Lezatnya Buah Durian Merah Banyuwangi

Festival buah durian merah yang di helat kabupaten Banyuwangi menjadi perhatian tersendiri pagi para wisatawan lebih-lebih menjelang lebaran di bulan Mei. Buah durian merah yang rasanya dikenal manis dan sedap dipandang karena warnanya yang cukup berbeda dari durian pada umumnya ini telah menjadi icon kabupaten Banyuwangi. Saking seriusnya menggarap komoditas ini, Banyuwangi menghadirkan efen khusus pada saat panen raya.

Gambar buah durian merah

Buah durian pada umumnya baru bisa dipanen diumur 8 – 10 tahun, meski begitu ada beberapa varietas durian unggul seperti durian montong dan chanee yang sudah berbuah pada usia 4 – 5 tahun sejak tanam dengan catatan bibit merupakan hasil sambung pucuk atau okulasi. Pada umumnya buah durian akan mengalami tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar.

Intensitas hujan sangat berpengaruh terhadap kualitas maupun kuantitas buah durian. Apabila masa berbunga durian bertepatan dengan curah hujan tinggi maka bisa dipastikan bahwa kadar air buah durian akan lebih banyak, sehingga rasa durian juga kurang manis. Selain masalah kualitas, hujan lebat dan hembusan angin yang terlalu kencang bisa mengakibatkan bunga durian berguguran.

Buah durian merah Banyuwangi banyak terdapat di wilayah kecamatan Songgon, Glagah, Kalipuro, Licin, dan Giri. Waktu festival buah durian merah, petani menawarkan harga perbutir pada kisaran Rp 250.000 kepada para wisatawan.

Mengenal Buah Durian Merah Yang Telah Masak

Bagi petani mengenali buah durian merah yang telah masak bisa berpatokan pada waktu  bunga mekar. Namun bagaimana dengan pembeli yang tidak tahu asal usul buah tersebut? Ada beberapa ciri khusus yang bisa diamati pada ciri fisik buah durian yang sudah masak, diantaranya :
  • Ujung duri berwarna cokelat tua
  • Garis –garis diantara duri berwarna lebih jelas
  • Tangkai buah lunak dan muda dibengkokan
  • Ruas – ruas ditangkai buah membesar
  • Buah baunya harum yang khas
  • Terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah di pukul

Gambar buah durian merah

Wisata memetik sendiri buah durian merah dikebun sepertinya akan lebih menarik wisatawan. Sebagai pertimbangan bahwa buah durian akan sangat lezat jika sudah masak 100%. Dengan masuk ke area kebun durian seorang wisatawan bisa melihat sendiri buah-buah durian yang sudah terlepas dari dahannya, tanpa dipetik paksa (buah jatuh sendiri).

Jika buah durian nantinya dieksport dengan pengangkutan jarak jauh , pemetikan sebaiknya dilakukan pada tingkat kematangan 80 %. Tingkat kematangan ini diperoleh pada waktu 100 hari sejak bunga mekar. Dengan kematangan 80%, durian dapat disimpan 2 – 3 minggu. Adapun alat yang digunakan untuk memetik bisa menggunakan pisau atau galah berpisau. Yang dipotong adalah tangkai buah yang dekat pangkal batang, kemudian buah jangan sampai jatuh agar tidak merusak buah durian.

Beberapa perlakuan khusus yang perlu diperhatikan agar kualitas buah terjaga diantaranya:
  • Setelah pemetikan selesai, buah diberi label/keterangan tentang asal kebun atau pohon dan jenis durianya, hal ini dilakukan untuk mengkontrol kualitas buah.
  • Buah dicuci dengan air untuk membersihkan dari kotoran yang melekat pada buah.
  • Buah dicelupkan pada larutan fungisida benomil atau O-ethyl phosphonate untuk menghindari kebusukan karena cendawan Phytophtora sp selama masa pemeraman atau pengangkutan.
  • Buah diangin – anginkan supaya kering.

Standar Mutu Buah Durian Merah

Sebagai komoditas yang dihargai mahal tentunya standar mutu buah harus di jaga. Petani atau pedagang perlu menyortir buah agar diterima pasar. Untuk pasa Amerika dan Eropa, berat yang diminta : 2,5 – 3 kg, sedangkan untuk asia bobot yang diminta 2 – 5 kg. Mengacu pada standar durian montong, seleksi dapat dilakukan berdasarkan jumlah juring dengan spesifikasinya sebagai berikut :
  • Mutu kelas 1 : memiliki 4 – 5 juring yang terisi penuh
  • Mutu kelas 2 : memiliki 5 juring, 2 juring yang terisi penuh
  • Mutu kelas 3 : memiliki 5 juring, 3 juring yang tidak terisi penuh, buah kelas tiga ini hanya bisa dijual dipasar lokal
  • Setelah buah di seleksi, buah dimasukan kedalam peti atau kotak karton yang bisa menampung 3-5 buah durian.
  • Namun ada metode packing lainya yaitu dengan mengupas buah durian kemudian daging buahnya disimpan dalam pembungkus plastik kedap udara.

Related Search :

budidaya durian merah banyuwangi
bibit durian merah banyuwangi
durian merah malaysia
durian merah kalimantan
pohon durian merah
durian merah papua
ciri2 daun durian merah
durian merah songgon

0 Response to "Lezatnya Buah Durian Merah Banyuwangi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel