Rahasia Sukses Menanam Lada Perdu Dalam Pot agar Berbuah Banyak | Kebunku

Menanam Lada Perdu Dalam Pot -- “Ke sawah tidak berlubuk, ke ladang tidak berarang.” Demikian sebuah ungkapan yang maksudnya tidak perlu bersusah-susah, tapi untungnya banyak. Sepertinya, pribahasa itu ada kaitannya dengan menanam lada perdu dalam pot atau polybag dalam postingan ini.

Hanya dengan menanam lada perdu 100 pot/polybag di perkarangan rumah, dengan santai saja, bisa meraup rupiah per tahun sebanyak Rp. 4.500.000,-.  Sebuah nilai rupiah yang sangat fantastis. Ini tentu saja ada rahasia yang tersimpan di balik kesuksesan itu. Mau tahu rahasianya, apa? Yuk, kita ikuti ceritanyastep by step dalam uraian mengenai rahasia sukses menanam lada perdu dalam pot agar berbuah banyak seperti di bawah ini.

Lada komoditas ekspor

Tanaman lada (Piper nigrum L )sudah terkenal sejak zaman dulu kala. Hingga kini, lada yang merupakah raja rempah-rempah (the king of spice) masih menjadi komoditas ekspor. Sebab, lada sangat tinggi permintaannya di pasar internasional. Harganya pun tidak main-main, harganya “sepedas” lada juga berkisar Rp. 100.000,- sampai 150.000,- per kg (tergantung kualitas). Oleh karena itu, budidaya lada, khususnya lada perdu, merupakan usahatani yang masih sangat prospektif.

Tanaman lada merupakan komoditas perkebunan. Karenanya, tanaman dengan bijinya bewarna putih kekuningan ini,  orang lebih mengenal dengan tempat tumbuhnya di lahan yang luas/kebun dan ada tiang panjat sebagai tempat lada memanjat. Namun, ternyata sekarang ada tanaman lada yang tidak memiliki sulur panjat sehingga tumbuhnya pendek dan berbentuk perdu, yaitu lada perdu.

Kelebihan flora lada perdu

Lada perdu memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan tanaman lada yang memiliki sulur panjat. Lantaran kelebihan itulah maka banyak pendaftar flora lada perdu buat ditanam baik pada tanah pribadi juga pada pada pot atau polybag. Apa saja kelebihan tanaman lada perdu?

  • Karena jarak tanam yang dekat (1 x 1,5), maka bisa memuat banyak tanaman dalam luasan lahan tertentu.
  • Tanaman lada perdu tidak memanjat karena tidak ada sulur panjat. Karena itu, dari sisi biaya usahatani menjadi lebih efisien karena tidak mengeluarkancost untuk tiang panjat
  • Pembibitan lada perdu relatif lebih cepat karena diperoleh secara vegetatif melalui stek
  • Lada perdu masa produksinya lebih cepat dan sudah bisa dipanen mulai tahun pertama tanam
  • Produksi per tanaman mencapai 2 – 5 ons tergantung tingkat produktivitasnya dari tahun ke tahun.
  • Untuk urusan pemeliharaan, lada perdu lebih mudah dirawatnya atau dipelihara
  • Karena tidak menggunakan tiang panjat hidup, maka lada perdu tidak terjadi persaingan unsur hara.
  • Jika mau panen, tinggal petik saja sambil berdiri karena tumbuhnya tidak tinggi
  • Tidak harus ada lahan luas, lahan sempit atau di perkarangan rumah pun bisa ditanam lada perdu
  • Karena bentuknya yang unik, maka lada perdu bisa dijadikan sebagai tanaman hias
  • Dengan tubuhnya yang pendek dan percabangan yang rimbun, lada perdu bisa membuat pemandangan menjadi lebih indah atau memiliki estetika yang sangat bernilai.

Wow, luar biasa keunggulan yang dimiliki lada perdu. Pantas saja banyak orang menaruh perhatian lebih pada komoditas ini. Bahkan, banyak juga yang memilih menanam lada perdu dalam pot sehingga menjadi multimanfaat.

Bagaimana menggunakan Anda tertarikkah buat segera mencobanya? Tapi, tunggu dulu. Kita akan melihat lebih jauh bagaimana beliau sanggup tumbuh & berkembang dengan baik berdasarkan sisi budidayanya. Dengan demikian, waktu menanam lada perdu dalam pot/polybag bisa sukses & meraup dollar yang kita impikan.

Syarat tumbuh lada

Setelah penulis mencoba menanam lada perdu dalam pot, ternyata kondisi tumbuh lada perdu nir terlalu ketat. Dengan beberapa kombinasi komposisi media tumbuh & menempatkan di dekat tempat tinggal yg menerima sinar mentari tidak aporisma, lada perdu tumbuh dan produktif.

Baik, apa saja kondisi tumbuh tumbuhan lada? Syarat tumbuh biasanya ini menyangkut menggunakan kesesuaian lahan yang dapat mendukung pertumbuhan tumbuhan lada secara optimal. Berikut ini beberapa syarat tumbuh tanaman lada yang wajib terpenuhi.

  • Tinggi tempat di atas permukaan laut sampai dengan 700 m merupakan batasan pertumbuhan yang adaptif untuk tanaman lada
  • Hidup di daerah tropis dengan curah hujan 2000-2500 mm/tahun dan temperatur udara berkisar 20 – 350C
  • Tidak memerlukan intensitas sinar matahari yang penuh. Artinya, dengan intensitas cahaya 50-75% dapat tumbuh dengan baik
  • Tanah gembur dan poros kondisi tanah yang sesuai untuk tanaman lada
  • Ada kandungan bahan organik meskipun dalam jumlah yang rendah
  • Tanah berpasir
  • Tidak tergenang air dan memiliki drainase yang baik
  • pH tanah yang cocok berkisar 5-6,5
  • Tersedianya unsur hara baik makro maupun mikro dalam jumlah yang cukup.

Bibit lada perdu

Untuk menanam lada perdu, bibitnya dari dari output stek flora induk lada yang sehat, berkualitas, & produksi tinggi. Dalam waktu tiga-4 bulan sesudah stek, bibit telah tumbuh & bisa dipindahkan ke loka tanam yang sudah dipersiapkan. Ini memang butuh ketika yg agak usang. Bahkan, sanggup sebagai hambatan bila belum memiliki flora induk lada.

Umumnya, para pembudidaya lada perdu memperoleh bibit lada dari penyedia bibit. Bahkan, bibit lada perdu hasil stek sudah banyak dijual dan dapat mudah diperoleh digarden yang menjual aneka tanaman baik tanaman hias maupun tanaman buah. Bibit lada perdu yang dijual dengan harga tidak begitu mahal, bisa segera ditanam dalam pot atau di lahan/kebun.

Pastikan bibit yg dibeli adalah bibit lada perdu yang terjamin menurut sisi kualitasnya. Oleh karenanya, bibit lada perdu yang ingin ditanam pada jumlah yg banyak, hendaknya bibit lada perdu yg sah dan bisa ditandai menggunakan adanya label tunjangan profesi.

Penyiapan wadah tanam lada perdu

Wadah tanam yang dimaksud merupakan berupa pot atau polybag buat mengisi media tanam. Jadi pot atau polybag buat menanam lada perdu memenuhi syarat-kondisi yg diperlukan. Syarat-kondisi pot/polybag buat menanam lada perdu sebagai berikut :

  • Pot atau polybag berukuran besar dengan ukuran minimal 40 x 50 cm
  • Relatif tebal
  • Kuat, artinya tidak mudah pecah/sobek
  • Tahan dan tidak meleleh jika terkena panasnya cahaya matahari
  • Ada lubang drainase tempat keluarnya air berlebihan.

Penyiapan media tanam buat lada perdu

Media tanam yg memenuhi syarat buat tumbuh lada perdu secara umum telah digambarkan pada atas. Media tanam yg gembur, poros, relatif unsur hara & pH tanah 5-6,lima merupakan kondisi yang wajib dipenuhi manakala ingin menanam lada perdu dalam pot/polybag.

Oleh karena itu, lantaran ingin menanamnya dalam pot, maka media tanam lada perdu wajib kita bentuk sebagai akibatnya mendekati syarat yg sinkron buat pertumbuhannya. Media tanam digunakan adalah tanah yg gembur dan kaya humusnya. Tanah yang begini harus diambil berdasarkan tanah lapisan atas menggunakan ke dalaman 20 centimeter (top soil).

Baca juga ini :

  • Cara Membuahkan Belimbing Manis (Madu) Dalam Potkombinasi Nutrisi Organik dan Kimia
  • Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam PotTanpa Mengenal Musim
  • Cara Membuat Arang Sekam Dalam 30 Menit Siap Pakai
  • Panduan Lengkap Cara Menyemai Biji Gambas yang Benar agar Cepat Tumbuh

Selain tanah, campuran media tanam lada perdu dalam pot/polybag adalah pupuk organik. Pupuk yang kaya menggunakan nutrisi dan bahan organik bisa berupa pupuk kandang dan bisa jua pupuk kompos. Media tanam lain yg harus dicampur menggunakan tanah adalah pasir atau arang sekam. Ini bertujuan agar media lebih poros sebagai akibatnya aerasi & drainase sebagai lebih baik.

Jika bahan-bahan tadi sudah tersedia, maka sekarang saatnya buat menciptakan media tanam buat lada perdu. Campurannya ada 2 pilihan dan terserah mana yang mau digunakan & gampang terjangkau.

  • Pilihan I Campurkan tanah + Kompos + Pasir/Arang sekam dengan perbandingan 6:2:1. Artinya, 6 bagian tanah dicampur dengan 2 bagian kompos dan 1 bagian pasir.
  • Pilihan II. Campurkan tanah + Pupuk kandang + Pasir/Arang sekam dengan perbandingan 6:3:1. Artinya, 6 bagian tanah dicampur dengan 3 bagian kompos dan 1 bagian pasir.

Masih ada lagi yang harus ditambahkan dalam media tanam dalam pot/polybag? Tambahkan dolomit (kaptan) sebanyak 50 gram per pot dan aduk/campurkan hingga merata. Agar tidak terserang jamur parasit, campuran media tanam diberikan sedikit 1-2 sendok makan pupuktrichoderma. Agen hayati ini dapat juga nantinya berfungsi sebagaibiofertilizer.

Masukkan semua campuran media tanam yang sudah dibentuk ke dalam pot. Setelah itu, boleh tanam pribadi? Sebaiknya, biarkan media tanam yang telah terisi dalam pot selama minimal 1 minggu sebelum tanam. Ini supaya media tanam lada perdu pada pot/polybag lebih kompak dan terbentuknya kondisi media tanam, misalnya pH, yg sinkron buat pertumbuhan lada perdu.

Penanaman lada perdu

Cara menanam lada perdu pada pot/polybag sama menggunakan menanam flora lainnya. Buka polibag secara hati-hati agar tidak menghambat akar flora. Buat lubang tanam & masukkan bibit dalam media tanam pada pot. Tutup menggunakan tanah pulang & padatkan media tanam di sekelilingnya. Terakhir, jangan lupa disiram.

Pemeliharaan

Pertama, jika ada tanaman lada perdu yang mengalami gangguan pertumbuhan, segera lakukan penyulaman dengan bibit lada perdu yang lain. Amati perkembangannya pada minggu-minggu awal penanaman.

Kedua, lakukan penyiraman secara rutin agar media tumbuh tetap terjaga kelembabannya. Intinya, sesuaikan dengan kondisi media tumbuh dan juga mungkin adanya hujan. Jika hujan, berarti tak perlu disiramdunk.

Ketiga, jangan biarkan media tumbuh dalam pot/polybag tumbuh gulma atau rumput-rumput yang mengganggu pertumbuhan lada perdu. Karenanya, lakukan penyiangan secara berkala.

Keempat, agar lada perdu tidak terjatuh pada saat cabang-cabangnya sudah banyak dan rimbun, pasang penyangga di sekelilingnya. Penyangga bisa berupa bambu yang dibelah-belah atau bahan lainnya yag dapat menopang tanaman lada perdu.

Kelima, pemangkasan diperlukan jika tanaman lada perdu sudah terlalu rimbun. Pemangkasan ini bertujuan agar terbentuknya cabang-cabang produktif dan mendapat sinar matahari ke seluruh bagian tanaman lada perdu.

Pemupukan lada perdu dalam pot

Pemupukan pada budidaya lada perdu menjadi keliru satu kunci kesuksesannya. Oleh karena itu, lada perdu dibutuhkan pemupukan secara rutin agar menerima unsur hara yang relatif buat bisa tumbuh & berkembang dengan baik.

Namun, pemupukan flora lada perdu sedikit tidak sama menggunakan tanaman lainnya. Lada perlu tidak diberikan pupuk sekaligus. Dalam setahun, lada perdu dipupuk sampai menggunakan empat kali menggunakan selang ketika setiap termin pemupukan 2-3 bulan sekali. Dan setiap awal pemupukan selalu diberikan pupuk organik. Pemupukan menggunakan cara dibenamkan pada sekeliling flora.

Jenis pupuk anorganik pun yang diberikan lain menurut yang lain. Pupuknya bukan NPK biasa, tetapi NPK plus, yaitu NPKMg 12:12:17:2. Jadi , dalam pupuk NPK ini ada kandungan (magnesium) Mg 2%. Mengapa perlu adanya unsur hara sekunder Mg?

Peran Mg pada tanah dan tumbuhan, yaitu :

  • Unsur pembentuk warna hijau pada daun (klorofil). Kandungan magnessium pada klorofil sebesar 2,7%.
  • Regulator (pengaturan) dalam penyerapan unsur lain, seperti P dan K
  • Mer_4_ngsang pembentukan senyawa lemak dan minyak
  • Membantu translokasi pati dan distribusi fosfor di dalam tanaman
  • Aktivator berbagai jenis enzim tanaman (Novizan, 2007)

Dosis pemupukan NPKMg 12:12:17:dua sebagai berikut :

  • Tahun pertama ; dosis pupuk per tanaman, tahapI 10 gram, tahapII 20 gram, tahapIII 30 gram dan tahap IV 40 gram.
  • Tahun kedua ; dosis pupuk per tanaman , tahapI 25  gram, tahapII 40 gram, tahapIII 60 gram dan tahap IV 75 gram.
  • Tahun ketiga dan seterusnya ; dosis pupuk per tanaman, tahapI 75 gram, tahapII 60 gram, tahapIII 40 gram dan tahapIV 25 gram (Litbang pertanian)

Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman Lada Perdu

apabila ada hama atau organisme pengganggu tumbuhan (OPT) jangan memakai pestisida kimia. Pengendalian terhadap hama dan penyakit flora lada perdu sebaiknya dilakukan dengan cara-cara yg ramah lingkungan, misalnya cara mekanis & penggunaan biopestisida atau pestisida organik.

Panen lada perdu

Inilah yg dinanti-nanti berdasarkan budidaya flora lada perdu. Apabila pemeliharaan dilakukan dengan baik, maka lada perdu akan tumbuh baik dan sangat produktif. Panen lada pada tahun pertama berkisar 1,lima sampai dua ons per tumbuhan. Dan nomor produksi ini akan terus naik seiring dengan usia flora hingga mencapai puncaknya 1/dua Kg per tanaman .

Atau secara rata-rata bisa menghasilkan 30 kg per 100 tanaman lada perdu setiap tahunnya. Dan jika dikalikan dengan harga Rp. 150.000,- /Kg, maka akan menghasilkan uang sebesar Rp. 4.500.000,- per tahun.hmmm..bikin semangatdeh 'tuk nanamnya.

Panen lada perdu dilakukan dengan cara memetiknya. Mudah sekali karena tidak perlu menggunakan tangga untuk menjangkau buah lada. Cukup sambil berdiri memanen buah lada. Buah atau biji lada dipetik bersama tangkainya. Hati-hati dalam memanennya, jangan sampai merusak bagian tanaman lainnya. Petik atau panen yang sudah matang saja dan lakukan secara bertahap sesuai dengan perkembangan masak/matangnya biji/buah lada perdu.Salam sukses, ya

0 Response to "Rahasia Sukses Menanam Lada Perdu Dalam Pot agar Berbuah Banyak | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel