Aplikasi Pupuk Untuk Rambutan yang Tepat, Buah pun Jadi Lebat | Kebunku

Pupuk untuk Rambutan – Dalam budidaya rambutan sebetulnya banyak hal yang mesti diperhatikan. Namun, dari sekian banyak hal, saya kira pupuk menjadi hal penting dan sangat menentukan lebat tidaknya rambutan berbuah.

Karena itu, artikel ini menyajikan informasi seputar pupuk dan pemupukan mulai dari jenis pupuk, waktu pemupukan, dan cara pemupukan yang tepat.Yuk, kita cari tahu pupuk apa sebenarnya untuk rambutan agar berbuah lebat dan kualitas buah yang tinggi.

Aplikasi Pupuk Untuk Rambutan yang Tepat, Buah pun Jadi Lebat

Sekilas rambutan sebelum memupuk

Sebelum memupuk, kita kenal sekilas dengan rambutan. Rambutan (Nephelium Lappaceum. L) merupakan tanaman buah yang tumbuh di daerah tropis. Kalau dilihat asalnya, rambutan memang berasal dari Indonesia dan negeri jiran, yaitu Malaysia.

Buah berambut pada kulitnya ini sebetulnya poly sekali varietas/jenisnya. Setiap varietas mempunyai kualitas yg bhineka. Apa saja varietas rambutan?

Varietas Rambutan Binjai

Varietas rambutan ini sangat dikenal menggunakan sebutan rambutan binjai. Rambutan yang dari menurut Provinsi Sumatera Utara ini sangat poly dicari orang lantaran memang kualitasnya rupawan.

BACA JUGA : 11 Jenis Tanaman Buah & Jarak Tanamnya, Salah Satunya yg Anda Cari?

Rasanya yang manis, warna rambut merah dengan ujung hijau, dan daging buah yang tidak lekat menggunakan kulit biji adalah daya tarik dari rambutan Binjai.

Varietas Rambutan Lebak Bulus

Rambutan lebak bulus juga cukup popular di kalangan petani. Rambutan ini mempunyai ciri khasnya, yaitu rasa daging buahnya manis, tetapi berair. Produksi buahnya lumayan tinggi mencapai 50 ? 100 kg/pohon.

Selain varietas tadi di atas, masih poly varietas rambutan yg tumbuh & tersebar pada pelosok-pelosok negeri menggunakan kualitas beraneka ragam. Beberapa varietas rambutan lainnya seperti sibongkok, garuda, sirapeah (rapiah), dan lain sebagainya.

Nah, kalau memang Sobat menanam galat satu varietas tersebut, ingat dipupuk agar cepat berbunga, buahnya poly, dan tentu saja sanggup cepat membuat uang jika tujuan penanamannya buat komersial.

Aplikasi Pupuk Untuk Rambutan yang Tepat, Buah pun Jadi Lebat

PUPUK UNTUK RAMBUTAN

Tapi, pupuk apa buat pohon rambutan? Jawabannya tentu saja pupuk yg mengandung unsur hara makro & mikro yang lengkap.

Nutrisi tersebut sanggup dari menurut pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos, dan bisa pula berdasarkan pupuk anorganik seperti pupuk beragam NPK atau pupuk tunggal seperti urea, SP-36, dan KCl

BACA JUGA : Cara Membuat Mol Bonggol Pisang buat Pupuk Organik Cair

Secara garis besar ada 2 tahapan pemupukan rambutan supaya tumbuh subur, sehat dan berbuah tepat pada waktunya.Pertama, pupuk untuk rambutan sebelum tanam yang dikenal dengan pupuk dasar.Kedua, pupuk susulan yang diberikan dalam beberapa kali susulan.

Pupuk dasar

Pupuk dasar rambutan sangat penting agar dapat memacu pertumbuhannya. Apalagi ditanam pada tanah yg kurang fertile atau miskin hara, maka pupuk dasar sebagai harus jika menanam rambutan.

Sebab, jika dalam termin awal nir mencukupi nutrisi, maka tumbuhan rambutan cukup usang tumbuh dan berkembang.

Pupuk dasar diberikan pada waktu pembuatan lubang tanam dan pada waktu penanaman bibit rambutan. Pupuk buat rambutan terdiri berdasarkan pupuk sangkar/kompos & pupuk anorganik, yaitu urea, SP-36 & KCL.

Cara pelaksanaan pupuk dasar sebelum tanam misalnya berikut adalah :

  • Siapkan pupuk kandang 10-15 Kg per lubang tanam
  • Campurkan pupuk kandang dengan tanah galian lubang tanam
  • Masukkan campuran pupuk tersebut ke dalam lubang tanam
  • Biarkan campuran pupuk  dan tanah berada dalam lubang tanam selama 2 minggu sebelum tanam

Setelah pupuk dasar diberikan sebelum penanaman bibit rambutan, masih ada lagi pupuk yang perlu diaplikasikan, yaitu urea, SP-36, dan KCL. Namun, pupuk ini diberikanpada saat tanam

Cara pelaksanaan pupuk pada ketika menanam bibit rambutan misalnya ini dia.

  • Siapkan bibit rambutan
  • Siapkan 20 gram urea, 30 gram SP-36, dan 50 gram KCL
  • Gali lubang tanam dengan ukuran 2 kali diameter polybag bibit rambutan dan kedalaman setinggi polybag bibit
  • Tanam bibit rambutan
  • Tutup lubang tanam bibit rambutan sebagian/setengahnya saja terlebih dulu
  • Taburkan pupuk urea, SP-36, dan KCL di sekelilingnya
  • Tutup pupuk dan lubang tanam tersebut dengan tanah sampai menggunung
  • Sebaiknya disiram kalau aplikasi pupuk pada musim kemarau.

Itu tadi cara pemberian pupuk dasar rambutan. Nah, bagaimana dengan pupuk susulan rambutan? Agar pertumbuhan rambutan nir terganggu atau dengan istilah lain nutrisinya mencukupi secara terus menerus, maka pupuk susulan nir boleh diabaikan.

Pupuk susulan buat rambutan

Meskipun pohon rambutan sudah berbuah, pupuk susulan permanen diberikan. Ini bertujuan untuk menjaga produktivitas butir rambutan tinggi & terus meningkat menurut tahun ke tahun.

BACA JUGA : 4 Tahap Memupuk Mentimun Dalam Polybag Supaya Buahnya Lebat

Tetapi, dalam pelaksanaan pupuk, dosis pupuk mesti diperhatikan lantaran nir sama setiap fase pertumbuhannya.

Pupuk susulan rambutan tepatnya diberikan setiap 3 bulan sekali. Tetapi, buat efisiensi porto, tenaga, & saat, pupuk susulan sanggup diaplikasikan setiap 6 bulan sekali.

Susulan I ; Pupuk diaplikasi setelah 6 bulan penanaman, dosisnya tetap sama dengan pupuk pada saat tanam, yaitu 10-15 Kg pupuk kandang,  20 gram urea, 30 gram SP-36, dan 50 gram KCL

Susulan II ; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 1 tahun

Susulan III ; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 1,5 tahun

Susulan IV ; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 2 tahun

Susulan V; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 2,5 tahun

Susulan VI ; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 3 tahun

Kalau bibit rambutan asal menurut hasil perbanyakan vegetatif misalnya sambung pucuk atau cangkok, maka dalam ketika 3 tahun sudah mulai berbuah. Nah, sesudah 3 tahun, pemupukan permanen dilanjutkan seperti biasa.

Cara pelaksanaan pupuk susulan rambutan

Cara aplikasi pupuk susulan menggunakan cara membenamkan disekeliling tumbuhan rambutan. Jarak galian lubang buat pupuk sejauh tajuk rambutan. Benamkan pupuk dan tutup lagi menggunakan tanah. Kalau tidak ada hujan, siram agar pupuk cepat larut dan cepat diserap flora.

Dosis pupuk diadaptasi dengan pertumbuhan flora rambutan. Ini berarti pupuk setiap usia flora bhineka. Makin akbar flora, maka kebutuhan pupuk lebih tinggi.

Sekadar catatan, setiap pemupukan rambutan, ingat diberikan pupuk organik baik pupuk sangkar maupun kompos.

Sebab, pupuk organik sangat indah buat mendorong pertumbuhan & produktivitas flora rambutan, Selain itu, pupuk organik menciptakan struktur tanah lebih baik & memperkaya kehidupan mikroorganisme tanah.

Suplemen buat flora rambutan

Selain jenis pupuk tersebut, buat melengkapi nutrisi, tanaman rambutan bisa jua diselingi dengan suplemen pupuk organik cair. Aplikasinya boleh menggunakan pengocoran dan bisa juga dengan penyemprotan. Minimal, pupuk organik cair diberikan setiap 3 bulan sekali.

BACA JUGA : Tips Merawat Cabai Rawit & Peremajaannya Agar Panennya Berulang Kali

Setelah kita cari tau sana-sini, ternyata itu pupuk rambutan. Dengan pemupukan yang teratur & tepat ketika, pertumbuhan rambutan nir perlu diragukan lagi. Rambutan akan tumbuh subur dan Insya Allah produktivitas pun akan sebagai tinggi alias berbuah lebat.

0 Response to "Aplikasi Pupuk Untuk Rambutan yang Tepat, Buah pun Jadi Lebat | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel