Cara Sukses Menanam Nanas Hingga Bisa Panen Dalam 12 Bulan | Kebunku

Cara Menanam Nanas --- Ada sebagian saudara kita yang masih bingung dengan seluk-beluk dunia menanam nanas seperti bagaimana pembibitanya, apa pupuk nanas agar produksinya tinggi, dan lainnya yang berkaitan dengan budidaya nanas. Karena itulah, artikelcara menanam nanasini hadir untuk memandu Sobat pupuklahan.blogspot.com yang tertarik dalam budidaya nanas.

Sebenarnya, nanas merupakan tumbuhan hortikultura yang sangat gampang ditanam dan umumnya cocok pada seluruh jenis tanah. Buktinya, dengan hanya mengambil mahkota berdasarkan butir nanas yang kita beli di pasar, kemudian kita tanam pada perkarangan tempat tinggal , nanas pun mulai tumbuh pada beberapa minggu sehabis ditanam.

Semudah itukah cara menanam nanas? Untuk tumbuh & menghasilkan buah nanas yg poly, nir relatif menggunakan meletakkan bibit nanas di media tanam.

Menanam nanas butuh huma yang sinkron, pembibitan yg sahih dan perawatan yang sungguh-sungguh agar mendapatkan produksi tinggi dan laba yg akbar.

Apalagi jika menanam nanas sebagai sebuah usaha & skala luas, maka perlu persiapan yg matang baik mental, pengetahuan budidaya, dan jua finansial/modal.

Syarat tumbuh nanas

Apakah nanas dapat ditanam dimana saja tanpa terikat menggunakan persayaratan tumbuh? Nanas ternyata tumbuh dengan baik pada loka dan lahan yang sinkron dengan syaratnya. Iklim & kesuburan huma sangat menghipnotis pertumbuhannya.

Kalau tidak memenuhi syaratnya, nanas bisa tumbuh akan tetapi kerdil, buahnya mini , mengalami klorosis, keracunan tumbuhan dengan unsur mikro, nir optimal produksinya, mungkin buahnya luka bakar ketika matang, & segudang duduk perkara lainnya.

Oleh karenanya, kondisi atau kondisi tumbuh yg nanas kehendaki agar tumbuhnya subur dan produktif adalah sebagai berikut, yaitu :

  • Nanas adaptif atau tumbuh subur di daerah tropis
  • Ketinggian tempat 100 – 800 m dpl
  • Suhu udara berkisar 210C – 320C
  • Curah hujan yang cukup
  • Kelembaban udara 70 – 80%
  • Sinar matahari yang cukup (70%)
  • Tanah yang gembur dan kaya bahan organik
  • Tanah yang cocok lempung berpasir
  • Drainase baik
  • Kandungan kapur rendah
  • Keasaman tanah (pH) berkisar 4,5 – 6,5

Tapi, jangan khawatir kalau lahan Sobat tidak 100% memenuhi syarat seperti di atas. Beberapa hal persyaratan‘kan dapat diperbaiki seperti kesuburan tanah, drainase, pH, dan lainnya. Intinya memang nanas akan tumbuh produktif kalau terpenuhinya syarat-syarat tumbuhnya.

Bibit tumbuhan nanas dari mana?

Bibit tumbuhan nanas diperoleh dengan dua cara, yaitu generatif & vegetatif. Namun, agar lebih gampang dalam pembibitan, artikel ini akan mengupas tentang pembibitan melalui vegetatif.

Perbanyakan atau buat menerima bibit nanas buat ditanam melalui vegetatif bisa diperoleh melalui tunas anakan, tunas batang, tunas dasar butir, tunas mahkota, mahkota, & juga stek batang.

Nah, kalau memang jumlah bibit nanas yang diperlukan tidak terlalu banyak, maka bibit dari tunas anakan dan tunas batang lebih cocok untuk pembibitan. Tapi, kalau mau ditanam hanya untuk hiasan saja, 1 atau 2 batang,  dalam pot di rumah, mahkota nanas boleh juga untuk bibitnya 😅

Oh iya..berdasarkan pengalaman petani yang menanam nanas, bibit yang berasal dari tunas anakan lebih cepat berbuah.Perkiraan masa panen dari bibit tunas anakanpaling cepat sekitar 12 bulan. Sedangkan bibit dari tunas batang dan mahkota, umur untuk panen bisa mencapai 18-24 bulan

Tapi perlu diingat, buat mendapatkan bibit yg berasal tunas anakan atau tunas btg, maka perhatikan induknya. Tanaman induk nanas wajib yg sehat & fertile pertumbuhannya. Selain itu, tumbuhan induknya wajib dalam syarat berbuah atau telah dipanen buahnya.

Cara merogoh tunas anakan atau tunas batang, bagaimana? Pertama sekali perhatikan tunas yg sehat menggunakan berukuran 30-35 cm. Kemudian, potong tunas anakan dengan indera potong yang tajam dalam pangkalnya.

Cara semai tunas nanas

Bagaimana cara semai tunas nanas? Persiapkan dulu media semai bibit nanas. Media semainya bisa polybag atau kotak kayu yang memuat banyak bibit nanas. Isikan media semai dengan campuran tanah dan kompos (2:1). Lalu semai bibit dari tunas tersebut ke dalam media semai.

Tempatkan bibit nanas yg sudah disemai pada loka yg teduh. Jaga kelembaban media semai jangan hingga kemarau. Setelah bibit nanas mulai tumbuh, ini berarti bibit nanas sudah sanggup dipindahkan ke huma tanam yang sudah dipersiapkan.

Penyiapan huma tanam nanas

Lahan yang akan digunakan buat menanam nanas wajib bersih menurut segala flora & benda yg mengganggu pertumbuhan tumbuhan. Batu-batuan, gulma, akar-akar kayu, pepohonan yang tumbang, & sebagainya harus disingkirkan.

Lalu, gemburkan tanah dan buat bedengan. Bedengan dibuat dengan lebar 1,2 meter dan jarak antar bedengan 60 cm. Setelah membuat bedengan, buat lubang tanam dengan jarak 50 cm x 60 cm (dalam barisan  x antar barisan).  Siapkan juga lubang tanam dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm (panjang x lebar x kedalaman).

Agar lahan penanaman nanas fertile, maka berikan pupuk dasar sebelum tanah. Caranya dengan menempatkan pupuk sangkar dalam lubang tanam dengan dosis 1-dua Kg per lubang tanam. Aduk merata pupuk dengan tanah dalam lubang tanam. Biarkan lahan yang sudah dipupuk selama 1 minggu sebelum tanam.

Menanam nanas

Kalau telah siap huma tanam & bibit di persemaian sudah tumbuh, ini berarti waktunya buat menanam buah nanas. Bibit yg sudah tumbuh pada media semai sudah bisa dipindahkan ke lahan tanam.

Buka polybag dengan pelan-pelan supaya tidak tanggal tanah dengan akarnya. Atau bila bibit pada media semai bedengan atau kotak kayu, cungkil menggunakan menyertakan tanah pada akarnya.

Penanaman bibit nanas menggunakan cara memasukkan bibit ke dalam lubang tanam sedalam lima-10 centimeter. Setiap lubang tanam ditanam satu bibit nanas. Timbun & padatkan tanah disekitar lubang tanam supaya bibit nir goyah.

Agar pertumbuhan bibit nanas rupawan, pastikan menanam nanas pada isu terkini hujan. Sebab, bibit nanas yg baru ditanam sangat membutuhkan ketersediaan air.

Walaupun demikian, menanam nanas mampu pula pada waktu kering, tapi wajib bisa dipastikan bibit nanas permanen mendapakan suplai air yg cukup, penyiraman rutin contohnya.

Merawat flora nanas

Setelah Anda mengerti cara menanam nanas, Anda pula butuh pengetahuan cara merawat tumbuhan nanas. Sebab, tanpa tahu teknik perawatan nanas, hasilnya sanggup saja tidak sesuai asa.

Merawat flora nanas secara rutin akan membawa hasil yang bagus. Dengan perawatan, nanas akan tumbuh subur dan berbuah tepat pada waktunya. Hama dan penyakit pun tak berani medekatinya.

1. Bersihkan gulma

Oleh karenanya, penyiangan atau membersihkan lahan menurut gulma adalah tindakan tepat supaya nutrisi nanas dapat diserap optimal buat tumbuhan nanas dan nir terdapat loka buat organisme pengganggu tanaman (OPT) berkembang.

Dua. Jaga media tumbuh nanas permanen lembab

Menjaga kelembaban media tumbuh nanas tidak boleh luput karena ini bagian krusial dalam merawat nanas. Apabila kondisi hujan, tidak butuh penyiraman. Tetapi, kalau isu terkini kemarau, penyiraman secara rutin perlu dilakukan terutama dalam awal-awal pertumbuhan seminggu sekali & dua minggu sekali jikalau telah dewasa.

Bahkan, pengairan waktu usia dewasa atau sudah memiliki daun 20-30 helai perlu sekali karena akan berdampak dalam pembungaan dan munculnya butir nanas. Biasanya, dalam termin ini secara rutin dilakukan pengairan dua minggu sekali buat membantu proses pembungaan.

Tiga. Lakukan pembumbunan

Hal lain dalam perawatan tanaman nanas yg harus dilakukan adalah pembumbunan. Kita tau tanaman nanas memiliki akar yang dangkal dan kadang menyebul ke bagian atas tanah. Karenanya, lakukan penimbunan tanah ke kurang lebih pangkalnya.

4. Aplikasikan pupuk susulan tumbuhan nanas

Agar pertumbuhan dan produksi optimal, maka suplai hara baik makro maupun mikro melalui pemupukan yg sempurna perlu dilakukan secara periodik & sempurna waktu.

Pemupukan tidak hanya sebelum tanam (pemupukan dasar), namun pupuk wajib dilanjutkan dan tetap tersedia ketika setelah tanam yang dikenal menggunakan pupuk susulan. Pupuknya boleh majemuk misalnya NPK dan mampu pula tunggal seperti urea, SP-36, dan KCl.

Untuk pupuk dasar sudah diulas pada atas, yaitu pupuk kandang sebesar 1-2 Kg/flora. Kalau demikian, buat pupuk susulan flora nanas diberikan sebesar 3 kali saja. Berikut ini jenis, takaran, & cara pemupukan tumbuhan nanas.

Pupuk susulan I ; Pupuk susulan I diberikan pada usia 3 bulan setelah tanam. Pupuk yang diberikan adalah pupuk yang mengandung N, P, dan K. Dosis pupuk yang diberikan adalah urea sebanyak 5 gram/tanaman, 2 gram SP-36/tanaman, dan 3 gram KCL/tanaman.

Pupuk susulan II ; Pupuk susulan II diberikan pada usia 6 bulan setelah tanam. Dosisnya sama dengan pupuk susulan I.

Pupuk susulan III ; Pupuk susulan III diberikan pada usia 10 bulan setelah tanam. Pupuk yang diberikan adalah pupuk yang mengandung N, P, dan K. Dosis pupuk yang diaplikasikan adalah urea sebanyak 5 gram/tanaman, 2,5 gram SP-36/tanaman, dan 7,5 gram KCL/tanaman.

Pupuk susulan tadi diberikan menggunakan cara dibenamkan di sekeliling tumbuhan. Jarak pupuk yg diberikan menggunakan tumbuhan kurang lebih 10-15 centimeter menggunakan kedalaman lima-10 centimeter. Setelah dipupuk, ingat tutup balik menggunakan tanah.

Baca juga :

  • Menogolah Buah Nanas Menjadi Pupuk Organik Cair
  • 4 Cara Menyemai Bibit Jahe Merah Agar Cepat Tumbuh
  • Cara Membuat Mol Rebung Bambu
  • Membuat Pupuk Kompos Padatan dan Cair dari Daun Lamtoro
  • Cara Membuat Tepung Darah untuk Meningkatkan Kualitas Kompos

Beberapa organisme pengganggu nanas

Yang namanya organisme pengganggu flora (OPT) permanen ada pada flora termasuk dalam flora nanas.

Beberapa OPT nanas misalnya hama kumbang, penggerek buah, kutu putih, kutu sisik, nematoda, thrips & sejumlah lainnya kerap hadir mengganggu tanaman nanas. Demikian juga dengan penyakit misalnya busuk akar & busuk pangkal mampu saja menyerang tanaman nanas.

Untuk meminimalisir datangnya hama dan penyakit tanaman nanas, maka penting sekali menjaga kebersihan huma dari segala macam semak belukar pada sekitarnya. Tetapi, jikalau pun terdapat yang mengganggu tanaman , cukup dikendalikan menggunakan cara biologi, mekanis dan penggunaan pestisida organik.

Panen Nanas

Kalau perawatan nanas dilakukan dengan baik & benar, maka panen nanas sudah bisa dimulai semenjak berumur 12 bulan (tergantung varietas & cara pembibitan).

Buah nanas sudah dapat dipanen ketika aromanya sudah mulai muncul dan tangkai buahnya tampak berkeriput.  Jika tanda seperti itu sudah ada, segera panen. Cara panen nanas dengan memotong tangkai buah nanas.

Itulah cara menanam nanas. Andaikan diikuti pula menggunakan pemeliharaan nanas yg baik, maka Anda bisa memanen buah nanas pada ketika yg cepat dan tentu saja kualitas buah yg bagus. Demikian ulasan dari pupuklahan.Blogspot.Com dan salam sukses

0 Response to "Cara Sukses Menanam Nanas Hingga Bisa Panen Dalam 12 Bulan | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel