Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag Supaya Untungnya Selangit | Kebunku

Cara Menanam Lengkuas di Polybag – Menanam lengkuas sebenarnya gampang sekali. Dari pengalaman penulis, hanya dengan menaruh rimpang di tempat yang sedikit lembab, lengkuas merah pun tumbuh dan sudah bisa panen untuk kebutuhan bumbu dapur.

Apalagi,  kalau lengkuas ditanam di polybag, tentu juga akan tumbuh. Tapi, kalau mau tumbuh subur dan menghasilkan rimpang yang berkualitas, kita harus mengerti betul cara menanam lengkuas di polybag. Kalau tidak paham, maka lengkuas yang ditanam hanya akan menghasilkan batang dan daunnya saja 😅

Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag Supaya Untungnya Selangit
Rimpang dan Rumpun Lengkuas Merah. Gambar : Dokpri

Saya kebetulan sekali menanam lengkuas merah di perkarangan rumah. Sebenarnya, kalau Sobat hendak menanam lengkuas di polybag,  pilihannya bisa lengkuas merah dan bisa juga memilih lengkuas putih. Ini karena hampir tidak ada perbedaan spesifik dalam budidaya kedua jenis lengkuas tersebut.

Sekilas dekat dengan lengkuas

Sebelum beranjak lebih jauh menuju cara menanam lengkuas, alangkah eloknya jika kita sekilas mengenal lengkuas lebih dekat. Bukan hanya sisi budidaya, namun juga sisi prospektifnya usaha budidaya lengkuas.

Tanaman lengkuas, sering juga disebut laos, tumbuh tinggi sampai 2 meter lebih. Apakah produksi rimpangnya juga tinggi? Terrgantung benar tidaknya dalam menanam dan merawat lengkuas, baik yang ditanam di hamparan luas ataupun polybag. Maka untuk hal itu, kita bahas khusus di bawah postingan ini.

Baik, bagian yang paling banyak digunakan dari tanaman lengkuas adalah rimpangnya. Rimpang lengkuas rasanya pedas atau tajam dan beraroma khas, ya harumgituh.

Bukan hanya sekadar kebutuhan bumbu masakan yang dibutuhkan oleh ibu-ibu rumah tangga, namun rimpang lengkuas ternyata banyak diincar oleh industri farmasi/obat-obatan karena kandungan kimiawinya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag Supaya Untungnya Selangit
Tampak Daun Lengkuas dan Batangnya Tinggi.

Gambar : Dokpri

Sisi lebih budidaya lengkuas

Budidaya tanaman lengkuas memang sangat prospektif dengan harga jual rimpangnya relatif tinggi. Bahkan, jika cerdas menanam lengkuas, untungnya bisa besar alias selangit dengat modal minim. Apalagi lengkuas yang ditanam dengan cara organis, mendapat tempat dan respon pasar yang baik.

Untungnya lagi, walaupun masa panen lengkuas 8-10 bulan setelah tanam, panen lengkuas bisa ditunda. Maksudnya, masa panen rimpang lengkuas pun bisa diatur mengikuti irama harga pasar. Ini merupak sisi lebih dalam budidaya lengkuas.

Jika sedang harga rendah, lengkuas tidak dipanen dulu. Dengan begini, rimpang lengkuas akan terus tumbuh banyak, namun dengan tetap melakukan pembumbunan rumpunnya. Nah, dengan penundaan beberapa waktu panen, maka untungnya luar biasa, yaitu harga tinggi dan produksi rimpang akan lebih banyak.

Kondisi tumbuh lengkuas

Bagaimana kondisi tumbuh tanaman lengkuas yang baik agar ketika menanam lengkuas dapat tumbuh dengan subur dan produksi rimpangnya tinggi? Ini pertanyaan cerdas.

Sebab, untuk mengharapkan hasil panen lengkuas yang tinggi, kita tentu saja perlu memperlakukan lengkuas sesuai dengan syarat-syarat yang ia butuhkan. Inilah sebenarnya yang namanya cara menanam lengkuas yang benar, yaitu mengikuti kondisi tumbuhnya.

Rupanya tanaman lengkuas cukup mudah hidup. Hampir di semua tempat, baik dataran rendah maupun dataran rendah, lengkuas bisa tumbuh dengan baik.

Jadi, Sobat yang tinggal dekat dengan kawasan pantai atau di sekitar pengunungan, tidak perlu khawatir untuk menanam lengkuas karena memang bisa tumbuh. Penulis sendiri tinggal di area dekat pantai menanam lengkuas dan hasilnya lumayan tinggi 😅

Tetapi, menanam lengkuas untuk menghasilkan produktivitas rimpangya tinggi, ketinggian tempat belumlah cukup. Ada kondisi tumbuh lain yang perlu dipenuhi ketika hendak menanam lengkuas, yaitu sinar matahari yang penuh. Dan lebih baik jika ada sedikit naungan ringan seperti pepohonan atau sejenis paranet.

Selain itu, ketika Sobat menanam lengkuas, usahakan kondisi tanah gembur dengan jenisnya lempung berpasir agar banyak tumbuh tunas dan rimpangnya. Untuk ini bisa diakali dengan penggunaan campuran media tanam berupa pupuk organik, tanah, dan pasir.

Tanah yang kaya bahan organik dan unsur hara merupakan kondisi bagus untuk tumbuh berkembangnya lengkuas. Dan yang paling penting adalah ketersediaan air yang cukup.

Menyiapkan bibit/Pembibitan lengkuas

Ketika sudah bulat keputusan untuk menanam lengkuas di polybag atau di hamparan yang luas seperti kebun, maka tahapan awal yang sangat penting adalah bibit. Bibit lengkuas yang baik tentulah bibit yang berasal dari rimpang lengkuas yang sehat dan sudah cukup umurnya sekitar 12 bulan.

Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag Supaya Untungnya Selangit
Anakan Lengkuas yang Dipisahkan dari Rumpun. Dokpri

Menanam lengkuas sebenarnya bisa langsung dipindah anakannya atau tunas yang tumbuh di indukannya. Namun, untuk memperoleh hasil sesuai harapan, yaitu rimpangnya besar, sehat, dan banyak, maka menanam lengkuas dengan cara menyemai rimpangnya dulu adalah pilihan yang tepat.

Langkah menyemai lengkuas

Bagaimana menyemai rimpang lengkuas agar cepat tumbuh ketika ditanam di polybag? Cara menyemainya tidak berbeda jauh dengan menyemai jahe , kencur , ataupun kunyit . Cara menyemai lengkuas seperti langkah berikut ini :

1.  Bersihkan rimpang dari kotoran dan cuci sampai bersih. Rimpang tidak perlu pakai fungisida karena memang lengkuas itu sendiri bahan untuk anti jamur, yakan? Kalau pun mau agak steril, celupkan saja dalam larutan air garam 1-2 menit saja.

2.  Potong-potong atau patahkan rimpang lengkuas. Pastikan ada 2-3 mata tunas tiap ruas

3.  Rendam rimpang lengkuas dalam larutan hormon/zat pengatur tumbuh (ZPT) sekitar 1-2 jam agar pertumbuhannya cepat

4.  Tiriskan dan angin-anginkan sebentar agar rimpangnya kering

5.  Siapkan kotak kayu dengan ukuran luas sesuai dengan jumlah rimpang lengkuas yang akan disemai. Tinggi kotak dinding kotak 20 cm

6.  Masukkan media semai berupa campuran tanah dan pupuk kandang (1:1). Di atas lapisan tersebut alasi dengan jerami.

7.  Letakkan rimpang lengkuas secara rapi dan sedikit berdekatan

8.  Tutup di atasnya dengan jerami. Tutup lagi dengan tanah gembur (top soil) pada lapisan paling atas secara tipis saja.

9.  Siram sampai medianya basah/lembab (jangan sampai becek). Tunggu sampai 3-4 minggu, bibit lengkuas sudah mengeluarkan tunas dan siap dipindahkan ke polybag.

Menyiapkan polybag

Agar lengkuas yang ditanam dalam polybag dapat leluasa dan banyak tumbuh rimpangnya, maka ukuran dan kualitas polybag harus menjadi perhatian. Siapkanlah polybag dengan ukuran 50-60 cm dan tahan terhadap panas sinar matahari.

Sobat boleh juga menggunakan sak/karung bekas untuk wadah tanam lengkuas. Intinya, wadah penanaman harus yang memiliki ukuran yang luas dan tetap tahan lebih lama karena masa panen lengkuas bisa mencapai 1 tahun lebih.

Menyiapkan Media tanam

Sobat, seperti sudah disinggung di atas, kondisi tumbuh lengkuas yang baik adalah pada tanah yang lempung berpasir dan kaya bahan organik dan unsur haranya. Karena itu, media tanam yang harus dipersiapkan untuk menanam lengkuas di polybag adalah  tanah gembur, bokashi, dan pasir.

Perbandingan bahan tersebut adalah 2:4:1. Lebih jelas begini, campurkan 1 bagian tanah dengan 2 bagian bokashi, dan ½ bagian pasir. Sedangkan untuk membuat bokashi silahkan baca pada artikel Cara Membuat Biokashi dari Ampas Kopi dan Sekam Padi.

Selain yang tersebut di atas, banyak alternatif lain media tanam lengkuas dalam polybag. Salah satu di antaranya adalah campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi. Perbandingannya adalah 1 bagian tanah, 1 bagian pupuk kandang dan 1 bagian sekam. Campur bahan tersebut secara merata.

Bagaimana dan berapa banyak media tanam lengkuas yang harus diisi ke dalam polybag? Kalau mau bagus hasil rimpang lengkuas yang ditanam dalam polybag, maka media tanam diisi sesuai dengan pertumbuhan rimpang dan tunasnya. Rimpang lengkuas akan naik terus ke atas. Artinya, pengisian media tanam dilakukan secara bertahap.

Jika media tanam diisi penuh langsung pada saat menanam bibit lengkuas, maka produksi rimpang sedikit karena media untuk tumbuh ke samping terbatas. Makanya, sering kita lihat, lengkuas yang ditanam di kebun pada tanah langsung, pertumbuhan rimpang dan anakannya menghampar dan meluas ke samping.

Baca juga ini :

  • Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras Untuk Nutrisi Tanaman
  • Tips Merawat Cabai Rawit dan Peremajaan Cabai Rait Tua
  • Mudahnya Menanam Ubi Jalar dalam Pot dan Hasil Pun Tak Usah Ragu

Okay, sebelum mengisi media tanam, maka polybag atau karung harus ditekuk ke bawah sehingga tingginya hanya tinggal sekitar 25 cm. Kemudian isi media tanam setinggi 20 cm. Dan biarkan media tanam lengkuas tersebut sekitar 1 minggu agar lebih kompak.

Menanam lengkuas di polybag

Bibit lengkuas yang sudah disemai dan tumbuh tunasnya sudah siap dipindahkan ke media tanam yang sudah dipersiapkan. Tanam sebanyak 2-3 rimpang lengkuas per polybag. Cara menanamnya begini :

  • Buat lubang tanam beberapa titik secara simetris dan rapi di polybag
  • Masukkan bibit ke dalam lubang tanam dengan posisi mata tunas menghadap ke atas
  • Tutup dengan tanah gembur (sisa media tanam yang dibuat) di atasnya, tetapi jangan menutupi mata tunas.
  • Siram secukupnya saja
  • Taruh polybag yang sudah berisi bibit lengkuas pada lokasi yang mendapat sinar matahari penuh, namun tetap ada naungan ringan.

Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag Supaya Untungnya Selangit
Menanam Lengkuas Dalam Pot. Gambar : Dokpri

Merawat lengkuas

Bagaimana cara merawat lengkuas? Secara umum sama dengan perawatan tanaman lainnya, yaitu penyiangan gulma, penyiraman, pemupukan, dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT).

Nah, dalam merawat lengkuas yang ditanam dalam polybag juga demikian. Namun, untuk penyiraman jangan terlalu sering apalagi sampai becek karena bisa membuat rimpangnya membusuk. Oleh sebab itu, yang penting adalah menjaga media tumbuh lengkuas tetap lembab.

Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag Supaya Untungnya Selangit
Lengkuas Merah Tumbuh Subur dalam Pot.

Gambar : Dokpri

Apa dan bagaimana memupuk lengkuas di polybag? Untuk pupuk, berikan saja pupuk organik berupa pupuk kandang, kompos atau bokashi. Gunakan mana yang terjangkau dan mudah didapatkan.

Cara memupuk lengkuas di polybag tidak sulit sebab pemupukan dilakukan secara berwaktu seperti 2 bulan sekali atau sesuai dengan pertumbuhan rimpang dan tunas barunya sampai akhirnya media polybag penuh.

Jika sudah nampak tunas atau rimpangnya sudah menyembul keluar, tambahkan pupuk organik setinggi 5 cm. Ini sebenarnya hampir sama dengan kegiatan pembumbunan lengkuas yang ditanam di lahan luas.

Di samping memberikan pupuk organik padat tersebut (bokashi), lengkuas perlu juga dipupuk dengan pupuk organik cair (POC) melalui penyemprotan dan pengocoran. Ini bertujuan agar penyerapan hara lebih optimal sehingga memacu pertumbuhan dan perkembangan tanaman lengkuas yang ditanam di polybag.

Lakukan penyemprotan dengan POC sesuai dengan dosis anjuran atau yang tertera di kemasan pupuk seminggu sekali yang dimulai sejak lengkuas berumur 15 hari setelah tanam.

Sedangkan untuk pengocoran/penyiraman dengan POC ke media tumbuh di polybag dapat dilakukan sebulan dua kali. Lakukan pemupukan dengan teratur dan terjadwal agar pertumbuhan dan produksi rimpang lengkuas menjadi lebih tinggi.

Begitulah cara menanam lengkuas di polybag. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran kepada sobat tentang budidaya lengkuas dalam media terbatas, yaitu polybag. Salam sukses, ya.

0 Response to "Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag Supaya Untungnya Selangit | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel