Teknik Gampang Membuat Larutan Pupuk Hidroponik AB Mix Siap Pakai | Kebunku

Teknik Membuat Larutan Pupuk Hidroponik -- Salah satu pupuk hidroponik yang lazim digunakan adalah pupuk AB Mix. Pupuk ini dilarutkan dulu ke dalam air sebelum digunakan untuk nutrisi tanaman. Konsentrasi atau kepekatan larutan pun berbeda dalam setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Nah, untuk itu, bagaimanacara gampang membuat larutan siap pakai pupuk hidroponik AB Mix?

Teknik Gampang Membuat Larutan Pupuk Hidroponik AB Mix Siap Pakai
Ilustrasi Pupuk Hidroponik AB Mix.

Gambar : Dokpri

Sebenarnya, jika Anda mau membaca, cara membuat larutan pupuk hidroponik sudah tertera pada kemasan pupuk AB Mix. Namun, kalau Anda mungkin masih bingung,yuk kita buat dengan mengambil contoh pupuk AB Mix yang ukuran isi 250 gram untuk 1 liter pekatan.

Menyiapkan larutan pekatan AB Mix

Kita perlu menyiapkan larutan pekat pupuk hidroponik AB Mix sebelum dipakai. Dengan sudah menyiapkan larutan ini, akan memudahkan pada pemakaian nantinya, ya tinggal ambil sinkron menggunakan kebutuhan. Langkahnya menjadi berikut :

  • Anda perlu menyiapkan 2 buah botol ukuran isi 1 liter. Botol bekas air mineral boleh digunakan
  • Masing-masing botol diberikan tanda. Untukbotol pertama, berikantanda A danbotol kedua, berikantanda B dengan menggunakan spidol/alat tulis.
  • Isi air sumur sebanyak 400 ml ke dalam botol A dan 400 ml ke dalam botol B
  • Buka kemasan/kantong pupuk AB Mix. Ambil yang kantong A dan larutkan ke dalam air pada botol A. Aduk-aduk hingga merata. Tambahkan air hingga volume larutan dalam botol A menjadi 500 ml.
  • Ambil lagi kantong AB Mix yang berisi pupuk B beserta unsur mikro warna hijau (dalam kantong kecil). Larutkan ke dalam air pada botol B. Aduk-aduk hingga merata. Tambahkan air hingga volume larutan dalam botol B menjadi 500 ml.

Teknik Gampang Membuat Larutan Pupuk Hidroponik AB Mix Siap Pakai
Ilustrasi Membuat Larutan Pekat AB Mix

Gambar : Dokpri

Nah, kini sudah ada dua botol larutan pekat AB Mix seanyak 1 liter. Masing-masing botol sudah berisi larutan AB Mix sebanyak 500 mililiter (botol A 500 ml dan botol B 500 ml).

Cara membuat larutan AB Mix siap gunakan untuk memupuk flora

Untuk nutrisi sayuran hidroponik nir boleh memakai larutan yang konsentrasinya sangat pekat. Bukannya tumbuh, tetapi sayuran meninggal seketika. Karenanya, perlu selangkah lagi buat menyiapkan larutan yang siap gunakan.

Setiap fase pertumbuhan tumbuhan, konsentrasi pupuk hidroponik yang diberikan tidak selaras. Jadi, dalam penggunaan larutan pupuk harus diadaptasi menggunakan perkembangan flora.

Membuat larutan AB Mix untuk kebutuhan pembibitan/semai :

  • Untuk membuat 1000 ml (1 L) larutan pupuk AB Mix yang siap pakai untuk fase semai, maka siapkan dulu air sumur atau air bersih sebanyak 900 ml dalam gayung/ember (sebaiknya dalam gelas ukur karena ada ukuran volumenya).
  • Ambil sebanyak 3 ml larutan pekat dalam botol A, larutkan ke dalam air yang sudah disiapkan tadi pada langkah di atas (botol yang berisi 900 ml). Aduk-aduk hingga merata.
  • Ambil lagi sebanyak 3 ml Larutan pekat yang ada pada botol B, larutkan ke dalam air yang sudah berisi larutan A tadi dan aduk hingga merata.
  • Tambahkan air lagi ke dalam larutan yang sudah dilarutkan larutan pekat A dan B sampai total volumenya 1000 ml.

Teknik Gampang Membuat Larutan Pupuk Hidroponik AB Mix Siap Pakai
Ilustrasi Membuat Larutan Pupuk AB Mix Siap Pakai

Gambar : Dokpri

Itu tadi baru saja kita membuat larutan pupuk AB Mix siap pakai sebanyak 1 liter. Kalau kebutuhan pupuk siap pakai sebanyak 2 liter, maka penambahan masing-masing larutan pekat AB Mix dikali 2.  Contohnya, 6 ml larutan pekat A dan 6 ml larutan pekat B dilarutkan ke dalam 2 liter air. Demikian seterusnya.

Untuk fase vegetatif ;

Fase vegetatif ini merupakan masa pertumbuhan flora yang mencakup pertumbuhan btg, tunas dan daun. Jadi, pada fase ini konsentrasi pupuk hidroponik AB Mix tidak selaras menggunakan saat semai.

Caranya sama dengan membuat larutan pupuk AB Mix siap pakai dalam fase semai. Yang tidak sama hanya konsentrasi larutan pekat A & B yang dibubuhi.

Pada fase vegetatif, tambahkan sebanyak lima mililiter larutan pekat dalam botol A dan 5 ml larutan pekat pada botol B, larutkan dalam 1 liter air.

Untuk kebutuhan larutan pupuk AB Mix siap gunakan dua liter atau lebih, tinggal kalikan saja kelipatan pengunaan larutan pekat A & B. Misalnya buat 2 liter, maka larutan pekat AB Mix yang dipakai sebesar 10 mililiter A dan 10 ml B.

Untuk fase generatif ;

Nah, bila telah masuk masa/fase generatif seperti pembungaan & telah berbuah, maka naikkan konsentrasi larutan pekat AB Mix buat pupuk hidroponik siap gunakan.

Caranya sama menggunakan membuat larutan pupuk AB Mix siap pakai pada fase semai. Yang tidak sinkron hanya konsentrasi larutan pekat yang ditambahkan.

Pada fase generatif, masukkan sebesar 7 mililiter larutan pekat pada botol A dan 7 ml larutan pekat pada botol B, larutkan dalam 1 liter air.

Kalau butuh 10 liter larutan pupuk AB Mix siap pakai untuk fase generatif, bagaimana caranya?  Caranya ; kalikan saja volume kebutuhan dengan masing-masing volume larutan pekat A dan B standar 1 liter untuk fase generatif.

Begini,nih, 10 x 7 ml larutan pekat A dan 10 x 7 ml larutan pekat B. Maka jadinya adalah 70 ml larutan pekat A dan 70 ml larutan pekat B.  Larutkan dalam 10 liter air dan Aduk hingga merata. Demikian seterusnya untuk setiap kebutuhan volume pupuk AB Mix siap pakai.

Catatan :

Setiap kemasan AB Mix berbeda-beda beratnya. Ada yg kecil menggunakan berat 250 gram & ada yg akbar dengan beratnya 1 Kg. Karena bhineka, maka volume menciptakan larutan pekat A & B jua tidak selaras. Jadi, Silahkan Anda baca dulu petunjuk dalam bungkus sebelum membuat larutan pekatan.

Baca Juga :

  • Cara Membuat Arang Sekam Untuk Media Tanam
  • Jenis Sayuran Hidroponik yang Prospektif dan Praktis Budidayanya

Pupuk hidroponik AB Mix yg kita untuk tadi dengan larutan pekat 1000 ml (500 ml A 500 mililiter B), bisa dipakai hingga 100 liter pupuk hidroponik siap pakai. Tapi, khusus apabila dipakai buat memupuk sayuran (vegetatif) menggunakan konsentrasi lima mililiter A lima mililiter B per liter larutan. Rumusnya begini, [(500 ml larutan pekat A 500 ml larutan pekat B)/(5 ml A 5 ml B)] = 100 liter.

Itulah Sobat teknik menciptakan larutan pupuk hidroponik AB Mix yang siap pakai. Selamat memupuk sayuran hidroponik dan salam sukses, ya.

0 Response to "Teknik Gampang Membuat Larutan Pupuk Hidroponik AB Mix Siap Pakai | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel