Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air | Kebunku

Menanam Melati Air untuk Aquascape – Melati air merupakan tanaman berbunga sangat indah dan menawan. Hidupnya pun unik, ditanam di tanah, berbunga di air.

Maksudnya, menanam melati mampu tumbuh dalam tanah biasa tanpa air yang berlebih. Apalagi ditanam pada air tergenang, melati siap berbunga meskipun akar & batangnya terendam air (water 4ddict). Karena adaptif menggunakan air, maka melati air sangat pantas buat ditanam pada aquascape. Bagaimana menanamnya?

Sekilas mengenal melati air

SabarSob, mungkin ada teman-teman yang belum familiar dengan melati air. Oleh karena itu, mari sekilas mengenal tanaman bunga melati air sebelum menanamnya.

Melati air pula keliru satu tanaman hias, tepatnya flora hias aquascape. Tanaman yg suka tumbuh pada genangan air ini sangat indah baik daunya juga bunganya.

Kalau dilihat menurut daun, maka daun melati air berwarna hijau menggunakan bentuk lonjong & semakin semakin ke atas semakin melebar. Bahkan, di permukaan bawah daun terdapat bulu-bulu halus.

Melati air tidak lelah berbunga sepanjang isu terkini. Bunganya yg berwarna putih dengan tiga kelopak & ada kepala sari berwarna kuning yg melingkar pada tengahnya.

Namun, bunga melati tidak bertahan lama . Setelah mekar dalam pagi hari, estetika bunga melati air sudah lenyap dalam sore hari lantaran hilang ditelan waktu, yaitu menguncup.

Ketika bunga-bunga habis mekar dan menguncup, lama -kelamaan akan mulai tumbuh anakannya pada sepanjang sulur bunganya. Ini pula merupakan bagian keunikan yg dimilikinya.

Luar biasa! Bukan hanya latif & menyegarkan udara, akan tetapi melati air jua penuh menggunakan keunikan pada hidupnya.

MENANAM MELATI AIR

Nah, itulah melati air. Jadi bila tertarik ingin menanam melati air pada aquascape, maka terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu bibit, media tanam, pot, & perwatannya.

Bibit melati air

Untuk kebutuhan bibit melati air nir terlalu sulit karena bibitnya diperoleh secara vegetatif, yaitu anakannya. Apalagi telah terdapat indukan melati air pada rumah, bibitnya tidak perlu membelinya.

Bibit melati air diperoleh dengan cara memisahkan anakan dari rumpunnya atau memisahkan anakan yang tumbuh pada sulur bunga. Jadi, ke 2-duanya sanggup dilakukan. Tetapi, sebaiknya, diambil anakan menurut sulur bunga agar indukannya tetap tumbuh dan berkembang sehingga bunga yg tumbuh pun menjadi banyak.

Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air
Bakal bibit melati air pada sulur. Dokpri

Membuat media tanam melati air buat aquascape

Seperti menanam tanaman hias lainnya, melati air jua butuh media buat tumbuh & berkembang. Media tanam melati air terdiri berdasarkan tanah dan kompos menggunakan perbandingan dua:1. Media tanam dibentuk sebesar ? Volume wadah tanam (pot).

BACA JUGA : Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan

Menyiapkan pot buat menanam melati air

Ada aneka macam bahan buat wadah tanam atau pot buat menanam melati air dari yang mahal hingga yg murah, berdasarkan baru sampai bekas, dan berdasarkan beton hingga plastik. Semua itu bisa dipilih sesuai menggunakan kemampuan finansial dan tampilan estetikanya.

Pastikan pot nir bocor lantaran pot ini nantinya akan diisi dengan air buat menggenangi melati air. Jika pot mempunyai lubang drainase, lakukan penambalan/penyumbatan sehingga tidak ada air yg keluar menurut dasar atau sisi dinding pot.

Mengisi pot menggunakan media tanam melati air

Media tanam yg telah dibentuk tadi, dimasukkan ke dalam pot sampai ? Bagian pot. Kenapa ? Pot? Sebab, setengahnya lagi akan diisi menggunakan air.

Cara Menanam melati air

apabila pot dan media tanam telah siap, maka saatnya menanam melati air. Caranya, buat lubang tanam sempurna di tengah media menggunakan kedalaman lima-7 cm, kemudian tanam bibit melati ke pada media tanam dan tutup dengan tanah. Padatkan tanah di lebih kurang pangkal melati air supaya nir roboh waktu dituangkan air ke dalamnya.

Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air
Tanaman melati air pada pot. Gambar : Dokpri

Menghias media tumbuh melati air

Agar media tumbuh tampak indah dan nantinya akan tampak mendekati aquascape, hiasi dengan pasir, kerikil, batu-batu putih yg sedang, dan mampu pula menggunakan terumbu karang. Taruh dengan teratur & rapi bahan-bahan tadi pada atas media tanam dan mengelilingi melati air.

Mengisi air ke dalam pot melati air

Isikan air ke dalam pot hingga menggenangi tumbuhan melati air setengahnya. Air bisa ditambah lagi secara sedikit demi sedikit sesuai menggunakan pertumbuhan tinggi melati air. Air boleh diisi hingga mendekati penuh jika melati air sudah besar & melewati batas bibir pot.

Masukkan ikan hias mini -kecil ke dalam air

Yang namanya aquascape tentu saja berbentuk ekosistem pada dalamnya, Di sana terdapat flora, kerikil atau batu-batuan, terdapat ikan dan lainnya. Oleh karenanya, bila perlu lepaskan ikan-ikan hias kecil ke pada media tumbuh melati air seperti ikan molly, cupang, platy, dan lain sebagainya.

Selain buat memperindah tampilan media melati air, ikan-ikan kecil ini juga akan berperan buat menyuburkan tumbuhan melati air & menyehatkan lingkungan. Sebab, ikan-ikan akan sebagai predator jentik-jentik nyamuk yg berkembangbiak pada air yg menggenangi melati air.

Merawat melati air

Sebetulnya, melati air bukanlah tumbuhan yang manja. Tanpa dirawat pun, beliau akan tumbuh baik-baik saja. Asalkan media tumbuh tetap terdapat air dan organisme yang hidup pada dalamnya.

Namun, apabila mau merawatnya, melati air akan lebih bagus lagi pertumbuhannya & menaruh estetika yg menakjubkan. Rawatlah melati air dengan menempatkan media tumbuh dalam loka yg terkena sinar mentari .

Selain itu, kontrol air agar jangan sampai kering. Sebab, jikalau kering, ikan-ikan & sahabat melati air lainnya akan hilang & mati walaupun melati air tetap hayati tanpa air tergenang.

Berikanpupuk NPK bunga atau pupuk daun seperti pupukgandasil D (untuk pertumbuhan daun) danGandasil B (untuk pembungaan) dengan cara menyemprot ke daun terutama bagian bawah permukaan daun. Atau bisa juga disemprot dengan pupuk organik cair 1-2 minggu sekali.

Baca jua ini :

  • Terungkap! Rupanya Ini Pupuk Tanaman Hias agar Rajin Berbunga
  • Cara Membuat MOL Bonggol Pisang Untuk Pupuk Organik Cair
  • Mengapa Sabut Kelapa Cocok Untuk Media Tanam Aglaonema?

Agar tangkai bunga melati air yg tumbuh tinggi nir mudah patah atau menjulur kemana-mana, sebaiknya dipasang ajir/penopang. Ajirnya bisa bambu atau kawat yg ditancapkan dekat pangkal flora.

Demikian secuil tentang menanam melati air untuk aquascape. Tanaman hias unik ini bisa tumbuh tanpa air dan juga berbunga dalam genangan air. Dengan perawatan yang teratur, melati air akan berbunga sepanjang animo & siap menaruh keindahan eksotis nan memikat hati. Sekian dan Salam sukses buat Sobat.

0 Response to "Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel