Pupuk untuk Stroberi agar Subur dan Produksi Buah Lebat | Kebunku

Pupuk untuk Penyubur Stroberi – Pertumbuhan dan produksi buah stroberi tidak maksimal salah satunya disebabkkan oleh pemberian pupuk yang tidak tepat. Tanaman stroberi sangat sensitif terhadap pupuk. Makanya, banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya pupuk untuk stroberi atau tepatnya apa pupuk untuk penyubur tanaman stroberi.

Pupuk untuk Stroberi agar Subur dan Produksi Buah Lebat

Walaupun menurut sisi pengolahan lahan, pembibitan, penanaman stroberi telah cukup mahir dan sudah dilakukan sinkron ?SOP,? Namun itu belumlah relatif. Sebab, pupuk buat stroberi tampaknya sebagai ?S3-nj4ta pamungkas? Dalam budidaya buah stroberi.

Tanpa nutrisi yang tepat jenis, takaran, ketika, & cara pelaksanaan yg sahih, tumbuhan stroberi tumbuh merana & berbuah pun tak berdaya. Ini berarti perlu selangkah lagi yang perlu dipahami & diakukan menggunakan baik, yaitu pupuk dan pemupukan stroberi.

Kondisi tumbuh berpengaruh terhadap produksi stroberi

Sebelum melihat pupuk untuk penyubur stroberi,yuk sekilas saja kita tengok kondisi tumbuh stroberi. Sebab, apapun ceritanya, kondisi ini juga akan berhungungan dengan pertumbuhan dan produksi buah stroberi.

Stroberi ataustrawberry ini merupakan tanaman yang hidup dan tumbuh dengan baik di daerah subtropis dengan tempertur udara sejuk berkisar 10 – 180C. Stroberi juga membutuhkan sinar matahari dari pagi sampai sore yang cukup untuk sintesa zat-zat makanan.

Selain itu, suhu udara buat produktivitas stroberi, tanah buat tumbuh stroberi harus yg subur & banyak mengandung bahan organik. Kesuburan tanah juga bekerjasama eksklusif dengan pH tanah. Jadi, pH tanah yg baik buat menanam stroberi 6,5 ? 7.

Jika pH tanah di bawah atau pada atas nilai tersebut, pantas saja pertumbuhan stroberi terhambat & produksinya rendah. Sebab, banyak unsur hara makro yang tidak tersedia buat nutrisi stroberi.

Stroberi butuh unsur hara makro & mikro

Tanaman stroberi, misalnya tumbuhan lainnya, butuh unsur hara makro dan mikro yang lengkap supaya tumbuh fertile dan produksi butir stroberi banyak serta nir mudah rontok.

Oleh karenanya, pada budidaya butir stroberi supaya bisa dipastikan bahwa pada media tumbuh/tanah tersedia unsur-unsur hara makro misalnya N, P, K, Ca, Mg, & S dalam jumlah yg banyak dan tersedia buat pertumbuhan tanaman stroberi.

Di samping unsur hara makro, unsur hara mikro seperti Mo, Cu, Zn, Mn, Fe, & lainnya juga mesti ada. Unsur hara ini kebutuhannya sedikit, tetapi sangat memilih fertile tidaknya dan tinggi-rendahnya produksi butir stroberi.

Pupuk untuk stroberi mesti tinggi N, P, dan K

Dari sekian poly unsur hara, stroberi menyerap cukup banyak nutrisi nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Unsur-unsur tadi sanggup dicukupi dengan pupuk beragam seperti pupuk NPK atau sanggup jua dari pupuk tunggal, misalnya urea (N), SP-36 (P), & KCL (K).

Secara umum, kebutuhan unsur hara buat pupuk stroberi, yaitu N sebanyak 90 Kg/hektar, P sebesar 120 Kg/hektar, dan K sebesar 60 Kg. Tetapi, kebutuhan tersebut yang sempurna tergantung pada hasil uji tanah (soil test).

Sekadar catatan mini saja, kekurangan atau berlebih sedikit saja unsur hara tersebut, tumbuhan stroberi akan tumbuh kerdil, khlorosis, terbakar, kerontokan bunga & buah, produksi rendah, agresi penyakit, dan seabrek masalah lainnya.

Makanya, di samping jenis, pada aplikasi dosis pupuk buat stroberi mesti sempurna & terus dimonitor. Tujuannya nir lain, agar stroberi tumbuh fertile, sehat & produksi buah stroberi pun tinggi alias lebat.

Pupuk stroberi bentuk larutan lebih ekonomis dan gampang diserap

Kalau mau pupuk buat stroberi bisa diserap optimal, maka pelaksanaan pupuk dalam bentuk larutan sebagai pilihan yg sempurna. Selain bisa diserap optimal, pemupukan pun menjadi lebih hemat menurut sisi kuantitas dan porto yg dikeluarkan.

Mengapa mampu lebih efektif pada bentuk larutan, ya? Kita paham bahwa galat satu cara flora stroberi menyerap nutrisi pada bentuk aliran masa. Artinya, pupuk yg sudah terlarut ke pada air eksklusif mendekati area perakaran. Karena pupuk yang sudah larut dan tersedia di perakaran, maka akar flora dengan gampang dapat menyerapnya.

Jenis pupuk penyubur stroberi

Kalau ditanya pupuk apa buat menyuburkan stroberi? Jawabnya adalah pupuk organik dan anorganik yg mengandung unsur hara makro & mikro.

Untuk pupuk organik banyak sekali seperti pupuk sangkar, kompos, pupuk hijau, pupuk biologi, & lain sebagainya. Tetapi, umumnya, untuk tanaman stoberi diberikan pupuk sangkar sebagai pupuk dasar.

Pupuk kandang meski mengandung unsur hara sedikit, namun pupuk sangkar sebagai penyedia hara yg lengkap termasuk unsur hara mikro. Bahkan, pupuk sangkar sanggup memproduksi hormon pertumbuhan misalnya sitokinin, giberelin, & lainnya untum memacu pertumbuhan stroberi.

Untuk pupuk kandang, bila tersedia, lebih mengagumkan memakai pupuk kotoran ayam yg telah matang. Sebab, pupuk sangkar dari kotoran ayam tinggi kandungan N & P dibandingkan dengan pupuk kandang sapi atau kerbau. Unsur hara ini sangat menghipnotis produksi buah stroberi.

Sedangkan pupuk anorganik buat stroberi pula terbilang banyak. Namun, yg paling mudah diperoleh & sudah umum tersedia di pasar, yaitu pupuk beragam NPK 16:16:16.

Selain NPK tersebut, terdapat pula yang menaruh buat stroberi pupuk NPK 32:10:10. Pupuk menggunakan kadar tersebut diberikan dalam fase pertumbuhan vegetatif.

Pupuk pelengkap cair untuk stroberi

Agar pertumbuhan & produksi buah stroberi mengagumkan & kualitas buahnya tinggi, aplikasi pupuk pelengkap cair (PPC) menjadi suplemen nutrisi flora stroberi. Pupuk PPC ini umumnya diberikan melalui daun menggunakan cara penyemprotan dalam tempo 2-4 minggu sekali.

PPC untuk tanaman stroberi biasanya digunakan yang mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap. Cukup banyak beredar di toko pertanian merek PPC ini seperti Bio KCL, Pupuk Cair KNO3, ada juga Supergro Hujau/Merah, dan segudang merek lainnya. Silahkan search di toko pertanianoffline danonline shop

PEMUPUKAN STROBERI

Setelah mengenal pupuk untuk stroberi, sekarang kita menuju ke pemupukan tumbuhan stroberi. Pemupukan mulai berdasarkan penyiapan huma, vegetatif, dan pembungaan.

Pupuk stroberi waktu penyiapan huma

Pupuk dasar stroberi diberikan saat penyiapan lahan. Pupuk dasar yang diberikan adalah pupuk kandang (lebih bagus dari kotoran ayam). Dosis yang diberikan adalah 15-20 ton per hektar (1,5 – 2 Kg/m2).

Pupuk diberikan dengan cara ditebar di atas bedengan dan dicampur menggunakan tanah secara merata. Biarkan huma tanam yang telah dipupuk selama 1-2 minggu sebelum tanam. Tujuannya supaya tumbuh kegiatan mikroorganisme dalam tanah, dekomposisi bahan organik, & agregat tanah menjadi lebih cantik.

Pupuk buat stroberi masa pertumbuhan vegetatif

Ketika flora stroberi berumur 2 minggu atau kira-kira 14 hari setelah tanam, tanaman ini sudah perlu dipupuk. Karena dalam usia 2 minggu masih berada dalam fase vegetatif, maka stroberi membutuhkan lebih poly unsur nitrogen (N) dibandingkan unsur hara P dan K.

Oleh karena itu, pupuk untuk stroberi yang tepat adalah pupuk NPK yang tinggi N, yaitu NPK 32:10:10. Jika tidak tersedia di pasar, silahkan buat sendiri dari pupuk tunggal.Cara membuat NPK sendiri dapat dibaca di sini ataudi sini

Berapa takaran NPK 32:10:10 & cara aplikasinya? Pupuk majemuk ini dilarutkan dulu pada air. Larutkan sebanyak 30 gr NPK atau kira-kira 15 sdt ke dalam 15 liter air. Aduk-campurkan dan kocok agar pupuk terlarut semuanya. Siramkan ke tumbuhan dengan takaran 150 ml/tumbuhan stroberi.

Pemupukan menggunakan cara pengocoran & takaran yg sama dilanjutkan pada umur stroberi 4, 6, dan 8 minggu atau sampai menjelang stroberi muncul bunganya.

Selain pemupukan dengan NPK 32:10:10, dalam fase vegetatif ini jua perlu diselingi dengan pupuk daun (penyemprotan) yang mengandung unsur hara makro & mikro, khususnya pupuk daun yg mengandung N tinggi. Aplikasi pupuk daun dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Pemupukan lewat daun ini agar penyerapan nutrisi oleh tanaman stroberi sebagai lebih optimal, tidak terjadi kekurangan hara mikro, dan jua memacu pertumbuhan vegetatif tanaman .

Pupuk untuk stroberi ketika berbunga

Menjelang stroberi berbunga atau telah masuk fase pembungaan (generatif) atau kira-kira 45-60 hari selesainya tanam (HST), stroberi dilanjutkan pemupukan dengan NPK 16:16:16.

Cara aplikasinya ; Larutkan NPK sebanyak 250-300 gram ke pada 15 liter air (20 gram NPK/liter air). Aduk-kocok hingga larut semuanya. Siramkan sebanyak 200 mililiter/flora stroberi. Siram tepat di kurang lebih pangkal tanaman , usahakan jangan terkena daun-daun flora.

Pupuk mematangan butir buat stroberi

Ketika tanaman stroberi telah terjadi penyerbukan dan sudah mulai timbul buah, pemupukan tetap dilanjutkan agar nir rontok & kualitas butir stroberi tinggi seperti berukuran dan rasa manisnya.

Pada fase ini, pupuk yang diberikan merupakan pupuk pelengkap cair (PPC) yg mengandung unsur hara kalium yang tinggi. Sebab, galat satu kiprah K merupakan buat meningkatkan kualitas buah selain buat kekebalan tanaman menurut serangan penyakit.

Dan lebih bagus lagi, jika PPC yang digunakan mengandung unsur hara mikro yang lengkap. Untuk pupuk cair ini bisa PPC KNO3, Bio KCL, dan lain-lain.

Baca juga ini :

  • Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras
  • Teknik Menanam Ubi Kayu Agar Produksi Tinggi dan Sesuai Permintaan Pasar
  • Cara Membuat Tepung Darah untuk Meningkatkan Kualitas Kompos

Cara aplikasinya menggunakan cara penyemprotan ke seluruh permukaan daun terutama bagian bawah daun karena pada sana masih ada poly lisan daun (stomata) yg akan menyerap pupuk. Untuk takaran, silahkan dibaca dikemasan pupuk.

BACA JUGA : Tutorial Menanam & Memupuk Stroberi Dalam Pot ; Mudah & Praktis

Demikian tentang pupuk buat stroberi supaya fertile & produksi buah lebat. Semoga postingan ini sebagai pengetahuan pada budidaya flora stroberi atau strawberry khususnya pupuk & pemupukan.

0 Response to "Pupuk untuk Stroberi agar Subur dan Produksi Buah Lebat | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel