Kenapa Harus Pusing? Begini Cara Menghitung Kebutuhan Benih Tanaman Per Hektar Cepat dan Mudah | Kebunku

Cara Menghitung Kebutuhan Benih Tanaman -- Benih tanaman yang sangat kecil-kecil terkadang menyulitkan kita menghitungya. Mau hitung secara manual, butuh waktu lama dan banyakerror-nya. Apalagi jika kebutuhan benih dalam jumlah ratusan ribu benih, mau hitung satu per satu benih? Pusing,deh..Terserah,deh,,he,,he,,.😅😅

Kenapa Harus Pusing? Begini Cara Menghitung Kebutuhan Benih Tanaman Per Hektar Cepat dan Mudah

Kalau menghitung bibit pala?Contohnya-- yg sudah tumbuh gampang sekali & super cepat. Tapi, masalahnya ini ingin menanam flora hortikulura, misalnya tomat, cabai, bayam, bawang, kentang, sawi, dan lain-lain yang bijinya (benih) kecil sekali.

Keinginan menanam pun tak tanggung-tanggung, rencananya penanaman dalam skala lahan yang luas. Bahkan, lebih dari 1 hektar. Ini sudah tentu mesti menyiapkan benihnya dalam jumlahbuaaanyak banget. Bagaimana menghitungnya?

Tinggalkan kebiasaan lama karena kita sudah hidup padazaman now yang banyak cara mudah dan cepat alias instan. Hanya dalam beberapa saat saja, hitungan pun selesai. Tugas selanjutnya adalah pergi ke toko pertanian untuk membeli sejumlahpack benih yang diperlukan. Cepat dan mudah, bukan? 😅

Kebutuhan benih berhubungan dengan hal-hal budidaya

Sebelum menghitung kebutuhan benih, perlu tersaji sekilas beberapa citra singkat yg berhubungan dengan proses penghitungan yg akan dilakukan nantinya. Ini perlu lantaran ketika bicara benih, maka perlu jua dipahami beberapa hal yang terkait dengannya (bagian persiapan budidaya), seperti daya tumbuh, berat benih, luas huma, bedengan, jarak tanam, barisan tanam, dan lubang tanam.

Benih & daya tumbuh

Benih tanaman hortikultura mampu dipersiapkan sendiri menurut biji tanaman yang pernah ditanam. Tetapi, benih yg yg misalnya itu poly kelemahannya lantaran nir terukur kualitasnya menggunakan baik. Oleh karena itu, buat mendapatkan benih yg yang terjamin kualitasnya, lebih baik dibeli di toko pertanian yang poly menyediakan aneka macam benih tanaman .

Kenapa Harus Pusing? Begini Cara Menghitung Kebutuhan Benih Tanaman Per Hektar Cepat dan Mudah
Ilustrasi Kemasan Benih menggunakan Standar Mutu

Gambar : Dokpri

Benih yang mengagumkan adalah benih yg mempunyai daya tumbuh tinggi sampai /- 90%. Ini berarti tidak seluruh benih yang ada dalam kemasan (pack) tumbuh semuanya. Ada kurang lebih /- 10% benih yg nir tumbuh saat disemai.

Oleh karena itu, setiap membeli benih wajib teliti melihat & membaca diskripsi (berita) yang tertulis pada bungkus. Di sana --minimal -- tercantum diantaranya ; daya tumbuh (%), berat benih (gram), jumlah benih, dan penting sekali ini, yaitu masa kadaluarsa (lepas, bulan & tahun).

Luas lahan & sebutannya

Lahan untuk menanam harus memiliki ukuran yang tepat agar tidak salah dalam membuat perencanaan. Ukuran luasan dinyatakan dalam beberapa satuan. Umumnya  luas lahan dinyatakan dengan satuan meter persegi (m2) dan ada juga dalam satuan hektar (Ha).

Di setiap daerah, ada satuan-satuan lain yang menjadi ukuran luas dari lahan. Misalnya, di Jawa Tengah di sebutiring( 1 iring = 1.785 m2),tumbuk untuk sebutan ukuran luas lahan di Jambi(1 tumbuk = 100 m2),di Aceh dikenal salah satu sebutan ukuran luas lahan dengansinaleh(sinaleh = ukuran 16 bambu benih padi) dan sejumlah sebutan khas lainnya yang dimiliki oleh setiap daerah.

Terlepas apapun sebutan itu, untuk memudahkan dalam menghitung, satuan luas dirubah dulu dalam satuan meter persegi. Jika luas lahan 1 hektar, berarti luas lahan tersebut adalah 10.000 m2, luas lahan 1 KM2 sama dengan luas lahan 100 hektar,,lhoo..iya dirubah lagi menjadi 100 hektar x 10.000 m2/hektar = 1.000.000 m2, dan lain-lain.

Bedengan

Untuk menanam jenis tanaman sayur-sayuran perlu ada bedengan. Dalam satu luasan huma mempunyai beberapa bedengan menggunakan lebarnya sesuai menggunakan flora apa yang akan ditanam.

Dan antara satu bedengan dengan bedengan lain ada jarak beberapa centimeter (cm) karena dibuat  parit yang berfungsi untuk drainase dan memudahkan pemeliharaan tanaman.

Lubang tanam dan barisan tanam

Menetukan atau membuat lubang tanam sebagai bagian pekerjaan dalam persiapan lahan. Dalam hal ini dibentuk lubang tanam pada setiap bedengan menggunakan berbentuk barisan. Sehingga terlihat jelas jarak tanam antar barisan dan jeda tanam pada barisan.

Kenapa Harus Pusing? Begini Cara Menghitung Kebutuhan Benih Tanaman Per Hektar Cepat dan Mudah
Ilustrasi Lahan Tanam menggunakan

Bedengan. Gambar : Dokpri

Jaraknya disesuaikan dengan tanaman apa yang ditanam. Beberapa jarak tanam,  misalnya cabai dengan jarak tanam 60 cm x 70 cm, tomat  70 cm x 60 cm,  sawi 40 cm x 50 cm, terong 60 cm x 100 cm dan lain-lain.

Menghitung Jumlah Kebutuhan Benih

Ini saatnya yang ditunggu-tunggu, yaitu menghitung jumlah kebutuhan benih per satuan luas lahan. Di sini akan dicoba hitung kebutuhan benih buat luas huma tanam 1 hektar.

Sebelum menuju ke sana, perlu dibuat simbol-simbol untuk mewakili variabel-variabel penghitungan benih buat menciptakan satu formula (rumus).

  • Jumlah benih (Jb)
  • Luas Lahan (L)
  • Lebar bedengan (Lbd)
  • Jarak antar bedengan (Jab)
  • Jarak tanam dalam barisan (Jtb)
  • Jumlah barisan (Jub)
  • Jumlah benih per lubang (Jbl)
  • Daya tumbuh (Dt)

Maka, rumus buat menghitung jumlah benih merupakan :

Jumlah Benih (JB) adalah = [ Luas Lahan/{(Lebar bedengan + Jarak Antar bedengan) x jarak tanam dalam barisan}] x jumlah barisan x jumlah benih per lubang tanam x daya tumbuh

Atau secara singkat,formulanya begini :

Kenapa Harus Pusing? Begini Cara Menghitung Kebutuhan Benih Tanaman Per Hektar Cepat dan Mudah

Rumus tersebut di atas dapat digunakan dalam skala luas lahan berapa saja, 100 m2, 1000 m2, 10 hektar, 1 KM2, dan luasan lainnya.

Untuk merubah jumlah benih ke dalam satuan berat,  misalnya dalam satuan gram, maka perlu diketahui/dibaca berat benih yang tertera dalam kemasan dan jumlah benih. Jika jumlah benih tidak dicantumkan, “terpaksa” buka benih 1pack dan hitung manual berapa jumlahnya. Oh, ya..jika ribuan benih, timbang 1 gram saja biar cepat dan hitung berapa banyak benih dalam 1 gram.

Contoh Menghitung Kebutuhan Benih Tomat

Tak perlu pusing, begini biar mudah.Yuk, kita ambil contoh agar tidak bingung. Semua data hanya contoh saja untuk belajar termasuk benih tomat hibrida New Diego F1 dalam kemasan. Ok, misalnya ingin menanam tomat dengan informasi/data berikut ini :

  • Luas lahan(L) = 1 hektar (10.000 m2)
  • Lebar bedengan (Lbd) = 110 cm (1,1 m)
  • Jarak Antar bedengan(Jab)= 60 cm (0,6 m)
  • Jarak tanam dalam barisan (Jtb) = 70 cm (0,7 m)
  • Jumlah barisan (Jub) = 2 barisan
  • Jumlah benih per lubang (Jbl) = 2 benih
  • Daya tumbuh benih (Dt) = 80%
  • Jumlah benih per kemasan (pack) = 1600 benih
  • Berat benih per kemasan = 5 gram

Data tersebut kita masukkan dalamformulanya di atas tadi, maka jumlah kebutuhan benih adalah :

Kenapa Harus Pusing? Begini Cara Menghitung Kebutuhan Benih Tanaman Per Hektar Cepat dan Mudah

JB = 42.016,81  benih tomat,  dibulatkan menjadi42.017 benih tomat per hektar

BerapaGRAM harus disiapkan benih? Atau berapaPACK benih tomat harus dibeli?

Total berat kebutuhan benih = JB/[jumlah isi 1pack benih tomat/ berat isi 1 pack benih tomat]

atau begini lebih jelas :

Kenapa Harus Pusing? Begini Cara Menghitung Kebutuhan Benih Tanaman Per Hektar Cepat dan Mudah

Berdasarkan rumus pada atas, maka diperoleh total berat benih tomat sebagai berikut.

Total berat kebutuhan benih :

= 42.017 benih / [1600 benih/5 gram]

= 131,30 gram benih tomat.

Atau jika dibulatkan menjadi132GRAM benih tomat per hektar (pembulatan angka sebaiknya ke atas, jika ke bawah akan ada kekurangan benih).

Atau mau tau kalau membeli pada bentuk bungkus, berapa kemasan (pack) benih wajib dibeli?

Jumlah bungkus benih :

= 42.017 benih / [1600 benih/ 1 pack]

= 26,26 pack

Angka dibulatkan menjadi27pack  benih tomat New Diego F1 untuk luas lahan 1 hektar.

Baca juga ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

Itulah cara menghitung kebutuhan benih mudah & cepat ala penulis. Apabila berguna silahkan digunakan. Tetapi, jikalau masih terlalu sulit hendaknya dibaca & dicoba hitung sekali lagi. Ketahuilah, seandainya sudah terbiasa, rumus ini sebagai sangat gampang buat dipraktikkan. Sukses selalu, ya.

Catatan : Pembualatan angka ke atas dimaksudkan agar tidak terjadi kekurangan benih. Sebab, angka di belakang koma dari penghitungan tersebut sangat besar pengaruhnya kepada jumlah benih. Contohnya begini :0,2 x 1000 gram = 200 benih. Nah jika pembulatan dilakukan ke bawah (dihilangkan jika dibawah angka 5), akan kekurangan 200 benih. Tentu saja tidak mau kurang, bukan?? .

0 Response to "Kenapa Harus Pusing? Begini Cara Menghitung Kebutuhan Benih Tanaman Per Hektar Cepat dan Mudah | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel