InilahManfaat Bunga Melati Putih untuk Kesehatan

Melati(Jasminum sambac, Ait.) merupakan bunga yang terkenal karena baunya yang harum. Di Indonesia, pohon bunga melati sering dijumpai di pekarangan rumah atau sebagai pembatas pagar. Bunga melati memiliki banyak manfaat dan sudah digunakan untuk berbagai keperluan sejak zaman dahulu. Baunya yang wangi menjadikan melati sebagai bunga yang wajib untuk hajatan dan ritual-ritual tertentu. Dari yang berbau adat, agamis, hingga mistis.

Namun hanya sebagian aja yg mengetahui manfaat bunga melati buat kesehatan & pengobatan tradisional. Padahal, nenek moyang kita sudah menggunakan khasiat dari bunga melati ini buat obat tradisional. Diantaranya menghentikan keluarnya ASI hiperbola, obat sakit mata, sakit ketua, demam dan sesak nafas.

Khasiat bunga melati menjadi obat tidak lepas dari kandungan senyawa yg ada di dalamnya. Kandungan kimia yang terdapat tersebut antara lain indol, benzyl, dan livalylacetaat. Bagian yang digunakan buat pengobatan merupakan daun, akar dan bunganya.

Berikut ini cara pengobatan tradisional menggunakan bunga melati:

1. Sesak Nafas

Rebuslah 20 lbr daun melati dan garam secukupnya menggunakan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusan daun melati tersebut disaring. Minum airnya dua kali sehari tiap pagi dan sore.

2. Demam & Sakit Kepala

Jika Anda atau keluarga Anda ada yang mengalami demam, jangan panik. Ambillah segenggam daun melati & 10 kuntum bunga melati, kemudian diremas-remas menggunakan tangan. Setelah layu & relatif hancur, rendam dalam air. Air rendaman ini digunakan buat mengompres dahi. Cara ini jua mampu dilakukan buat mengobati sakit ketua ringan.

Tiga. Disengat Lebah atau Serangga Lain

Jika Anda tiba-datang disengat lebah, ambillah satu genggam bunga melati, kemudian diremas-remas sampai halus. Tempelkan bunga melati yang telah diremas tersebut ke bagian tubuh yang digigit serangga atau disengat lebah.

4. Sakit Mata

Anda pernah mengalami sakit mata, misalnya mata merah lantaran iritasi ataupun belekan? Sebenarnya syarat tadi bisa diatasi menggunakan daun melati. Caranya, ambil satu genggam daun melati, lalu dipipis halus. Tempelkan pada dahi diatas mata, bila kemarau ganti menggunakan ramuan baru.

Lima. Menghentikan ASI Berlebihan

Terkadang, ada bunda menyusui yang ASI-nya keluar terlalu poly. Bahkan waktu oleh bayi tidak menyusu pun ASI tetap keluar. Hal ini tentu cukup bikin capek, namun mampu diatasi menggunakan ramuan bunga melati. Caranya, satu genggam daun melati dipipis halus, kemudian ditempelkan pada kurang lebih buah dada. Lakukan setiap pagi sebelum mandi.

Bunga melati memiliki poly nama & sebutan. Orang sunda menyebutnya malati, orang jawa menyebutnya melur. Di madura, orang menyebut melati dengan malate & orang Bali menyebutnya menuh. Sementara orang luar, misalnya pada Inggris, merek menyebutnya Jasmine, orang arab menyebutnya Yasmin.

0 Response to "InilahManfaat Bunga Melati Putih untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel