Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar | Kebunku

Jagung cantik salah satu flora pangan yang relatif menarik buat ditanam. Tanaman tinggi kadar gula ini dapat tumbuh baik pada tanam di huma sawah, kebun, juga ladang. Bahkan, kalau ditanam pada polybag pun, jagung cantik bisa tumbuh fertile & menghasilkan buah atau tongkol akbar. Apakah Anda ingin tau cara menanam jagung anggun pada polybag?

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar
Menanam jagung cantik pada polybag atau pot

Lihat kondisi tumbuh, Tanam jagung manis di polybag

Tidak perlu ragu menanam jagung manis dalam polybag, mau tumbuh kuk. Apalagi Anda berdomisili di negeri dengan iklim tropis, merupakan kondisi yang sangat mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan jagung manis.

Anda mungkin masih ingat syarat tumbuh jagung manis, bukan?. Untuk persyaratan lahan tidaklah muluk-muluk amat.  Asalkan drainase bagus, intensitas sinar matahari cukup, tanah subur, gembur, dan cukup air, jagung manis tumbuh dan tentu saja produktif. Bahkan, budidaya jagung manis dapat dilakukan baik di dataran rendah, sedang, dan dataran tinggi.

BACA Juga : 9 Langkah Budidaya Jagung Manis Biar Hasilnya Melimpah

Melihat syarat tumbuh jagung manis yg tidak manja-manja banget, maka bagi Anda yg ingin bercocok tanam jagung anggun pada polybag tidak usah risi & nir perlu ditunda lagi. Beli benih jagung anggun & segera tanam. Tunggu /- 2 bulan, Anda sudah dapat memetik tongkol jagung anggun di rumah Anda.

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar
Jagung anggun di polybag

Media tanam & perawatan memilih pertumbuhan jagung manis pada polybag

Tetapi perlu dicatat, cara tanam jagung anggun pada polybag yg baik dan benar haruslah di awali menggunakan menyiapkan media tanam yg fertile. Seperti apa media tanam jagung cantik pada pot atau polybag? Semuanya akan kita ulas pada artikel ini secara lebih jelasnya

Selain itu, perawatan misalnya pemupukan yang tepat, penyiraman yg rutin, & penempatan polybag dalam area terbuka dengan sinar mentari yang relatif adalah langkah-langkah yg perlu Anda lakukan ketika Anda menanam jagung anggun pada polybag.

Mengapa menanam jagung cantik pada polybag?

Sebelum kita lanjutkan perjalanan menuju teknik menanam jagung cantik di polybag, yuk kita lihat terlebih dulu mengapa orang-orang menarik menanam jagung pada polybag.

Beberapa alasan budidaya jagung di polybag misalnya di bawah ini

  • Tidak punya lahan luas seperti sawah atau kebun
  • Ada area kosong di perkarangan yang bisa digunakan untuk berkebun di rumah
  • Ingin menyalurkan hobi bercocok tanam di rumah
  • Lahan ada, tetapi sulit diolah karena banyak hambatan seperti keras dan bebatuan
  • Untuk menambah estetika perkarangan rumah
  • Mudah dalam perawatan
  • Dan sejumlah alasan lainnya

Langkah Menanam Jagung Manis di Polybag

Nah ini dia yang Anda nanti-nanti, yaitu langkah-langkah menanam jagung manis dalam polybag atau media terbatas lainnya agar tumbuh sehat, menghasilkan tongkol yang besar,  dan padat isinya. Yuk simak penjelasannya seperti uraian di bawah ini.

1. Gunakan benih jagung manis unggul

Cara sukses menanam jagung cantik pada polybag diawali menurut benih. Pastikan Anda menggunakan benih jagung cantik unggul & berkualitas agar produksinya tinggi. Kalau sanggup, cari biji jagung cantik yg bertongkol dua izin poly panennya.

Untuk mendapatkan benih jagung anggun unggul, Anda tidak usah pusing-pusing memikirkannya. Kini, benih jagung cantik F1 telah poly diproduksi & dipasarkan. Anda tinggal pergi ke toko wahana pertanian dan beli. Di sana terdapat poly pilihan, Anda mampu beli benih jagung manis misalnya Bonanza F1, Bonanza dua F1, Bonanza 9 F1, benih jagung anggun Asia, & lain-lain.

2. Racik media tanam jagung cantik buat dimasukkan ke polybag

Salah satu keuntungan menanam jagung manis di polybag merupakan tidak perlu pengolahan huma dan nir capek menciptakan bedengan. Hanya saja, Anda mesti meracik media tanam atau media tumbuh jagung cantik yang baik agar dapat menunjang pertumbuhannya.

Media tanam yang baik buat jagung cantik haruslah yang subur, gembur, poros, dan aeratif. Untuk membuat media tanam misalnya itu, maka bahan-bahan yang bisa Anda pakai buat menciptakan media tanam merupakan tanah, arang sekam, dan pupuk sangkar. Perbandingan masing-masing bahan adalah 1:1:1.

Apabila ingin menciptakan media tumbuh jagung anggun pada polybag yg agak lebih mengagumkan, cara lain bahannya adalah tanah, arang sekam, dan kompos. Perbandingan bahannya dua:1:1.

Namun, kami sarankan gunakan bahan media tanam yg gampang Anda dapatkan, murah biayanya tapi berkualitas, dan mudah pada aplikasinya.

Khusus buat tanah, usahakan Anda gunakan tanah kebun. Ambil lapisan tanah lapisan atas (top soil) lantaran tanah pada lapisan ini lebih kaya menggunakan unsur hara alias lebih subur.

Tiga. Pilihlah polybag dengan berukuran yang pas

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar
Ukuran polybag buat menanam jagung manis

Kita cukup paham bahwa jagung merupakan tumbuhan yang banyak akar serabut dan akan tumbuh ke samping. Kita juga mengerti bahwa media tanam berfungsi buat menampung nutrisi & air. Oleh karenanya, pilihlah ukuran polybag buat budidaya jagung manis yg pas.

Berapa berukuran polybag buat menanam jagung cantik? Anda sanggup pakai polybag menggunakan ukuran 20 centimeter x 50 cm. Polybag ini bila dibuka akan mempunyai diameter sekitar 25,48 centimeter. Atau Anda bisa pula pakai polybag ukuran lain yg nisbi besar , contohnya kaleng cat bekas yang berdiameter 30 cm. Intinya, pakai polybag dengan diameter 25-30 cm dan ketinggiannya minimal 40 cm.

4. Isi polybag menggunakan media tanam

Jika media tanam telah Anda racik dan polybag telah terdapat, tambahkan media tanam jagung cantik ke pada polybag. Isikan media tanam kira-kira ? Tinggi polybag. Artinya, terdapat tersisa ruang ? Pada bagian atas polybag.

Dan, abaikan media tanam yg telah dimasukkan dalam polybag selama seminggu sebelum tanam supaya lebih kompak dan siap menyuburkan jagung cantik.

Lima. Tanam benih jagung cantik ke pada polybag

Anda kini siap untuk membenamkan benih jagung cantik ke pada polybag. Cara menanam jagung manis pada polybag seperti ini dia.

  • Buat lubang tanam dengan jari atau kayu tepat ditengah media tanam dengan kedalaman 1-2 cm
  • Masukkan 1-2 benih jagung manis
  • Tutup dengan tanah halus
  • Siram secukupnya

Benih jagung anggun yang indah relatif cepat tumbuh. Dalam ketika dua-tiga hari, benih jagung anggun telah mulai berkecambah.

6. Siram jagung cantik di polybag secara rutin

Agar tumbuh fertile, lakukan perawatan jangung manis pada polybag secara rutin terutama penyiraman. Siram jagung cantik secukupnya setiap hari atau sesuaikan menggunakan cuaca.

7. Letakkan polybag pada loka yang terkena sinar mentari

Tanaman jagung akan membuat tongkol apabila menerima sinar matahari yg cukup, /- 8 jam sehari dengan intensitas yang penuh. Sebab, sinar matahari cukup krusial untuk proses fotosintesis & penyusunan zat-zat makan pada jaringan tumbuhan.

Oleh karena itu, letakkan polybag yang sudah ditanam jagung manis pada area yang mendapakan sinar matahari.  Jika tidak, tanaman jagung manis hanya tumbuh terus meninggi tanpa menghasilkan buah/tongkolnya.

8. Aplikasi pupuk agar jagung cantik di polybag subur dan produktif

Selain penyiraman, jagung anggun yg ditanam pada polybag tidak terlepas berdasarkan pemupukan. Asalkan cukup nutrisi misalnya N, P, K, & unsur hara mikro, jagung manis cepat tumbuh & akan berbuah 1-2 tongkol per pohon.

Apa pupuk buat jagung cantik pada polybag? Pupuk yg dipakai adalah pupuk kimia yg mengandung unsur hara makro. Bisa pupuk NPK dan boleh pula pupuk tunggal misalnya urea,SP-36, dan KCL.

Jagung cantik sudah bisa dipupuk sejak 7-10 hari setelah tanam. Kemudian dilanjutkan menggunakan pemupukan susulan.

Berikut ini pupuk & pemupukan jagung cantik di polybag.

  • Umur jagung manis 7-10 hari ; Aplikasikan pupuk urea, SP-36, dan KCL dengan dosis 5 gram setiap polybag. Atau, Anda bisa gunakan pupuk NPK dengan dosis 2-3 gram per polybag.
  • Umur jagung manis 20 hari ; Jenis dan dosis sama seperti pemupukan jagung manis umur 7-10 hari.
  • Umur jagung manis 30 hari ; Jenis dan dosis sama seperti pemupukan jagung manis umur 20 hari.

Cara pelaksanaan pupuk jagung cantik pada polybag

Anda sanggup pelaksanaan pupuk untuk tanaman jagung manis pada polybag dengan cara dibenamkan atau ditugal di sekeliling flora. Hati-hati jangan sampai terkena pohon jagung menggunakan pupuk karena sanggup mengganggu tumbuhan, bisa terluka atau terbakar daunnya.

Selain dibenamkan, pupuk jagung cantik dalam polybag pula mampu diaplikasikan menggunakan cara dikocor/penyiraman larutan pupuk. Caranya, larutkan 1 sendok teh NPK ke pada 1 liter air. Siram 250 ml per polybag.

9. Tambahkan nutrisi menggunakan pupuk daun

Untuk menunjang pertumbuhan & produktivitas tanaman jagung manis pada polybag, Anda dapat memupuk dengan pupuk daun. Aplikasi pupuk daun menggunakan cara yang sempurna dalam fase vegetatif dan menjelang masuk fase generatif menggunakan jenis pupuk daun yang sesuai.

BACA JUGA : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D dan B agar Cepat Diserap Tanaman

Itulah cara menanam jagung manis pada polybag yang sangat gampang. Anda pun dapat mencoba menanamnya. Andaikan perawatan dilakukan dengan baik & teratur, maka flora jagung cantik telah sanggup dipanen tongkolnya pada umur /- dua bulan (sinkron dengan varietas jagung cantik yang Anda gunakan).

Video Cara Menanam Jagung Manis pada Polybag atau dalam Pot

0 Response to "Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel