Cara Membuahkan Belimbing Manis (Madu) Dalam Pot kombinasi Nutrisi Organik dan Kimia | Kebunku

Cara Membuahkan Belimbing Manis (Madu) Dalam Pot kombinasi Nutrisi Organik dan Kimia -- Belimbing manis seperti varietas belimbing madu sungguh banyak diminati konsumen. Karena itu, tidak heran jika banyak dijumpai tanaman belimbing manis ditanam di perkarangan rumah dalam pot. Memetik dari hasil tanam sendiri, rasanya pun akan sangat berbeda dibandingkan membeli di pasar.

Cara Membuahkan Belimbing Manis (Madu) Dalam Pot kombinasi Nutrisi Organik dan Kimia

Para hobi tumbuhan butir dalam pot (tabulampot) sungguh pintar berakibat belimbing cantik yg ditanamnya. Sayangnya, rahasia membuat belimbing anggun berbuah itu nir banyak mengalir ke semua orang. Jika yang baru mencoba menanamnya, tentu saja sedikit ?Pusing? Lantaran mungkin tanamannya belum mau berbuah.

Berangkat dari situlah, maka postingan ini mencobasharing pengetahuan bagaimana memperlakukan belimbing manis dalam pot agar cepat dan suka berbuah. Cepat berbuah maksudnya belimbing manis mau berbuah dalam waktu minimal 3-6 bulan setelah tanam. Sedangkan suka berbuah tidak hanya sekali berbuah kemudian berhenti, tetapi berbuah sepanjang musim.

Faktor berbuah belimbing cantik

Ada beberapa faktor sebenarnya yang mempengaruhi berbuah tidaknya belimbing cantik yang ditanam dalam pot. Faktor-faktor tersebut adalah bibit, media tanam, berukuran pot, pupuk, air, & sinar matahari.

Selain itu, per_4_ngsangan dengan hormon atau zat pengatur tumbuh (ZPT) dan perlakuan  seperti pelukaan batang dan stres air merupakan “senj_4_t_4 pamungkas” yang “terpaksa” digunakan jika belimbing manis belum berbuah juga.

Okay, berikut ini ada 6 faktor yang punya pengaruh besar terhadap pembuahan pohon belimbing manis dalam pot.

1. Bibit belimbing cantik

Sebelum menanam belimbing manis tentu saja perlu dipersiapkan bibit. Bibit belimbing manis yang mau genjah merupakan hasil perbanyakan vegetatif, misalnya cangkok, sambung pucuk, stek btg, dan sambung susu.

Jika tidak cukup pengetahuan buat memperbanyak bibit sendiri secara vegetatif, belilah pada penyedia bibit belimbing anggun yg terdekat menggunakan tempat tinggal. Bibit haruslah yg terjamin kualitasnya dan diperoleh dari flora induk yang sehat & produktif.

2. Pot buat belimbing manis

Ukuran pot relatif, namun haruslah sedikit lebih besar minimal diameter 60 centimeter & tinggi 50 centimeter agar dapat menampung media tumbuh yg banyak dan membuat akar belimbing anggun leluasa bergerak menyerap unsur hara.

Jika pot ukurannya mini , maka akan menyulitkan pertumbuhan akar & ketersediaan nutrisi tanaman . Akibatnya, belimbing manis sulit berbuah.

Apabila ingin belimbing tumbuh manis, pilihlah pot yang yg bentuknya menarik juga. Namun, yang harus diperhatikan dalam pemilihan pot adalah ukuran dan daya tahannya.

Untuk daya tahan pot tergantung finansial. Apabila mempunyai kelebihan keuangan boleh menggunakan pot berdasarkan beton, bekas drum minyak, & pot plastik yang tebal. Tidak jua mengurangi produktifitas belimbing anggun jika harus menggunakan pot standar biasa. Kelebihan menggunakan pot yang berkualitas adalah daya tahannya usang sebagai akibatnya tidak repot menggunakan rutinitas ganti pot.

3. Media Tanam Tabulampot

Komposisi media tanam akan memilih mau tidaknya belimbing cantik berbuah. Media tanam yang baik haruslah yang gembur, poros, aerasi indah & mengikat air menggunakan baik. Tersedianya hara makro dan mikro dalam media tanam akan berpotensi belimbing manis berbunga & berbuah cepat.

Cara Membuahkan Belimbing Manis (Madu) Dalam Pot kombinasi Nutrisi Organik dan Kimia
Belimbing Manis dalam Pot Mulai Berbunga

Gambar : Dokpri

Untuk menciptakan media tanam sangatlah gampang karena di kurang lebih loka tinggal bahan-bahannya tersedia. Pertama adalah tanah. Tanah kebun lebih mengagumkan jikalau ada. Namun, jikalau tanah tadi nir terdapat, boleh digunakan tanah di huma rumah atau tanah timbun. Yang penting sekali adalah tanah jangan yang banyak bebatuan, sampah plastik, dan bahan-bahan r-4-cun pada dalamnya.

Yang kedua adalah pupuk organik berupa pupuk kandang. Pupuk kandang yang akan digunakan sebagai media tanam jangan kotoran ternak yang masih basah. Tetapi, pupuk kandang yang baik adalah pupuk kandang yang sudah matang. Ciri pupuk kandang yang sudah matang dan terdekomposisi sempurna adalah jika dicium tidak ada lagi bau menyengat seperti bau kotoran ternak, jika dipegang tidak lengket, dan   remah strukturnya.

Yang ketiga adalah arang sekam (buka abu sekam yg dibakar). Jika sulitnya mendapatkan arang sekam, bisa digunakan sekam padi. Tetapi, penggunaan sekam padi sebenarnya kurang baik lantaran mengakibatkan pengaruh buruk bagi flora misalnya berjamur & lainnya.

Cara membuat media tanam tabulampot

Ukuran pot harus sudah pasti, misalnya ukuran pot  0,6 m x 0,6 m x 0,5 m, maka isi/volume pot adalah 180 liter. Pot diisi media tanam ¾ saja. Maka volume yang harus dibuat adalah ¾ x 180 liter = 135 liter saja.

Campurkan media tanam tanah pupuk sangkar arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Apabila memakai kalkulasi ukuran pot di atas, maka siapkan bahan-bahan :

  1. Tanah                = 1/3 x 135 liter = 45 liter
  2. Pupuk kandang   = 1/3 x 135 liter = 45 liter
  3. Arang sekam      = 1/3 x 135 liter = 45 liter

Campurkan secara merata ketiga bahan tadi, masukkan sedikit dolomit /- 20 gram dan lima gram NPK 15 : 15 : 15. Aduk lagi hingga merata. Kemudian isi media tanam yang telah dibuat itu ke dalam pot.

Cara mengisi media tanam tabulampot

Sebelum mengisi media tanam yang sudah dibuat ke dalam pot, pastikan post sudah ada drainase berupa lubang keluar air.Okay,  isikan terlebih dahulu pecahan batu bata atau pecahan genteng di dasarnya. Pecahan batu bata tersebut berfungsi agar tidak terjadi penyumbatan lubang keluar air pada saat hujan atau kelebihan air saat penyiraman.

Isi media tanam yg sudah dibuat ke dalam pot sampai ? Bagian pot. Siram media tanam & abaikan selama seminggu sebelum bibit belimbing manis ditanam.

4. Pemupukan belimbing cantik

Belimbing manis yg telah ditanam pada pot dipupuk secara teratur supaya subur dan cepat berbuah. Sebab, pemupukan bertujuan menaruh nutrisi atau unsur hara baik mikro maupun mikro yang nir atau kurang ketersediaannya pada media tanam.

Unsur hara makro makro seperti N,P, & K sangat dibutuhkan sang flora, khususnya belimbing anggun. Demikian pula menggunakan Ca, Mg dan S, unsur hara makro yg harus tersedia untuk pertumbuhan flora walau kebutuhannya nisbi rendah.

Di samping unsur hara makro, unsur hara mikro seperti Mn, Fe, Zn, & lain-lain juga nutrisi yg wajib tersedia walaupun pada jumlah kecil sekali (mikro).

Oleh karenanya, dalam pemupukan belimbing manis perlu adanya kombinasi pupuk organik dan pupuk kimia. Makanya, mulai menurut menciptakan media tanam kita sudah menaruh pupuk sangkar dan juga pupuk kimia NPK, dan jua dolomit menjadi kombinasinya.

Ok, yuk lanjut memupuk. Pemupukan pertama dilakukan pada saat tanaman belimbing manis sudah berumur 3 bulan. Berikan pupuk urea 1,25 gram, SP-36 3,5 gram dan KCl 1,8 gram. Jika sulit memberikan pupuk tunggal tersebut, pupuk NPK 16:16:16 boleh juga diberikan sebanyak 5-10 gram per pot. Pemupukan diberikan setiap 3 bulan sekali.

Pemberian pupuk dengan cara dibenamkan ke dalam media tanam sedalam +/- 10 cm. Pupuk bisa juga diberikan dapat dengan cara dikocor.  Larut pupuk (dosis pupuk tersebut di atas) dengan air secukupnya. Siram secara pelan-pelan ke media tanam sekitar perakaran.

5. Kebutuhan Sinar Matahari Belimbing Manis

Faktor lainnya merupakan cahaya. Tanaman belimbing anggun sama halnya seperti tumbuhan butir lainnya. Ia membutuhkan cahaya surya yg relatif minimal 8 jam per hari. Sinar mentari bermanfaat buat proses fotosintesis sebagai akibatnya terbentuknya zat kuliner pada jaringan tanaman . Tanpa berlangsungnya fotosintesis, maka belimbing anggun tidak mungkin buat berbunga apalagi berbuah.

Oleh karena itu, tempatkan pot yang sudah ditanam belimbing anggun di tempat yg terkena sinar matahari. Usahakan menerima sinar surya pagi secara langsung.

6. Penyiraman belimbing anggun

Faktor terakhir, yaitu air. Jangan lupa buat selalu memperhatikannya terutama ketersediaan air. Penyiraman 1-2 kali setiap hari. Apabila musim hujan, penyiraman dapat diubahsuaikan.

Intinya, jangan sampai media tanam belimbing cantik pada pot kemarau karena flora akan stres. Jika air (kelembaban tanah) tidak cukup tersedia, maka belimbing manis akan sangat sukar berbuah lantaran terganggu penyerapan nutrisi.

Demikian cara membuahkan belimbing manis dalam pot. Masih juga belum muncul bunga dan buah? Yuk, simak tip tambahan di bawah ini.

Perlakuan khusus buat menciptakan belimbing manis produktif alias berbuah

Tetapi, jika pun belimbing cantik pada pot belum mau berbuah, maka beberapa perlakuan spesifik ini harus ditempuh. Perlakuan ini untuk mer_4_ngsang tanaman belimbing anggun yang telah masuk masa generatif supaya produktif, yaitu membentuk butir.

Berikut ini terdapat 4 perlakuan/per_4_ngsangan belimbing manis, baik yang ditanam di kebun juga dalam pot, supaya genjah.

1. Pemangkasan belimbing cantik

Untuk meningkatkan kecepatan belimbing anggun berbunga, maka cabang & daun-daun yang rimbun mesti dipangkas. Tujuannya supaya nir menghalangi masuknya cahaya ke semua bagian flora. Pemangkasan jua akan membangun tanaman dalam pot sebagai lebih indah.

2. Pencacahan btg belimbing cantik

Melukai batang belimbing manis dengan cara membacoknya secara selang seling-seling adalah cara ?Memaksanya? Berbuah. Pelukaan dibatang utama sampai ke bawah. Dengan adanya pelukaan btg, fotosintat nir lagi disalurkan ke akar. Dengan tertumpuknya fotosintat dibagian atas misalnya cabang, maka akan berpotensi membuat bunga dan buah.

Baca juga ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Pupuk NPK Phonska Plus Membuat Panen Meningkat Karena Ini
  • Awas!! Jangan Salah Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi, Ini Cara yang Benar
  • Cara Cangkok Mangga Agar Cepat Tumbuh, Pakai ZPT ini

3. Pencekikan batang belimbing manis

Perlakuan lainnya agar belimbing manis berbuah adalah mencekik batang belimbing manis. Caranya, ikat btg primer menggunakan kawat secara melingkar. Lilitkan kawat ke btg satu atau dua kali lilitan menggunakan kuat. Cara ini termasuk ampuh buat meningkatkan kecepatan keluarnya bunga belimbing cantik.

4. Ganti Pot (Repotting) belimbing cantik

Jika belimbing anggun belum juga berbuah, ada kemungkinan masalahnya dalam pot. Maksudnya, media tanam telah sangat keras, nutrisi telah nir tersedia, akar sudar penuh terdesak dan terganggu, & lain-lain. Maka sekarang belimbing cantik pada pot harus diganti menggunakan media tanam yang baru.

Buat media tanam yg baru menggunakan cara seperti pada atas. Potong sebagian akar supaya tumbuh rambut akar baru. Tinggalkan sedikit tanah yg lengket di akar waktu memindahkan dari pot usang. Jika pot telah rusak, ganti dengan pot yang baru.

Demikian cara menjadikan belimbing anggun/madu pada pot. Dengan pemupukan yg tepat, sinar surya yg relatif, & perawatan yang rutin, belimbing cantik cepat berbuah dan lebat tentunya.

0 Response to "Cara Membuahkan Belimbing Manis (Madu) Dalam Pot kombinasi Nutrisi Organik dan Kimia | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel