Cara Hemat Memupuk Gambas, Tapi Produksi Optimal | Kebunku

Memupuk Tanaman Gambas --- Setelah mendapatkan benih gambas berkualitas dan proses penyemaian yang benar, selanjutnya adalah bagaimana cara pemupukan gambas (oyong) yang tepat agar tumbuh dengan subur dan berbuah lebat. Kalau pemupukan benar, maka biaya bisa hemat, masa panen lebih cepat dan produksi buah gambas pun bisa optimal.

Cara Hemat Memupuk Gambas, Tapi Produksi Optimal
Ilustrasi Jenis Pupuk buat Gambas

Produksi yg optimal sebenarnya dambaan bagi para petani gambas. Dengan hasil yg banyak, tentu akan mendapatkan kepuasan & laba yang tidak mengecewakan tinggi. Apalagi panen gambas bersamaan dengan harga di pasar yg lagi mahal, untungnya berlipat-lipat.

Baca jua ini :

  • Panduan Menyemai Benih Gambas

Sayangnya, nir semua orang sukses pada budidaya gambas. Ada poly faktor penyebabnya. Salah satunya adalah kurangnya pengetahuan dari sisi pemupukan.

Pentingnya pupuk buat tanaman gambas

Dalam budidaya tanaman gambas, apakah menanam di polybag atau di huma kebun atau sawah, pemupukan menjadi salah satu tahapan krusial yg nir boleh terlewati begitu saja.

Sebab, apabila asupan nutrisi tidak sempurna, hiperbola atau nir mencukupi, tentu saja produksi buah gambas jauh menurut harapan.

Pupuk irit, produksi gambas tinggi

Kalau bicara pupuk tidak terlepas dari biaya yang dikeluarkan, benar‘kan? Tapi, jangan khawatir, untuk mendapatkan produksi gambas yang tinggi tidak mesti mengeluarkan biaya yang tinggi. Sebab, dengan dengan pemupukan yang tepat, tercukupinya unsur hara makro dan mikro, akan menghemat biaya pemupukan dan gambas pun produktif.

Ini adalah, kita nir perlu menghambur-hamburkan pupuk dalam menanam gambas. Kita sanggup memanfaatkan pupuk organik misalnya pupuk sangkar.

Dengan pupuk organik, di samping memperbaiki struktur tanah, kita sudah menghemat sebahagiancost untuk mencukupi nutrisi tanaman gambas. Bukankah pupuk kandang ada unsur hara baik makro maupun mikro? Sebagiannya lagi, nutrisi tanaman gambas  akan didukung dengan pupuk anorganik.

Okay, ada banyak pertanyaan sebenarnya tentang budidaya gambas. Namun, dalam artikel ini akan kita kuak sisi pemupukan saja. Misalnya, apa jenis pupuk gambas, kapan pupuk diberikan, berapa dosisnya dan bagaimana cara pemupukan gambas yang hemat, tapi masa panen cepat dan produksi tinggi.

Pupuk apa untuk tumbuhan gambas?

Walau sudah disinggung pada atas, tetapi indikasi tanya masih tetap terdapat, yaitu pupuk apa sebenarnya yg sempurna agar tumbuhan gambas berbuah banyak, akbar, & panjang. Yang pasti adalah pupuk yg mengandung unsur hara makro & mikro. Pupuk yg diberikan mesti terdapat setidaknya nitrogen (N), fosfor (P), & kalium (K).

Karena itu, ada 3 jenis pupuk gambas yang sangat gampang diaplikasi, yaitupupuk kandang (unsur hara lengkap walau jumlah kecil),NPK 16:16:16 (pupuk majemuk), danurea.

Sebenarnya, buat pupuk anorganik pada pemupukan gambas boleh juga diberikan pupuk tunggal bila sulit mendapatkan NPK. Pupuk tunggal yg dimaksud adalah urea, SP-36, dan KCL. Namun, jikalau NPK tersedia, pelaksanaan pupuk ini lebih praktis.

Kapan pupuk gambas diberikan?

Kalau tiga jenis pupuk tersebut sudah ada, pertanyaannya merupakan kapan diaplikasikan? Jangan berikan pupuk pada satu ketika dalam jumlah banyak atau sangat kurang karena akan membuat pertumbuhan flora gambas terhambat atau terganggu.

Kalau pertumbuhan gambas terganggu atau nir fertile, buahnya sedikit dan mini -mini dan bahkan gampang terserang penyakit.

Jadi kapan memupuk gambas? Kalau hendak menanam gambas, maka pupuk telah wajib diaplikasikan sejak dalam waktu penyiapan huma misalnya membuat lubang tanam dan lalu diikuti menggunakan pemupukan susulan.

Pupuk dasar

Menjadi pertanyaan apa pupuk dasar dan berapa kebutuhan pupuk dasar gambas? Ada 2 jenis pupuk dasar buat flora gambas, yaitu pupuk kandang dan NPK. Berapa kebutuhannya? Berikut ini ulasannya.

Pupuk kandang – Ini pupuk gambas yang murah meriah, apalagi sumbernya dari kandang ternak sendiri, bisa lebih hemat dalam pemupukan gambas.

Pupuk yang pertama sekali diberikan dalam ketika penyiapan lahan atau menjadi pupuk dasar adalah pupuk sangkar, boleh kotoran sapi atau kerbau. Dosisnya adalah 1 Kg per lubang tanam. Kalau struktur tanah agak keras, boleh tambah sampai 2 Kg/lubang

Pupuk dasar ini diberikan dua minggu sebelum tanam. Cara pemupukan gambas sebagai pupuk dasar adalah menggunakan cara menempatkan pada lubang tanam. Agar pupuk kandang dapat berfungsi dengan baik, maka waktu ditempatkan pada lubang wajib diaduk menggunakan tanah yg ada pada lubang tanam tadi.

Tapi, perlu diingat, harap pastikan bahwa pupuk sangkar yg mau diaplikasi sahih-sahih sudah matang. Artinya, pupuk sangkar tersebut sudah tidak tampak lagi serat kotoran segar, nir berbau, & remah.

Pupuk NPK – Agar persediaan nutrisi tanaman gambas lebih cepat tersedia dalam tanah, khususnya N, P dan K, maka pemberian pupuk NPK 16:16:16 menjadi pilihan dalam pemupukan.

Tidah usah banyak-banyak kasih NPK bisa “kolestrol atauasam urat” tanaman gambas he..he...😅 Secukupnya saja dan akan lebih baik pemupukan sesuai rekomendasi berdasarkan hasil uji tanah.

Nah, kalau tidak berdasarkansoil test, anggap saja lahan yang akan ditanam gambas kesuburannya sedang. Maka pemupukan NPK yang pernah saya dan teman-teman lakukan sebagai berikut.

Berikan pupuk NPK ke pada lubang tanam sebesar 1 sdt (lima gr) per lubang tanam gambas. Caranya dengan mencampurkan NPK dengan media tumbuh pada lubang tanam dan biarkan selama 1 minggu sebelum tanam.

Pupuk sangkar nir diberikan bersamaan dengan pupuk NPK. Artinya, 7 hari sehabis hadiah pupuk sangkar baru dipupuk menggunakan NPK atau 7 hari sebelum tanam, pupuk NPK telah ada dalam lubang tanam.

Pupuk Susulan gambas

Agar ketersedian nutrisi tidak terhenti dan mencukupi selama pertumbuhan tanaman gambas, maka tugas kita adalah memupuknya lagi selesainya tanam secara periodik atau yang dikenal dengan pupuk susulan. Pupuk apa saja dan berapa kebutuhan pupuk susulan untuk flora gambas? Jawabannya ada di bawah ini lengkap dengan cara aplikasinya.

Pupuk susulan I – Pupuk susulan I diberikan pada umur tanaman gambas 10 hari setelah tanam (HST). Cara pemupukan gambas pada aplikasi pupuk susulan I seperti ini , Larutkan 75 gram NPK dan 25 gram urea ke dalam 15 liter air. Aduk hingga pupuk terlarut semuanya, lalu siramkan ke tanaman dengan dosis 250 ml/tanaman. Hati-hati jangan membasahi daun gambas dengan larutan pupuk.

Pupuk susulan II – Pupuk susulan II diberikan pada umur tanaman gambas 20 hari setelah tanam (HST). Cara pemupukan gambas dan dosisnya sama dengan pemupukan susulan I

Pupuk susulan III – Pupuk susulan III diberikan pada umur tanaman gambas 30 hari setelah tanam (HST). Pemupukan diberikan dengan cara melingkar sekeliling tanaman atau ditugal. Berikan pupuk NPK sebanyak 5 gram per lubang tanam.

Pupuk susulan IV – Pupuk susulan IV diberikan pada umur tanaman gambas 40 hari setelah tanam (HST). Cara dan dosisnya sama dengan pemupukan pada susulan III.

Pupuk susulan V – Pupuk susulan V diberikan pada umur tanaman gambas 50 hari setelah tanam (HST). Cara dan dosisnya sama dengan pemupukan pada susulan III.

TABEL PEMUPUKAN GAMBAS

Cara Hemat Memupuk Gambas, Tapi Produksi Optimal
Pemupukan Gambas. Dokpri

Kalau cerdas dalam membuat pupuk organik cair, Sobat bisa menambah suplemen organik untuk tanaman gambas dengan cara menyemprotnya 2 minggu sekali. Jangan beli, usahakan "made in" sendiri karena POC buatan sendiri akan menghemat  biaya pupuk tanaman gambas.

Baca jua ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)
  • 9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar HasilMelimpah
  • Menanam Serai Untuk Bumbu Dapur ; Caranya Cukup Simpel

Demikian ulasan cara pemupukan gambas dari pupuklahan.Blogspot.Com. Dengan hadiah pupuk organik & dikombinasi dengan pupuk anorganik pada dosis yang sempurna (lebih mengagumkan lagi bila ada uji tanah sebelum tanam), produksi gambas sanggup optimal dan porto buat pupuk sanggup ditekan seminimal mungkin.

0 Response to "Cara Hemat Memupuk Gambas, Tapi Produksi Optimal | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel