Tutorial Menanam dan Memupuk Stroberi Dalam Pot, Mudah dan Praktis | Kebunku

Menanam Stroberi Dalam Pot – Menanam stroberi pada pot bukan asal tanam, tapi perlu dipersiapkan media tanam yang baik. Selain itu, stroberi dalam pot butuh pemupukan yang tepat agar dapat tumbuh dan berbuah banyak sebagaimana stroberi yang ditanam di kebun, sawah, hutan, dan lahan luas lainnya.

Stroberi dalam pot

Menanam tanaman buah dalam pot (Tabulampot) seperti stroberi memang lagingetrend. Apalagi, yang tidak punya lahan luas alias lahan sempit, menanam stroberi dalam pot memang menjadi pilihan yang tepat.

Tutorial Menanam dan Memupuk Stroberi Dalam Pot, Mudah dan Praktis

Dengan penataan yg teratur & rapi, stroberi dalam pot bisa mempercantik perkarangan rumah selain bisa dikonsumsi buahnya.

Oh..Ya, bukan hanya karena rapi penempatan pot, tetapi buah stroberi yang bewarna merah waktu telah matang seolah-olah taman bunga yg begitu indah dan menakjubkan.

Menanam stroberi pada pot rupanya bukan hanya pilihan para pemilik lahan sempit, tetapi juga menjadi pilihan bagi pebisnis sepertigarden-garden yang khusus menjual bibit tanaman stroberi dalam pot. Bahkan, ada juga yang menanam stroberi di kebun, tapi dalam wadah pot.

Baik menanam stroberi pada lahan terbatas juga pada kebun menggunakan pot menjadi wadah tanam, yg niscaya menentukan menanam stroberi dalam pot sangat sempurna. Sebab, salah satu keuntungan menanam dalam pot dalah kemudahan berdasarkan sisi perawatannya.

Bagaimana menanam stroberi pada pot

Okay, bagaimana menanam stroberi dalam pot dan apa pupuknya agar tumbuh subur, cepat berbuah, dan buahnya banyak alias lebat?

Nah, itulah yg akan kita jelaskan pada postingan ini. Kita akan temukan uraian mulai berdasarkan penyiapan bibit stroberi, pemilihan pot, media tanam, cara menanam, pemupukan, dan perawatan tanaman stroberi dalam pot. Semuanya dirangkai dengan cara/tutorial gampang dan praktis.

Menyiapkan bibit

Hal yang pertama sekali buat menanam stroberi adalah bibit. Apakah Sobat telah punya bibit stroberi? Kalau belum punya, siapkan dulu bibit yang yg berkualitas & produktivitasnya tinggi.

Bibit stroberi dapat asal menurut penyemaian biji & bisa pula berdasarkan pemisahan rumpun (anakan). Yang paling poly menjadi pilihan dalam budidaya stroberi adalah bibit yang berasal menurut perbanyakan vegetatif, yaitu pemisahan rumpun.

Sedangkan bibit stroberi dari biji sangat jarang digunakan karena alasan lama berbuah dan buahnya jauh dari sifat-sifat induknya. Tapi, kalau mau lama-lama berbuah , rasanya gak jelas, serta aroma yang kurang sedap, silahkan semai bijinya dulu, he..he..😅😅, selorohaja nih, saya yakin Sobat 'gak mau yang lama berbuah,'kan"

Berikut ini kelebihan bibit stroberi yang akan ditanam dalam pot hasil perbanyakan vegetatif/pemisahan rumpun.

  • Sifat-sifat indukan stroberi diturunkan pada anakannya/generasi baru
  • Cepat berbuah
  • Bibit seragam
  • Pengadaan bibit bisa lebih cepat
  • Tanpa perlu menunggu lama untuk pemindahan ke media tanam dalam pot

Bagaimana cara pemisahan rumpun buat bibit stroberi? Kalau memang jalan mendapatkan bibit stroberi ditempuh melalui pemisahan rumpun/anakan, maka pilihlah indukannya yang telah berbuah 1-2 kali.

Selain itu, pastikan rumpun berasal dari tanaman stroberi dengan produktivitasnya tinggi, ukuran buahgede, rasanyaok, aroma buah mantap, induknya sehat, tak penyakitan, dan jauh dari serangan hama.

Udah dapat induk stroberi? Kalau udah ada, begini cara pemisahan rumpunnya.

  • Pisahkan rumpun dari induknya
  • Pisahkan masing-masing anakan
  • Semai ke dalam polybag (1 polybag, 1 anakan) yang telah diisi media semai (media semai terdiri dari campuran tanah, kompos/pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1)
  • Siram bibit stroberi secukupnya dan rutin
  • Tempat di tempat yang ternaungi dari panas dan hujan selama 4-7 hari
  • Setelah melewati waktu tersebut, tempatkan bibit pada tempat yang terkena sinar matahari (usahakan mendapat sinar matahari pagi)
  • Jika bibit sudah tumbuh dan tampak sehat (+/- usia 1 bulan), bibit siap dipindahkan ke media tanam dalam pot

Itulah cara pembibitan secara vegetatif atau pemisahan rumpun indukan stroberi. Nah, kalau tidak punya indukan stroberi, bagaimana? Tenang dan jangan panik 😅.

Bibit stroberi dapat Sobat beli pada penyedia, penangkar,garden,online shop, tetangga atau teman-teman di sekitar mungkin punya bibit stroberi, dan lainnya.

Tetapi, jikalau membeli bibit stroberi menurut tempat-tempat tersebut, harap dipastikan bahwa bibit tadi berasal dari indukan yg sehat, berkualitas, output perbanyakan vegetatif, & varietas yang jelas.

Memilih pot untuk menanam stroberi

Ketika berbicara pot atau mendengar istilah pot jangan eksklusif terbayang ke wadah yang terbuat menurut bahan plastik misalnya pot bunga. Yang namanya pot buat menanam stroberi sebenarnya cukup banyak misalnya polybag, pot berdasarkan bahan semen, karung/sak, & lain sebagainya.

Karena sedemikan banyak jenis pot dengan berbagai bahan asalnya, maka pilihlah pot yang bagus, relatif murah, tahan lamai, tidak lekang/rusak karena panas matahari, tidak lapuk karena hujan, dan pastinya berkualitas. Yang masuk kategori tersebut, Mungkin polybag relatif bagus dan tahan lama, benarkah?

Sedangkan ukuran pot, pilih pot dengan ukuran 40 x 50 atau setidaknya pot memiliki diameter 20 cm.

Menyiapkan media tanam dalam pot

Media tanam stroberi sangat memilih pertumbuhan dan produktivitasnya. Sebab, media tanam atau media tumbuh menjadi tempat menyebarnya akar-akar tumbuhan mencari nutrisi.

Itu berarti media tanam stroberi wajib gembur, poros, nir terlalu asam/basa, mengandung bahan organik, bebas hama dan penyakit, & memiliki drainase yang baik.

Nah, buat membuat media tanam stroberi yg baik perlu disiapkan bahan-bahan berikut adalah.

  • Pupuk kandang
  • Kompos
  • Pasir
  • Arang sekam
  • Sekam padi
  • Tanah

Lho, kuk banyak sekali bahan untuk media tanam? Bahan-bahan tersebut untuk alternatif membuat media tanam dan dapat dipilih salah satu mana yang mudah dan praktis.

Alternatif 1 ; Buat media tanam dengan campuran tanah, kompos, dan pasir dengan perbandingan 2 : 1 : ½.

Alternatif 2 : Buat media tanam dengan campuran tanah,pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Alternatif 3 ; Buat media tanam dengan campuran tanah, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Setelah media tanam dibuat, selanjutnya diisi ke dalam pot. Isikan ? Pot saja. Biarkan media tanam selama 1 minggu sebelum tanam supaya lebih kompak.

Jika media tanam agak masam (idealnya untuk stroberi pH 5,6 -6,5) tambahkan dolomit sebanyak 1% dari berat media tanam. Oh, ya ..agar bebas dari hama tanah/nematoda, tambahkan juga Furadan 3GR sesuai dosis di kemasan ke dalam media tanam.

Menanam stroberi pada pot

Bibit stroberi yang telah tumbuh pada media semai sudah bisa dipindahkan ke dalam media tanam dalam pot. Penanaman sebaiknya dilakukan dalam sore hari agar bibit nir stres ataupun layu.

Berikut ini cara menanam bibit stroberi ke pada pot

  • Siram bibit dalam media semai/polybag secukupnya
  • Buka polybag secara hati-hati agar tanah yang melekat pada akar tidak rusak
  • Buat lubang tanam
  • Tanam bibit stroberi tepat di tengah pot
  • Tutup lubang tanam dengan tanah dan padatkan agar bibit tidak goyah
  • Siram secukupnya
  • Tempatkan tanaman stroberi dalam pot dengan rapi pada tempat yang telah disiapkan

Memupuk stroberi dalam pot

Tanaman stroberi yang telah berada pada pot segera diberikan nutrisi/pupuk agar tumbuh fertile, tumbuh tunas, dan daun-daunnya jadi lebih hijau.

Pemupukan stroberi dalam pot dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu umur 7-10 hari sesudah tanam & 50-60 hari selesainya tanam.

Berikut ini pupuk & cara pemupukan stroberi dalam pot.

Pemupukan ketika 7-10 hari setelah tanam ; Pupuk yang diberikan adalah 5 gram urea, 3 gram SP-36, dan 2 gram KCL. Cara aplikasinya, pupuk dibenamkan di sekeliling tanaman stroberi dengan jarak dari pangkalnya 10-15 cm dan kedalaman 10-15 cm.

Selain pemupukan dengan cara dibenamkan, pemupukan menggunakan pupuk daun (pupuk daun yg tinggi kandungan N) bisa dilakukan setiap dua minggu sekali sampai menggunakan umur flora menjelang pembungaan.

Pemupukan ketika 50-60 hari setelah tanam ; Pupuk yang diberikan adalah 2 gram urea, 5 gram SP-36, dan 3 gram KCL. Cara aplikasinya, pupuk dibenamkan di sekeliling tanaman stroberi dengan jarak dari pangkalnya 10-15 cm dan kedalaman 10-15 cm.

Agar menghasilkan buah stroberi yg berkualitas, lengkapi pemupukan dengan pupuk pelengkap cair (PPC). Pemupukan dilakukan dengan penyemprotan.

Pemupukan dengan PPC seperti PPC KNO3 (pupuk pelengkap yang tinggi kandungan K) dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Penggunaan PPC ini agar buah stroberi berkualitas  tinggi seperti ukuran, rasa dan aromanya.

Baca juga ini :

  • Pupuk untuk Stroberi agar Subur dan Produksi Buah Lebat
  • Cara Stek dan Merawat Sirih Merah Dalam Pot
  • Cara Budidaya Melon Dalam Pot
  • Mudahnya Menanam Ubi Jalar dalam Pot dan Hasil Pun Tak Usah Ragu

Perawatan stroberi pada pot

Tanaman stroberi yg tumbuh pada pot tidak terlepas menurut gulma atau rerumputan liar. Oleh karena itu, lakukan penyiangan secara berkala agar stroberi tumbuh fertile tanpa kompetitor nutrisi.

Jaga kelembaban media tumbuh stroberi tetap lembab. Siram secukupnya & teratur. Apabila hujan, berarti nir perlu diairi/disiram.

Bahkan, setiap kali pemupukan, jangan lupa media tumbuh stroberi tetap disiram agar pupuk cepat terlarut & segera bisa diserap tumbuhan stroberi.

Demikian cara menanam stroberi pada pot. Yang penting buat media tanam yg cantik sesuai dengan kondisi tumbuh stroberi & cukupi nutrisi/pupuk baik jenis maupun jumlahnya.

Jika langkah-langkah dalam tutorial ini dilakukan dengan tepat, stroberi  dalam pot tumbuh subur dan produktivitasnya tinggi, ukuran buah besar, rasanya mantap, dan aromanya mengundang selera. Salam...

0 Response to "Tutorial Menanam dan Memupuk Stroberi Dalam Pot, Mudah dan Praktis | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel