Tak Usah Galau, Yuk Intip Pupuk untuk Kacang Tanah | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com --Salah satu hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan produksi kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah pupuk. Kalau saja pupuk untuk kacang tanah kurang cukup tersedia pada lahan tanam, maka dapat dipastikan tanaman kacang yang tinggi protein ini, kurang subur dan hasilnya rendah.

Akibat kurang unsur hara buat kacang tanah -- seperti nitrogen, phosfor, dan kalium ? Ditambah lagi tanah kurang gembur, maka tumbuhnya kerdil. Bahkan, polong kacang tanah tampak besar -besar , akan tetapi bijinya kecil-kecil dan ringan. Atau, kacang tanah tumbuh fertile dengan daun relatif hijau, akan tetapi jumlah polong sedikit.

Tak Usah Galau, Yuk Intip Pupuk untuk Kacang Tanah
Gambar : Pixabay/Bishnu Sarangi

Yang paling disayangkan jika kekurangan kalsium (Ca) buat tumbuhan kacang tanah, Anda tau, apa jadinya? Pembentukan ginofor, polong, dan pengisian biji kacang tanah menemui ?Jalan buntu? Alias terhambat atau tidak berkembang dengan baik.

Oleh sebab itu, bila Anda menanam kacang tanah, maka lahannya harus dipastikan memiliki kesuburan yg tinggi supaya output panennya tinggi. Kalau kurang gembur dan subur, maka pupuklah lahan dengan jenis pupuk buat kacang tanah yang tepat, berdasarkan jenis pupuk organik, pupuk hayati, & penggunaan pupuk kimia.

BACA JUGA : Kurang Hasilnya? Yuk Cobain 9 Cara Menanam Kacang Tanah Ini Biar Berbuah Lebat

Apa pupuk yang tepat untuk tanaman familifabaceae ini?

Anda tidak usah galau apalagi bingung dengan pupuk. Sebab, artikel ini akan mencoba memberi solusi, seperti apa pupuk untuk kacang tanah, kapan waktu memupuk kacang tanah, dan bagaimana cara memupuk kacang tanah. Untuk itu, yuk kita intip dan simak penjelasannya.

1. Cek kesuburan huma sebelum menanam kacang tanah

Sebelum memupuk lahan buat budidaya kacang tanah, sebaiknya Anda cek dulu syarat tanah apakah mengandung relatif unsur hara atau kurang tersedia dalam tanah. Ini agar bisa memastikan kesuburan lahan atau buat efisiensi pemupukan nantinya.

Sebab, jika kandungan unsur hara seperti N-total kurang 1%, P-tersedia <12 ppm, dan K-tersedia <0,3 me/100 g, maka tanah tersebut perlu dipupuk dengan pupuk kimia. Umumnya, nutrisi tersebut rendah dalam tanah.

Demikian pula dengan kandungan bahan organik, kalsium, & unsur-unsur hara lainnya, perlu diuji keberadaannya sebelum menanam kacang tanah.

Anda mampu uji tanah sendiri atau dengan cara meminta donasi penyuluh setempat atau instansi berwenang yg dekat dengan domisili Anda.

Dua. Taburkan pupuk sangkar sebelum mengolah tanah

Kita mengerti bahwa kacang tanah menghendaki tanah yang gembur supaya akar & ginofor dapat menembus tanah dan berkembang dengan baik sebagai polong. Untuk itu, Anda taburkan pupuk kandang, misalnya kotoran ayam atau sapi, sebelum pengolahan tanah dilakukan.

Apabila struktur tanah agak keras, Anda campurkan pupuk sangkar & jerami agar tanah untuk kacang tanah lebih fertile lantaran kaya bahan organik. Kebutuhan pupuk kandang adalah 2,5 -lima ton/hektar.

Apalagi tanah yang berpasir dengan kandungan belerang (S) rendah, pelaksanaan pupuk sangkar relatif membantu menyuburkan tanah & membuat kondisi tanah mendekati pH ideal.

3. Tambahkan sedikit dolomite pada ketika penyiapan lahan

Keberadaan unsur hara kalsium dalam lahan, relatif menunjang perkembangan kacang tanah. Karena itu, dalam waktu penyiapan huma atau ketika sedang menyiapkan bedengan, tebarkan kapur pertanian seperti dolomite menggunakan takaran 500 ? 1000 kg/ha (tergantung ketersediaan kalsium dalam tanah dan pH tanah)

Kapur dolomit disebar dan dicampurkan dengan tanah secara merata. Dolomit tepatnya diberikan 1 minggu sebelum tanam kacang tanah.

Jika Anda menaruh dolomit setelah tanam, boleh-boleh saja, akan tetapi tepatnya sebelum kacang tanah masuk fase pembentukan ginofor, polong, pengisian biji. Cara aplikasinya begini, Anda buat larikan diantara barisan tumbuhan, taburkan kapur dolomit, & tutup balik menggunakan tanah.

4. Taburkan pupuk dasar untuk kacang tanah berupa pupuk kimia dalam bedengan

Masih pada tahapan penyiapan huma, Anda mesti memberikan pupuk dasar sebelum menanam kacang tanah. Dalam 1 hektar huma, berikan pupuk dasar berupa pupuk kimia, yaitu 25 kg Urea 100 kg SP-36 50 kg KCI. Apabila nir ada urea, Anda bisa ganti menggunakan pupuk ZA menggunakan dosis 50 kg/ha kalau tanah tidak bersifat asam.

BACA : 2 Manfaat Pupuk ZA Dibalik 2 Kelemahannya

Aplikasikan pupuk tersebut dengan menyebar & campur secara merata dengan tanah. Pupuk dasar ini telah diaplikasikan 7 hari sebelum tanam.

5. Campurkan pupuk hayati Rhizobium dengan benih

Kacang yang tinggi protein ini tentu saja dalam hidupnya membutuhkan kadar nitrogen yang tinggi. Oleh karena itu, jika Anda menanamnya pada lahan yang jarang ditanam kacang tanah, perlu diberikan pupuk hayati yang mengandung mikrobaRhizobium.

Untuk apa pupuk rizhobium? Pupuk hayati ini mengandung bakteri rhizobium yang akan bersimbiosis dengan akar kacang tanah untuk menambat N dari udara bebas. Dengan simbiosis ini, kacang tanah tidak kekurangan unsur hara N untuk pertumbuhannya.

Cara aplikasi pupuk hayati Rhizobium untuk kacang tanah adalah sebagai berikut :

  • Basahi benih kacang tanah terlebih dulu ;
  • Campurkan pupuk hayati tersebut dengan benih ;
  • Aduk-aduk sampai pupuk melekat pada semua benih secara merata ;
  • Diamkan sesaat agar kering (+/- 5 menit) ;
  • Setelah itu, baru benih ditanam.

BACA JUGA : Pupuk Hayati Adalah? Ini Jawaban Plus Contohnya

6. Berikan pupuk susulan pada umur kacang tanah 30 HST

Untuk menunjang pertumbuhan vegetatif tumbuhan kacang tanah, berikan pupuk susulan berupa pupuk urea menggunakan takaran 25-50 kg/ha. Namun, jikalau pertumbuhan kacang tanah relatif subur dengan daun-daun yg hijau, tidak perlu memberikan pupuk susulan.

Pupuk susulan buat kacang tanah diberikan pada umur 30 hari sehabis tanam (HST). Cara aplikasinya menggunakan cara menciptakan larikan pada antara 2 barisan flora. Masukkan pupuk urea & tutup balik dengan tanah.

7. Semprot menggunakan pupuk daun yg mengandung unsur mikro

Selain pupuk akar, aplikasi pupuk daun relatif membantu pertumbuhan dan perkembangan kacang tanah. Sebab, pupuk daun selain terdapat unsur hara makro, jua mengandung sejumlah unsur mikro yang diharapkan kacang tanah.

Pupuk daun buat kacang tanah diaplikasikan cukup 2 kali, yaitu pada umur dua minggu HST dan 6 minggu HST. Cara aplikasinya menggunakan cara menyemprot ke semua bagian atas daun terutama bagian bawah daun. Gunakan takaran pupuk daun sesuai anjuran yg tertera pada kemasan pupuk.

BACA JUGA : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil B & D yang Tepat supaya Cepat Diserap Tanaman

Itulah pupuk buat kacang tanah. Apabila Anda pelaksanaan nutrisi untuk kacang tanah menggunakan sempurna, maka pertumbuhan & output panen tidak perlu diragukan, tentu subur dan tinggi produksinya dengan polong akbar & biji berisi padat. Tetapi, permanen lakukan perawatan lainnya misalnya penyiangan, pengairan, dan pengendalian organisme pengganggu flora (OPT).

0 Response to "Tak Usah Galau, Yuk Intip Pupuk untuk Kacang Tanah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel