Ini Pupuk Untuk Anggrek yang Tepat Agar Subur dan Rajin Berbunga | Kebunku

Pupuk untuk Anggrek – Anggrek termasuk tanaman hias yang berbunga. Agar tumbuh subur dan berbunga, anggrek tidak terlepas dari kecukupan nutrisi. Tetapi, jika pupuk tidak tepat, anggrek tidak memberi respon apa-apa termasuk malas berbunga.

Unsur hara makro dan mikro untuk anggrek

Apapun jenis anggrek, seperti anggrek vanda, bulan, catleya, cymbidium, dendrobium, oncidium, anggrek tanah, anggrek hitam, dan anggrek lainnya, memerlukan unsur hara yang lengkap baik makro dan mikro.

Unsur hara makro untuk anggrek, yaitu C, H, O, N, P, K, Ca, Mg, dan S. Sementara unsur hara mikro buat menunjang pertumbuhan anggrek misalnya Fe, Mn, Mo, Cu, Zn, B, & jua Cl.

Ini Pupuk Untuk Anggrek yang Tepat Agar Subur dan Rajin Berbunga

Jangan andalkan unsur hara dari media tanam anggrek

Zat-zat makanan esensial tadi tidak bisa diandalkan dari media tanam anggrek. Bahan-bahan media tanam sungguh minim unsur hara. Itu pun baru terdapat secuil jika ?Racikan? Komposisi media tanam sempurna.

Itu adalah apa? Harus ada usaha untuk mencukupi nutrisi kalau ingin anggrek tumbuh fertile, sehat, dan tentu saja kala dewasa rajin berbunga.

Nah, menggunakan syarat misalnya itu, maka memupuk anggrek nir boleh sembarangan atau sesuka hati. Apalagi kalau memberi pupuk NPK biasa, hasilnya hanya lelah dan anggrek sungguh tidak toleran dengan pupuk seperti itu.

Pupuk apa buat anggrek?

Kalau demikian, apa rabuk (pupuk) buat anggrek? Sebelum menjawab pupuk yang sesuai buat anggrek, kita lihat dulu tahap pertumbuhan anggrek dan kebutuhan unsur hara pada setiap fasenya.

Ini Pupuk Untuk Anggrek yang Tepat Agar Subur dan Rajin Berbunga
Ilustrasi Pertanyaan Pupuk Anggrek

Fase pertumbuhan anggrek Vs kebutuhan unsur hara

Anggrek mempunyai tiga fase pertumbuhan & perkembangannya, yaitu fase bibit, masa remaja, dan usia pembungaan (generatif).

Ketika anggrek masih berada dalam tahap bibit, maka harapan petani adalah lekas tumbuh dan besar. Jika itu harapannya, maka anggrek mesti mendapat asupan nutrisi nitrogen (N) yang lebih banyak pada fase bibit,

Kita memahami bahwa keliru satu kiprah N dalam tanaman anggrek merupakan buat memacu pertumbuhan vegetatif seperti pertumbuhan btg & daun.

Kemudian, anggrek tumbuh fertile hingga sebagai remaja. Nah, pada fase remaja, anggrek membutuhkan unsur hara yang seimbang. Kadar N, P, dan K pada pupuk mesti sama, tetapi tidak terlalu tinggi.

Setelah melewati masa remaja, anggrek tumbuh besar dengan daun-daun yang banyak & sebagai dewasa. Ini berarti anggrek telah siap berproduksi atau telah memasuki masa pembungaan. Pada fase ini, anggrek butuh unsur hara P lebih tinggi untuk me*r4ngs_4ng munculnya bunga.

Pupuk majemuk NPK untuk anggrek

Sebetulnya, buat memenuhi kebutuhan nutrisi anggrek, boleh saja diaplikasikan pupuk organik cair (POC). Apalagi dibentuk menurut bahan-bahan yg mengandung N, P, & K, pupuk ini sangat bagus.

Baca juga ini :

  • Mengolah Nanas Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)
  • Cara Membuat MOL Rebung Bambu
  • Ada 8 Media Tanam Anggrek yang Cocok, Praktis dan Ekonomis
  • Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air

Tetapi, apabila kadar hara dalam POC tidak jelas, nir poly membantu buat perkembangan anggrek. Yang ada mungkin daun-daunnya yang hijau.

Oleh karena itu, artikel ini hanya menyajikan pupuk majemuk, baik cair maupun berbentuk bubuk, yg tepat buat anggrek.

Sebab, pupuk anorganik sudah kentara komposisi & persentase haranya yang dapat diaplikasi dalam setiap tahapan pertumbuhan anggrek. Selain itu, pupuk beragam anggrek mengandung unsur hara makro dan mikro di dalamnya. Bahkan, ada vitaminnya.

Pupuk buat bibit anggrek

Ini Pupuk Untuk Anggrek yang Tepat Agar Subur dan Rajin Berbunga
Ilustrasi Pertanyaan Pupuk Bibit Anggrek

Tahap bibit atau masih kecil, anggrek dipupuk degan pupuk majemuk yang mengandung N lebih tinggi. Sumber N tersebut dapat dipenuhi dengan cara memberikan pupuk NPK anggrek yang lengkap unsur hara makro dan mikro. Misalnya, NPK 17:11:10, NPK Growmore 32:10:10, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa jenis pupuk yg seringkali diaplikasikan buat anggrek pada fase bibit/vegetatif.

  • Pupuk Anggrek Dekastar 17-11-10
  • Pupuk Anggrek Grow More 32-10-10
  • Pupuk Anggrek Orchid Focus Bloom

Pupuk ketika anggrek remaja

Ini Pupuk Untuk Anggrek yang Tepat Agar Subur dan Rajin Berbunga
Ilustrasi Pertanyaan Pupuk Anggrek Ketika Remaja

Tahap remaja, pupuk untuk anggrek adalah pupuk NPK yang mengandung unsur hara makro dan mikro seperti NPK 10:10:10, NPK 18:18:18, dan lain-lain.

Berikut ini terdapat beberapa jenis pupuk yang bisa dipilih buat memupuk anggrek remaja pada fase remaja.

  • Pupuk J4cks Pro. Kandungan NPK 20.20.20
  • Pupuk Anggrek Dekastar 13-13-13
  • Pupuk Hyponex 20-20-20 Hijau

Pupuk menjelang anggrek berbunga

Ini Pupuk Untuk Anggrek yang Tepat Agar Subur dan Rajin Berbunga
Ilustrasi Pertanyaan Pupuk Anggrek Ketika Dewasa

Tahap dewasa merupakan waktu yang didamba-damba oleh penyuka anggrek. Sebab, fase ini anggrek akan segera berbunga. Karenanya, aplikasikan pupuk anggrek yang tinggi fosfor (P) seperti NPK 10:30:20, NPK 10:45:15, dan lain-lain.

Jenis pupuk anggrek yang tepat pada fase menjelang pembungaan banyak sekali. Untuk produk pupuk ini, Sobat bisa lihat padalist berikut ini.

  • Hyponex 10:40:15
  • Pupuk Growmore NPK 10:55:10
  • Pupuk Anggrek Gaviota Fertilizer
  • FLORA45 Growmore 10:55:10
  • Gaviota Fertilizer 13,5:27:27
  • Gandasil B

BACA JUGA : Inilah Manfaat Pupuk Daun Growmore & Cara Aplikasinya yang Tepat

Itulah beberapa pupuk buat anggrek yang sempurna. Bahkan, terdapat sejumlah merek dagang pupuk anggrek lainnya yg cocok. Untuk itu, Insya Allah akan kita ulas pada kesempatan lain.

Cara aplikasi pupuk buat anggrek

Cara aplikasi pupuk buat anggrek (merabuk anggrek) sebaiknya dilakukan dengan cara penyemprotan pada daunnya terutama bagian bawah permukaan daun. Sebab, pupuk dapat diserap dengan baik oleh anggrek melalui daun. Namun, kalau mau dikocor ke media tanam, yaok ok saja.

Dosis pupuk buat anggrek diubahsuaikan menggunakan pertumbuhan anggrek. Jangan berlebihan atau kurang karena terganggu pertumbuhan anggrek. Agar lebih tepat, bacalah petunjuk yg terdapat pada bungkus pupuk.

Pemupukan anggrek dilakukan pada pagi atau sore hari. Aplikasi pupuk 1-dua minggu sekali supaya pertumbuhan dan perkembangannya lebih subur dan rajin berbunga.

Jelas telah pupuk yg sempurna buat anggrek. Anggrek butuh pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro agar dapat memacu pertumbuhannya dan mendorong anggrek berbunga pada waktunya yg tepat. [Updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 05/02/2020]

Jika Anda menggunakan pupuk Gandasil B (NPK 6:30:20) buat anggrek, Anda dapat melihat video ini buat mengetahui cara pelaksanaan Gandasil B.

0 Response to "Ini Pupuk Untuk Anggrek yang Tepat Agar Subur dan Rajin Berbunga | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel