Cara Sukses Cangkok Jeruk Nipis, 3 Minggu Tumbuh Akar | Kebunku

Cangkok Jeruk Nipis --- Cara cangkok jeruk nipis ini menjadi panduan bagi Sobat yang ingin memulai mencangkok jeruk nipis. Bahkan, bagi yang kerap menemui jalan buntu alias selalu gagal dalam mencangkok, artikel ini akan menjadi solusi dalam perbanyakan tanaman jeruk nipis melalui cangkok.

Cangkok jeruk nipis ; bibit terbatas, cepat berbuah

Berbeda sekali menggunakan jeruk nipis yang ditanam menurut biji, Jeruk nipis yang diperbanyak melalui cangkok telah tentu cepat berbuah. Hanya pada tempo 6 bulan kalau perawatan indah dan pertumbuhan subur, jeruk nipis sudah mulai belajar berbunga. Dan pada ketika 1 tahun, jeruk nipis hasil cangkok telah mampu dipanen.

Kalau cepat berbuah,ngapain harus dari biji? Tunggu dulu! Perbanyakan jeruk nipis melalui cangkok jumlahnya terbatas. Mungkin akan gundul batang induknya untuk mendapatkan puluhan bibit jeruk nipis dengan mencangkok he..he,,.😅

Kalau kebutuhan bibit jeruk nipis untuk sekadar ditanam dalam pot (tabulampot) atau jumlah yang dibutuhkan tak terlalu banyak, yaok ok saja, silahkan dicangkok.

Kekurangan bibit jeruk nipis berasal biji

Kalau berdasarkan biji, bibitnya sanggup didapatkan ribuan atau sebanyak-banyaknya. Tapi, kekurangan itu beliau..Relatif lama berbuah & tidak seluruh sifat induknya mengalir ke generasi barunya.

Artinya, jangan berharap bibit jeruk nipis yang berasal dari biji akan semua sama persis seperti sifat-sifat dari induknya seperti ukuran, rasa, bentuk, dan lainnya. Ya, paling-paling anaknya (bibit) dapat “warisan” kekayaan sifat induknya 50 persen saja.Yah, lumayan dari pada tidak dapat apa-apa he..he,,😅

Alternatif perbanyakan bibit jeruk nipis

Ada alternatif lain untuk mendapat bibit jeruk nipis dalam jumlah banyak selain perbanyakan bibit melalui biji. Bibit jeruk nipis masih bisa diperoleh dalam jumlah besar melaluistek dansambung pucuk (top grafting). Untuk ini, akan kita ulas dalam kesempatan lain.

Akan namun, jika emang udah berfokus ingin mendapatkan bibit jeruk nipis melalui cangkok (perbanyakan vegetatif), baca dulu kelebihan dan kekurangannya misalnya pada bawah ini.

Kelebihan perbanyakan jeruk nipis melalui cangkok

  • Semua sifat-sifat yang dimiliki induk jeruk nipis diwariskan ke bibit barunya
  • Bisa langsung dipindahkan ke media tanam tanpa harus menunggu lama
  • Dahan untuk dicangkok bisa yang ukuran relatif besar dan panjang
  • Waktu  mulai berbunga dan berbuah cepat 3-6 bulan (kalau perawatan bagus)

Kekurangan perbanyakan jeruk nipis melalui cangkok

  • Akar secara umum tidak kuat/kokoh karena hanya akar serabut
  • Untuk mendapatkan bibit, butuh bagian tanaman induk yang banyak
  • Kalau tidak pintar, butuh ongkos untuk perbanyakannya (biaya pengadaan)
  • Tidak cocok ditanam pada tanah yang air tanahnya dalam

Agar cangkok jeruk nipis sukses

Beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya cangkok jeruk nipis bisa sukses. Kalau tepat perlakuannya, maka 3 minggu adalah ketika yg paling cepat tumbuh akarnya.

Cara Sukses Cangkok Jeruk Nipis, 3 Minggu Tumbuh Akar
Langkah Ke-1. Keratan Dahan

Cangkok Jeruk Nipis. Gambar : Dokpri

Sebab, jika hal-hal penting dalam mencangkok jeruk nipis diabaikan, kegagalan akan menemui Sobat. Dan ini sungguh sakit. Waktunya yang terbuang percuma saja. Berminggu-minggu setelah dicangkok, lalu ditunggu dan saban hari dimonitor, namun pada akhirnya akar jeruk nipis yang dicangkok taknongol-nongol.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan agar pertumbuhan akar cangkok jeruk nipis cepat

1. Media tumbuh akar cangkok

Supaya cepat tumbuh akar jeruk nipis yg dicangkok, atau dalam tiga minggu bisa tumbuh akarnya, maka media tumbuh haruslah yang fertile. Artinya, tanah yang dipakai buat membalut sayatan cangkok mesti ada bahan organik & unsur hara esensial.

Media tumbuh wajib dapat dipastikan berada dalam syarat tidak terlalu asam dan pula tidak basa. Derajat keasaman (pH) media tumbuh buat cangkok jeruk nipis berkisar lima,5 sampai 6,lima.

Cara Sukses Cangkok Jeruk Nipis, 3 Minggu Tumbuh Akar
Langkah ke-dua. Menempel Media Tumbuh Akar

pada Cangkok Jeruk Nipis. Gambar : Dokpri

Kalau demikian, maka komposisi media tumbuh yg baik terdiri menurut tanah & pupuk kompos dengan perbandingan 2:1 atau 1:1. Kalau tidak ada kompos, boleh juga pakai pupuk kandang. Tetapi, hati-hati menggunakan pupuk sangkar menjadi media tumbuh, carilahpupuk sangkar yg sudahbenar-sahih matang.

2. Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)

Selain media tumbuh akar/tanah pembungkus cangkokan, perlu juga penggunaan zat pengatur tumbuh (ZPT) supaya pertumbuhan akar cangkok jeruk nipis cepat. Sebab, menggunakan adanya ZPT akan mer4_ng_s4ng pertumbuhan sel khususnya akar sekaligus sebagai sebagai antijamur.

Oleh karena itu, gunakan ZPT atau hormon pertumbuhan yang cantik. Banyak sekali ZPT yg beredar di pasar, silahkan beli yg legal & berkualitas.

Sebagai contoh ZPT untuk cangkok, yaitu root up ,rootone F,nature stek, dan masih buanyak lagi. Atau sekurang-kurangnya bisa pakai ZPT alami seperti bawang merah.

Tiga. Alat keratan yg tajam

Penggunaan alat keratan seperti pi-s4-u atau sejenisnya yang tidak tajam atau tumpul sering sekali menjadi penyebab gagal cangkok jeruk nipis. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan menggunakan alat untuk menyayat kulit dahan jeruk nipis yang berkarat 😅, gunakan yang tajam.

4. Hindari menurut terik surya

Kalau mencangkok jeruk nipis, carilah dahan yg pangkalnya tidak terlalu terkena sengatan sinar surya. Usahakan agak terlindung dari panas atau terhalangi dengan daun-daunnya. Sebab, apabila terlalu panas, penguapan tinggi dan menyebabkan media tumbuh akar cangkok cepat kemarau

Cara Sukses Cangkok Jeruk Nipis, 3 Minggu Tumbuh Akar
Langkah Ke-3. Membungkus Media Tumbuh menggunakan Plastik

pada Cangkok Jeruk Nipis. Gambar : Dokpri

lima. Penyiraman yg teratur

Sebagaimana mengurus bibit atau tanaman yang telah tumbuh, maka selesainya mencangkok jeruk nipis, jangan lupa buat disiram atau dijaga kelembaban media tumbuh akar.

Bagaimana cara menyiram cangkokan jeruk nipis, bukankah dibalut dengan plastik? Gampang sekali. Caranya dengan memakai alat suntik atau indera suntik. Injek air secukupnya ke dalam media tumbuh akar yang dibalut plastik setiap tiga hari sekali atau tergantung cuaca.

CARA CANGKOK JERUK NIPIS

Setelah paham betul dengan seluk-beluk cangkok atau perbanyakan jeruk nipis dengan cara vegetatif, kini tiba saatnya untuk masuk ke tekniknya, Bagaimana langkah-langkah cangkok jeruk nipis? Secara Singkat dapat dlihat padaGambar ke-1, ke-2 dan ke-3 di atas.

Berikut ini bisa Sobat simak dan catat jika perlu langkah cangkok jeruk nipis.

Cara Sukses Cangkok Jeruk Nipis, 3 Minggu Tumbuh Akar
Gambar Mencangkok Jeruk Nipis

Sudah Mulai Tumbuh Akar, Usia 3 Minggu. Dokpri

Alat-alat dalam mencangkok:

  • Pis_4_u
  • Gunting
  • Tali Rafia
  • Plastik transparan

Bahan-bahan :

  • Media tumbuh akar (campuran tanah dan kompos) dan dibasahi dengan sedikit air agar mudah lengket saat ditempel pada luka keratan cangkok.
  • Dahan/cabang jeruk nipis harus yang memenuhi syarat seperti indukannya sehat, bebas penyakit, produktivitas tinggi dan berkualitas.

Langkah-langkah cangkok jeruk nipis :

  • Amati atau lihat-lihat dulu dahan/cabang yang akan dicangkok, yaitu sehat dan minimal diameter 1 cm
  • Kalau sudah dapat, kerat kulit dahan jeruk nipis dengan pis_4_u secara melingkar. Jarak antara titikkeratan bawah dengankeratan atas sekitar 5-7 cm. Jarak batas keratan bawah dengan pangkal dahan 5-10 cm.
  • Kelupas kulit dahan jeruk nipis yang sudah dikerat
  • Bersihkan kambium dan getah sampai benar-benar bersih
  • Kalau tidak buru-buru, biarkan saja terbuka cabang jeruk nipis yang sudah dikelupas kulitnya itu selama 3-7 hari agar terbentuk fotosintat.
  • Oleskan ZPT pada kulit dahanbagian atas yang dikerat dengan menggunakan kuas atau jari.
  • Kemudian tempelkan bekas luka dengan menggunakan media tumbuh (tanah + pupuk kompos) dengan ketebalan minimal 3 cm. Pastikan sampai menutup kulit bagian atasnya minimal 1 cm karena ini tempat tumbuh akarnya (LIHAT GAMBAR ke-2 di atas)
  • Bungkus/tutup dengan plastik yang telah diberikan lubang-lubang kecil. Lubang kecil ini berfungsi untuk sirkulasi udara dan penyiraman (LIHAT GAMBAR ke-3 di atas)
  • Ikat dengan kuat penutup plastik tersebut dengan menggunakan tali rafia
  • Tunggu selama 2-4 minggu, akarnya keluar. Monitor akarnya karena memang jika sudah keluar akar akan tampak pada penutup plastik. Dalam masa tersebut, siram secara rutin agar media tumbuh tetap lembab. Agar mudah menyiramnya, injeksi saja dengan alat suntik/injektor (biasa dipakai pada medis).
  • Jika akar sudah banyak keluar, potong hasil cangkok jeruk nipis itu. Caranya, potong tepat di bawah cangkokan dengan menggunakan gergaji.
  • Bibit jeruk nipis hasil cangkokan itu dikurangi daun-daun dan dipindahkan ke dalam polybag yang sudah diisi media tanam. Media tanam haruslah campuran tanah + pupuk organik + arang sekam dengan perbandingannya 1:1:1
  • Tempatkan bibit jeruk nipis hasil cangkok pada tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung selama 2-4 minggu. Setelah melewati masa tersebut, bibit jeruk nipis yang diperbanyak secara cangkok itu siap dipindahkan ke lahan penanaman atau pot.

Baca juga ini

  • Cara Menanam dan Memupuk Jeruk Nipis Dalam Pot Agar Rajin Berbuah
  • Tips Merawat Cabai Rawit dan Peremajaannya Agar Panennya Berulang Kali

Ya, misalnya itulah cara cangkok jeruk nipis yg bisa pupuklahan.Blogspot.Com bagikan. Kelihatannya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, lakukan pencangkokan menggunakan tabah, pelan-pelan, dan teliti agar sukses. Dan ingat, siapkan seluruh alat-alat & bahan sebelum mulai menerapkan cara mencangkok jeruk nipis. Selamat mencoba & semoga berhasil.

0 Response to "Cara Sukses Cangkok Jeruk Nipis, 3 Minggu Tumbuh Akar | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel