Cara Agar Pupuk Kandang Tidak Bau dan Mudah Diaplikasi ke Lahan | Kebunku

Cara Agar Pupuk Kandang Tidak Bau -- Ada yang bilang pupuk kandang baunya menyengat hidung. Padahal, seandainya tidak berbau, banyak yang suka menggunakan pupuk organik ini. Sebab, pupuk kandang bagus sekali untuk memperbaiki sifat-sifat tanah. Tidak hanya menggemburkan tanah, tapi juga tersedia hara lengkap bagi tanaman. Benarkah pupuk kandang bau? Jika ya, bagaimana cara agar pupuk kandang tidak bau?

Cara Agar Pupuk Kandang Tidak Bau dan Mudah Diaplikasi ke Lahan

Kotoran ternak

Sebelum menemukancara menghilangkan bau pupuk kandang, sebaiknya pahami dulu dengan kotoran ternak. Yang namanya hewan seperti sapi, kuda, kerbau, ayam, babi, kambing, domba, dan lainnya pasti makan dan mengeluarkan kotorannya. Jadi, kotoran ternak adalah limbah yang dikeluarkan oleh ternak hasil pencernaannya berupa cairan (urin) dan padatan (feces).

Kotoran ternak banyak sekali mengandung bahan organik seperti rantai senyawa karbon seperti selulosa, hemiselulosa, lignin, protein mikroorganisme dan lain-lain. Kotoran ternak yg masih segar pula mengandung sejumlah amoniak dalam urin. Kandungan bahan-bahan buangan ternak tergantung kepada jenis pakannya masing-masing.

Kotoran ternak yang tidak dikelola secara intensif, biasanya urin atau air kencing bercampur dengan fecesnya (kotoran padatan), dan sisa pakan.  Apalagi ternak yang menggunakan alas seperti sekam dan lainnya. Pencampuran ini secara akumulasi meningkatkan kadar bahan-bahan kotoran ternak yang menyebabkan semakin meningkatnya level baunya.

Mikroba yang ada dalam kotoran ternak tidak tinggal diam. Makhluk berukuran mikron (mikroorganisme) bertindak sebagai dekomposer bahan-bahan organik. Mikroba terus bekerja membusukkan kotoran hewan sehingga mengeluarkan gas-gas berbau seperti gas metan (CH4), asam sulfida (H2S), amoniak (NH3) dan sejumlah gas lainnya.

Pupuk sangkar tidak selaras menggunakan kotoran ternak

Perlu diingat bahwa pupuk sangkar berbeda menggunakan kotoran ternak. Yang namanya pupuk merupakan bahan yang telah mengandung unsur hara bermanfaat bagi tanaman .

Sedangkan kotoran fauna yang masih segar akan merugikan tumbuhan seandainya diberikan langsung. Sebab, akan terjadi persaingan hara antara flora dengan mikroorganisme pengurai.

Dua bentuk pupuk kandang

Ada 2 jenis pupuk sangkar menurut sisi bentuknya, yaitu pupuk kandang cair dan pupuk kandang padatan.

Pupuk kandang cair yang dikenal dengan pupuk organik cair (POC) yang terbuat dari urin ternak. Cara buatnya dapat dibaca di sini . Pupuk kandang padatan terbuat dari kotoran ternak berupa feces (limbah padat).

Pupuk kandang sudah terfermentasi

Pupuk sangkar merupakan kotoran ternak yg sudak mengalami pembusukan (fermentasi) baik secara alami juga adanya penambahan dekomposer eksklusif seperti, contohnya, EM4. Apabila prosesnya terjadi secara alami, maka kotoran ternak diurai sang mikroba sekaligus mengeluarkan gas-gas berbau, ya bau busuk.

Perombakan/pembusukan kotoran ternak sampai menjadi pupuk kandang membutuhkan waktu lama, yaitu 3 – 6 bulan bahkan bisa 1 tahun. Ini biasanya dilakukan secara tradisional, salah satu cara menghilangkan bau dan membuat pupuk kandang mengandung sejumlah unsur hara  yang dapat diserap tanaman.

Cara tradisional tersebut begini, kotoran hewan yang sudah bercampur feces, urin dan sisa pakan dikumpulkan dalam satu lubang tanah yang sudah dipersiapkan. Sampai tiba waktunya, pupuk kandang yang sudah matang siap untuk diaplikasi ke lahan danbaupun hilang.

Jangan salah mencari pupuk kandang

Jadi jangan hingga galat pada mencari pupuk kandang. Biasanya, ada kotoran ternak segar dengan kadar airnya masih tinggi dicampurkan dengan sekam agar tidak begitu lengket lagi.

Sebenarnya, cara tersebut di atas sudah mendekati proses pengomposan, tetapi belum matang karena belum terdekomposisi secara baik. Di samping itu, aroma nir sedap atau bau kotoran ternak masih sangat jelas tercium

Baca juga ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

Agar Pupuk Kandang Tidak Berbau

Oleh karena itu,agar pupuk kandang tidak bau atau tidak beraroma busuk, maka kotoran ternak padatan perlu proses pembusukan atau terdekomposisi secara sempurna dan mengandung sejumlah hara di dalamnya. Namun, proses pembuatan pupuk kandang memakan waktu yang lama.

Jika kotoran ternak dicampur dengan sisa-sisa tanaman seperti jerami, dedak, batang jagung, rumput-rumput dan ditambah mikroba fermentasi, prosesnya relatif cepat. Tapi, namanya sudah bukan pupuk kandang lagi, namanya berubah menjadi pupuk kompos. Ciri-ciri pupuk kompos dapat dibaca di sini

Ciri-ciri fisik pupuk sangkar yg matang

Agar yg digunakan dalam tanaman adalah pupuk kandang dan bukan kotoran ternak, bisa dilihat dari ciri-cirinya. Berikut ini ada sejumlah ciri-ciri, yaitu :

  • Sudahtidak berbau kotoran ternak atau mendekati bau tanah
  • Sudah tidak menyerupai bahan dasarnya lagi yang banyak serat
  • Kadar airnya rendah
  • Bentuknya sudah remah dan tidak lengket-lengket/menggumpal  jika dipegang
  • Ringan dan mudah diaplikasikan ke lahan
  • Suhunya dingin (temperatur ruang)
  • Warna gelap kehitaman

Itulah yg namanya pupuk sangkar. Jadi kalau pupuk yg Anda pakai masih berbau atau tidak misalnya sifat-sifat tersebut di atas, itu namanya kotoran ternak. Semoga terdapat manfaat & salam sukses, ya.

0 Response to "Cara Agar Pupuk Kandang Tidak Bau dan Mudah Diaplikasi ke Lahan | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel