Aneka Manfaat Bunga Melati Dari Hulu Sampai Hilir

 Manfaat dan Pengelolaan Bunga Melati

Melati putih banyak sekali manfaatnya, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya.Salah satu manfaat dari bunga melati adalah untuk dijadikan roncean, dimana seni ronce melati itu di setiap masing masing daerah memiliki ciri khas masing-masing akan tetapi kesemuanya masih memiliki kesamaan dari segi kegunaan maupun bentuk dari hasil roncean.

Untuk menjaga kualitas hasil roncean tetap segar dan terlihat cantik, bunga melati yang sudah di petik harus kita sortir terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan dari melati yang mekar dengan melati yang masih kuncup putih dengan melati yang masih kuncup hijau.

Melati yang sudah mekar biasanya hanya di manfaatkan untuk bunga tabur,sedangkan untuk melati yang kuncup putih ( lebih besar dari pada melati kuncup hijau ) ini yang sering di pakai untuk roncean/rangkaian, ini dikarenakan akan lebih mudah untuk merangkainya, begitupun juga dengan melati kuncup yang masih hijau atau “karuk” menurut para petani di daerah Tegal.

Berikut perbedaan antara melati kuncup hijau dengan melati kuncup putih :
        
Melati kuncup putih      Melati kuncup “Karuk”   Melati kuncup putih dan karuk


Setelah penyortiran antara melati putih dengan karuk serta melati yang sudah mekar dengan kotoran lainnya ( daun yang terbawa saat di petik) selanjutnya di rendam kedalam air es dengan tujuan agar nantinya melati tetap segar dan dapat bertahan selama beberapa hari, lama perendaman ini kira-kira sampai didapatkan keadaan melati lebih keras dari sebelumnya. Ini biasanya dilakukan untuk memudahkan dalam proses merangkai bunga melati, dengan kondisi melati yang lebih keras tadi.

Proses selanjutnya yaitu packing, untuk melati kiloan biasanya kita packing dengan memasukkan ke dalam plastik dengan berat yang sudah ditentukan (biasanya di sesuaikan dengan permintaan pelanggan ) untuk kami sendiri hanya 0.5 kg per bungkus plastik, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk tetap menjaga kesegaran bunga melati selama proses pengiriman . Selanjutnya melati yang sudah dibungkus dengan plastik di masukkan ke dalam sterofoam box dengan kapasitas maksimal penyimpanan sampai 10 kg per box dengan di beri pecahan es di dalamnya.

Melati kuncup putih    Melati kuncup “Karuk” Melati kuncup putih

Sterofoam dengan pecahan es Pengaturan posisi melati Maksimal 10 kg Box siap kirim

MANFAAT TANAMAN
Bunga melati bermanfaat sebagai bunga tabur, bahan industri minyak wangi,kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh.

SENTRA PENANAMAN
Di Indonesia Pusat penyebaran tanaman melati terkonsentrasi di Jawa Tengah,terutama di Kabupaten Pemalang,Purbalingga dan Tegal.

Bunga melati sebagai bunga yang banyak dipakai dalam acara resmi kenegaraan, adat istiadat maupun bisnis perusahaan modern. Melati sebagai bunga nasional, sering digunakan pemerintah dalam banyak hal upacara dan acara resmi nasional.
Dalam acara adat, ronce melati digunakan sebagai perlengkapan inti bunga siraman yang dikenakan oleh pasangan calon pengantin sebagai salah satu contohnya. Acara peresmian pembukaan kantor pun menggunakan melati sebagai pita yang digunting sebagai tanda dimulainya bisnis secara resmi oleh pimpinan perusahaan.

Aplikasi lainnya dari ronce bunga melati pengantin adalah:
• Lar laran
• Siraman
• Baju dan Bando Melati
• Selempang Melati
• Jilbab Melati
• Bunga Bangun Tulak
• Bunga Kolong Keris
• Bunga Gombyok Keris
• Jatuh Dada / Tiba Dodo
• Palem Melati
• Buntal Pandan
• Bunga Basah
• Dekorasi pelaminan
• Mote Melati

0 Response to "Aneka Manfaat Bunga Melati Dari Hulu Sampai Hilir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel