Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya. | Kebunku

Membuat MOL Bonggol Pisang -- Pernahkah Anda melihat bonggol pisang? Bagian pangkal pisang yang berbentuk umbi itu rupanya sangat bermanfaat dalam menyuburkan tanah. Sebab, bonggol pisang mengandung sejumlah besar jasad renik atau yang sering disebut MOL (mikroorganisme lokal).

Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya.

Mikroorganisme yg didapatkan berdasarkan proses fermentasi bonggol pisang memiliki kemampuan yg super dahsyat dalam merombak bahan-bahan organik tanah. Bahkan, hasil ?Kerja kerasnya? Itu dapat menyehatkan tanah & menyediakan hara bagi tanaman .

Makanya, kalau melihat bonggol pisang jangan biarkan begitu saja. Manfaatkan bonggol pisang untuk memupuk tanaman. Tapi, harus tau caranya agar bonggol pisang bermanfaat untuk tanah dan tanaman. Caranya sangat simpelbin sederhana, yaitu mengolahnya menjadi MOL bonggol pisang atau disebut juga pupuk organik cair (POC).

Kandungan Nutrisi bonggol pisang

Namun, sebelum kita mencoba membuat MOL bonggol pisang dan cara pemanfaatannya menjadi pupuk organik cair, kita lihat sekilas keunggulannya. Bonggol pisang sangat kaya dengan nutrisi. Coba lihat, para peneliti bilang dalam bonggol pisang mengandung kalori, karbohidrat, lemak, protein, terdapat kalsium, fosfor, besi dan sejumlah vitamin, terutama vitamin B.

Bahkan, alasan lain orang begitu tertarik buat menciptakan MOL bonggol pisang karena MOL bonggol pisang bisa mer_4_ngsang pertumbuhan tumbuhan menggunakan baik. Kenapa? Sebab, bonggol pisang mengandung hormon pengatur tumbuh (growth regulator) atau sering dikenal menggunakan ZPT. Hormon yang dimaksud adalah giberelin dan sitokinin.

Dari sisi kandungan unsur hara, kompos bonggol pisang tak perlu diragukan. Unsur hara makro & mikro nisbi lengkap. Ini adalah komposisi yg niscaya bisa meningkatkan produktivitas tanaman . Yuk, kita lihat kandungan unsur hara bonggol pisang pada Tabel ini dia.

Sumber : Suhastyo (2011) pada Bahtiar, S.A.Dkk

Mikroorganisme Lokal

Adanya karbohidrat dalam bonggol pisang, ini merupakan potensi untuk berkembangnya mikrooragisme lokal atau MOL. Mikroorganisme tersebut akan memainkan perannya sebagai dekomposer untuk merombak bahan-bahan organik. Beberapa mikroba berukuran mikro yang sudah ditemukan oleh para ahli sepertiAzospirillium sp, Bacillus sp, Aeromonas sp., Aspergillus sp, Azotobacter sp dan sejumlah mikroorganisme bermanfaat lainnya.

MOL yg dihasilkan dari pengolahan bonggol pisang akan memiliki banyak sekali perannya yang membawa laba pada bidang pertanian. Beberapa kiprah MOL bonggol pisang dapat dicermati di bawah ini, yaitu :

  • Sebagai Dekomposer ; akan berperan dalam merombak bahan-bahan organik sehingga tersedianya unsur hara makro dan mikro dan bahkan memperbaiki sifat fisika, kimia dan biologi tanah.
  • Sebagai Biofungisida/Agen hayati ; pengendali penyakit tanaman karena MOL akan menjadi parasit bagi jamur merugikan tanaman
  • Sebagai Biofertilizer ; bisa berfungsi sebagai pupuk organik atau pupuk hayati karena mampu menyediakan hara untuk tanaman sehingga dapat menyuburkan tanah dan meningkatkan produksi tanaman.

Sungguh menarik, bukan untuk membuat MOL bonggol pisang? Jika dimanfaatkan secara kontinyu, ada kemungkinan tidak perlu lagi membeli pupuk kimia yang mahal dan membuat struktur tanah rusak. Benar,lho. Pada prinsipnya memang tugas kita memberi makan pada tanah, lalu tanah memberi makan untuk tanaman. Makanan tanah itu dia, mikroorganisme dan bahan organik.

Mengolah Bonggol Pisang Menjadi POC atau MOL

Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya.
Bonggol Pisang

Pupuk organik cair (POC) yang mengandung MOL dan sejumlah unsur hara bisa diperoleh menggunakan mudah, murah, & pada waktu yang singkat. Salah satu caranya merupakan dengan memasak bonggol pisang sebagai MOL

Tapi, sebelum membuat MOL bonggol pisang, apakah Anda punya kebun pisang? Kalau belum punya, minta bonggol pisang yang ada di kebun tetangga untuk percobaan mengolahnya dulu. Mintanya dengan cara sopan dan baik-baik,gituh 😅

Baca pula ini :

  • Dari Limbah Got Hasilkan Pupuk Organik Cair (POC)
  • Membuat POC dari Libah Biogas Kotoran Sapi
  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Kelapa dan Cara Applikasi
  • Pupuk untuk Tanaman Kangkung

Kalau sudah merasakan manfaatnya dari pembuatan MOL bonggol pisang, jangan lupa untuk menanam pisang sebanyak-banyaknya 😅 Iya, biar bisa produksi POC dari bonggol pisang untuk konsumsi tanaman sendiri atau untuk komersial. Bukan hanya bonggol pisang yang Anda dapat, Anda bisa juga mendapatkan keuntungan dari penjualan hasil produksi buah pisang.

Oh, iya, hampir lupa 😅. Bagaimana cara membuat MOL bonggol pisang untuk pupuk organik cair (POC)? Begini caranya, yaitu :

Untuk dicoba aja dulu membuat MOL bonggol pisang, maka bonggol pisang tidak perlu banyak-poly, relatif dua Kg aja, ya.

Alat-alat :

  • Ember atau toples dan penutupnya................1 buah
  • Pis-4-u..................1 buah

Bahan-bahan menciptakan MOL bonggol pisang :

  • Bonggol pisang.........2 Kg
  • Gula jawa/gula merah......1 ons
  • Air cucian beras.......1 liter
  • Air kelapa ( kelapa umur 7-8 bulan) ................1 liter

Teknik mengolah bahan buat MOL bonggol pisang sebagai berikut :

  • Untuk membuat MOL bonggol pisang, maka langkah pertama adalah memotong atau cincang bonggol pisang dengan ukuran kecil-kecil.
  • Tumbuk bonggol pisang dalam lesung dengan menggunakan alu. Atau bisa juga dihaluskan dengan Blender
  • Masukkan air cucian beras, air kelapa, dan gula ke dalam ember dan diaduk sehingga      gula terlarut dan tercampur secara merata
  • Masukkan bonggol pisang yang telah dipotong-potong ke dalam ember yang telah berisi dengan air cucian beras dan teman-temannya.
  • Tutup ember dengan rapat agar tidak masuk udara ke dalamnya karena proses fermentasi berlangsung secara anaerob.
  • Buka beberapa saat (+/- 1-2 menit) setiap hari sambil diaduk-aduk. Ini bertujuan untuk membuang gas-gas yang terbentuk dan menurunkan temperatur larutan. (jika mau praktis, ini hanya pilihan, rangkai saja dengan menggunakan selang yang terhubung bagian ujungnya ke dalam air sehingga gas dapat keluar dengan sendirinya. Dan tanpa masuk udara luar ke dalam. Pasang juga pengaduk elektrik seperti gambar di bawah). Rangkaian memasang selang pada proses membuat Mol dapat dilihat di artikel ini, yaitu Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras untuk Nutrisi Tanaman.
  • Biarkan campuran bahan-bahan tersebut dalam ember selama 10-15 hari agar proses      fermentasi berlangsung dengan baik.
  • Setelah melewati waktu tersebut, POC atau MOL bonggol pisang sudah terbentuk dan      siap untuk digunakan.
Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya.
Ilustrasi reaktor MOL. Gambar : Dokpri

Okay, MOL bonggol pisang atau pupuk cair bonggol pisang sudah ada di tangan Anda, maudiapain sekarang? Mau membuat pupuk kompos lain lagi? Atau mau menyiram tanaman? Atau mau dua-duanya?

Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya.
Mol bonggol pisang sudah jadi. Gambar pribadi

CARA APLIKASI MOL BONGGOL PISANG

1. Mol bonggol pisang buat menciptakan pupuk kompos

apabila Anda ingin menciptakan pupuk kompos yg terdiri berdasarkan bahan-bahan jerami, pupuk kandang, dedak & lain-lain, maka sebagai bioaktivator, gunakan saja MOL bonggol pisang tadi.

Caranya, encerkan dulu MOL bonggol pisang tersebut dengan perbandingan 1:5. Artinya, 1 bagian MOL dicampur ke dalam 5 bagian air. Atau 1 liter MOL dilarutkan ke dalam 5 liter air.Oh, ya tambahkan sedikit gula, kira-kira 100 gram gula merah/gula jawa.

Banyaknya larutan tersebut pada atas nir mesti sebesar itu, semuanya tergantung jumlah bahan yang akan dikomposkan. Tetapi, perbandingan harus permanen, yaitu 1:5.

Setelah menciptakan larutan, siramkan ke bahan-bahan yang akan dikomposkan secukupnya (bila dikepal nir mengeluarkan air & akan mengembang jika dilepaskan). Cara tepatnya mengikuti seperti cara menciptakan pupuk kompos dalam ketika menyiramkan larutan EM4.

2.Mol bonggol pisang u ntuk pengomposan langsung di lahan

Caranya ; berikan merata pupuk kompos di huma yang telah diolah terlebih dahulu & aduk rata secara merata. Kemudian semprot MOL bonggol pisang menggunakan konsentrasi 25% ( 1 liter MOL 3 liter air) secara merata dan biarkan huma 7-14 hari sebelum tanam.

3.Mol bonggol pisang untuk penyemprotan tanaman

Mol bonggol pisang juga bisa diaplikasi sebagai pupuk daun dengan cara menyemprot tanaman. Konsentrasi larutan MOL yang harus dibuat adalah 1:100 (100 ml Mol dilarutkan dalam 10 liter air). Semprotkan secara merata ke bagian tanaman terutama di bagian bawah permukaan daun. Lakukan penyemprotan seminggu sekali atau 2 kali seminggu.

Baca pula ini :

  • 9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah
  • Cara Membuat Tepung Darah untuk Meningkatkan Kualitas Kompos
  • Jangan Keliru Memupuk Tanaman Buncis!! Ini Pupuk dan Cara Pemupukannya

4. Mol bonggol pisang u ntuk pengocoran/penyiraman tanaman

Karena MOL bonggol pisang juga mengandung unsur hara makro dan mikro, maka pupuk organik cair ini sanggup digunakan menjadi pupuk akar. Pemupukan dilakukan dengan cara pengocoran. Caranya, encerkan dulu MOL. Ambil 1 liter MOL & campurkan ke pada 10 liter air (perbandingan 1:10). Dosis penyiraman, 250 mililiter/tumbuhan. Berikan setiap 10 hari sekali buat tanaman sayuran.

Demikian cara membuat MOL bonggol pisang dan cara aplikasinya sebagai pupuk organik cair buat flora. Semoga ulasan ini bisa berguna. [Updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 25/01/2020]

Video berikut ini Tentang Membuat POC berdasarkan Buah Nanas. Sepertinya, proses pembuatannya seperti dengan menciptakan POC atau Mol Bonggol Pisang. Hanya saja sedikit tidak selaras bahan-bahannya. Jika tertarik, silakan menyaksikannya.

0 Response to "Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya. | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel