Cara Menanam Daun Seledri Organik Dalam Pot dan Penataannya di Lahan Rumah Sempit | Kebunku

Cara Menanam Daun Seledri di Pot -- Siapa yang tak kenal dengan seledri. Tanaman yang tidak hanya dipanen daunnya, tapi juga tangkainya. Daun seledri ini sering digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Pasalnya, masakan tanpa menambah daun seledri ke dalamnya, rasanya hambar. Sebab, daun seledri memiliki aroma khas yang membangkitkan selera makan. Rasanyatasty banget.

Cara Menanam Daun Seledri Organik Dalam Pot dan Penataannya di Lahan Rumah Sempit
Seledri Organik pada Pot. Gambar : Dokpri

Tanaman daun seledri ini pula seringkali disebut orang menggunakan daun sop atau daun sup. Sehingga dengan penambahan daun sop ke dalam beberapa jenis kuliner, maka istilah ?Sop? Pun ikut diletakkan pada depannya. Misalnya, sop ayam, sop udang, sop kentang, sop buntut, sop kepiting, & sop-sop lainnya.

Bukan tanpa alasan disebut dengan nama masakan sop tersebut. Sebab, masakan itu pasti ditambahkan daun sop dalam jumlah relatif banyak hingga muncul khas aromanya.  Meskipun dalam kuah tersebut terdapat daging atau udang dan bumbu-bumbu lain, tetap saja muncul “ekornya” sop.

Daun seledri poly keuntungannya

Di samping menjadi penyedap masakan kuah, daun yg satu ini jua dijadikan sebagai hiasan atau garnis kuliner. Dalam nasi goreng pun daun seledri ini sebagai pelengkap yang tidak boleh ketinggalan.

Bahkan, daun seledri manfaatnya lebih sekedar itu, ia hingga bermanfaat pada dunia medis, misalnya?Keliru satunya-- menurunkan tekanan darah.

Sayangnya, banyak daun seledri dipupuk kimiawi

Demikian banyak manfaat daun seledri dalam kehidupan ini, tetapi alangkah sayangnya seledri yang dijual di pasar umumnya tumbuh menggunakan penambahan pupuk kimia, baik urea juga NPK.

Bukannya tidak boleh dikonsumsi, tetapi terdapat kekhawatiran terdapatnya residu kimia yg berdampak terhadap kesehatan yg terkandung pada dalamnya. Demikian pula dengan aromanya yang kurang wangi dibandingkan dengan seledri tanpa pupuk pabrikan.

Manfaat Ekologis Budidaya Seledri Organik

Seandainya seledri dibudidaya secara organis, bukan hanya aromanya (karena mengandung minyak atsiri) yg didapatkan, tapi lebih menurut itu. Yaitu, budidaya organis akan memberikan dampak ekologis dan medis yang luar biasa dasyatnya. Manusianya sehat dan lingkungan pun selamat berdasarkan ancaman kerusakan.

Untuk mendapatkan daun seledri yang organik sebenarnya tidak susah. Pertama, asal saja punya “kantong tebal,” siapapun bisa membelinya. Namun, bagi yang “berkantong tipis,” mungkin tidak terjangkau dan berat rasanya. Ini memang karena seledri yang bebas dari residu kimia, harganya jauh lebih mahal.

Kedua, untuk mengonsumsi daun seledri organik, Anda tinggal petik saja di lahan atau perkarangan rumah. Tapi, tunggu dulu, Anda tentu harus menanam sendiri daun seledri dan rajin merawatnya.

Untuk menanam seledri yg organik & natural nir harus di huma luas seperti sawah atau kebun. Di tempat tinggal yang perkarangan sempit pun seledri bisa tumbuh asalkan saja ada kemauan.

Menanam daun seledri di Lahan Sempit pada pot

Jika mempunyai huma yg luas, maka daun seledri bisa dibudidaya pribadi pada tanah pada jumlah yg banyak & sanggup sebagai potensi ekonomi. Namun, bila huma terbatas alias sempit seperti lahan tempat tinggal orang-orang yang hidup pada kota, apakah sanggup buat menanam seledri?

Mengapa nir, menanam seledri atau menyalurkan hobi menanam bukanlah milik yg punya huma luas. Pemilik lahan sempit pun, misalnya pada wilayah urban atau perkotaan, dapat menanam seledri/daun sup, seperti contoh menanam daun seledri di pot.

Bagaimana cara menanam daun seledri di pot? Yuk simak penjelasannya

1. Gunakan pot buat menanam daun seledri dari barang-barang bekas

Banyak pilihan menanam seledri pada areal sempit. Namun, yg paling gampang adalah menanam daun seledri di pot atau polybag.

Untuk pot pun tidak wajib yang mahal-mahal. Barang-barang bekas misalnya botol aqua, kaleng cat, timba semen, & barang-barang bekas lainnya yang tersedia pada sekeliling Anda mampu dijadikan pot. Intinya, pot yg dimaksud bisa diisi media tanam buat menanam daun seledri.

Cara Menanam Daun Seledri Organik Dalam Pot dan Penataannya di Lahan Rumah Sempit
Seledri Organik dalam pot Gantung pada Pohon

Gambar : Dokpri

dua. Tata pot daun seledri menggunakan baik supaya lebih indah

Untuk penataannya agar memberikan estetika atau keindahan, pot daun seledri mampu disusun di loka yg terkena sinar mentari pagi seperti pada teras tempat tinggal .

Pot-pot yang sudah ditanam daun seledri dapat juga disusun secara vertikal membentuk semacamverticulture garden. Biasanya, pot digantung di dinding, batang pohon, atau bambu/tiang yang sudah dibuat tempat gantungannya.

Tiga. Siapkan bibit daun seledri buat ditanam dalam pot

Meskipun menanam daun seledri di pot, Anda mesti menyiapkan bibitnya. Tak usah resah menggunakan bibit, karena bibit daun seledri sangat gampang dihasilkan.

Sebab, buat menanam seledri nir harus menurut biji (perbanyakan generatif), namun bisa jua diambil anakan yang sudah tumbuh begitu poly pada dekat induknya/umbinya (perbanyakan vegetatif)

Ada pilihan nih, Pertama, jika mau dari biji, maka pergi ke toko pertanian terdekat dengan Anda, belilah benih seledri. Kemudian benih disemai pada tempat semai. Tempat semai tidak usah luas-luas, cukup semai biji seledri dalam pot saja (pot yang sudah diisi tanah dan pupuk kompos).

Taburkan benih daun sup & kemudian tutup menggunakan tanah/kompos tipis saja. Siram setiap hari. Saat daun telah tumbuh minimal 4 helai daun, bibit telah dapat dipindahkan buat ditanam dalam pot.

Cara Menanam Daun Seledri Organik Dalam Pot dan Penataannya di Lahan Rumah Sempit
Benih Seledri. Gambar : Dokpri

Kedua, ini yang paling gampang lagi. Minta sama tetangga satu pot tanaman daun seledri yang sudah tumbuh dan sudah banyak anakannya. Usahakan minta dengan cara yang sopan dan beretika agar ikhlas diberikannya.

Namun, bila nir ada yang ?Menyedekahkan? Buat Anda, usahakan beli flora induk daun seledri pada pasar, umumnya dijual menggunakan harga per pot seledri Rp.5 ribu ? Rp. 10 ribu.

Mungkin sedikit lebih murah atau sedikit lebih mahal tergantung masing-masing daerah. Berapapun harga daun seledri, pilihlah yg telah terlihat muncul poly anakan agar dapat segera dipindahkan dan menanamnya pada pot.

4. Racik media tanam daun seledri buat diisi ke pada pot

Seledri tumbuh pada tanah. Tapi, bukan asal-asalan tanah. Tanah liat, berbatu, banyak bahan beracun, & bersampah plastik bukanlah tempat hidup yg baik untuk seledri.

Tanaman penyedap masakan ini tumbuh pada tanah yang gembur, poly bahan organik, dan tentunya tersedianya unsur hara buat pertumbuhannya.

Oleh karena itu, supaya tumbuhan daun seledri bisa tumbuh menggunakan baik waktu ditanam di pot, maka media tanam wajib kita racik menggunakan baik. Agar menghasilkan daun seledri organis, hindari penambahan pupuk kimia ke pada adonan media tanam.

Lantas, bagaimana cara membuat media tanam daun seledri? Caranya mudah. Ingat ukuran pot yang hendak tanam seberapagede. Ambil 1 bagian tanah, 1 bagian arang sekam, dan 1 bagian pupuk kompos.

Campurkan ketiga bagian bahan tersebut sampai merata. Apabila telah merata, masukkan media tanam yang telah dibuat tersebut ke dalam pot hingga ? Bagian pot.

Apabila terasa susah untuk mencari bahan-bahan tadi seperti arang sekam & pupuk kompos, Anda bisa tempuh cara lain ini.

Arang sekam dapat diganti dengan sekam padi dan pupuk kompos dapat diganti dengan pupuk kandang yang sudah benar-benar matang. Perbandingan bahannya tetap sama, yaitu 1:1:1. Silakan baca pada artikel di bawah ini untuk mengetahuiciri-ciri pupuk kandang yang sudah matang.

BACA JUGA : Membuat Media Tanam Dalam Pot? Caranya Sangat Mudah, Tapi Hati-Hati Penggunaan Pupuk Organik yg Begini

lima. Tanam daun seledri di pot jika sudah diisi media tanam

apabila pot telah diisi menggunakan media tanam, maka kini saatnya menanam seledri. Buat lubang tanam sedalam sekitar 2-3 cm. Ambil 1 anakan seledri buat ditanam ke pada pot & tutup lubang tanam hingga menutup bagian akarnya.

Ingat, 1 anakan seledri buat 1 pot saja. Kemudian jangan lupa disiram menggunakan air. Untuk dua-3 hari, jangan terkena sinar surya langsung. Tempatkan buat ad interim ditempat yg teduh.

Baca jua ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Pupuk NPK Phonska Plus Memembuat Panen Meningkat Karena Ini
  • Awas!! Jangan Salah Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi, Ini Cara yang Benar
  • Cara Cangkok Mangga Agar Cepat Tumbuh, Pakai ZPT ini

6. Rawat daun seledri di pot supaya tumbuh subur

Tanaman daun seledri yang sudah ditanam pada pot perlu mendapatkan perhatian dari Anda. Berikut ini beberapa perawatan daun seledri yang mesti Anda lakukan.

Daun seledri yang tumbuh di pot tentu saja butuh air. Oleh karena itu, siram tumbuhan seledri setiap hari atau sesuaikan menggunakan syarat cuaca. Jika lembab atau hujan, tentu tidak perlu disiram.

Jangan hingga media tanam menjadi kering (no soil moisture) akan membuat seledri di pot layu atau pun mangkat . Jangan becek media tanam & jangan juga medianya kemarau-kerontang.

Pupuk buat daun seledri di pot

Untuk pemupukan tidak perlu pusing jika Anda ingin memetik daun seledri yang organik. Nutrisi butuh supaya daun seledri tumbuh sehat & fertile, akan tetapi Anda nir perlu memupuk menggunakan pupuk kimia.

Anda dapat memupuk tanaman daun seledri di pot menggunakan menambahkan kompos atau pupuk kandang yang kaya menggunakan bahan organik. Pupuk organik tadi memiliki kandungan hara makro dan mikro lengkap, ada N, P, K, dan sejumlah unsur hara esensial lainnya.

Tetapi, apabila pun hendak diberi pupuk karena mungkin merasa kurang atau ?Kasihan,? Anda bisa memupuk daun seledri dalam pot dengan menyiramkan pupuk organik cair seperti pupuk air cucian beras & pupukair cucian ikan,

Atau, bisa juga menambah pupuk organik lain yang sudah Anda buat sendiri dari sisa-sisa sayuran dapur. Cara membuat pupuk dari sampah organik silahkan Anda baca di sini.

Anda juga dapat menaruh pupuk organik lainnya buat tumbuhan daun seledri pada pot, yaitu pupuk EM4. Pupuk ini mengandung banyak mikroorganisme yang sanggup mengurai bahan-bahan organik menjadi nutrisi buat flora. Untuk pemakaiannya, Anda tinggal baca petunjuk yang terdapat dalam botol EM4 tersebut.

Penyiraman dengan pupuk organik cair (POC) cukup sekali dalam 1 bulan dengan dosis rendah. Dosisnya pemakaian POC dapat Anda baca di sini  agar pertumbuhan seledri Anda tumbuh subur yang menghasilkan daun yang sehat dan aromanya yang khas.

7. Panen daun seledri

Nah, ini dia yang terakhir ditunggu-tunggu, yaitu panen. Panen daun seledri yang di tanam dalam pot sudah dapat dilakukan pada umur +/-  3 bulan,

Anda sanggup panen daun seledri bersama tangkai dengan cara memetiknya. Tak wajib petik semua, kan? Secukupnya saja lantaran buat kebutuhan sendiri pada rumah. Biarkan dia (seledri) terus poly beranak-pinak.

Saya biasa memetiknya daun dan tangkai seledri  hingga pelepah tangkai dekat umbi dengan cara ditarik ke bawah. Tujuannya, agar tidak ada sisa/bekas tangkai yang berpotensi membusuk dan mengundang penyakit. Selain itu. Dengan cara seperti itu, pertumbuhan anakan baru semakin cepat dan banyak.

Itulah cara menanam daun seledri pada pot. Jika ingin konsumsi sayuran daun seledri yg organik, sedapat mungkin hindari pemakaian pupuk & pestisida kimia.

0 Response to "Cara Menanam Daun Seledri Organik Dalam Pot dan Penataannya di Lahan Rumah Sempit | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel