Manfaat Kotoran Kambing Untuk Tanaman Cabe Yang Sering Diabaikan | Kebunku

Manfaat Kotoran Kambing Untuk Tanaman Cabe (Updated by pupuklahan.blogspot.com, 21/01/2020) -- Kotoran kambing ternyata sangat bermanfaat untuk tanaman cabai (cabe-red). Ini disebabkan karena kandungannya yang relatif berbeda dari kotoran hewan yang lain. Ada kandungan unsur hara yang mampu meningkatkan produksi tanaman cabai.

Manfaat Kotoran Kambing Untuk Tanaman Cabe Yang Sering Diabaikan

Kotoran kambing mengandung unsur hara yg lengkap

Meskipun ada kegunaan kotoran kambing buat tanaman cabai, namun tahi kambing yang berbentuk unik, yaitu bundar -bundar misalnya kelereng, coklat sampai hitam warnanya, seringkali dibaikan oleh peternak sendiri juga petani cabe.

Padahal, berdasarkan banyak sekali penelitian sang para pakar, kotoran (limbah) kambing baik padatan maupun cair (urine) mengandung hara yg lengkap.

Bukan hanya lantaran terdapat unsur hara N,P & K sehingga menciptakan adanya kegunaan kotoran kambing. Akan tetapi lebih berdasarkan itu, kotoran kambing pula mengandung sejumlah unsur hara mikro yg jua cukup bermanfaat bagi flora.

Kandungan kimiawi kotoran kambing

Yuk, kita cari tau apa saja kandungan kimiawi (zat-zat kimia) yang ada dalam feses kambing sehingga bermanfaat untuk cabe.

Kotoran kambing ada kalium

Cabe butuh kadar kalium yang tinggi agar kualitas buahnya tinggi, seperti ukuran buah maksimal, warna cerah, rasa pedas dan aromanya mantap. Kalau demikian, apakah tinja kambing mengandung kalium sehingga bermanfaat untuk tanaman cabe? Yuk kita intip

Secara generik yang menciptakan khas kotoran kambing adalah adanya kandungan kalium (K) lebih tinggi. Misalnya saja, apabila dibandingkan dengan pupuk dari kotoran sapi dan kerbau, maka kandungan K pada pupuk dari kotoran kambing lebih tinggi, yaitu sebesar 1-1,2%.

Seperti diketahui bahwa unsur kalium (K) sangat berperan pada pembentukan protein & karbohidrat. Tidak hanya itu, flora dapat melawan terhadap penyakit karena terbentuk antibodi dalam tubuhnya.

Nah, Anda sanggup lihat gejala bila kekurangan hara kalium (K) dalam tanah, maka buah cabai tumbuh nir sempurna dan kecil. Mutunya telah jelas tidak cantik.

Daun cabai mengeriting atau kerut merupakan galat satu kurangnya kalium dalam tanah. Awas, gejala-tanda-tanda itu ujungnya adalah matinya flora kesayangan. Jangan biarkan kekurangan kalium.

Jadi, buat menaikkan kualitas buah & mengatasi keriting daun, pupuk berdasarkan kotoran kambing menjadi galat satu pelengkap nutrisi tumbuhan cabai.

Ada jua N & P dalam kotoran kambing

Manfaat lain berdasarkan kotoran kambing adalah menyediakan unsur hara nitrogen (N) dan fosfor (P) untuk flora cabai. Sebab, kotoran kambing mengandung N dan P yang pula relatif tinggi. Unsur hara tersebut tentu saja sangat diperlukan sang flora cabai buat pertumbuhan & pembungaan/pembuahan.

Bahkan, kalsium (Ca), magnesium (Mg), dan unsur hara mikro lainnya masih ada pada berak kambing. Jadi, ini kentara-jelas menjadi tanda bahwa kotoran kambing sangat berarti menjadi asal nutrisi tumbuhan cabai.

Dengan kata lain, kotoran kambing ini adalah pupuk organik yang bermanfaat dalam meningkatkan hasil tanaman cabe.

Pupuk organik kotoran kambing sangat bernilai lantaran dapat meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK) tanah. Hara-hara seperti N, P, K, & lainnya diikat sang partikel tanah yg bisa ditukarkan dalam ketika flora cabe membutuhkannya.

Tapi, kotoran kambing perlu pengomposan supaya bermanfaat buat tanaman cabe

Sayangnya, kotoran kambing tidak dan merta diberikan pada tumbuhan cabe sebagai pupuk. Karena kotoran kambing segar masih banyak mengandung senyawa organik yg merugikan tanaman dalam saat eksklusif.

Kotoran kambing segar memiliki nilai C/N (nilai karbon dibandingkan nitrogen) lebih besar dari 20 sebagai akibatnya jika diberikan kepada flora akan terjadi kompetisi atau perebutan makanan antara tanaman menggunakan mikroorganisme.

Kuk berebut makanan,sih?­čśů Ya, karena mikroorganisme akan mengambil nutrisi tersedia pada tanaman berupa nitrogen untuk merombak kotoran kambing yang masih tinggi karbonnya. Efeknya adalah tanaman layu dan jika tidak segera ditangani akan “tewas.”

Manfaat Kotoran Kambing Untuk Tanaman Cabe Yang Sering Diabaikan

Supaya kotoran kambing berguna buat tanaman cabe, maka perlu didekomposisi dulu menggunakan melibatkan bakteri pengurai (bioaktivator). Jadi, sehabis kotoran kambing terurai melalui pengomposan, baru sanggup diaplikasikan ke flora.

Kotoran kambing yang telah dikomposkan telah pasti bermanfaat buat tumbuhan cabe. Sebab, kompos kotoran kambing telah ada unsur hara tersedia bagi tanaman . Aktifitas bakteri pengurai pun sudah menurun dan telah melepaskan haranya.

Dengan demikian, unsur-unsur hara yg terkandung pada pupuk kompos kambing (asal bahan kompos berdasarkan kotoran kambing) akan mudah diambil sang flora cabe melalui bulu-bulu akarnya. Ini ialah, Nilai C/N dalam pupuk kompos telah berada dalam nilai lebih mini berdasarkan 20 (C/N baik lima - 20).

Baca juga ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari
  • Cara Membuat Tepung Darah Hewan untuk Meningkatkan Hara Kompos

Berikut ini 11 manfaat pupuk organik (termasuk pupuk kompos kambing) yang nir boleh diabaikan.

  1. Dapat meningkatkan kesuburan tanah karena ada kandungan hara makro dan mikro yang lengkap
  2. Dapat melepaskan hara tanaman posfat (PO4) yang diikat oleh besi dan alumunium sehingga tersedia untuk tanaman
  3. Menggemburkan tanah
  4. Memperbaiki aerasi dan drainase tanah karena terbentuknya agregat tanah yang baik
  5. Mengurangi tercucinya nitrogen (N) terlarut
  6. Meningkatkan nilai kapasitas tukar kation (KTK) yang membuat unsur hara tersedia untuk tanaman
  7. Meningkatkan aktifitas mikroorganisme tanah yang menguntungkan bagi tanaman
  8. Tanaman akan tahan terhadap penyakit
  9. Dengan adanya kompos sebagai perekat partikel tanah, makan daya simpan air lebih tinggi
  10. Memberikan efek positif pada tanaman yang ditanam pada waktu berikutnya.
  11. Perakaran tanaman mudah ditembuskan

Itulah manfaat kotoran kambing buat tanaman cabe. Dengan aplikasi pupuk organik berdasarkan kotoran kambing, maka cabai tumbuh fertile & produktivitas butir cabai tentu saja lebih tinggi.

Tip

Kototoran kambing yang akan dibuat sebagai pupuk kompos, usahakan dihancurkan dulu menjadi lebih halus (relatif mini ) sebelum diaplikasikan untuk tumbuhan cabai atau tumbuhan lainnya.

Tujuan menghaluskan kotoran kambing agar proses dekomposisi sang mikroorganisme lebih cepat & paripurna.

Selain proses dekomposisi cepat, butiran pupuk kompos menurut kotoran kambing yg telah jadi, akan mempunyai bagian atas yang luas sehingga akan bisa menyentuh merata ke setiap partikel tanah & mengikat partikel-partikel tanah menggunakan baik (Last Updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 21/01/2020)

0 Response to "Manfaat Kotoran Kambing Untuk Tanaman Cabe Yang Sering Diabaikan | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel