InilahCara Mengatasi Buah Nangka Yang Sering Busuk Di Pohon

Hai sahabat petani, apakah Anda senang butir nangka? Jawabannya mampu iya, sanggup jua nir! Tapi, sepertinya kebanyakan masyarakat menyukai buah ini. Mengapa? Ya lantaran rasanya yang manis, lezat dan aromanya pun menggugah selera.

Oleh karenanya, seiring meningkatnya pendaftar buah nangka, maka semakin tinggi jua permintaan nangka di pasaran. Buktinya, nangka matang atau nangka yang masih muda selalu laku manis apabila disediakan sang penjual.

Dalam menghadapi banyaknya permintaan ini, saya melihat poly petani yang mulai menanam dan membudidayakan buah nangka di ladang mereka. Ya meskipun tidak dibudidayakan dalam jumlah besar , akan tetapi satu sampai sepuluh pohon, umumnya akan menghiasi kebun petani sebagai lebih ramai lagi.

Memang aku akui, mempunyai pohon nangka itu benar-benar menguntungkan. Tapi, ya itu tadi, petani wajib menjaga lebih ekstra buah nangka tanamannya agar tidak busuk. Masalahnya, dalam umumnya nangka yg masih muda akan dihinggapi lalat butir. Kemudian lalat itu akan bertelur pada kulit nangka, dan menetaskan ulat-ulat yang siap menggerogoti daging nangka hingga membusuk.

Nah, jadi bagaimana cara mengatasinya supaya buah nangka tidak busuk pada pohon? Caranya gampang kok! Ikuti saja langkah demi langkah di bawah ini.

1. Siapkan karung yang cantik, pada artian tidak berlubang

Karung ini nantinya akan kita pakai untuk membungkus butir nangka yang masih mini agar nir sanggup disentuh sang lalat butir. Tapi usahakan karungnya besar , supaya butir nangka nir sesak ketika menjadi akbar.

2. Siapkan tali pengikat

Tali ini akan kita gunakan buat mengikat mulut karung supaya tertutup kedap, sebagai akibatnya tidak ada lubang lagi yang menjadi celah bagi lalat buat masuk ke butir nangka. Selain itu, dengan mengikat ekspresi karungnya pada btg buah nangka, ini agar karung nir terlepas & terjatuh.

Tiga. Siapkan tangga

Tangga akan kita pergunakan buat memanjat pohon nangka apabila buahnya cukup tinggi.

4. Nah, termin selanjutnya bungkuslah butir nangka menggunakan karung yang sudah kita persiapkan tersebut seperti gambar pada bawah ini.

Lima. Ikatlah ekspresi karung pada btg buah nangka menggunakan sewajarnya saja, dalam artian tidak terlalu bertenaga tidak jua terlalu longgar.

Nah, dengan proses terakhir yaitu mengikat ekspresi karung tersebut, berarti langkah ini sudah selesai. Gampang kan? Selain itu cara ini tidak terlalu membutuhkan banyak kapital, dan Anda pun nir harus berulang-ulang mengusir hama dalam nangka yang sudah terbungkus. Lihat gambar di bawah ini.

Tapi, tetap saja cara ini juga ada kekurangannya. Jadi kekurangannya adalah sangat sulit untuk menjangkau dan membungkus buah nangka yang ada di pucuk ranting yang kecil. Meskipun begitu, cara ini menurut saya adalah yang terbaik untuk melindungi nangka dari lalat buah untuk saat ini.

Baiklah, demikian goresan pena saya mengenai cara mengatasi buah nangka yg seringkali busuk, semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila Anda memiliki pengalaman yang lebih baik mengenai mengatasi nangka yang acapkali rusak pada pohon, silahkan bagikan di sini. Terima kasih..

0 Response to "InilahCara Mengatasi Buah Nangka Yang Sering Busuk Di Pohon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel