Apa keunggulan Kotoran Sapi Untuk Pupuk Tanaman? | Kebunku

Keunggulan Kotoran Sapi Untuk Pupuk Tanaman -- Kotoran sapi ternyata memiliki segudang keunggulannya. Makanya, tidak aneh ketika petani dan pekebun umumnya menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi untuk memupuk tanaman, baik sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan.  Apa keunggulannya?

Tapi, tunggu sejenak! Mari kita perhatikan apa yg diangkut petani dalam karung ke huma, kotoran sapi atau pupuk kandang? Hmmm..Niscaya pupuk sangkar, bukan kotoran sapi.

Kotoran sapi nir sanggup langsung diaplikasi ke tumbuhan

Kotoran sapi tidak serta merta dapat dimanfaatkan untuk diaplikasikan ke tanaman. Kenapa? Karenakotoran sapi berbeda denganpupuk kandang sapi. Kuk bisa? Yang namanyakotoran sapi itu adalah limbah atau tinja-- yang masih segar atau sudah kering -- hasil pencernaan  dan dikeluarkan dalam bentuk padatan dan cair yang masih tinggi kandungan bahan organiknya (C/N tinggi, lebih dari 20 nilai rasionya).

Oleh karenanya, diangkut kotoran sapi ke kebun atau sawah dan diberikan eksklusif ke media tanam akan mengganggu pertumbuhan tumbuhan. Sungguh sia-sia. Mikroba pengurai (dekomposer) akan mengambih ?Jatah? Nutrisi tanaman sebagai energinya buat merombak bahan-bahan organik yang terdapat dalam kotoran ternak itu.

Kotoran ternak segar poly bibit gulma & penyakit

Tau ‘kan kenapa tidak baik menggunakan kotoran ternak segar untuk tanaman? Dalam kotoran ternak yang masih tinggi kandungan air itu banyak sekali gulma, bibit penyakit dan senyawa-senyawa beracun (toksik).

Jika diaplikasikan ke tanaman , kotoran ternak segar akan mengalami dekomposisi sang mikroba dan menghasilkan panas. Panas ini tentu mengganggu tanaman .

Bahkan, mikroorganisme pengurai akan mengambil unsur hara tersedia kurang lebih perakaran tumbuhan, terutama N, buat energinya pada merombak bahan organik pada kotoran ternak segar (C/N masih tinggi). Akibatnya, tanaman akan mengalami kekurangan hara, khlorosis dan kentara terganggu.

Makanya hati-hati sekali penggunaan kotoran ternak segar. Ia butuh waktu yang relatif lama untuk penguraian kotoran sapi. Setelah sekian lama proses dekomposisi berjalan, akhirnya menghasilkan unsur-unsur hara berupa N, P, K, dan lainnya yang  tersedia untuk tanaman.

Boleh kotoran sapi ditebar pada tanah yang belum diolah, namun harus dalam waktu minimal 3 bulan sebelum pengolahan tanah.Wah, lama banget! Memang harus seperti itu kalau mau kotoran sapi bermanfaat untuk tanaman.

Ubah Kotoran sapi Menjadi Pupuk Kandang

Kotoran sapi segar memiliki bahan organik berupa rantai senyawa karbon yang tinggi. Dalam kotorannya mengandung selulosa, hemiselulosa, lignin, protein, debu, mikroba, dan lain-lain  dengan persentase yang berbeda-beda. Artinya, kotoran belum menyediakan unsur hara untuk tanaman.

Jika ingin kotoran sapi sebagai pupuk sangkar, maka kotoran berbau menyengat itu wajib mengalami prosenya terlebih dahulu. Ketika menjadi pupuk kandang, maka dalam pupuk tadi sudah tersedia nutrisi berupa unsur-unsur hara esensial yang siap dimanfaatkan sang tanaman .

Sekali lagi, jika kotoran sapi mampu dimanfaatkan menjadi bahan pembenah tanah, maka harus diproses, baik secara tradisional maupun dengan tekhnologi pengomposan. Secara alami & tradisional kotoran ternak dikumpulkan/ditimbun dalam tanah hingga mencapai 3-6 bulan.

Setelah waktu tadi maka kotoran sapi sudah berubah sebagai pupuk kandang sapi yg mengandung sejumlah unsur hara makro & mikro pada bentuk tersedia buat flora.

Untuk mempercepat proses penguraian kotoran ternak menjadi pupuk organik yang berkualitas, maka pengomposan merupakan pilihan yg sempurna. Hanya saja kotoran ternak perlu dicampurkan dengan bahan-bahan organik misalnya sekam, jerami, rumput kering, & lain-lain. Dengan bantuan dekomposer misalnya EM4 ? Contohnya ? Dalam ketika 7-15 hari dekomposisi terselesaikan dan pupuk kompos siap digunakan buat tanaman .

Apa keunggulan Kotoran Sapi Untuk Pupuk Tanaman?

Ciri Pupuk Kandang Sapi yang Sudah Matang

Ciri-ciri pupuk kandang dari kotoran sapi yang sudah matang dapat diperhatikan secara fisik. Kalau secara kimiawi memerlukan alat uji khusus seperti yang dilakukan di laboratorium

Beberapa ciri yg terlihat secara fisik adalah nir terdapat lagi bentuk serat pakannya, sudah remah dan nir lengket atau menggumpal, nir lagi berbau spesial kotoran sapi, rona gelap kehitaman menyerupai tanah, dan kadar airnya rendah.

Mengapa Harus Kotoran Sapi Untuk Pupuk?

Yang pertama, pupuk kandang dari kotoran sapi mudah didapatkan karena populasi ternak sapi relatif banyak. Bahkan, jumlahnya sampai puluhan juta ekor yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Populasinya banyak, jumlah kotoran sapi ((feses) jumlahnya juga banyak.

Bayangkan pada 1 ekor sapi mampu membentuk tiga-4 Kg kotoran/tinja segar per hari. Ini sebuah keunggulan yang dimiliki kotoran sapi sebagai akibatnya lebih mudah dikumpulkan buat kebutuhan pupuk kandang yg penggunaannya perlu dalam jumlah poly.

Yang kedua, meski kandungan unsur hara dalam pupuk kandang sapi lebih rendah dari pupuk kandang lain, namun dalam penggunaannya bagus untuk bahan pembenah tanah. Aplikasinya pun bisa untuk berbagai jenis tanaman, baik semusim ataupun tahunan. Ini karena pupuk kandang sapi terdapat sejumlah mikroba pengurai yang dapat meningkatkan jenis dan mikrorganisme tanah.

Keunggulan Kotoran Sapi Ketika Menjadi Pupuk Kandang

Pupuk kandang yang bersumber dari kotoran sapi merupakan salah satu jenispupuk organik. Oleh karena itu pupuk kandang ini memiliki keunggulan dalam memperbaiki sifat-sifat fisika, kimia dan biologi tanah. Berikut ini dapat kita lihat kelebihan pupuk organik, yaitu :

  • Unsur hara makro dan mikro yang lengkap walaupun jumlahnya relatif sedikit.
  • Tanaman lebih tahan dari penyakit
  • Membuat tanah memiliki daya simpan air yang baik
  • Tersedia nutrisi bagi mikroorganisme sehingga aktivitas penguraian bahan organik dalam tanah untuk ketersediaan unsur hara terus berlangsung
  • Tanah menjadi gembur dan mudah untuk pengolahannya
  • Dapat meningkatkankan kapasitas tukar kation (KTK) pada koloid tanah
  • Tidak mudah habis unsur haranya dalam waktu singkat karena mikroba terus bekerja melepaskan unsur hara secara pelan-pelan untuk kesuburan tanah.

Baca jua ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Pupuk NPK Phonska Plus Memembuat Panen Meningkat Karena Ini
  • Awas!! Jangan Salah Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi, Ini Cara yang Benar
  • Cara Cangkok Mangga Agar Cepat Tumbuh, Pakai ZPT ini

Demikian ulasan tentang kotoran sapi untuk tanaman. Semoga postingan ini menambah bahan bacaan dan pengetahuan kita bersama.Oh, iya. Sekedar mengingatkan saja, hati-hati penggunaan kotoran ternak segar yang kandungan bahan organiknya masih tinggi (C/N) karena berdampak buruk pertumbuhan tanaman.

0 Response to "Apa keunggulan Kotoran Sapi Untuk Pupuk Tanaman? | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel