Cara Stek dan Merawat Sirih Merah Dalam Pot atau Kebun | Kebunku

Budidaya Sirih Merah -- Kalau masih bingung bagaimana memulai menanam sirih merah, artikelcara stek dan merawat sirih merah ini menjadi "obat penawar” kebingungan itu πŸ˜… Tidak hanya stek sulur/batang, postingan ini juga membuka rahasia media semai dan tanam agar pertumbuhan sirih merah subur, daunnya lebar dan lebat.

Cara Stek dan Merawat Sirih Merah Dalam Pot atau Kebun
Daun Sirih Merah

Sirih merah memang sangat menarik buat ditanam. Bukan hanya sebagai flora obat yg menyembuhkan banyak penyakit, tetapi sirih merah pula bisa menjadi tumbuhan hias yang menambah nilai estika tempat tinggal Anda. Biasanya, bila buat tanaman hias, sirih merah ditanam pada pot dan ditempatkan pada teras atau di perkarangan tempat tinggal .

Secuil tentang manfaat daun sirih merah

Tapi, sebelum kita lanjutkan, apakah Sobat telah tau keampuhan sirih merah buat kesehatan? Sayangnya, artkel ini nir mengupas secara spesifik mengenai manfaat daunnya untuk pengobatan. Tetapi, sekadar untuk menghilangkan rasa penasaran bagi yg ingin mengetahuinya, saya coba tulis pula beberapa manfaat daun sirih merah buat kesehatan, yaitu :

  • Mengobati diabetes
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Dapat dijadikan sebagai antiseptik seperti obat kumur
  • Menyembuhkan kanker
  • Menyembuhkan penyakit hepatitis
  • Menyembuhkan asam urat
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menyembuhkan keputihan pada wanita
  • Menyembuhkan penyakit maag, kolestrol, dan serangan jantung
  • Menghilangkan kelelahan, nyeri sendi, dan masuk angin
  • Dan masihbuaaaa..nyak lagi manfaatnya untuk kesehatan

Mengenal sirih merah

Sirih merah adalah flora yg hidupnya menjalar. Batang sulurnya bulat & mempunyai ruas-ruas. Akar sirih merah tumbuh dalam setiap ruas. Lantaran terdapat akar pada setiap kitab /ruasnya lah, membuat tumbuhan sirih merah ini mudah merambat baik di dinding atau pohon kayu dan tidak gampang jatuh.

Cara Stek dan Merawat Sirih Merah Dalam Pot atau Kebun
Sirih Merah Merambat di Dinding

Kalau kita melihat daunnya, daun sirih merah berbentuk ?Love? Atau jantung dan bertangkai. Tetapi, nir merah semuanya, permukaan daun bewarna hijau bermotif sedikit putih keaabu-abuan. Sedangkan dalam bagian bawah daun bewarna merah hati. Kalau tumbuhnya subur, permukaan daun tampak mengkilap.

Rasa daun sirih merah apa, asin, asam atau getir? Awalnya aku menerka rasa daun sirih merah biasa saja. Lantaran rasa penasaran, aku petik 4 helai daun sirih merah & saya panaskan menggunakan 4 gelas air. Sisa air rebusan 2 gelas, lalu saya coba minum satu gelas selagi hangat. Ternyata, rasa air rebusan daun sirih merah sahih pahit dengan aroma spesial sirih.

Sirih merah tidak senang hayati asal-asalan

Pengen nanam? Kalau mau menanam sirih merah, ada baiknya sedikit memahami kondisi tumbuhnya. Sebab, dengan mengetahui bagaimana sirih merah hidup yang sebenarnya, maka akan memudahkan kita nanti dalam merawatnya.

Sirih merah sukanya tumbuh dalam daerah dingin dan tidak suka banyak terkena sinar mentari . Sinar butuh, namun intensitas cahaya yang diperlukan hanya lebih kurang 60% sampai 75% agar pertumbuhannya cantik. Ini artinya, ketika kita menanam nantinya, penanamannya atau penempatannya sine qua non naungan atau loka yang teduh.

Kondisi tanah buat menanam sirih merah wajib memiliki drainase yg mengagumkan. Sirih merah tidak senang dengan keadaan becek. Sukanya, ya lembab saja. Apabila tergenang, menciptakan flora sirih merah layu dan mati lantaran akarnya membusuk.

Syarat lainnya, apa? Ya jangan ditanam pada tanah yang keras membatu πŸ˜…. Jenis tanah yang cocok untuk menanam sirih merah adalah yang gembur dan banyak bahan organik seperti tanah lempung berpasir atau lempung liat berpasir. Jangan pula ditanam pada tanah yang masam karena sirih merah biasa tumbuh pada kisaran pH 6-7. Lebih atau kurang dikit, ya‘nggak apa-apa karena masih toleran.

Bibit sirih merah

Dapet dari mana bibit sirih merah? Kalau malas atau sulit mendapat bibit sirih merah di sekitar Sobat, ya harus belidunk di toko online he,,he,,.πŸ˜…

Yang kentara, salah satu cara buat menerima bibit merah adalah melalui stek btg/sulur. Kalau nantinya sudah ada tumbuhan indukan sirih merah, maka buat menerima bibit, tinggal perbanyakan saja sendiri melalui stek sulur.

Cara stek sulur/batang sirih merah

Seandainya senang dan mau memperbanyak bibit melalui stek dalam budidaya sirih merah, ikuti langkah-langkah stek ini dia supaya bibit yang didapatkan cepat tumbuh.

  • Cari indukan sirih merah yang telah berusia minimal 1 tahun, sehat, bebas penyakit, dan subur
  • Amati sulur sirih merah yang sudah mengeluarkan akar dan agak keras batangnya (jangan ambil bagian pucuknya karena masih muda)
  • Potong sulur sepanjang 20-30 cm atau memiliki 2-3 ruas
  • Rendam bagian pangkal stek di dalam larutan air gula selama 15 menit (membuat larutan gula ; larutkan 1 sendok larutkan ke dalam 200 ml air)
  • Stek sulur sirih merah siap ditanam pada media semai

Oh, iya, selain stek, pembibitan sirih merah jua bisa dilakukan menggunakan cara cangkok maupun perundukan. Tetapi, dari penulis, cara stek adalah cara cepat pembibitan sirih merah.

Cara Stek dan Merawat Sirih Merah Dalam Pot atau Kebun
Stek Sulur Sirih Merah

Menyiapkan media semai buat stek sulur sirih merah

Agar stek sirih merah cepat tumbuh dan mengeluarkan daun dan tunasnya, maka media semai stek sangat penting diperhatikan.

Berikut ini cara menyiapkan media semai stek sulur sirih merah.

  • Siapkan gelas air mineral bekas ukuran besar (200 ml) sebanyak yang diperlukan
  • Buat lubang di bagian bawah dan sekeliling gelas beberapa lubang untuk draiinase
  • Campurkan tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 (2 tanah + 1 pupuk kandang)
  • Isi campuran media semai tersebut ke dalam gelas sebanyak 2/3 gelas
  • Siram sampai lembab/secukupnya

Cara menyemai stek sirih merah

Setelah menciptakan media semai stek sulur sirih merah, selanjutnya adalah menanam menggunakan penyemaian stek. Cara menyemai misalnya langkah ini dia.

  • Buat lubang tepat di tengah media semai
  • Masukkan sulur yang distek ke dalam lubang semai sampai 1 ruas/buku tertanam
  • Tutup dengan tanah di atasnya dan padatkan agar tidak goyah
  • Tempatkan pada tempat yang teduh dan tidak diterpa angin kencang.
  • Tunggu 3-4 minggu, stek sulur sirih merah akan mulai tumbuh akar dan tumbuh tunasnya dan siap dipindahkan untuk ditanam.

Dua tempat menanam sirih merah

Bibit sirih merah output stek sulur telah tumbuh sekarang. Mau dikemanakan? Maksudnya, apakah mau ditanam di kebun pada skala luas atau di tanam dalam pot buat ditaruh pada teras atau perkarangan rumah? Sebab, terdapat perlakuan tersendiri pada kedua loka tersebut baik menanam di lahan atau di pada pot.

1. Menanam sirih merah pada huma

Andai hendak budidaya sirih merah pada skala luas, tentu area tanamnya pada kebun. Untuk itu, buatlah bedengan dan drainase. Taburkan pupuk sangkar sebanyak 15-20 ton per hektar & campurkan menggunakan tanah dalam setiap bedengan. Pasang mulsa kalau cukup biaya untuk menutupi bedengan supaya nir tumbuh rumput dan menjaga kelembaban media tumbuh.

Jarak tanam sirih merah dibuat dengan jeda dalam barisan 1,lima meter. Di samping itu, karena sirih merah tumbuhnya memanjat, maka perlu dipasang lanjaran/sandaran. Lanjarannya sanggup dibentuk saling menyilang antar barisan atau tegak lurus pada masing-masing barisan. Jangan lupa diikat jua para-para loka rambatannya.

Tanaman sirih yang telah ditanam wajib sahih-benar ternaungi menurut teriknya mentari . Oleh karenanya, jika nir terdapat tumbuhan pelindung, maka usahakan dipasang paranet.

Penyiraman dilakukan setiap hari atau tergantung cuaca. Intinya, jangan sampai media tumbuh kemarau-kerontang. Jaga media tumbuh permanen lembab supaya suplai air dan unsur hara ke seluruh jaringan tumbuhan sirih merah lancar.

Pemupukan bagaimana? Cukup pupuk menggunakan pupuk organik cair. Aplikasinya menggunakan cara menyemprot sebulan dua kali. Namun, agar tanah permanen gembur & fertile, penambahan pupuk sangkar atau kompos bisa dilakukan dalam usia 6 bulan sesudah tanam (1 tahun, 2 kali dipupuk dengan pupuk organik padat).

Dua. Menanam sirih merah dalam pot

Selain bisa dibudidaya pada kebun, sirih merah jua dapat tumbuh pada dalam pot. Tetapi, supaya fertile dan produktif, penanaman & perawatan wajib menerima perhatian dari oleh pemiliknya.

Menanam sirih pada pot, maka yang pertama wajib disiapkan merupakan pot. Kualitas pot harus mengagumkan, kuat dan nir gampang pecah. Ukuran pot untuk menanam sirih usahakan yang akbar, minimal diameter pot 50 centimeter.

Setelah pot, apalagi? Siapkan media tanam sirih merah pada pot yg terdiri menurut adonan tanah, pupuk kandang, dan sekam (1:1:1) atau tanah, pupuk kompos, sekam (dua:1:1). Campurkan bahan-bahan media tanah secara merata, kemudian isi ke dalam pot kira-kira dengan tinggi 2/tiga pot.

Nah, jika seluruh telah siap, kini saatnya menanam sirih dalam pot. Buat lubang tanam & pindahkan bibit sirih merah ke pada pot. Siram secukupnya & tempatkan pada loka yang ternaungi teriknya sinar matahari. Tapi, usahakan menerima sinar surya pagi selama 1-2 jam.

Merawat tumbuhan sirih dalam pot

Sebenarnya, flora sirih merah bukanlah tumbuhan yang manja. Dengan perawatan seadanya, sirih merah tumbuh dengan baik.

Akan namun, jika mau output bagus & tampilan tanaman sirih merah latif, perawatan mesti dilakukan.

Usahakan media tumbuh sirih merah dalam pot bebas dari gulma. Karenanya, penyiangan secara rutin sebagai tanggung jawab yg menanamnya.

Semprot dengan memakai pupuk organik cair dua minggu sekali agar tanaman sirih merah mendapat asupan nutrisi. Sebulan sekali disiram dengan air cucian beras (sebaiknyaPOC air cucian beras).

Gemburkan media tumbuh sirih merah pada pot setiap 6 bulan sekali. Pada usia 6 bulan boleh juga dilakukan pergantian 1/3 volume media tumbuh dengan media tumbuh yg baru (adonan tanah & kompos).

Penyiraman sirih merah dalam pot dilakukan secara rutin. Bukan wajib setiap hari, penyiraman dilakukan bila dirasa kelembaban media tumbuh sangat rendah. Sebab, jikalau setiap hari disiram, dikhawatirkan akan membuat akar sirih merah membusuk.

Baca jua ini :

  • Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag Supaya Untungnya Selangit
  • Cara Mudah Stek Cabai untuk Pembibitan Supaya Cepat Panen
  • Mudahnya Menanam Ubi Jalar dalam Pot dan Hasil Pun Tak Usah Ragu

Untuk hama & penyakit hampir nir terdapat dalam sirih merah. Walaupun demikian, permanen dimonitor & dijaga kesehatan flora sirih. Kalau pun ada, kendalikan hama & penyakit dengan cara mekanis dan organis.

Panen daun sirih merah

Sirih merah telah bisa dipanen waktu usianya telah 1 tahun & sudah poly daun-daunnya. Panen dilakukan menggunakan memetik daun-daunnya yang sudah matang. Caranya, pegang pangkal tangkai daun & patahkan. Panen usahakan dilakukan dalam pagi hari atau sore hari.

Demikian artikel budidaya sirih merah, khususnya cara stek dan merawat sirih merah baik yg ditanam di kebun atau pada pot. Semoga berguna dan salam sukses. [updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 25/01/2020]

Video Cara Merawat Sirih Merah

0 Response to "Cara Stek dan Merawat Sirih Merah Dalam Pot atau Kebun | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel