Jangan Lewatkan! Inilah 5 Manfaat Puasa di Hari Senin dan Kamis

Puasa pada hari Senin dan Kamis adalah ritual ibadah sunah agama islam.  Ibadah puasa adalah ibadah yang mengharuskan manusia yang melaksanakan ibadah ini untuk menahan lapar, serta segala sesuatu yang membatalkannya mulai fajar hingga magrib. Bagi kalangan tertentu puasa juga diyakini bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Sehingga dengan kata lain, puasa juga mendukung kebutuhan spiritual dan manfaat bagi kesehatan. Meskipun ritual ini dipraktikkan oleh Muslim, ternyata metode ini juga diserbu oleh komunitas lintas agama dan budaya.



Puasa pada hari Senin dan Kamis rupanya memiliki karakteristik dan metode tersendiri yang hampir mirip dengan gaya diet 5:dua. Metode diet ini mengharuskan penggunanya untuk membatasi asupan kalori selama dua hari terakhir dalam seminggu.

Diet lima:dua ini disebut sebagai gaya hidup jika dibandingkan dengan metode lain seperti ketofastosis yang melarang konsumsi karbohidrat. Tidak ada batasan pada jenis makanan yang harus dikonsumsi, tergantung pada disiplin Anda dan konsisten untuk menjaga asupan gizi seimbang.

Puasa Senin-Kamis dan diet lima:2 digunakan sebagai cara efektif untuk menurunkan berat badan dengan mengendalikan produksi gula darah. Tentu saja, ada lebih banyak "miraclesdanquot" lainnya; yang bisa Anda dapatkan jika Anda melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis sebagai rutinitas mingguan.

Lima Manfaat Puasa di Hari Senin dan Kamis untuk Kesehatan

1. Puasa pada hari Senin dan Kamis dapat memperpanjang umur

Keterbatasan asupan makanan dengan interval tertentu seperti puasa pada senin dan Kamis rupanya berpengaruh dalam meningkatkan harapan hidup serta menjaga kesehatan tubuh hingga usia tua.

Pernyataan tersebut didukung oleh hasil penelitian yang dipublikasikan dalam The Harvard Gazette. Studi ini menyatakan, puasa dapat membantu memperlambat proses penuaan dan juga mencegah potensi munculnya penyakit karena usia tua. Seseorang yang menjalankan ibadah puasa dalam interval tertentu cenderung lebih bugar dan tidak ada tanda-tanda penuaan dini seperti mereka yang tidak mempertahankan pola makan.

Dua, aku tidak tahu apa yang harus Tingkatkan memori

Mark Mattson, seorang peneliti dari Laboratory of Neurosciences National Institute of Aging menilai puasa dapat membantu mempertajam memori. Mattson dan timnya memeriksa diet dan puasa tentang dampak terhadap saraf. Akibatnya, cepat berubah tekanan oksidasi menjadi lebih ringan dan membantu sel-sel saraf memperbaiki DNA yang rusak karena oksidasi.

Diet tinggi lemak dan puasa sebagai keto juga diklaim dapat melindungi otak dari potensi alzheimer dan parkinson. Mereka yang disiplin menjalankan diet semacam ini juga dinilai lebih fokus dan menunjukkan kemampuan memori yang meningkat.

Tiga, apa yang terjadi? Mengurangi potensi serangan jantung

Studi yang diterbitkan dalam British Journal of Medicine menunjukkan seseorang yang rutin melakukan puasa dengan interval waktu tertentu juga memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah.

Hasil penelitian menunjukkan penurunan tekanan darah systolic pada peserta yang terlibat dalam penelitian. Tekanan darah systolic adalah ketegangan yang diterima oleh pembuluh darah ketika jantung berdetak. Peserta yang tidak menjalankan ibadah puasa cenderung mengalami peningkatan tekanan darah systolik.

Penurunan tekanan darah systolic secara langsung mempengaruhi pengurangan tekanan pada arteri serta mengurangi risiko serangan jantung.

4. Mengurangi pertumbuhan sel Kanker Tertentu

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak normal. Meskipun tergolong penyakit yang sulit disembuhkan, efek negatif dari pertumbuhan sel kanker mampu berkurang dengan melakukan puasa. Sejumlah penelitian terkait pernyataan ini masih didasarkan pada hasil eksperimen pada hewan dan jenis sel tertentu.

Namun, hasil eksperimen lain menunjukkan bahwa pasien kanker dengan 8-10 jam perawatan rutin puasa tidak merasakan sakit, kelemahan, atau gangguan pencernaan saat menjalani perawatan.

Lima, apa yang terjadi? Mengurangi resistensi Insulin dan risiko diabetes tipe dua

Baru-baru ini, diabetes tipe 2 diderita oleh pasien dari berbagai usia dan latar belakang. Resistensi insulin atau penurunan fungsi insulin adalah salah satu faktor diabetes tipe dua. Banyak praktisi kesehatan merekomendasikan puasa sebagai metode terapi untuk mengurangi resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Berdasarkan penelitian, tubuh manusia sedang menjalani puasa kadar gula darah secara teratur menurun hingga lima-6 persen. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi ginjal dari kerusakan, yang merupakan salah satu komplikasi diabetes.

Manfaat lima puasa Senin dan Kamis ini bisa didapatkan jika Anda melakukannya dalam rutinitas mingguan. Jaga porsi dan asupan saat makan Buka Puasa adalah kunci utama untuk mencapai manfaat kesehatan dari puasa pada hari Senin dan Kamis.

Pastikan konsumsi makanan saat waktu buka puasa dan sahur memiliki gizi seimbang. Konsumsilah air putih yang cukup agar tubuh tetap kuat saat beraktivitas sehari-hari. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin saat buka puasa, setelah sahur untuk menjaga energi tubuh saat menjalankan ibadah puasa agar tubuh tidak lamban saat bekerja.

0 Response to "Jangan Lewatkan! Inilah 5 Manfaat Puasa di Hari Senin dan Kamis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel