buat konsumsi sendiri misalnya menanam dalam pot maupun buat skala komersial.

Mengapa tertarik dibudidayakan? Tentu terdapat sebab. Masyarakat Indonesia, berdasarkan Sabang sampai Papua, umumnya memang menggunakan daun pandan ini menjadi pewangi terutama dalam makanan tradisional.

Saking dasyatnya wangi aroma daun pandan ini, bagi orang-orang luar negeri, mereka beri julukan daun pandan ini dengan istilah the vanilla of Indonesia.

Manfaat daun pandan, pewangi?

Kalau ditanya manfaat daun pandan, sebetulnya hampir semua tau, yaitu buat pewangi masakan. Tapi, ternyata bukan hanya itu, daun pandan punya poly manfaat. Berikut ini manfaat daun pandan.

  • Sebagai pewangi masakan/makanan/minuman seperti kue, bubur kacang hijau, kolak, dan lain-lain.
  • Pewarna alami
  • Untuk bahan kecantikan seperti penghitam rambut dan aromatherapy face steam
  • Untuk kesehatan seperti mengatasi nyeri sendi, rematik, dan menurunkan gula darah
  • Bisa dijadikan sebagai parfum seperti pewangi ruangan
  • Bermanfaat sebagai salah satu bahan pestisida organik untuk mengendalikan serangga atau lalat buah
  • Bahan baku industri seperti pembuatan tas, tikar, dan lain-lain.

Lalu, kenapa menanam daun pandan pada pot?

Sobat tentu punya argumen tersendiri sebagai akibatnya kenapa ingin menanam daun pandan pada pot. Walaupun demikian, kita lihat pula terlebih dulu beberapa alasan menanam daun pandan dalam pot.

  • Karena lahan perkarangan rumah terbatas/sempit
  • Menanam daun pandan dalam pot karena mudah merawatnya seperti penyiangan, penggemburan, dan penempatan pada lokasi terkena sinar matahari.
  • Dengan pemilihan model pot dan penataannya, daun pandan dalam pot dapat berguna sebagai tanaman hias sehingga menambah estetika rumah
  • Karena daun pandan ditanam dalam pot, maka bisa diletakkan dekat area dapur sehingga memetiknya pun menjadi mudah ketika diperlukan.
  • Mungkin lahan yang digunakan bukan milik sendiri alias lahan sewa. Dengan menanam dalam pot, maka sewaktu-waktu mudah dipindahkan.
  • Jika menanam dalam pot, maka tidak perlu melakukan pengolahan tanah

Syarat tumbuh daun pandan

Daun pandan gampang tumbuh jika ditanam. Meskipun ditanam dalam pot, daun pandan tumbuh subur. Tapi, beberapa persyaratan tumbuh mesti dipenuhi supaya pertumbuhan & perkembangan tidak terkendala.

Berikut ini beberapa kondisi tumbuh flora daun pandan

  • Tumbuh subur di daerah topis dan subtropis
  • Menghendaki tanah yang agak lembab
  • Tumbuh baik sampai ketinggian 500 mdpl
  • Tanah subur dan kaya bahan organik
  • Temperatur udara 22-280C
  • Kebutuhan sinar matahari cukup
  • Drainase baik
  • pH tanah 5,0 – 7,0

Mencermati kondisi tumbuh daun pandan, jangan hingga Sobat menahan buat menanamnya dalam pot di daerah Sobat. Sebab, syarat tumbuhnya kelihatan cukup mudah.

Daun pandan mampu tumbuh walau temperatur udara sedikit panas atau sedikit rendah. Bahkan, ketinggian loka di atas 500 mdpl pun, daun pandan sanggup tumbuh dengan baik. Yang penting cukup unsur haranya, kelembaban media tumbuh terjaga, dan perawatan yang baik.

Selain itu, tanaman daun pandan dalam pot bisa ditempatkan pada loka yang ternaungi, tetapi permanen menerima sinar matahari walau minim atau nir langsung.

LANGKAH-LANGKAH MENANAM DAUN PANDAN DALAM POT

Menanam daun pandan di pot tidak ada proses yang berbelit-belit dan juga tidak butuh kalkulator untuk menghitung kebutuhan benihnya 😅. Okay, berikut ini ada 5 langkah menanam daun pandan dalam pot.

1. Siapkan bibit daun pandan untuk ditanam dalam pot

Hal yg utama dalam budidaya daun pandan dalam pot adalah menyiapkan bibit. Untuk bibit daun pandan bisa diperoleh dengan cara pemisahan tunas/anakan menurut indukannya. Jadi, jikalau sama tetangga atau teman ada tanaman daun pandan yang telah tumbuh tunasnya, tinggal minta dipisahkan.

5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi]
Bibit Daun Pandan. Gambar : Dokpri

Atau mungkin di rumah ada flora daun pandan yg sudah poly tumbuh anakannya, ya tinggal dipisahkan saja buat ditanam pada pot. Syaratnya, anakan telah terlihat berakar gantung agar mudah tumbuh ketika ditanam.

Cara pemisahannya relatif mudah, yaitu menggunakan cara memotongnya bagian pangkal anakan yang inheren dalam indukannya. Pastikan terdapat akar pada anakan daun pandan yg dipisahkan.

Dua. Pilih pot buat menanam daun pandan

Model pot terserah, tergantung kesukaan. Pot boleh memanfaatkan bahan-bahan bekas (secondhand) atau boleh jua beli pot baru. Namun, jika ingin menanam daun pandan sekaligus buat keindahan, pilih pot yg baru & anggun.

Jumlah pot berapa? Siapkan pot buat menanam daun pandan sebanyak yang diperlukan, mampu 1 pot, dua pot, atau lebih menurut 2 pot.

Ukuran pot nir perlu terlalu akbar, yang krusial bisa menampung media tanam & sanggup berfungsi tempat berjangkar akar daun pandan. Ya, minimal ukuran pot mempunyai diameter 20 centimeter dan tinggi 20 centimeter.

3. Membuat media tanam daun pandan dalam pot

Kalau hendak menanam daun pandan dalam pot, maka menciptakan media tanam sebagai hal penting. Karenanya, persiapkan media tanam yang subur. Media tanam terdiri berdasarkan adonan tanah kebun, arang sekam, dan pupuk kompos dengan perbandingan adonan 2:1:1.

Arternatif media tanam lainnya, yaitu adonan tanah kebun, pupuk sangkar, & sekam padi. Perbandingan campurannya merupakan 1:1:1. Campurkan bahan-bahan media tanam tersebut hingga merata dan isi ke dalam pot.

5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi]
Pot Berisi Media Tanam Daun Pandan

Gambar : Dokpri

4. Menanam daun pandan di pot

Ketika bibit telah ada, pot buat menanam sudah siap, dan media tanam telah terisi pada pot, maka langkah selanjutnya adalah menanam daun pandan pada pot.

Berikut ini cara menanamnya.

  • Buat lubang tanam tepat di tengah pot
  • Tanam bibit daun pandan sampai seluruh akarnya tertanam
  • Tutup kembali dengan tanah dan padatkan tanah sekitar pangkal agar tidak goyah
  • Jika terkulai atau terjatuh, topang dengan kayu atau bambu kecil.
  • Siram sampai lembab
  • Tempatkan pada tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari langsung sampai bibit daun pandan terlihat tumbuh segar.

5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi]
Bibit Daun Pandan Ditanam pada Pot

Gambar : Dokpri

5. Merawat daun pandan pada pot

Perawatan daun pandan dalam pot terutama sekali adalah penyiraman. Jaga media tumbuh tetap lembab, tapi tidak becek atau tergenang air.

Untuk menjaga kelembaban media tumbuh daun pandan pada pot, perlu penyiraman sekali sehari. Tapi, jika cuaca cukup panas, siram pagi dan sore hari. Sebaliknya, bila hujan, berarti nir perlu disiram.

Tempatkan pot pada tempat yg sanggup menerima sinar matahari pagi, ya kurang lebih dua-4 jam telah relatif baik buat pertumbuhannya.

Kalau mau ditempatkan pada bawah loka yang ternaungi, boleh. Tetapi, tetap mendapat sinar matahari walaupun nir eksklusif atau intensitasnya rendah.

Semakin poly atau relatif terkena sinar mentari , maka aroma daun pandan semakin mewangi lantaran atsirinya tinggi.

Perawatan lainnya, bersihkan gulma jika sudah tumbuh dalam pot supaya daun pandan permanen fertile & kelihatan menarik dan indah.

Bagaimana menggunakan pupuk? Sebetulnya daun pandan bukan tumbuhan yg manja dengan pupuk. Asal media tumbuh kaya menggunakan bahan organik & subur, daun pandan permanen tumbuh.

Tetapi, kalau mau pertumbuhan daun pandan permanen terjaga kesuburan, daunnya lebar, panjang, warnanya hijau, dan wanginya bertenaga, maka butuh pemupukan.

Tidak harus pakai pupuk kimia seperti urea atau NPK, pakai saja pupuk organik cair (POC) buatan sendiri seperti POC air cucian beras atau pupuk air cucian ikan. Dengan pupuk cair, flora daun pandan akan tumbuh fertile.

BACA JUGA :

  • Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras Untuk Nutrisi Tanaman
  • Manfaat Air Cucian Ikan dan Cara Aplikasi untuk Tanaman

Panen paun pandan

Daun pandan yang Sobat tanam dalam pot begitu cepat tumbuh. Dalam saat tiga-4 bulan selesainya tanam, daun pandan sudah sanggup mulai dipanen untuk keperluan penyedap kuliner.

Panen dimulai berdasarkan daun-daun yg paling bawah dengan cara memetiknya atau sanggup pula menggunakan gunting buat memotong daun sampai dekat ke pangkal daunnya.

Demikian cara menanam daun pandan pada pot. Rawatlah menggunakan baik daun pandan yg sudah ditanam. Sekali menanamnya, lalu perbanyak flora jika mau, seterusnya Sobat tinggal petik-petik saja daunnya sesuai dengan kebutuhan.

0 Response to "5 Langkah Menanam Daun Pandan dalam Pot [Hijau dan Wangi] | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel