Budidaya Tanaman Hidroponik? Aneh Kalau Belum Mengenal dengan Alat dan Bahannya Ini | Kebunku

Mengenal Alat dan Bahan Hidroponik -- Jika Anda sudah tertarik dengan hidroponik, maka perlu mengenal lebih jauh dengan peralatan dan bahan hidroponik. Jadi, bicara hidroponik bukan hanya tentang media dan nutrisi, tetapi termasuk perlengkapan hidroponik dalam operasionalnya. Apa saja alat dan bahan hidroponik?

Dalam postingan ini ada sejumlah alat dan bahan hidroponik beserta fungsinya untuk budidaya tanaman secara hidroponik. Beberapa peralatan hidroponik tersebut mungkin cocok dan menjadi pilihan untuk Sobat.Yuk, kita lihat satu persatu.

Budidaya Tanaman Hidroponik? Aneh Kalau Belum Mengenal dengan Alat dan Bahannya Ini

MEDIA HIDROPONIK

Yang dimaksud menggunakan media pada sistem hidroponik merupakan wadah buat menampung larutan yang mengandung pupuk & jua menjadi loka memberikan pot/netpot, Karena itu, sebelum menanam sayuran perlu mengenal alat-alat media hidroponik, yaitu :

Pipa

Salah media atau wadah hidroponik adalah pipa. Biasanya buat menanam sayuran secara hidroponik digunakan pipa PVC. Jadi menggunakan pipa PVC, menanam sayuran sanggup menggunakan vertikultur dan horizontal.

Bahkan, untuk hidroponik model Nutrient Film Technique (NFT) atau model akar tumbuhan menyentuh lapisan larutan nutrisi, penggunaan pipa PVC sangat cocok.

Budidaya Tanaman Hidroponik? Aneh Kalau Belum Mengenal dengan Alat dan Bahannya Ini
Pipa Hidroponik. Gambar : Dokpri

Pipa mesti dipilih yang sempurna baik dari sisi ukuran dan ketebalan. Ukuran pipa PVC buat menanam sayuran digunakan pipa menggunakan ketebalan sedang dan ukuran diameternya dua,5? ? 3 ? (inch). Masalah berukuran pipa jua diadaptasi menggunakan tumbuhan dan netpot yang akan digunakan.

Talang air

Pilihan lain buat media hidroponik merupakan talang air. Talang air dibentuk sedemikian rupa sebagai akibatnya sanggup menampung larutan mineral sebagai nutrisi tanaman .

Styrofoam

Styrofoam bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk menyalurkan hobi bercocok tanam hidroponik. Biasanya streofoam dipakai untuk hidroponik sistemwick atau menggunakan sumbu dari kain planel.

Wadah yg biasanya dipakai untuk butir-buahan atau es ini ringan & tahan usang. Selain itu, styrofoam sangat gampang dilubangi buat loka memberikan pot.

Botol air mineral bekas

Botol air mineral bekas pun mampu dipakai buat media hidroponik. Tapi, botol air mineral kurang baik buat hidroponik lantaran transparan. Artinya, media yg dapat ditembusi sinar mentari akan cepat tumbuh lumut atau tanaman air dan akan mengganggu pertumbuhan flora hidroponik.

Bambu

Kalau tidak terdapat media lain, bambu pun mampu untuk menanam sayuran hidroponik. Malahan media hidroponik berdasarkan bambu sebagai unik atau klasik. Sayangnya, buat melubangi bambu sebagai ruang netpot terbilang sulit.

Jiregen

Media lain yg bisa dipakai buat menanam hidroponik merupakan jirigen. Banyak sekali jirigen bekas yang terbuang. Dengan sedikit kreatif, seperti penataan, menanam sayuran hidroponik pada jirigen menjadi pilihan buat mempercantik taman selain memetik sayurannya.

POT ATAU NETPOT

Netpot salah satu perlengkapan budidaya tanaman hidroponik. Netpot digunakan sebagai media menempatkan flora dalam instalasi hidroponik.

Netpot hidroponik sanggup dibeli di toko pertanian. Berbagai ukuran & model tersedia di sana. Tapi, jikalau mau berkreasi sendiri, Anda bisa menggunakan gelas air mineral bekas.

SUMBU HIDROPONIK

Sumbu hidroponik umumnya digunakan kain planel. Kain ini bisa menyerap larutan nutrisi dengan baik dan tahan usang.

Namun, model hidroponikNFT (Nutrient Film Tehcnique) tidak digunakan kain planel karena nutrisi bersentuhan dengan akar tanaman. Kain planel digunakan sebagai sumbu pada hidroponik modelWick.

BAK AIR NUTRISI HIDROPONIK

Bak air buat menampung larutan nutrisi merupakan bagian dari alat-alat hidroponik. Bak air ini dibutuhkan jika memakai instalasi hidroponik berupa media pipa atau sejenisnya.

Ada berbagai macam pilihan untuk  bak air nutrisi hidroponik, mulai dari bentuk kubus sampai dengan model ember atau baskom. Prinsipnya dalam pemilihan bak air adalah dapat menampung nutrisi hidroponik dan kuat/tidak mudah pecah.

ALAT DAN BAHAN OPERASIONAL HIDROPONIK

Dalam budidaya sayuran hidroponik, sebenarnya perlu jua alat-indera operasional lainnya supaya tumbuhan bisa tumbuh sesuai dengan syarat-syaratnya. Alat hidroponik tersebut adalah :

  • pH meter
  • TDS meter
  • Pompa
  • Gelas ukur
  • Corong

Itulah beberapa alat-alat pendukung dalam operasional hidroponik. Mari kita lihat kegunaannya satu persatu.

PH meter berguna buat mengukur derajat keasaman atau pH larutan pupuk hidroponik. PH meter ini jua dipakai waktu memakai air sumur atau air sungai sebagai pelarut pupuk. Jadi, air tersebut wajib diukur dulu pH-nya sebelum dipakai.

TDS singkatan dariTotal Dissolved Solids. TDS meter ini alat untuk mengukur zat-zat atau partikel terlarut. Dalam hal ini mengukur partikel pupuk terlarut dalam larutan hidroponik yang dinyatakan dalam satuanpart per million (ppm).

Pompa hidroponik diperlukan dalam operasional untuk peredaran larutan nutrisi. Jadi, dengan adanya sirkulasi, aerasi lancar dan partikel-partikel pupuk nir mengendap.

Alat operasional hidroponik gelas ukur bermanfaat buat mengukur volume larutan pupuk ketika dibuat. Misalnya, pada menciptakan larutan pekat pupuk hidroponik AB Mix, gelas ukur ini sangat diperlukan supaya volume atau konsentrasi campuran tidak salah .

Corong keliru satu opsi alat hidroponik. Corong ini berfungsi untuk memudahkan mengisi larutan hidroponik ke dalam wadah atau tandon.

GREENHOUSE HIDROPONIK

Perlengkapan lainnya untuk mendukung dan melindungi pertumbuhan tanaman hidroponik dibutuhkan ruang khusus yang memiliki atap dan dinding. Perlengkapan ini biasa disebut dengangreenhouse.

Greenhouse ini memiliki ruang dengan atap dapat dilewati sinar dan terlindungi dari angin dan hujan. Bahkan, rumah yang didesain dapat diatur sirkulasi udara dengan baik.

Nah, bila menanam sayuran hidroponik pada rumah atau skala hobi, sebaiknya jua diberi pelindung supaya nir diguyur hujan. Sebab, bila terkena hujan, maka konsentrasi larutan pupuk menjadi rendah & hilang.

MEDIA TANAM HIDROPONIK

apabila Anda pernah memperhatikan netpot hidroponik, Anda akan melihat pada dalamnya berisi media tanam/media tumbuh tanaman . Media tanam hidroponik ini menjadi bagian perlengkapan hidroponik karena berfungsi menjadi penyangga flora supaya dapat berdiri tegak.

Banyak sekali media tanam hidroponik yg bisa dipakai & sebagian akbar media tersebut ada di sekitar kita. Namun, media tanam yg baik wajib yang steril dan tahan lama atau mampu digunakan buat beberapa kali.

Setidaknya ada 12 media tanam hidroponik yang telah dikenal, yaitu :

  • Sabut kelapa (natural)
  • Sekam padi
  • Arang sekam
  • Serbuk gergaji
  • Jerami
  • Cocopeat (sabut kelapa sudah steril atau produk olahan industri)
  • Rockwool (dari batuan vulkanis)
  • Pasir
  • Kerikil
  • Vermiculite
  • Busa spons
  • Perlite

BACA JUGA : Menyulap Sabut Kelapa Menjadi Cocopeat dengan Teknologi Sederhana buat Kebutuhan Sendiri

Nah, itulah media tanam hidroponik baik yang natural maupun yang sintesis. Jika menggunakan yang natural seperti jerami, sabut kelapa, serbuk gergaji, dan  lainnya, maka media tersebut harus disterilkan dulu agar tidak tumbuh jamur patogen.

NUTRISI HIDROPONIK

Setelah aneka macam alat-alat dan bahan hidroponik telah ada, ingat satu bahan lagi, yaitu nutrisi atau pupuk hidroponik.

Ada berbagai macam pupuk yg bisa dipakai dalam budidaya tumbuhan hidroponik. Ada yg buatan misalnya pupuk AB Mix dan ada pula pupuk organik cair.

Budidaya Tanaman Hidroponik? Aneh Kalau Belum Mengenal dengan Alat dan Bahannya Ini
Budidaya bawang merah dengan nutrisi hidroponik

Baca jua ini :

  • Teknik Membuat Larutan Pupuk Hidroponik AB Mix Siap Pakai
  • Tips Merawat Cabe Rawit dan Meremajakan Cabe Rawit Tua

Berbagai merek pupuk hidroponik tersedia di pasar atau toko pertanian. Bahkan, sanggup juga digunakan pupuk cair racikan sendiri. Demikian alat dan bahan hidroponik. Terima kasih sudah hadir pada pupuklahan.Blogspot.Com dan salam sukses, ya

0 Response to "Budidaya Tanaman Hidroponik? Aneh Kalau Belum Mengenal dengan Alat dan Bahannya Ini | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel