Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Labu Air | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com --Cara Menanam Labu Air – Salah satu tanaman sayuran yang buahnya besar-besar bak buah semangka atau mentimun adalah labu air yang sering juga disebut dengan labu sayur. Tanaman yang mempunyai nama latin Legenaria siceria ini, umumnya tumbuh di daerah pedesaan karena memang petani suka menanamnya.

Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Labu Air
Labu air. Gambar : pixabay/lilidail

Kalau Anda penikmat sayur lodeh, mungkin tidak asing dengan labu air. Sebab, labu air sering kali dijadikan salah satu masakan sayur seperti sayur lodeh. Rasanya sudah tentu so special, sangat lezat. Bukan hanya buahnya, daun pucuk yang masih muda pun bisa untuk sayur.

Nah, kalau suka dengan labu air, Anda bisa menanamnya di perkarangan rumah atau di kebun. Sebab, tanaman dari famili Cucurbitaceae ini cukup mudah tumbuh. Selain mudah tumbuh, perawatannya pun tidak begitu sulit.

Kalau memang Anda relatif tertarik buat budidaya labu air, baik buahnya buat konsumsi sendiri ataupun buat dijual, berikut adalah Anda bisa menyimak cara menanam labu air agar cepat tumbuh dan cepat juga berbuah.

1. Bersihkan huma tanam labu air dari semak belukar

Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Labu Air
Gambar : pixabay/Dean Moriarty
Anda dapat langsung melakukan kegiatan pembersihan lahan tanpa harus melihat syarat tumbuh labu air terlebih dulu. Sebab, labu air dapat tumbuh dimana saja, baik pada dataran tinggi maupun dataran rendah. Yang penting lahannya subur dan tidak banyak batu cadas atau batu yang besar-besar.

Sebelum menanam labu air, Anda mesti membersihkan huma dari rumput pengganggu atau semak belukar. Jika ada pohon besar di sekelilingnya, kurangi dahan-dahan yang dapat menghalangi sinar surya.

Apabila Anda menanam labu air di area perkarangan tempat tinggal , sebaiknya pilih lokasi yg terbuka seperti pada samping atau belakang tempat tinggal . Pastikan lokasi menanam labu mendapat sinar mentari minimal 6 jam. Buat juga pagar supaya nir terdapat fauna ternak, misalnya kambing atau sapi, yang bisa mengganggu tumbuhan labu air nantinya.

Dua. Buat lubang tanam & campurkan pupuk kandang

Setelah lahan tanam labu air dibersihkan, Anda telah bisa menyiapkan lubang tanam. Atur jeda tanam labu air jangan saling berdekatan. Jarak tanam lazimnya 3 m x 2 m atau mampu juga lima m x 3 m.

Lubang tanam dibuat dengan cangkul menggunakan berukuran minimal 40 cm x 40 cm x 40 centimeter. Semakin luas ukuran lubang tanam semakin rupawan karena memudahkan konvoi akar labu air dalam mencari dan menyerap nutrisi.

Agar tanah buat menanam labu air fertile, maka campurkan tanah galian lubang tanam menggunakan pupuk sangkar. Setiap lubang tanam, campurkan lima kg pupuk kandang. Setelah dicampur dengan merata, tambahkan balik ke dalam lubang tanam. Biarkan lubang tanam minimal seminggu sebelum tanam.

Tiga. Siapkan benih labu air & rendam pada air hangat

Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Labu Air
Benih Labu Air

Kalau belum pernah sama sekali menanam labu air, Anda dapat membeli benih labu air di toko-toko pertanian. Namun, bila sudah pernah menanam, Anda dapat merogoh biji labu air yang telah tua untuk dijadikan benih.

Sekadar citra, ada beberapa varietas labu air yg umumnya ditanam petani, seperti varietas Ruma, Manisa, Orbit, Balistik, & lain-lain. Varietas ini Buahnya panjang-panjang. Dan, bila suka , Anda pula dapat menanam labu air berbentuk botol, sering dianggap labu botol. Buah labu air ini memang berbentuk misalnya botol.

Biji labu air usahakan direndam dulu dalam air hangat minimal 6 jam sebelum ditanam. Kemudian Anda sisihkan biji labu air yang terapung dengan yang tenggelam. Ambil biji labu air yg tenggelam buat ditanam ke lahan. Sedangkan biji yang terapung dibuang saja karena tidak bernas (baik).

4. Menanam labu air dari biji

Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Labu Air
Labu Air menurut Biji Mulai Tumbuh

Budidaya labu air nir melalui proses semai benih terlebih dulu. Tetapi, bila Anda ingin menyemainya, pula nir masalah. Akan namun, hanya menambah pekerjaan saja. Sebab, biji labu air bisa langsung ditanam dan adaptif terhadap lingkungan saat mulai berkecambah.

Tanam biji labu air ke dalam lubang tanam dengan kedalaman tiga-4 centimeter. Tutup kembali dengan tanah yang gembur. Jika tidak ada hujan, siram lubang tanam secukupnya sampai lembab.

Setiap lubang tanam, Anda bisa membenamkan biji labu air sebesar dua-tiga biji per lubang tanam. Tapi jangan lupa, jangan saling berdekatan antara satu biji menggunakan biji lainnya.

Biasanya, biji labu air akan tumbuh dalam ketika 4-7 hari setelah tanam. Selama saat tersebut, Anda wajib permanen memonitor kelembaban media tanamnya.

Lima. Merawat tanaman labu air

Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Labu Air
Gambar : pixabay/Ryan McGuire
Yang penting setelah menanam labu air, rawatlah dengan baik agar tumbuh subur dan cepat berbuah. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika labu air sudah mulai tumbuh.

Penyiraman ; Anda harap memastikan bahwa media tumbuh labu air tidak kering, terutama pada masa awal pertumbuhan. Untuk itu, Anda mesti menjaga kelembaban media tumbuh dengan cara menyiramnya. Namun, labu air tidak usah terlalu sering disiram, Anda cukup menyiramnya 2-3 hari sekali.

Kalau labu air telah besar , penyiraman disesuaikan menggunakan cuaca & kelembaban tanah. Anda sanggup menyiram 1 minggu sekali bila telah berumur lebih berdasarkan 1 bulan.

Pasang lanjaran dan buat para-para ; Karena tanaman labu air hidupnya dengan cara menjalar dan merambat, maka Anda mesti memasang ajir (tiang panjat atau lanjaran) agar labu air menjalar naik ke atas. Selain ajir, Anda juga perlu membuat para-para di atasnya tempat labu air merambat dan buahnya bergantungan.

Lanjaran & para-para bisa dibuat berdasarkan kayu atau bambu. Atau bila ingin tetap, Anda sanggup pula membuat tiang panjat dan para-para dari besi misalnya budidaya anggur atau markisa. Apapun bahannya, yg penting mudah didapat & bertenaga buat menahan beratnya butir labu air.

Pemupukan ; Agar labu air yang Anda tanam buahnya lebat dan berisi padat, pupuklah secara rutin. Sejak tanaman berumur 15 hari setelah tanam, pemupukan dengan pupuk anorganik sudah dapat diaplikasikan untuk labu air.

Bagaimana cara memupuk labu air? Anda bisa membaca mengenai pemupukan tanaman labu air secara lengkap pada artikel Kombinasi Pupuk Ini, Labu Air Berbuah Lebat dan Berisi Padat.

Pemangkasan pucuk ; Anda mesti rajin memperhatikan perkembangan tanaman labu air. Ketika labu air sudah besar dan menjalar jauh serta sudah sangat rimbun, Anda perlu memangkas pucuk-pucuknya agar tumbuh banyak cabang.

Dengan pemangkasan beberapa bagian pucuk labu air, sinar mentari bisa terkena ke seluruh flora. Bahkan, menggunakan memangkas pucuk, labu air akan genjah.

Panen labu air

Labu air relatif cepat sanggup dipanen jikalau perawatannya mengagumkan. Dalam tempo dua bulan lebih sedikit sesudah tanam, butir labu air telah bisa dipanen.

Cara memanennya nir boleh asal-asalan, misalnya menarik atau memutar tangkai, mampu menghambat dan mengganggu pertumbuhan labu air.

Anda wajib menggunakan pis4u buat memotong tangkai labu air. Sisakan tangkai minimal 5 cm. Agar butir labu nir terjatuh, Anda harus memegang butir labu ketika memotong tangkainya.

Sekarang, Anda telah menemukan cara menanam labu air. Dengan menanam seperti uraian pada atas, labu air akan berbuah lebat & besar -akbar. Namun, Anda mesti rajin merawatnya supaya output panennya memuaskan.

0 Response to "Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Labu Air | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel