Tidak Mesti Beli! ZPT Alami Ini Percepat Tumbuh Akar Stek Batang | Kebunku

ZPT Alami – Dalam dunia perbanyakan tanaman secara vegetatif, tidak selalu mesti menggunakan zat pengatur tumbuh (ZPT) yang sintesis seperti nature stek, root up, dan lainnya. Sebab, di sekeliling kita, banyak juga tersedia zpt alami yang tak kalah ampuhannya dengan zpt yang dipasarkan di toko-toko sarana pertanian.

BACA juga : Cara Pakai Root Up Pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar & Tunas pada Waktu 7 Hari

Ilustrasi tumbuh akar karena zpt alami

Bagi yg hobi stek btg tanam, baik itu flora buah juga flora hias, telah tidak asing lagi menggunakan hormon per4_ng_s4ng tumbuh alami.

Salah satu berdasarkan sekian banyak zpt natural yg seringkali dipakai lantaran murah & mudah dihasilkan adalah bawang merah, ya bawang merah.

Auksin bawang merah percepat tumbuh akar stek btg

Ternyata, bawang merah bukan saja bermanfaat sebagai bumbu dapur atau penyedap masakan, tetapi berguna juga buat mempercepat tumbuh akar stek btg atau cangkok flora.

Mengapa bawang merah dapat digunakan menjadi zpt alami? Banyak para ahli sudah mendalami lebih jauh terhadap tubuh bawang merah. Dalam bawang merah masih ada sejumlah zat & keliru satunya merupakan hormon auksin.

Hormon auksin yang masih ada dalam bawang merah kabarnya berfungsi menjadi zat yang mengatur pertumbuhan flora, terutama mendorong meningkatkan kecepatan tumbuhnya akar tanaman .

Ini menampakan bahwa ZPT alami menurut bawang merah sama fungsinya dengan auksin yg terdapat pada hormon sintesis atau zpt produksi pabrikan.

Kita tau, zpt yg poly dijual di pasar, tentu saja mengandung auksin sebagai akibatnya dapat dipakai sebagai per4_ng_s4ng akar tanaman .

Bawang merah sanggup menyetek multitanaman

Bawang merah buat hormon stek batang

Nah, bila Anda ingin menyetek btg flora atau cangkok tumbuhan buah, kini Anda mampu pakai bawang merah sebagai per4_ng_s4ng akar alami.

Bawang merah mampu dipakai buat stek mangga, stek jambu air, stek markisa, stek durian, & lainnya termasuk stek tumbuhan hias. Tapi, buat keberhasilannya, Anda permanen perlu menjaga syarat pertumbuhan lainnya misalnya media semai stek dan sungkup yg baik.

Cara Pakai ZPT Alami Bawang Merah untuk Stek Batang

Namun, yg sebagai pertanyaan merupakan bagaimana cara menyulap bawang merah supaya berfungsi sebagai hormon pengatur tumbuh. Singkatnya, bagaimana cara pakai zpt alami bawang merah buat stek atau cangkok tanaman agar cepat tumbuh akar dan tunas?

Tidak terlalu sulit cara pakai ZPT alami bawang merah untuk memperbanyak bibit tanaman. Cara pertama, belah bawang merah, lalu gosok-gosok bawang merah tersebut pada batang stek yang telah disayat/dilukai sebelumnya.

Cara pakai zpt alami bawang merah

 buat stek batang dengan cara menggosoknya

Cara pakai zpt alami bawang merah yang kedua seperti ini. Jika stek batang jumlahnya banyak, Anda tumbuk-tumbuk bawang merah, lalu diremas-remas dengan menambahkan sedikit air. Atau, ambil beberapa siung bawang merah dan giling dengan blender.

Celupkan btg stek ke dalam larutan ekstrak bawang merah tadi, dan abaikan 10-15 mnt agar meresap.

Itulah salah satu zpt alami. Hormon pertumbuhan dari bawang merah ini paling gampang dihasilkan. Bahkan, dalam aplikasinya buat setek btg ataupun cangkok tanaman buah cukup simpel. Demikian & selamat mencobanya semoga sukses.

Ini Video ZPT ALami Bawang Merah

buat Stek Tanaman

0 Response to "Tidak Mesti Beli! ZPT Alami Ini Percepat Tumbuh Akar Stek Batang | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel